Pengertian Airsoftgun, Jenis, Ukuran, Efek, Perbedaan dan Harga


Materi Airsoftgun Jenis Ukuran Efek Perbedaan Harga

Pengertian Airsoftgun, Jenis, Ukuran, Efek, Perbedaan dan Harga. Materi tentang Airsoft lengkap dengan sejrah, jenis-jenis airsoftgun yang sering digunakan untuk game maupun outbond. Dijelaskan juga mengenai ukuran dan efek serta perbedaan airsoft yang asli dan yang digunakan untuk permaian dalam permaian maupun latihan. Mungkin sobat juga mencari referensi harga airsoftgun ilegal dipasaran mulai dari yang murah hingga yang mahal.

Laman pendidikan rumuspelajaran.com akan membahas secara detail mengenai definisi airsoftgun itu sendiri lengkap dengan sejarahnya dari mana berasalnya. Berdasarkan pejelasan sejarahnya senjata ini merupakan jenis senjata yang digunakan dalam militer, namun seiring dengan berjalanya waktu diciptakanya imitasinya maupun replika yang digunakan untuk game ataupun permainan outbond ataupun untuk belajar menembak saja.

Senjata airsoft legal sebenarnya juga dijual di beberapa toko online. Untuk cara kerja airsoft gun mainan sendiri sebenarnya cukup simple dan mudah dalam menggunakanya. Isi peluru airsoft gun mainan juga tidak berbahaya saat mengenai anggota tubuh, namun akan berhaya ketika mengenai anggota tubuh sobat seperti mata dan anggoa tubun sensitif lainya.

Airsoft sniper, istilah dalam airsoftgun, airsoft gun spring, jenis peluru airsoft gun juga sering menjadi bahan materi makalah. Pada kesempatan sebelumnya laman RUMUSPELAJARAN.COM telah memposting artikel yang berkaitan dengan olahraga seperti  teknik dasar bola basket, manfaat, ukuran bola, sejarah dan peraturannya serta definisi bola boli lengkap dengan sejarah, teknik dasar, jenis-jenis, sarana, tujuan dan ukuran lapangan bola voli.

Kembali sedikit sebelum membahas mengenai jenis airsoft gun yang mematikan, jenis airsoft gun yang dilarang, airsoft gun co2, ukuran peluru airsoft gun maupun efek terkena tembakan airsoft gun. Ada baiknya sobat menyiapkan buku catatan atau file penyimpanan untuk menyimpan materi penting kali ini. Selanjutnya mari kita teruskan materi tentang kekuatan tembak airgun, peluru airsoft gun yang bisa meledak dan arti Airsoftgun dibawah ini.

Pengertian Airsoftgun

Definisi Airsoft adalah sebuah olahraga atau permainan yang mensimulasikan kegiatan militer atau kepolisian, yang menggunakan replika senjata api yang disebut airsoft gun.

Definisi lainya Airsoftgun merupakan replika dari senjata api jenis genggam atau laras panjang yang dibuat menjadi sebuah alat permainan yang biasa kita sebut airsoftgun. Airsoftgun dapat melontarkan benda yang berbentuk bola plastik (ball bullet/BB) berukuran 6 mm, menggunakan tekanan udara ataupun gas sebagai tenaga pendorongnya. Sedangkan didalam aplikasi dan kegunaannya, Airsoftgun dipergunakan untuk berolahraga dalam bentuk permainan yang mensimulasikan kegiatan militer atau kepolisian.

Berdasarkan jenisnya, Airsoftgun memiliki jenis-jenis atau kelas-kelas yang sama dengan senjata api baik otomatis maupun semi otomatis. Mulai dari kelas pistol, senapan serbu jarak jauh, senapan serbu jarak dekat, senapan penembak runduk, hingga senapan mesin. Untuk mengklasifikasikan suatu unit airsoftgun yaitu dengan cara membedakan berdasarkan sumber tenaga yang digunakan dan sistem kerja untuk melontarkan proyektilnya. Pada dasarnya hanya ada dua sumber tenaga yang digunakan oleh unit airsoftgun untuk bekerja yaitu adalah udara dan gas.

Sejarah Airsoft

Permainan ini awalnya dimulai di Jepang atau negara Sakura pada tahun 1970-an, dimana kepemilikan senjata api sangat sulit atau tidak mungkin untuk didapatkan karena ketatnya peraturan, kemudian para pencinta senjata lalu mencari alternatif yang legal untuk melakukan hobi mereka. Dan sekarang kegiatan airsoft paling populer di Jepang, Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, Macau, Korea Selatan, dan juga menyebar ke Filipina dan Indonesia.

Permainan airsoft kemudian mulai berkembang dan mulai dimainkan di berbagai negara dan menjadi salah satu jenis olahraga untuk game maupun outbond. Beberapa negara yang sering menggunakan jenis olahraga ini diantaranya Amerika Utara dan Eropa, khususnya di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Jerman, Austria, Swiss, Prancis, Spanyol, Polandia, Portugal, Swedia, Finlandia, Norwegia, Italia, Belgia (yang didatangi pemain dari Belanda karena di negara mereka airsoft ilegal), Denmark, dan Chili, dan semakin menyebar didukung dengan komunitas Internet yang aktif.

Beberapa warganet juga mencari penjelasan mengenai definisi senjata airsoft, perbedaan antara green gas vs co2, sebutkan jenis-jenis airsoft spring, update harga airsoft gun indonesia legal, airsoft sniper maupun biaya izin airsoft gun di Indonesia.

Jenis Airsoftgun

Jenis Airsoftgun

Sebagai pengetahuan saja ya sobat rumuspelajaran.com, jika pada dasarnya airsoft gun merupakan replika senjata yang dibuat benar-benar persis dengan aslinya atau 1:1. Perbedaanya terletak pada materialnya saja yang mungkin agak sedikit berbeda. Airsoft gun tidak hanya sekedar replika tapi Airsoft gun juga bisa dimainkan untuk bermain tembak-tembakan.

Sedangkan untuk jenis-jenis pistol semi otomatis dan modelnya pun sekarang sudah bervariasi dan relatif lebih banyak. Mulai dari pistol semi otomatis yang klasik seperti markov hingga pistol semi otomatis yang lebih modern seperti Jenis Glock.

Pistol glock adalah jenis pistol yang cukup banyak diburu dipasaran saat ini disebabkan merk glock merupakan merk yang sangatlah populer dengan kwalitas mumpuni. Glock banyak digunakan oleh pasukan khusus dari berbagai militer dunia. Glock secara desain memang biasa, namun daya tembaknya, bobot dan efektifitas kinerjanya sangat cocok digunakan pasukan khusus.

Airsoft merk glock yang terkenal inilah akhirnya banyak kolektor airsoft gun yang memburu model ini. Selain itu pistol jenis barreta juga cukup banyak diminati. Pasalnya pistol barreta ini juga memiliki popularitas yang tinggi. Sedangkan untuk jenis riffle, seringkali diburu berjenis AK. Terlebih jenis AK47. Senjata AK47 adalah senjata yang terkenal digunakan sebagai senjata para penjahat di film-film.

Ukuran Airsoftgun

Kemudian yang akan kita bahas pada ukuran Airsoft kali ini di bagian pelurunya. Jenis peluru yang dipergunakan berbentuk bulat berbahan plastik padat dan biasa disebut BB (Ball Bearing). Ukuran butiran ini berdiameter 6 mm dengan berat bervariasi dari 0.12 gram, 0.25 gram, 0.30 gram.

Namun perlu diperhatikan juga jika ternyata ada beberapa ukuran khusus peluru berukuran tersebut mencapai berat 0.80 gram yang tidak boleh dipakai untuk skirmish atau war game karena terbuat dari besi atau kaca atau gotri. Perlu diingat yang sobat peluru atau BB’s airsoft yang boleh dipakai hanyalah yang berukuran 6mm dan terbuat dari plastik sehingga membuat airsoft tidak berbahaya namun jangan sampai mengenai bagian mata.

Sedangkan istilah efek dan perbedaan Airsoft telah kita bahas pada penjelasan diatas mulai dari efek terkena tembakanya sampai larangan terkena anggota tubuh. Sedangkan perbedaan Airsoftgun yang asli dan replika terletak pada bahan, jenis kekuatan, isi peluru dan penggunaanya.

Harga Airsoftgun

Harga Airsoftgun

Berdasarkan pencarian di beberapa situs yang kami singgahi ternyata Harga Airsoft gun bisa dibilang cukup bervariasi dan menguras uang dikantong. Bisa dibilang salah satu jenis mainan atau replika senjata harga airsoft dijual dengna kisaran rata-rata diatas 1,5 juta. Sedangkan jenis pistol model glock 19 kisaran harganya adalah 2,2 juta. Adapun jenis lainya seperti CP99 bisa mencapai 3,8 juta, FN 1911 bisa mencapai 4,8 juta. Untuk membeli salah satu jenis airsof gun ini mungkin diperlukan menabung dan harus irit pengeluaran bagi yang mempunyai pendapatan pas-pasan.

BACA JUGA:

Demikianlah pembahasan mengenai salah satu olahraga Airsoftgun lengkap dengna penjelasan jenis, ukuran, efek, perbedaan dan harganya, semoga bermanfaat.