Pengertian Abiotik, Fungsi, Komponen, Macam dan Contoh


Materi Abiotik Fungsi Komponen Macam Contoh

Pengertian Abiotik, Fungsi, Komponen, Macam dan Contoh. Penjelasan materi tentang Abiotik meliputi penjelasan funsi abiotik, komponenya, macam-macam dan juga pengaruhnya. Pada kesempatan kali ini laman rumuspelajaran.com akan menerangkan secara singkat, padat dan jelas mengenai apa saja macam macam komponen abiotik lengkap dengan komponen biotik lengkap dengan contoh lingkungan biotik yang mungkin belum diketahui sobat pelajar semuanya.

Perlu diketahui jika ternyata ada 10 komponen abiotik yang mempunyai peranan sangat penting dalam kehidupan ini. Lalu apa saja komponen abiotik tersebut? Dari pada bertanya-tanya apa komponen, faktor maupun contoh abiotik sebagiknya segera siapkan buku catatan atau note untuk menyimpan materi penting ini. Sebab disini akan dijelaskan secara lengkap dengan contoh komponen abiotik pada ekosistem.

Adapun faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi komponen abiotik juga perlu sobat rumuspelajar.com ketahui. Pelajaran IPA yang membahas mengenai fungsi abiotik ini memang sering muncul disaat ujian maupun soal sekolah. Mempelajari komponen biotik dan faktor biotik tentunya sudah diterangkan oleh guru mata pelajaran IPA dan dimateri ini hanya akan mengulang dan memperdalam daja.

Pada kesempatan sebelum materi ini di buat kami telah membuat artikel yang membahas mengenai gelombang elektromagnetik lengkap dengan penjelasanya jenis-jenis gelombang, sifat, penerapanya serta arti zat gas dan cair untuk materi anak kelas SMA sederajat.

Pertanyaan yang sering keluar diantanya seperti komponen ekosistem terdiri dari? apa saja yang termasuk ekosistem darat dan masih banyak lagi yang lainya. Baiklah langsung saja ke pembahasan mengenai arti Abiotik, biotik lengkap dengan penjelasan fungsi, komponen beserta contohnya.

Pengertian Abiotik

Arti Abiotik adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebut sesuatu yang tidak hidup (benda-benda mati). Komponen abiotik ini adalah komponen penyusun ekosistem yang terdiri dari benda-benda tak hidup. Apabila di sebutkan secara rinci komponen abiotik bisa diartikan suatu keadaan fisik dan kimia di sekitar organisme yang menjadi medium dan substrat untuk menunjang berlangsungnya kehidupan organisme tersebut.

Sebenarnya ada macam macam komponen abiotik yang perlu sobat pelajar ketahui dan semuanya ada di dalam artikel ini. Berikut ini termasuk biotik ada contoh, pengaruh dan fungsinya bisa dijelaskan dalam artikel ini. Perlu di kembangkan dalam suatu daerah contoh lingkungan biotik yang mempu mempengaruhi suatu tempat. Perlu diperhatikan juga aktor biotik itu sendiri wajib adanya beberapa komponen ekosistem terdiri dari beberapa segmen.

Fungsi Abiotik

Apa manfaat bila ada abiotik? Diatas telah telah kita bahas pengertian biotik selanjutnya akan kita lanjutkan pembahasanya mengenai fungsinya. Kemungkinan dalam soal pelajaran akan ada pertanyaan jelaskan istilah aliran energi, ciri-ciri komponen abiotik maupun ragam biotik.

Abiotik adalah faktor yang cukup penting dalam ekosistem untuk mendukung terbentuknya ekosistem. Abiotik dapat berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung terhadap kelangsungan hidup juga reproduksi setiap makhluk hidup atau organisme.

Komponen Abiotik

Setidaknya ada 10 komponen abiotik yang akan sobat pelajari pada kesempatan ini. Dan komponen biotik ini sangat berpengaruh sekali dalam kehidupan maunisa. Apalagi peran komponen biotik dan abiotik ini jika tidak diperhatikan keseimbanganya bisa berdampak buruk bagi kehidupan manusia. Ada beberapa istilah yang sering muncul dalam komponen abiotik ini seperti tumbuhan hijau tergolong autotrof atau tidak, komponen terbesar apa penyusun udara dan fungsi air sebagai komponen ekosistem atau tidak. Inilah beberapa komponen abiotik yang bisa sobat pelajar ketahui diantaranya.

1. Air
2. Cahaya Matahari
3. Udara dan Suhu Udara
4. Angin
5. Kelembaban
6. Iklim
7. Garam Mineral
8. Derajat Keasaman atau pH
9. Bebatuan dan Tanah
10. Topografi

Contoh Abiotik

Contoh komponen abiotik yang sering kita temui disekitar kita adalah air, udara, cahaya matahari, tanah, topografi, dan iklim.

Air

Asal kita tahu jik semua makhluk hidup membutuhkan air. Karena itu,air merupakan komponen yang sangat vital bagi kehidupan. Sebagian besar tubuh makhluk hidup tersusun oleh air dan tidak ada satupun makhluk hidup yang tidak membutuhkan air.

Bisa kita simpulkan jika kebutuhan organisme akan air tidaklah sama antara satu dengan yang lainnya. Begitu pula dengan ketersediaan air di suatu daerah, tidak sama antara daerah satu dengan yang lainnya.

Udara

Contoh abiotik kedua adalah udara, udara sangat penting bagi kehidupan di bumi ini. Oksigen diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas atau karbondioksida yang diperlukan tumbuhan untuk berfotosintesis juga berasal dari udara. Bahkan bumi pun dilindungi oleh atmosfer yang merupakan lapisan-lapisan udara.

Cahaya matahari

Cahaya matahari merupakan sumber energi utama semua makhluk hidup, karena dengannya tumbuhan dapat berfotosintesis. Sedangkan keberadaan uap air di udara akan mempengaruhi kecepatan penguapan air dari permukaan tubuh organisme.

Contoh abiotik selanjutnya adalah cahaya matahari Intensitas cahaya matahari yang diterima oleh suatu daerah akan mempengaruhi kelembaban atau kadar uap air di udara. Selain itu, cahaya matahari juga menyebabkan peningkatan suhu atau temperatur udara. Adanya perbedaan temperatur menyebabkan terjadinya perbedaan tekanan udara, sehingga udara mengalir atau bergerak membentuk angin. Kesemuanya memberikan pengaruh bagi organisme.

Tanah

Bumi hanya berisi batu dan logam, tanpa ada tanah maka tidak akan ada berbagai jenis tumbuhan dan organisme lainnya. Tanah merupakan tempat hidup bagi berbagai jenis organisme, terutama tumbuhan.

Topografi

Selanjutnya contoh Abiotik adalah Topografi yang artinya letak suatu tempat dipandang dari ketinggian di atas permukaan air laut atau dipandang dari garis bujur dan garis lintang. Topografi yang berbeda menyebabkan perbedaan penerimaan intensitas cahaya, kelembaban, tekanan udara, dan suhu udara, sehingga topografi dapat menggambarkan distribusi makhluk hidup.

Pada artikel sebelumnya telah kami sajikan materi pelajaran faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan juga pengertian keanekaragaman hayati di halaman lainnya.

Demikianlah materi yang membahas mengenai arti Abiotik, lengkap dengan penjelasan fungsi, komponen, macam dan juga contoh abiotik itu sendiri. Semoga dengan materi ini mampu menambah ilmu sobat pelajar semuanya.