Pengertian Besaran, Satuan, Pengukuran, Macam dan Contoh


Materi Besaran Satuan Pengukuran Macam Contoh

Pengertian Besaran, Satuan, Pengukuran, Macam dan Contoh. Pada pembahasan kali ini laman pendidikan rumuspelajaran.com akan berbagi ilmu fisika yaitu apa itu arti besaran, pengukuran, sataun dan beberapa contohnya. Mungkin bagi sobat pelajar yang masih duduk di bangku sekolah SMA atau sederajat akan menemui mat apelajaran Fisika dan pastinya akan menemui pelajaran ini.

Arti besaran akan dibahas pada bagian pengertian besaran itu sendiri. Penjelasan besaran satuan dan pengukuran itu tidak sulit namun akan dijelaskan dengan beberapa soal pertanyaan untuk menerangkan supaya lebih mudah dipahami. Supaya lebih mudah sobat perlu membuat rangkuman pelajaran besaran dan pengukuran itu sendiri.

Pada kesempatan sebelumnya sobat pelajar bisa membaca materi gelombang elektromagnetik lengkap dengan penjelasanya jenis-jenis gelombang, sifat, penerapanya serta arti zat gas dan cair untuk materi anak kelas SMA sederajat.

Untuk mempermudah memahaminya mungkin akan ada tabel besaran satuan dan juga alat ukur. Dalam tugas sekolah setelah menjelaskan materi ini mungkin sobat pelajara akan menemui soal tanya jawab yang membahas mengenai besaran satuan dan ketelitian pengukuran.

Pengertian Besaran, Satuan dan Pengukuran

Baiklah sekarang mari kita bahas satu-persatu apa itu arti besaran, satuan dan ukuran itu sendiri. Silahkan siapkan buku catatan agar tidak lupa atau supaya materi yang disampaikan tidak hilang dan bisa di pakai sewaktu-waktu.

Dalam ilmu fisika, besaran memang sangat erat kaitannya dengan pengukuran. Kemudian pengukuran itu sendiri dalam ilmu fisika memiliki peranan penting bahkan hampir segala sesuatu yang berhubungan dengan ilmu fisika pasti disertai dengan pengukuran.

Baiklah sekarang kita langsung ke pembbahasan tentang besaran, satuan dan pengkuran.

Pengertian Besaran

Besaran dapat diartikan segala sesuatu yang dapat diukur, memiliki nilai yang dapat dinyatakan dengan angka-angka dan memiliki satuan tertentu. Jadi itulah arti dari besaran yang memang sangat sederhana namun akan mudah dipahami.

Pengertian Satuan

Satuan adalah pernyataan yang menjelaskan arti dari suatu besaran atau sesuatu yang dijadikan pembanding dalam pengukuran yang menjadi acuan. Satuan merupakan salah satu dari komponen besaran yang menjadi standar dari suatu besaran.

Pengertian Pengukuran

Pengukuran ialah suatu proses membandingkan sesuatu yang diukur dengan sesuatu yang lain sebagai pengukur yang dijadikan sebagai acuan. Dengan kata lain, pengertian pengukuran ialah proses membandingkan suatu besaran dengan besaran lain yang digunakan sebagai suatu satuan.

Contoh

Baiklah supaya lebih mengerti dan paham akan hal-hal tersebut ada baiknya kita perhatikan contoh berikut ini.

1. Saat Anda pergi ke warung untuk membeli beras sebanyak 5 kg, pasti kalian melihat si penjual melakukan pengukuran dengan menggunakan timbangan sampai beras yang ditimbang mencapai 5 kg.
2. Saat orang tua Anda akan membuat meja makan, pasti membutuhkan hasil ukuran yang diinginkan dengan menggunakan bantuan alat ukur. Setelah melakukan pengukuran tenyata hasil yang diinginkan memiliki panjang 2 meter.

Alat-Alat Ukur

Setelah memebahas mengenai apa itu besaran, satuan dan pengukuran mari kita tambah ilmu lagi mengenai alat-alat ukur. Alat ukur merupakan sebuah alat yang digunakan untuk dapat mengetahui nilai dari suatu besaran dengan melalui kegiatan mengukur. Alat-alat ukur yang sesuai dengan Satuan Internasional tersebut dibuat dengan menggunakan dasar satuan standar misalnya massa,panjang, dan juga waktu.

Alat Ukur Panjang

Alat Ukur Panjang

Berikut ini adalah contoh alat ukur panjang yang terdiri dari beberapa macam alat ukur diantaranya.

Penggaris

Penggaris digunakan untuk dapat mngukur besaran panjang sebuah benda yang tidak terlalu panjang, misalnya ialah untuk mengukur panjang dari sebuah buku, map dan juga meja.

Rol Meter

Rol meter memiliki fungsi ialah untuk dapat mengukur besaran panjang dengan nilai cukup besar, misalnya digunakan dalam mengukur panjang teras, lebar jalan dan lain sebagainya

Jangka Sorong

Jangka sorong ialah sebuah alat ukur panjang yang digunakan untuk dapat mengukur besaran panjang yang nilainya maksimum 10 cm.

Lihat Materi:

Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup ini digunkana untuk dapat mengukur besaran panjang yang nilainya ukurannya it maksimum 2,5 cm.

Alat Ukur Massa

Alat Ukur Massa

Biasanya alat yang digunakan untuk dapat mengukur massa ialah dengan menggunakan neraca. Nah, berikut ini merupakan macam-macam neraca yang digunakan, antara lain ialah sebagai berikut.

Neraca Sama Lengan

Neraca sama lengan ini difungsikan untuk dapat mengukur massa benda-benda yang ringan. Neraca sama lengan ini umumnya digunakan untuk menimbang emas.

Timbangan Duduk

Kegunaanya biasanya digunakan oleh pedagang pasar / ditoko dalam menimbang sembako. Timbangan duduk tersebut digunakan untuk dapat mengukur benda-benda seperti beras, telur, dan lain sebagainya.

Neraca Ohaus

Neraca ohaus ini memiliki fungsi untuk dapat mengukur massa benda dengan ketelitian pengukuran yakni 0,1 gram. Alat tersebut biasanya digunakan pada Laboratorium dalam menimbang benda-benda yang berhubungan dengan sebuah penelitian yang sedang likasanakan.

Baca Materi :

Neraca Elektronik

Neraca elektronik ini memiliki fungsi ialah untuk dapat mengukur massa benda dengan ketelitian pengukuran itu yakni 0,1 mg. Hasil yang dapat diketahui dengan melalui neraca elektronik ini mudah untuk dilihat karena tampilannya itu berupa angka digital.

Alat Ukur Waktu

Alat Ukur Waktu

Dibawah ini merupakan alat yang digunakan dalam mengukur waktu.

Jam Pendulum

Jam pendulum ini digunakan dalam mngukur waktu dikehidupan sehari-hari.

Stopwatch

Stopwatch ini memiliki fungsi untuk dapat mengukur waktu dengan ketelitian sampai 1/100 seconds(stopwatch analog), bahkan ada yang mencapai pada ketelitian 1/1.000 seconds(stopwatch digital).

Jam Atom

Jam atom ini dfungsikan untuk dapat mengukur waktu dengan ketelitian pengukuran paling tinggi dibandingkan dengan jam pendulum atau pun juga stopwatch.

Demikianlah pembahasan materi arti Besaran, Satuan, Pengukuran, Macam dan Contohnya semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk share dan bagikan ke temen-temen kamu laman rumuspelajaran.com supaya mereka juga ikut mendapatkan ilmu yang bermanfaat pula.