Pengertian Biotik, Fungsi, Faktor, Macam, Komponen dan Contohnya


Materi Biotik Fungsi Faktor Macam Komponen Contoh

Pengertian Biotik, Fungsi, Faktor, Macam, Komponen dan Contohnya. Materi tentang Biotik lengkap dengan penjelasan fungsi-fungsi, macam-macam biotik dan beberapa contoh biotik. Laman pendidikan rumuspelajaran.com juga akan memberikan beberapa contoh komponen biotik yang terdiri dari komponen pembentuknya. Tidak lupa akan kami jelasnya pengertian dari Biotik itu sendiri, contoh faktor abiotik dan juga ciri-ciri komponen biotik.

Pada soal sering ditanyakan tentang jelaskan faktor biotik dan abiotik dan sebutkan komponen-komponen pembentuk Biotik itu sendiri. Untuk memperjelas materi ini mungkin bisa dilihat gambar lingkungan biotik dan abiotik pada materi sebelumnya. Banyak yang belum tahu teryata banyak contoh biotik dan abiotik yang berada di sekitar kita. Supaya materi kali ini tidak mubazir mungkin sobat semua perlu mempersiapkan buku catatan atau menyimpanya dalam notepad atau penyimpanan lainya seperti word.

Pada kesempatan sebelumnya laman pendidikan RUMUSPELAJARAN.COM membahas materi tentang meliputi penjelasan fungsi abiotik, komponenya, macam-macam dan juga pengaruhnya serta ciri-ciri hewan omnivora dan contohnya. Contoh pertanyaan pembahasan Biotik ini diantaranya apakah perbedaan antara habitat dengan nisia, jelaskan apa itu biotik dan 10 contoh komponen biotik. Baiklah sekarang langsung saja ke pembahasan materi lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Biotik

Apa yang dimaksud dengan biotik da pa itu biotik dan Apa itu Abiotik? Mungkin pertanyaan itu yang sering muncul dalam pertanyaan guru disekolah.

Pengertian Biotik secara umum adalah sebuah komponen lingkungan hidup yang terdiri dari sekumpulan mahluk hidup atau juga organisme yang terdapat di permukaan bumi.

Namun pendapat lain juga menyatakan pendapatnya yaitu lingkungan biotik ini merupakan suatu lingkungan yang terdiri dari komponen-komponen mahluk hidup di permukaan bumi. Beberapa komponen lingkungan biotik, diantaranya ; manusia, hewan, serta tumbuh-tumbuhan.

Fungsi Biotik

Ternyata setiap komponen biotik ini memiliki peran dan fungsi masing-masing untuk mempertahankan suatu bentuk ekosistem. Dan manusia sebagai komponen biotik utama memiliki peranan penting pengaruh besar terhadap perkembangan, pemusnahan, atau penyebaran komponen biotik lain.

Produsen

Produsen merupakan makhluk hidup yang punya peran untuk mengolah zat anorganil. Lalu digunakan untuk membuat makanannya sendiri dengan fotosintesisnya. Pada kesempatan ini gejala alam biotik dapat dilihat pada prosesnya. Tumbuhan mensintesis atau membuat zat makanan menggunakan bahan karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) dengan bantuan cahaya matahari.

Konsumen

Konsumen ini merupakan golongan makhluk hidup yang bergantung organisme lain. Itu dilakukan untuk bertahan hidup, karena tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri. Komponen biotik dan abiotik ini memang sering muncul dalam pertanyaan yang di lontarkan guru pelajaran. Konsumen akan bergantung pada makhluk hidup lain untuk makanannya.

  • Konsumen tingkat I (primer), ini merupakan konsumen pemakan langsung produsen. Berikut adalah contoh dari konsumen primer ialah; kerbau, kambing, rusa, sapi, ulat, serta lain sebagainya.
  • Konsumen tingkat II (sekunder), ini merupakan konsumen pemakan konsumen primer. Berikut merupakan contoh dari konsumen sekunder; ular, ayam, harimau, singa, katak, serta lain sebagainya.
  • Konsumen tingkat III (tersier); ini merupakan konsumen pemakan konsumen sekunder. Berikut ini merupakan dari konsumen tersier; ikan hiu, elang, gurita, serta lain sebagainya.
  • Konsumen tingkat IV (konsumen puncak), merupakan konsumen yang memakan konsumen tingkat ketiga.

Dekomposer

Dekomposer meruppakan makhluk hidup yang dapat menguraikan bahan anorganik menjadi organik. Makhluk hidup ini memang jarang didengar dan mungkin jarang diingat. Kemudian hasilnya itu digunakan oleh produsen. Nah, untuk kelompok yang termasuk dekomposer adalah bakteri dan jamur. Untuk mengetahui proses penguraian sangat penting untuk menjaga stabilitas ekosistem dengan mengurai zat-zat sisa yang menjadikanya unsur hara yang akan diserap oleh tanah.

Dalam pembahasan diatas juga disebut juga faktor biotik. Setiap makhluk hidup hanya dapat hidup dan berkembang biak pada lingkungan yang cocok,yang disebut habitat.Didalam ekosistem,setiap organisme mempunya fungsi dan tugas tertentu .Hal ini dikenal dengan nisia.Oleh karena itu, komponen biotik ekosistem dapat dikelompokkan berdasarkan nisia tadi.

Itulah pembahasan mengenai fungsi Biotik semoga bisa menambah ilmu sobat semua dan selanjutnya macam macam komponen biotik dibawah ini bisa diperhatikan ya.

Komponen Biotik

Nah, selanjutnya mari kita bahas mengenai komponen biotik dengan berdasarkan tingkat trofik atau nutrisi yang dimilikinya bisa atau dapat dikelompokkan ini menjadi dua, yakni komponen autotrof serta heterotrof.

1. Komponen Autotrof

Pertama akan kita bahas dulu mengenai apa itu komponen autotrof, komponen autotrofadalah organisme uniseluler atau juga multiseluler yang dapat atau bisa berfotosintesis atau juga menghasilkan makanan sendiri. Dengan melalui proses fotosintesis itu mahluk hidup ini akan menghasilkan karbohidrat serta oksigen.

Komponen ini dapat atau bisa dibilang sebagai produsen paling utama di dalam ekosistem ini. Bisa kita lihat Beberapa contoh mahluk hidup yang termasuk itu di dalam komponen autotrof dibawah ini.

  • Phytoplankton
  • Tumbuhan lumut
  • Tumbuhan paku
  • Tumbuhan berbiji maupun ganggang.

2. Komponen Heterotrof

Komponen kedua yaitu heterotrof yang merupakan sebuah golongan organisme yang memanfaatkan bahan-bahan organik yang disediakan oleh organisme lain ialah sebagai bahan makanan. Bisa dikatakan jika golongan tersebut tidak dapat atau bisa menghasilkan makanannya sendiri.

Nah, untuk komponen heterotrof ini ternyata dibedakan menjadi beberapa jenis lagi diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Herbivora: organisme yang memakan tumbuh-tumbuhan, menduduki tropic tingkat 2 serta tingkat 1 ialah sebagai konsumen.
  • Karnivora: organisme yang memakan daging dari makhluk hidup lain, menduduki tropic tingkat 3 serta tingkat 2 ialah sebagai konsumen.
  • Omnivora: organisme yang memakan segalanya baik daging atau juga tumbuh-tumbuhan, menduduki tropic tingkat 2 serta tingkat 1 ialah sebagai konsumen.
  • Dekomposer: mikroorganisme yang memiliki tugas sebagai pengurai zat organik hasil dari sisa-sisa tumbuhan atau juga hewan. Termasuk di dalamnya selulosa atau juga kitin yang merubah zat ini menjadi lebih sederhana. Contoh dari dekomposer ialah bakteri serta fungi.
  • Parasit: organisme yang hidup di luar tubuh Inang, contohnya ialah seperti kutu yang hidup di kepala manusia.
  • Detritivor: organisme yang hidup itu dengan cara memakan serpihan dari makhluk hidup yang sudah mati. Contohnya ialah seperti cacing, kaki seribu, dan rayap.

Sedangkan komponen abiotik adalah komponen penyusun ekosistem yang berupa mahluk mati. Komponen abiotik ini ternyata memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kehidupan komponen biotik. Jadi berikut ini merupakan beberapa contoh komponen pembentuk abiotik beserta penjelasannya.

3. Udara

Udara merupakan sekumpulan gas yang menyusun atmosfer bumi. Untuk contoh komponen abiotik yang pertama adalah udara. Sekumpulan gas tersebut tersusun atas oksigen (21,9%), Nitrogen (78,1%), karbon dioksida (0,03%), dan gas lain dalam jumlah yang sedikit.

Udara memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan komponen biotik, contohnya kandungan oksigen di udara yang menunjang respirasi manusia atau kandungan karbondioksida yang menunjang fotosintesis bagi organisme autotrof.

4. Air

Volume air di bumi mencapai jumlah 1,4 milyar km3. Volume tersebut berasal dari air laut (97%), air tawar (0,75%), dan gunung es (2%). Volume air di bumi akan bersifat tetap karena adanya siklus hidrologi.

Air merupakan contoh komponen abiotik ekosistem yang perannya sangat vital bagi kehidupan di bumi. Air digunakan untuk berbagai keperluan mahluk hidup, mulai dari untuk fotosintesis, menunjang metabolisme jaringan, dan lain sebagainya.

5. Cahaya matahari

Cahaya matahari sangat penting bagi kehidupan manusia dan Cahaya matahari, baik dari intensitas maupun kualitasnya dapat sangat mempengaruhi kehidupan suatu ekosistem.

Intensitas cahaya matahari yang begitu tinggi pada daerah ekosistem gurun misalnya, telah memaksa organisme gurun untuk beradaptasi secara morfologi, fisiologi, dan tingkah laku. Selain itu, cahaya matahari juga membantu organisme autotrof dalam melakukan fotosintesisnya.

Baca materi lainya seperti:

6. Tanah

Ketiga adalah tanah, Tanah terbentuk dari proses pelapukan batuan yang berlangsung dalam jangka waktu yang sangat lama. Tanah terbentuk dan tersusun atas 4 komponen utama, yaitu bahan mineral, bahan organik, air, dan udara. Tanah ini menjadi media tumbuh bagi organisme autotrof. Tanah jternyata organisme heterotrof sebagai tempat mencari makanan. Jadi tanah sangat vital sekali perananya bagi kehidupan tanaman.

7. Suhu

Kemudian dari semua komponen abiotik diatas ada salah satu komponen penting lainya yaitu suhu, suhu merupakan komponen abiotik yang sering menjadi pembantas keragaman hayati dari sebuah ekosistem.

Perbedaan suhu antar suatu tempat dipengaruhi banyak faktor. Faktor utamanya adalah radiasi sinar matahari, garis lintang, dan ketinggian tempat.

Pada suhu udara yang sangat rendah, organisme tertentu melakukan adaptasi morfologi dengan menebalkan bulu tubuh serta adaptasi tingkah laku dengan melakukan hibernasi.

Contoh Biotik

Setelah membaca panjang lebar mengenai penjelasan biotik dan sebagainya ada lagi contoh lingkungan biotik, jasad renik dan berikut yang termasuk contoh biotik diantaranya

  • Tanaman hijau (pohon pisang, mangga, rumput)
  • Jamur
  • Bakteri
  • Ganggang
  • Herbivora (rusa, sapi, domba),
  • Karnivora (beruang, singa, anjing)
  • Omnivora (burung, tupai, tikus dan manusia)
  • Cacing tanah
  • Kaki seribu
  • Kepiting

Demikianlan materi yang menjelaskan tentang apa itu biotik, apa saja fungsi biotik dan sebutkan macam-macam biotik lengkap dengan komponen. Ditambah lagi sobat perlu mengetahui contoh biotik. Sering kali pertanyaan dalam soal sekolah seperti apa saja 10 contoh komponen biotik, sebutkan macam macam komponen biotik, apa pengertian biotik beserta contohnya dan mungkin sebutkan contoh komponen biotik. Semoga dengan adanya materi ini bisa menambah ilmu pengetahuan sobat pelajar rumuspelajaran.com ya.