Pengertian Anggar, Sejarah, Cara Bermain, Teknik, Pakaian, Peraturan dan Harga Kursusnya


Materi Olahraga Anggar Sejarah Cara Bermain Teknik Pakaian Peraturan Harga Kursus

Pengertian Anggar, Sejarah, Cara Bermain, Teknik, Pakaian, Peraturan dan Harga Kursusnya. Materi tentang olahraga Anggar lengkap dengan bagaimana cara bermain ANggar, sejarah dan pakainya. Bagi seorang atlit Anggar juga pernah mengalami rasanya latihan dari dasar bagaimana cara menggunakan pedang dan rasanya berlatih keras bagaimana menjadi atlet anggar. Teknik-teknik dasar Anggar juga akan di bagikan laman pendidikan rumuspelajaran.com lengkap dengan peraturan dan harga kursus Anggar dari para pelatih yang sudah berlisensi.

Cabor Anggar juga sudah menjadi salah satu cabang olahraga Asian Games, jadi bisa di simpulkan jika menjadi Atlit olahraga ini tidaklah sia-sia dan kemungkinan mempunyai masa depan yang baik. Perlu juga bagi seorang pemula untuk belajar peraturan permainan anggar sebab harus di sesuaikan dengan peraturan induk nasional maupun Internasional.

Anggar adalah ilmu beladiri menggunakan senjata dan membutuhkan kelincahan dan ketangkasan dan fokus tinggi karena memegang senjata yang berbahaya. Jadi untuk harga kursus anggar juga cukup tinggi sebab dihitung per jam. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai olahraga Anggar ini perlu membaca sejarah anggar di dunia militer angkatan laut dan persebaranya.  Pada kesempatan sebelumnya laman RUMUSPELAJARAN.COM telah memposting artikel yang berkaitan dengan olahraga seperti  teknik dasar bola basket, manfaat, ukuran bola, sejarah dan peraturannya serta definisi bola boli lengkap dengan sejarah, teknik dasar, jenis-jenis, sarana, tujuan dan ukuran lapangan bola voli.

Baiklah sekarang mari kita bahas satu per satu mengenai jenis olahraga Anggar mulai dari istilah, sejarah maupun teknik-tekniknya, jadi bisa siapkan catatan supaya ketika sudah membaca materi ini tidak langsung lupa ya.

Pengertian Anggar

Anggar merupakan ilmu beladiri menggunakan senjata yang berkembang menjadi seni budaya olahraga ketangkasan dengan senjata yang menekankan pada teknik kemampuan seperti memotong, menusuk atau menangkis senjata lawan dengan menggunakan keterampilan dalam memanfaatkan kelincahan tangan.

Dalam arti lainya juga Anggar merupakan salah satu jenis olahraga bela diri yang dimainkan menggunakan senjata dan kini telah melalui perkembangan hingga akhirnya lebih dikenal sebagai seni budaya olahraga ketangkasan.

Kemudian bisa juga diartikan secara spesifik, anggar adalah satu satu cabang olahraga yang diajarkan di sekolah – sekolah Eropa pada masa lalu dalam melatih keahlian dalam menggunakan senjata tajam yang akhirnya menjadi salah satu olahraga resmi di Olimpiade.

Sejarah Anggar

Jika dilihat dari sejarah, Etimologi kata “anggar” dalam bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Prancis “en garde” yang berartinya dalam Bahasa Indonesia berarti “bersiap“. Kata “en garde” digunakan sebelum permainan anggar dimulai, untuk memberi perintah “bersiap” kepada pemain.

Nah, dalam bahasa Prancis kata anggar disebut sebagai escrime. Uniknya, kita menganggap anggar sebagai permainan yang menghibur, sebagai senjata, sebagai sarana pendidikan ataupun olahraga, padahal anggar mempunyai perjalanan sejarah yang cukup panjang. Kemampuan teknis, catatan pencapaian yang cukup panjang, di luar hal – hal tersebut adalah nilai – nilai yang terkandung dalam permainan anggar sendiri hingga kini masih diajarkan melalui praktik olahraga itu sendiri.

Dalam laman rumuspelajaran.com juga akan menerangkan, sebenarnya olahraga Anggar merupakan salah satu dari sedikit olahraga yang mengakui profesionalisme yang terjadi sebelum tahun 1980an. Sebelum masuk dalam olahraga resmi dan diciptakan peraturan – peraturan awal Olimpiade yang ditulis oleh Baron Pierre de Coubertin (presiden kedua dari International Olympic Committee), menyatakan ketika pemain anggar profesional yang disebut dengan Masters diperbolehkan untuk ikut bertanding.

Pada tahun 1896 permainan atau olahraga Anggar ini dipertandingkan pada ajang Olimpiade untuk pertama kalinya, Bisa dibilang menjadi salah satu dari sedikit cabang olahraga yang menjadi program tetap dalam pelaksanaan Olimpiade.

Cara Bermain Anggar

Mari kita bahas mengenai bagaimana cara bermain anggar dengan benar, berikut ini dapat menjadi pengetahuan sobat rumuspelajaran.com.

Belajar Menggunakan Pedang

Bisa sobat baca penjelasan diatas jika anggar adalah jenis olahraga bela diri dengan senjata di mana senjata yang dipakai adalah bilah pedang. Pastinya seorang atlit atau pemain tersebut tidaklah sembarangan dalam menggunakan senjata dalam bermain anggar, Sebaiknya perlu mempelajari cara menggunakan pedang adalah yang paling dasar bagi Sobat pelajar dengan cermat dan tidak sembarangan.

  1. Hindari mengayunkan bilah pedang ke sana kemari, apalagi mengacungkan bagian ujung bilah pedang pada seseorang yang tengah tak mengenakan masker pelindung.
  2. Ketika memegangnya, ujung pedang harus dijaga untuk selalu menghadap ke arah lantai.
  3. Ketika bergerak seraya memegang bilah pedang, bagian ujunglah yang dipegang dan bukan bagian pegangannya.
  4. Periksa lebih dulu kondisi pedang sebelum bermain dan cek juga apakah pada ujung bilah pedang ada penutupnya yang erat terpasang.
  5. Ketika hendak melepaskan masker pelindung, mungkin Sobat pelajar memerlukan dua tangan untuk hal ini, maka sebaiknya letakkan pedang lebih dulu baru melepas masker.

Belajar Menggengam Pedang

Cara menggunakan pedang Anggar pun juga harus diperhatikan seperti halnya dalam menggenggam bilah pedang yang benar. Sebab pedang untuk olahraga bela diri anggar juga beragam dan bervariasi. Perhatikan bagaimana cara menggengga pedang anggar dan pastinya dibutuhkan latihan menggenggam lebih dulu sebelum menggunakannya.

Pertama, penguasaan cara memegang pedang perlu adanya pengawasan mentor atau di bawah pengawasan seorang instruktur. Hal yang terjadi bagi seorang pemula dalam olahraga ini yang melakukan kesalahan dan kesalahan paling umum adalah menggenggam pegangan sangat kencang. Padahal, kalau terlalu kencang otomatis pergelangan tangan menjadi kaku, sedangkan yang diminta adalah pergelangan tangan dalam keadaan luwes dan rileks.

Menentukan Jenis Pedang

Bagi seorang pemain Anggar profesional memiling jenis pedang sangatlah penting. Dari sekian jenis pedang mana yang hendak dipakai dan sebaiknya fokuslah pada sejenis pedang yang dipilih diantaranya.

1. Sabel
2. Degen
3. Floret
Adapun cara mempelajari mempelajrainya harus sesuai dengan urutan yang benar seperti yang disarankan banyak pelatih anggar adalah floret lebih dulu, kemudian disusul degen dan sabel.

Teknik Berpedang

Sudah mulai menarik ya pembahasan kali ini, setelah mampu cara menggenggam pedang secara baik, benar, nyaman dan mantap, maka itu artinya Sobat pelajar bisa selangkah lebih maju dengan mempelajari teknik atau elemen awal dari teknik berpedang. Pilihan senjata atau pedang akan sangat berpengaruh pada latihan ini, jadi sebaiknya konsultasikan lebih dulu dengan pelatih.

Perlu diperhatikan juga dalam memilih senjata yang pas dan sesuai dengan anjuran pelatih, pemain anggar pemula dapat mempelajari metode tusukan langsung lebih dulu dan juga sekaligus parry sederhana.

Dua-duanya merupakan teknik menyerang serta bertahan yang paling simpel namun kemudian juga perlu ditingkatkan dengan mempelajari variasi dan tambahan.

Istilah Penting dalam Anggar

Ketika seseorang sudah mahir maupun pemula bermain anggar, penting juga untuk mengenali setiap istilah penting dalam olahraga ini. Sekdar informasi saja jika Anggar mempunyai beberapa istilah diantaranya:

Parry – gerakan bertahan
Attack – gerakan menyerang
Riposte – gerakan untuk menyerang balik sesudah parry
Counter-riposte – gerakan untuk menyerang sesudah melakukan gerakan parry terhadap gerakan riposte.
Glosarium adalah hal penting yang perlu untuk kita baca saat waktu luang supaya mampu membiasakan diri dengan istilah-istilah tersebut. Bahkan beberapa orang berkemungkinan menggunakan istilah asing, seperti kata berbahasa Italia atau Perancis.

Perlengkapan Anggar

Beberapa perlengkapan yang perlu disediakan atau digunakan dalam olahraga jenis anggar sebenarnya cukup banyak seperti pakaian pelindung yang khusus serta jenis pedang yang bermacam-macam. Kemudian dilihat dari pakaian pelindungnya saja ada beberapa yang dibedakan menurut jenis kelamin dan bahkan ada pula yang bisa disesuaikan dengan pemain yang menggunakan tangan kiri atau tangan kanan.

Menguasai Gerakan Kaki

Di atas telah kita singgung beberapa istilah dan teknik-teknik anggar, Nah selanjutnya kita bahas mengenai penguasaan gerakan kaki dalam olahraga anggar. Pada dasarnya permainan anggar memang cukup dominan untuk gerakan kakinya yang merupakan salah satu gerakan penting untuk dikuasai dan istilah untuk gerakan kaki ini adalah footwork.

Footwork jelas menjadi satu bagian yang esensial dalam olahraga bela diri anggar, maka setiap pemula sebaiknya benar-benar serius mengasah gerakan satu ini. Melatih gerakan kaki juga merupakan kunci agar permainan anggar yang ditampilkan dapat sempurna.

Untuk gerakan kaki yang paling dasar dan perlu untuk dikuasai adalah En Garde di mana gerakan ini menitikberatkan pada arah maju dan mundur secara mudah. Gerakan satu ini termasuk yang paling sederhana karena posisi gerakan ini dikenal juga sebagai posisi memulai.

Posisi awal dengan berdiri menyamping

  • Tangan yang memegang pedang bisa diarahkan ke depan secara lurus.
  • Kaki harus ada pada sisi yang sama mengarah ke lawan.
  • Kaki yang di belakang bisa menghadap keluar di sudut 90 derajat dari tubuh.
  • Apabila ingin bergerak maju, langkahkan kaki depan lebih dulu dan bila bergerak mundur, langkahkan kaki belakang lebih dulu.
  • Jagalah keseimbangan tubuh dan tetap pada posisi kaki berjinjit sehingga Sobat pelajar mampu melakukan gerakan kaki secara lebih cepat.
  • Setelah gerakan kaki sudah dikuasai dan Sobat pelajar terbiasa dengan posisi serta gerakannya, maka teknik-teknik dasar anggar lainnya perlu untuk dikuasai, seperti teknik menyerang dalam posisi lunge.
  • Banyak Berlatih Gerakan
  • Meningkatkan Kebugaran
  • Mewaspadai Orang Sekitar
  • Menghindari Serangan Gabungan

Dalam keyword para pemain pemula maupuan profesional Anggar perlu juga memperhatikan peraturan permainan anggar, program latihan anggar, induk organisasi anggar, permainan anggar anggaran dan juga harga kursus permaian anggar.

Teknik Anggar

Diatas pada sub cara bermain anggar kita jelaskan juga teknik-teknik bermain anggar. Sebagai pengetahuan bagi seorang pemula adapuan tiga jenis senjata yang digunakan cabang anggar dalam ajang Olimpiade: foil, epee dan sabre. Dimainkan di arena seluas 14×1,5 meter.

Dilengkapi dengan kabel dan kostum khusus, para pemain dihubungkan dengan sistem penilaian elektronik yang akan bereaksi jika terkena tusukan. Dalam setiap pertandingan digunakan sistem eleminasi langsung. Sebuah tim akan terdiri dari 3 pemain dan masing – masing akan berduel dengan anggota tim lawan.

Baca Juga: Pengertian Kebugaran Jasmani, Konsep, Fungsi, Unsur, Komponen dan Manfaatnya

Pakaian Anggar

Sekarang akan kita share beberapa pakaian olahraga Anggar yang terdiri dari beberpa aperlengkapan diantaranya:

  1. Masker (Pelindung Muka)
  2. Sarung Tangan
  3. Baju Jaket terbuat dari bahan yang kuat dan berwarna putih
  4. Untuk pemain Epee atau Poil, baju pemain terbuat dari metal

Peraturan Anggar

Selanjutnya mari kita bahas mengenai peraturan masing-masing nomor dalam anggar menurut jenis senjatanya

1. Nomor Floret/Foil

Adapun beberapa istilah yang bisa kita jabarkan dalam pembahasan floret adalah:

Pergerakan dan sasaran

Dalam nomor ini, atlet anggar hanya boleh bergerak maju dan mundur.

Serangan atau tusukan pedang hanya diperbolehkan / diarahkan ke daerah yang disebut “Torso”.

Torso adalah bagian badan yang boleh diserang menggunakan senjata. Torso terdiri dari dada, perut bagian bawah, perut, dan bahu depan.

Penilaian

Seorang pemain akan mendapatkan nilai apabila melakukan tusukan pada daerah Torso kepada lawannya. Namun apabila mengenai bagian lain selain torso pemain tidak akan mendapatkan nilai.

Apabila seorang Atlet melakukan tusukan pada daerah torso dan pihak lawan pun berhasil melakukan tusukan maka keduanya tidak akan mendapatkan Point. Artinya, seorang pemain akan mendapatkan Nilai apabila dia berhasil melakukan tusukan pada torso dan pihak lawan tidak berhasil melakukan tusukan balasan atau menangkisnya. Dan seorang pemain dinyatakan sebagai pemenang apabila pemain tersebut berhasil mengumpulkan 5 angka dari 6 menit masa tanding.

Deskripsi senjata

Pada floret ini Anggar pedang yang digunakan adalah Pedang yang berbentuk langsing, lentur dan ringan, ujungnya datar atau bulat, tumpul dan berpegas. Bila ditusukkan dapat naik/turun, beratnya 500 gram (5 ons).

Memiliki panjang 90 Cm, tidak termasuk bagian pedang yang digunakan sebagai pegangan, dan memiliki mata pedang yang lentur.

Pelindung tangan yang terdapat pada floret lebih kecil dibandingkan dengan Degen dan Sabel. Ujungnya untuk menusuk dan bagian bawah pedang untuk menangkis dan menekan.

2. Sabel/Sabre

Nah, yang diperlu diperhatikan dalam sabel atau sabre adalah:

Sasaran

Untuk nomor Sabel, sasaran tusukan pedang di tujukan kepada bagian Torso, Kepala dan Tangan lawannya.

Penilaian

  • Pemain tidak mendapatkan nilai jika melakukan tusukan pada perut bagian bawah.
  • Penilaian sama dengan anggar jenis Nomor Foil dan Degen

Senjata

Pedang sabel berbentuk segitiga dan sudutnya tidak tajam, seperti parang kecil, semakin keatas semakin pipih dan ujungnya ditekuk hingga tidak meruncing, beratnya 500 gram.

Memiliki bentuk potongan melintang seperti segitiga namun terdapat alur yang dalam pada bagian salahsatu sisinya sehingga menyerupai huruf “Y” panjang pedang Sabre ini adalah 86 cm.

Pelindungan penuh menutupi tangan sampai pangkal tangkai. Bagian atas pedang untuk memarang dan bagian bawah untuk menangkis, serta ujungnya untuk menusuk.

3. Degen/Epee

Sedangkan beberapa istilah yang perlu diperhatikan dalam degen atau Eppee adalah :

Sasaran

Sasaran tusukan Pedang Anggar di lakukan pada seluruh bagian tubuh termasuk tangan.

Penilaian

Pemain akan mendapatkan angka jika berhasil melakukan tusukan pada bagian badan lawan, baik itu kaki maupun tangan atau bagian badan lainnya.

Apabila kedua pemain yang bertanding keduanya bersama-sama berhasil melakukan tusukan maka kedua pemain tersebut berhak mendapatkan poin yang sama.

Pemain dinyatakan sebagai pemenang apabila pemain tersebut terlebih dahulu memperoleh 5 angka selama 6 menit waktu pertandingan.

Senjata

  • Pedang berbentuk segitiga dan berparit
  • Pada pangkalnya tebal dan samping keujung kecil, agak kaku.
  • Ujungnya datar dan berpegas dengan pelindung tangan besar.
  • Beratnya 750-770 gram.
  • Bagian bawah pedang untuk menangkis dan ujungnya untuk menusuk.
  • Panjang 90 cm tidak termasuk pangkal (Genggaman), dan potongan melintang dari pedang ini hampir berbentuk segitiga.

Harga Kursus Anggar

Adapun beberpa rincian dan beberapa referensi yang bisa sobat pelajar rumuspelajaran.com gunakan ketika akan menjadi atlit anggar bisa membaca harga kursus anggar dibawah ini yang terdapat di beberapa kota di Indonesia

1. Ganefiono, Pelatih Anggar berpengalaman dan Mantan Atlet Nasional.International license. Dapat melatih anggar jenis Foil,Epee,Sabre. Dasar hingga competision atlet. Berpengalaman di d
Metodologi

Metode

latihan :- Basic Fencing Footwork
– Intermediate
– Advance

Pengajaran :
– Individual lesson
– Group lesson

Latar belakang

Seorang Pelatih Anggar International License dan mantal atlet Nasional (Gold Medal Sea Games 1987).

Sudah 4 generasi keluarga Anggar.
Melatih di beberapa kelas private Anggar dan Group.
Juga sebagai Pemilik WRG Fencing Management dan Ketua Anggar Jakarta Selatan.
Di dunia Profesi Diploma Sistem Informatika.

Tarif

Tarif untuk kursus dengan kamera web : Rp 300,000/jam

2. Ryan asalah Jakarta merupakan Instruktur Ilmu Pedang Eropa atau HEMA (Historical European Martial Arts) yang mulai mengajar sejak 2017 dan memberikan workshop di Malaysia dan Singapura, selain itu saya telah mengikuti pertandingan Internasional di Taiwan membawa Indonesia untuk masuk ke dunia Internasional HEMA. HEMA adalah beladiri Eropa berdasarkan sejarah dengan instrumen “longsword” yang banyak dikenal dalam komunitasnya.

Pada kesempatan sebelumnya laman RUMUSPELAJARAN.COM telah memposting artikel yang berkaitan dengan olahraga seperti  teknik dasar bola basket, manfaat, ukuran bola, sejarah dan peraturannya serta definisi bola boli lengkap dengan sejarah, teknik dasar, jenis-jenis, sarana, tujuan dan ukuran lapangan bola voli.

Biaya perjalanan : Rp 60,000
Tarif untuk kursus dengan kamera web : Rp 250,000/jam
Tarif untuk paket 5 jam kursus : Rp 1,100,000
Tarif untuk paket 10 jam kursus : Rp 2,000,000

3, Lintang Siswi SMA jago main anggar dan ingin berbagi ilmu dengan kaliaan semua️

Metodologi

Metode saya mengajarkan anggar adalah melatih dasar fisik yang baik agar dapat membentuk otot anggar dengan baik setelah itu baru menggunakan senjata

Latar belakang

Saya seorang siswi SMA sekaligus saya seorang atlet anggar dan merupakan atlet kebanggaan kabupaten Bogor yang kemarin menjuarai porda Jabar

Tarif

Tarif untuk 1 jam kursus : Rp 30,000/jam

Pelajari juga Pengertian Bola Voli, Sejarah, Jenis, Peraturan, Teknik Dasar, Tujuan, Sarana dan Ukuran Lapangan.

Demikianlah pembahasan mengenai harga kursus Anggar lengkap dengan penjelasan sejarah, cara bermain, teknik, pakaian dan peraturanya. Semoga dengan adanya penjelasan dan keterangan diatas bisa memudahkan sobat ketika akan menjadi atlit anggar maupun menambah ilmu pengetahuan.