Pengertian Bola Voli, Sejarah, Jenis, Peraturan, Teknik Dasar, Tujuan, Sarana dan Ukuran Lapangan


Pengertian Bola Voli Menurut Para Ahli Sejarah Jenis, Peraturan Teknik Dasar Tujuan Sarana Ukuran Lapangan

Pengertian Bola Voli, Sejarah, Jenis, Peraturan, Teknik Dasar, Tujuan, Sarana dan Ukuran Lapangan. Penjelasan arti bola boli lengkap dengan sejarah, teknik dasar, jenis-jenis, sarana, tujuan dan ukuran lapangan bola voli. Olahraga bola voli saat ini mulai digandrungi oleh kawula muda-mudi saat ini karena cukup mudah memainkanya. Di Indonesia permain bola voly sudah menjamur di setiap pelosok-pelosok desa. Permaianan bola voli adalah salah satu olahraga dimainkan oleh dua tim, setiap tim terdiri atas 6 pemaian bola voli sehingga apabila dijumlah maka seluruh dari pemain bola voli adalah 12 orang.

Cara memainkan bola voli perlu memperhatikan beberapa peraturan yang diterapkan seperti servis, block, smash maupun peraturan lainya seperti formasi, perhitungan dan ukuran lapanganya. Tujuan permain bola voli intinya adalah menjadikan tubuh lebih sehat, namun seiring dengan perkembangan jaman bola voli dipertandingkan dan dimasukan salah satu cabor wajib dipertandingkan dalam Sea Games maupun Olympiade.

Rangkuman materi bola voli ini dibuat untuk sobat RUMUSPELAJARAN.COM supaya lebih mudah untuk mendapatkan materi yang diinginkan. Sebab pelajaran olahraga yang berkembang seperti Sepak Bola, Basket, Sky, Renang sudah mengalami perkembangan dan dimasukan dalam kurikulum pelajaran sekolah. Dengan adanya olahraga bola voli tentu membuka peluang bagi para pemuda-pemudi untuk mengembangkan bakatnya dengan melakukan latihan di Gor maupun lapangan yang mengadakan latihan bersama.

Teknik dalam bermain bola voli memang cukup sulit tapi dengan cara berlatih setiap hari bisa menambah kemampuan. Dengan cara melihat video youtube bola voli tentu bisa mempermudah dalam latihan dengan para pemain diolanya. Pada kesempatan sebelumnya rumuspelajaran.com telah membahas materi pelajaran olahraga lainya seperti definisi taekwondo, janji, teknik dasar, filosofi, nama gerakan dan pengertian sepakbola lengkap dengan peraturan FIFA terbaru dan teknik dasarnya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan lengkap mengenai definisi bola voli menurut para ahli lengkap dengan sejarah, teknik dasar, peraturan dan ukuran lapanganya.

Pengertian Bola Voli

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing grup hanya memiliki dua orang pemain.

Olahraga Bola Voli dinaungi FIVB (Federation Internationale de Volleyball) sebagai induk organisasi internasional, sedangkan di Indonesia, olahraga bola Voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Pengertian Bola Voli Menurut Para Ahli

Sobat rumuspelajaran.com juga perlu mengetahui pengertian bola voli menurut para ahli untuk menambah wawasan yang bisa digunakan sebagai rujukan nantinya ketika mengertjakan tugas maupun soal pelajaran:

1. Mahfud Irsyada

Menurut Mahfud Irsyada, pengertian bola voli adalah suatu jenis permainan olah raga beregu yang melibatkan lebih dari satu orang pemain. Dalam hal ini, masing-masing tim bola voli memiliki enam orang pemain.

2. Aip Syaifudin dan Muhadi

Menurut Aip Syaifudin dan Muhadi, pengertian bola voli adalah permainan olah raga yang dimainkan oleh dua regu, dimana setiap regu terdiri dari 6 orang pemain. Masing-masing regu berusha untuk memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan melewati bagian atas net serta mencegah regu lawan menjatuhkan bola ke dalam lapangan.

3. Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI)

Menurut PBVSI, pengertian bola voli adalah olah raga yang di mainkan oleh dua tim dalam setiap lapangan dengan dipisahkan oleh sebuah net. Tujuan dari permainan adalah melewatkan bola di atas net agar dapat jatuh menyentuh lantai lawan. Setiap tim dapat memainkan tiga kali pantulan untuk mengembalikan bola.

Sejarah Bola Voli

Awalnya olahraga bola voli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kali ditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of Phsycal Education) yang bernama William G. Morgan di tahun 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat).

Setelah bertemu dengan James Naismith, Morgan menciptakan sebuah olahraga baru yang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G. Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instruktur pendidikan jasmani. William G. Morgan yang juga merupakan lulusan Springfield College of YMCA, menciptakan permainan Mintonette ini empat tahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh James Naismith.

Olahraga tersebut sebenarnya merupakan sebuah permainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenis permainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsi empat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket, baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball).

Kemudian Mintonette berubah nama menjadi volleyball (bola voli) terjadi pada tahun 1896 Dr. Luther Halsey Gulick  mengundangnya dan meminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah diciptakan di stadion kampus yang baru. Pada sebuah konferensi yang bertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruh instruktur pendidikan jasmani.

Morgan membawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan lima orang. Morgan juga menjelaskan bahwa permainan tersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luar ruangan dengan sangat leluasa. Permainan ini dapat juga dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut. Sedangkan sasaran dari permainan ini adalah mempertahankan bola agar tetap bergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain (wilayah lawan).

Sejarah Bola Voli Di Indonesia

Olahraga bola voli ternyata masuk ke Indonesia pada saat penjajahan Belanda, yakni tahun 1928. Pada masa itu, olah raga ini hanya dimainkan oleh para bangsawan dan orang Belanda.

Bola voli mulai masuk dan dimainkan masyarakat Indonesia masa oleh guru-guru pendidikan jasmani berasal dari Belanda. Selain dari pendidikan jasmani, perkembangan olah raga semakin pesat di Indonesia karena sering dimainkan oleh para anggota tentara.

Saat itu jenis oleh raga ini banyak dimainkan sehingga mempunyai perkembangan yang sangat baik di Indonesia. Puncaknya pada 22 Januari 1955 lahirlah organisasi PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). karena di berbagai kota besar di Indonesia pun bermunculan klub-klub bola voli yang merupakan salah satu potensi baik untuk dikembangkan.

Jenis Bola Voli

Jenis danmacam permainan bola voli yang sedang berkembang saat ini ada tiga yaitu bola voli indoor, voli mini dan pantai, berikut penjelasanya.

1. Bola Voli Indoor

Permaian bola voli indorr adalah suatu permainan beregu yang dimainkan oleh dua regu yang dipisahkan oleh net. permaian diatas lapangan berbentuk empat segi panjang, ditengah lapangan dipisahkan dengan bentangan net. Permaian ini dimainkan di dalam ruangan.

2. Bola Voli Pantai

Permaian bola voli pantai pada dasarnya merupakan variasi dari bola voli namun dimainkan di atas pasir pantai. Dua tim dipisahkan oleh jaring dan memukul bola dengan lengan tangan. Para pemain berusaha untuk mendapatkan nilai dengan bola melewati jaring agar masuk lantai daerah lawan serta mencegah bola jatuh ke derahnya sendiri. Permaian ini dimainkan dua tim yang masing-masing pemainya terdiri dari dua orang pemain tanpa pemain cadangan.

3. Bola Voli Mini

Permaian ini merupakan permaian bola voli yang dimaian di atas lapangan kecil dengan 2-4 orang pemain dari tiap-tiap tim mempergunakan peraturan sederhana. Bola voli mini merupakan cara terbaik untuk mempelajari keterampilan dasar dalam bermain volley ball. Pada umumnya peraturan bola voli mini hampir sama dengan peraturan bola voli pada umunya, hanya terdapat beberapa hal yang diterapkan demi kebutuhan dan kemampuan si pemain.Dua regu masing-masing terdiri dari 4 pemain dan 2 pengganti dengan ukuran lapangan lebar 6 meter panjang 12 meter serta tinggi net (jaring) 2,10 m.

Peraturan Bola Voli

Perlu sobat ketahui jika permainan bola voli mempunyai aturan standar Internasional yang diatur dan diawasi oleh FIVB (Federation Internationale De Volleyball). FIVB adalah induk organisasi internasional dari olahraga bola voli, sedangkan di indonesia olahraga bola voli dibawah naungan PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia). Berikut ini penjelasan peraturan permainan bola voli yang perlu diketahui ketika sudah masuk dalam oleh raga bola voly pro maupun umum.

1. Sistem Pertandingan Pada Peraturan Permainan Bola Voli

Sistem yang digunakan dalam pertandingan dalam permain bola voli ada banyak macamnya yang bisa sobat baca dibawah ini

  1. Pada sistem pertandingan memakai aturan setengah kompetisi di dalamnya terdapat 8 tim yang akan dibagi menjadi 2 group, setiap group terdiri dari 4 tim.
  2. Jumlah maksimal pemain dalam pertandingan resmi bola voli standar Internasional dalam satu tim adalah 10 orang, Kemudian yang boleh bermain di lapangan hanya 6 orang dan 4 orang sebagai pemain cadangan.
  3. Saat pertandingan berlangsung pelatih boleh mengganti pemain inti dengan pemain cadangan dan tidak ada batasan jumlah pergantian pemain.
  4. Jika salah seorang atau lebih dari tim satu anggota tim sedang melakukan pertandingan untuk cabang olahraga lain, maka pertandingan tidak akan ditunda.
  5. Dalam pertandingan bola voli jumlah minimal pemain yang boleh bermain di lapangan dalam satu tim adalah 4 orang.
  6. Jika di lapangan dalam satu tim jumlah pemain kurang dari 4 orang, maka tim tersebut dianggap kalah oleh panitia pertandingan.
  7. Setiap pertandingan bola voli berlangsung harus melewati 3 babak (best of three), Ketika pada babak pertama dan kedua telah dimenangkan oleh salah satu tim maka pertandingan babak ke tiga tidak perlu dilaksanakan.
  8. Pada pertandingan bola voli sistem perhitungan angka menggunakan rally point maksmal pada 25 point.
  9. Jika saat pertandingan berlangsung kedua tim mendapatkan poin yang sama di akhir yaitu (24 – 24), maka pertandingan akan ditamabah 2 poin. Tim yang pertama berhasil unggul dengan selisih 2 poin akan memenangkan pertandingan bola voli.
  10. Tim akan mendapatkan nilai 1 apabila memenangkan permainan saat pertandingan penyisihan.
    Jika kedua tim atau lebih memperoleh nilai yang sama, maka panitia pertandingan akan menentukan pemenang juara group dan runner-up dari kualitas angka yang didapat dari setiap set pada pertandingan sebelumnya.
  11. Dalam pertandingan bola voli setiap mengakhiri babak, tim diwajibkan bertukar sisi lapangan.
    Apabila kedua tim telah mencapai babak ketiga, maka tim yang memperoleh nilai terendah dapat meminta kepada wasit untuk bertukar posisi lapangan. Hal ini hanya dilakukan jika poin telah mencapai angka 13.
  12. Setiap tim boleh meminta waktu time out dan hanya boleh dilakukan 1 kali dalam setiap babak.
  13. Wasit memberikan waktu time out hanya 1 menit.

2. Sistem Perhitungan Angka Pada Peraturan Permainan Bola Voli

  1. Tugas wasit bola voli adalah mengawasi jalanya pertandingan dan menentukan sistem perolehan poin untuk tim :
  2. Apabila pihak tim lawan dapat memasukan bola ke dalam area lapangan kita, maka tim tersebut akan kehilangan angka sedangkan tim lawan yang akan medapatkan poin.
  3. Pemain harus melakukan serve untuk memulai jalanya pertandingan. Serve yang dilakukan harus melewati net dan masuk ke dalam area tim lawan, jika bola tidak masuk, melebar atau menyangkut di net maka tim lawan akan mendapatkan poin.

3. Formasi Pemain Bola Voli

Untuk formasi dalam permain bola voli perlu memperhatikan beberapa hal dibawah ini.

  1. Pemain nomor satu sebagai server, pemain kedua sebagai spiker, pemain ketiga sebagai set upper atau tosser,pemain nomor empat sebagai blocker, pemain nomor lima dan enam sebagai libero.
  2. Tosser adalah pemain yang bertugas mengumpankan bola kepada tim.
    Spiker bertugas untuk memukul dengan keras agar bola jatuh di daerah lawan.
  3. Libero adalah pemain bertahan yang dapat bebas keluar dan masuk tetapi tidak boleh men-wreck bola ke seberang net.
  4. Blocker/defender adalah pemain bertahan untuk menerima serangan dari lawan.

4. Tempo Permainan Bola Voli

  1. Setiap regu harus mengumpulkan poin sampai 25 dalam satu set dalam bentuk rally poin. Biasanya digunakan 2 sistem kemenangan yakni :
  2. Two winning set, yaitu pertandingan berakhir apabila salah satu regu memperoleh dua set kemenangan secara langsung.
  3. Three winning set, yaitu pertandingan berakhir jika salah satu regu memperoleh tiga set kemenangan secara langsung.

5. Pelanggaran

  1. Pemain melakukan kontak dengan net (menyentuh net secara sengaja atau tidak sengaja).
  2. Pemain melewati garis pembatas yang ada di tengah lapangan lawan.
  3. Bola dilarang untuk dilempar ataupun ditangkap karena voli bukanlah basket.
  4. Pemain harus memantulkan bola voli tapi dengan tidak mengenai lantai dasar lapangan sehingga harus ekstra hati-hati.
  5. Sebelum bola akhirnya menyentuh permukaan lapangan, tidak akan dianggap out. Anggapan atau keputusan bola out apabila bola sampai keluar garis lapangan.
  6. Double foults adalah ketika pemain sempat mengenai net 2 kali ketika pertandingan bola voli sedang berlangsung.
  7. Seluruh bagian tubuh sah-sah saja untuk digunakan untuk memantulkan bola, tapi tidak boleh dengan cara menendang bola secara keras-keras.
  8. Pemain tidak melakukan spike di bagian atas wilayah tim lawan.
  9. Ketika serve dilakukan, seluruh pemain harus ada di dalam lapangan di mana dua tim sudah harus ada di wilayahnya masing-masing dengan posisi yang benar. Artinya, 2 tim harus ada dalam 2 deret ke samping. Tiga deret di belakang dan ada tiga deret juga di depan.
  10. Jika servis bola bisa sampai melalui garis luar lapangan terhitung skor tambahan untuk tim lawan, sebaliknya apabila si penerima servis adalah lawan yang menyebabkan bola keluar maka akan terhitung atau dianggap sebagai skor tambahan untuk tim lawan.
  11. Pemain melakukan blocking menggunakan kedua tangan atau salah satunya sampai masuk ke area tim lawan.
  12. Dianggap pelanggaran apabila seorang pemain meninggalkan lapangan begitu saja tanpa ada izin dari wasit.
  13. Dianggap pelanggaran apabila seorang pemain melakukan protes berlebihan kepada wasit dan menyatakan tidak terima atas segala keputusan wasit.
  14. Dianggap pelanggaran apabila pemain berbicara kasar atau tak sopan kepada lawan kompetisinya maupun kepada wasit.
  15. Dianggap pelanggaran apabila bola belum sampai ke seberang atau ke area pihak tim lawan setelah pukulan ketiga. Sebagai konsekuensinya, bola akan berpindah tangan ke tim lawan sekaligus juga lawan jugalah yang memperoleh poin tambahan.
  16. Wasit selalu memberikan keputusan berdasarkan peraturan permainan bola voli.

6. Sistem Libero

  1. Pemain dalam posisi libero dapat menjadi pengganti tiap pemain yang tengah ada di belakang.
  2. Pemain dalam posisi libero tak diperbolehkan untuk menyerang ketika bola melambung lebih tinggi jauh dari net.
  3. Pemain dalam posisi libero tak diperkenankan melakukan peran dalam usaha menahan serangan lawan atau blocking terhadap pemain lawan.
  4. Pemain dalam posisi libero boleh keluar dan masuk lapangan lewat garis samping yang ada di depan bangku cadangan antara garis akhir dan garis serang.
  5. Pemain dalam posisi libero bisa digantikan secara tak terbatas jumlah pergantiannya, tapi harus ada selingan 1 reli antara pergantian tersebut.

Baca Juga: Pengertian Kebugaran Jasmani, Konsep, Fungsi, Unsur, Komponen dan Manfaatnya

Teknik Dasar Bola Voli

Setiap pemain perlu mempunyai penguasaan bola yang baik dalam permain ini. Perlu kekompakan dan kerja tim yang baik supaya bisa mendapatkan nilai untuk mengakhiri game tersebut. Agar sobat lebih paham mengetani permaian ini perlu dipahami, ada 5 macam teknik dasar:

  1. Teknik servis (Service).
  2. Teknik passing bawah.
  3. Teknik passing atas.
  4. Teknik smash.
  5. Teknik menghadang (Block)

Inilah penjelasan mengenai teknik dasar bola boli lengkap dengan ragam dan macam pengertianya

1. Pengertian Servis

Servis merupakan tidakan awal yang dilakukan oleh salah satu pemain untuk memulai suatu permainan dalam bola voli. Servis terdiri dari servis tangan bawah dan servis tangan atas. Servis tangan atas dibedakan lagi atas tennis servis, floating dan cekis, berikut penjelasan lengkapnya.

  • Servis Lompat yaitu cara melambungkan bola ke arah atas depan, lalu pemain melompat dan memukul bola ketika di udara ke arah lapangan lawan.
  • Servis Bawah yaitu cara melambungkan bola secukupnya, lalu pemain memukul bola dari arah bawah bola dengan tangan mengepal.
  • Servis Atas yaitu cara melambungkan bola ke arah atas dengan ketinggian ideal, lalu pemain memukul bola dengan telapak tangan ketika bola berada di atas kepala.
  • Servis Samping dengan cara melambungkan bola dengan ketinggian secukupnya, lalu pemain memukul bola dengan cara menyamping sambil memutar tubuh.

2. Pengertian Passing Bawah

Passing adalah sebuah kontrol memberikan umpan kepada rekan satu tim ataupun mengarahkan bola langsung ke daerah lapangan lawan. Ada dua macam teknik passing yang sering dilakukan dalam volley ball, berikut penjelasanya:

  • Passing Bawah; yaitu passing yang dilakukan pemain ketika menerima bola dimana posisi bola tersebut lebih rendah dari posisi kepala pemain. Teknik passing ini biasanya digunakan ketika menerima servis dari lawan.
  • Passing Atas; yaitu passing yang dilakukan ketika menerima bola dimana posisi bola tersebut berada di atas kepala pemain. Teknik passing ini biasanya dilakukan ketika memberikan umpan kepada rekan setim, namun bisa juga digunakan untuk menerima servis dari lawan.

3. Passing Atas

Pengertian Passing Atas menurut ahli Aip Syarifuddin, Muhadi (1991:190) adalah menyajikan bola atau mengoper bola dengan menggunakan jari” tangan, baik kepada teman satu tim maupun langsung ditunjukkan ke lapangan lawan melalui atas jaring.

4. Pengertian Smash

Yang paling menarik dari permain bola voli adalah teknik smash, smash adalah teknik menyerang dengan cara memukul bola sekeras mungkin agar bola tersebut jatuh ke daerah lapangan regu lawan. Smash dapat dilakukan dengan beberapa teknik, diantaranya:

  • Quick Smash (First Tempo); yaitu teknik smash yang dilakukan oleh pemain depan tengah. Teknik menyerang ini dilakukan ketika seorang setter memberikan umpan dan penyerang sudah melompat untuk memukul bola.
  • Semi Smash (Second Tempo); yaitu teknik smash yang dilakukan ketika seorang setter memberikan umpan bola tidak terlalu tinggi. Penyerang yang akan memukul bola sudah mulai melompat setelah mengetahui arah bola dan kemudian memukulnya.
  • Push Smash (Third Tempo); yaitu teknik smash yang dilakukan ketika setter memberikan umpan bola sangat tinggi lalu penyerang berlari dan melompat ke arah bola dan memukulnya.
  • Ace Smash; yaitu teknik smash yang dilakukan oleh seorang ace pada tim bola voli dengan melakukan pukulan keras ke daerah lapangan lawan.
  • Pull Smash; yaitu teknik smash dengan gerakan menipu lawan dengan membuat lawan menebak teknik serangan yang digunakan, antara Quick Smash atau Semi Smash.

Pengertian Blocking

Untuk mengantisipasi smash lawan perlu adanya blocking, blocking adalah sebuah teknik bertahan untuk menghalau serangan smash dari lawan agar bola tidak melewati net. Selain itu, teknik blocking ini juga bertujuan untuk menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan.

peraturan blocking yang perlu sobat ketahui yaitu hanya bisa dilakukan oleh pemain yang berada pada posisi depan garis serang. Sedangkan pemain yang berada pada posisi di belakang garis serang tidak diperbolehkan untuk melakukan blocking.

Biasanya teknik ini biasanya diberikan kepada pemain yang memiliki postur tubuh yang lebih tinggi. Sebab dengan postur tinggi mampu menghalau atau membalikkan bola yang di-smash oleh tim lawan.

Ukuran Lapangan Bola Voli

Ukuran Lapangan Bola Voli Terbaru

Perlu sobat ketahui ketika akan membuat lapangan bola voli standart perlu memperhatikan beberapa hal yang telah ditetapkan oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) dan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Berikut adalah beberapa peraturan dasar dalam membuat lapangan bola voli:

  • Ukuran lapangan bola voli adalah 9 meter x 18 meter, mengacu pada peraturan yang dikeluarkan oleh Fédération Internationale de Volleyball (English: International Volleyball Federation) atau sering disingkat dengan akronim FIVB. Batas serang pemain belakang berjarak 3 meter dari garis tengah, dan garis tepi lapangan harus berukuran 5 cm.
  • Tinggi net untuk tim putera adalah 2,43 m, sedangkan untuk tim puteri adalah 2,24 m. Lebar net bola voli adalah 1 meter, dan jarak tiang net ke garis tepi lapangan sejauh 0,5 – 1 meter.

Demikian penjelasan olahraga arti bola voli meliputi pengertian, sejarah, jenis, peraturan dan ukuran lapangan. Semoga bisa menambah bermanfaat dan ilmu pengetahuan sobat pelajar dimanapun yang membaca artikel ini. Lihat juga materi definisi teks eksposisi, struktur, ciri-ciri, unsur kebahasaan, macam-macam teks ekposisi pada artikel sebelumnya.