Pengertian Bulu Tangkis, Sejarah, Ukuran Lapangan, Peraturan, Teknik Dasar, Cara Memegang Raket, Penemu dan Jumlah Pemain


Materi Bulu Tangkis Sejarah Ukuran Lapangan Peraturan Teknik Dasar Cara Memegang Raket Penemu Jumlah Pemain

Pengertian Bulu Tangkis, Sejarah, Ukuran Lapangan, Peraturan, Teknik Dasar, Cara Memegang Raket, Penemu dan Jumlah Pemain. Penjelasan materi seputar pengertian bulu tangkis lengkap dengan sejarah bulu tangkis, peraturanya. Kemudian perlu juga sobat rumus pelajaran untuk membaca rangkuman tentang bulu tangkis, peraturan, sarana dan prasarana bulu tangkis untuk menunjang olah raga ini.

Membahas mengenai olah raga bulu tangkis memang menyenangkan, sebab bulu tangkis sangat populer di Indonesia maupun Dunia. Beberapa kali Tim Bulu Tangkis Indonesia mampu meraih juara 1 dunia mengalahkan pemain-pemain kelas top kelas dari negara lain. Di dalam artikel ini akan dibahas mengenai asal usul bulu tangkis supaya bisa menambah wawasan sobat semua.

Pembelajaran bulutangkis untuk pelajar SMA, untuk sobat yang masih duduk di bangku pendidikan ternyata materi pelajaran Bulu Tangkis juga sering keluar dalam soal. Jadi cocok sekali untuk membaca pembahasanya di laman RUMUSPELAJARAN.COM meliputi contoh kliping badminton, perlengkapan bulu tangkis, jumlah pemain, cara memegang raket, cara memukulnya dan juga teknis dasar badminton ini.

Pada pembahasan sebelumnya laman RP telah membahas mengenai teknik dasar sepak bola, peraturan, dan tujuan sepak bola serta peraturan bola voli lengkap dengan penejlasan dan ukuran lapangan bola voli.

Pengertian Bulu Tangkis

Pengertian bulu tangkis atau sering disebut secara umum badminton merupakan salah satu olahraga yang menggunakan alat yang berbentuk bulat deman memiliki rongga rongga di bagian pemukulnya serta memiliki gagang.

Alat ini dikenal dengan nama raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan. Permainan ini sudah sangat merakyat dan sering dimaiankan di seluruh masyarakat karena permaiananya yang mudah dan menyenangkan.

Jenis olahraga ini mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock”) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama. Untuk mengetahui lebih jauh wawasan mengenai permainan bulu tangkis ini kita simak pembahan mengenai sejarah bulu tangkis di bawah ini.

Sejarah Bulu Tangkis

Sejarah Bulu Tangkis

Inilah pembahasan singkat mengenai sejarah mengenai bulu tangkis yang pernah ada mulai dari tahun adanya permainan ini sampai dari mana permaian bulu tangkis berasal.

Olahraga Bulu tangkis akan dimainkan dengan kok dan raket, bisa jadi permainan ini telah berkembang di Mesir kuno sekitar 2000 tahun lalu tetapi juga disebut-sebut di India dan Republik Rakyat Tiongkok.

Menurut penjelajahan tim Rumuspelajaran jika di Tiongkok, terdapat permainan yang disebut Jianzi, yang melibatkan penggunaan kok tetapi tanpa raket.

Objektif permainan ini adalah untuk menjaga kok agar tidak menyentuh tanah selama mungkin tanpa menggunakan tangan. Kemudian ada juga di Inggris sejak zaman pertengahan permainan anak-anak yang disebut Battledores dan Shuttlecocks sangat populer. Anak-anak pada waktu itu biasanya akan memakai dayung/tongkat (Battledores) dan bersiasat bersama untuk menjaga kok tetap di udara dan mencegahnya dari menyentuh tanah.

Sejarah bulu tangkis memang bisa dibilang cukup luas untuk diterangkan tapi dengan mempelajarinya di lama rumuspelajaran.com akan mudah dalam memahaminya. Dilanjutkan lagi tenang sejarah singkat permaian ini saat penduduk Inggris membawa permainan ini ke Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, dan Siam (sekarang Thailand) selagi mereka mengolonisasi Asia. Ini kemudian dengan segera menjadi permainan anak-anak di wilayah setempat mereka.

Olahraga kompetitif bulu tangkis diciptakan oleh petugas Tentara Britania di Pune, India pada abad ke-19 saat mereka menambahkan jaring dan memainkannya secara bersaingan. Oleh sebab kota Pune dikenal sebelumnya sebagai Poona, permainan tersebut juga dikenali sebagai Poona pada masa itu. Itulah ulasan singkat mengenai sejarah adanya bulu tangkis, selanjutnya mari kita ulas mengenai ukuran dari lapangan bulu tangkis di terangkan step by step di bawah ini.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

Apabila ingin membuat lapangan bulu tangkis standart PBSI maupun BWF yang telah disiapkan wesite pendidikan rumuspelajaran.com. Lapangan bulu tangkis haruslah berbentuk persegi panjang yang dipisahkan oleh net di bagian tengah. Pada pertandingan bulu tangkis profesional, lapangan yang digunakan harus memiliki ukuran standar yang sudah ditentukan oleh PBSI maupun Badminton World Federation (BWF).

Ukuran Lapangan Standar PBSI

Panjang : 13,40 meter
Lebar : 6,10 meter
Tinggi tiang net : 1,55 meter
Tinggi net : 1,52 meter
Jarak garis servis depan ke net : 1,98 meter
Jarak garis servis tengah ke garis samping : 3,05 meter
Jarak garis servis belakang ke garis belakang : 0,76 meter (permainan ganda)
Jarak garis samping ke pinggir lapangan : 0,46 meter (permainan tunggal)

Ukuran Lapangan Standar BWF

Panjang : 13,4 meter (tunggal dan ganda)
Lebar : 5,18 meter (tunggal) dan 6,1 meter (ganda)

Peraturan Bulu Tangkis

Adapun beberapa peraturan bulu tangkis dasar maupun profesional yang harus dipatuhi oleh semua pemain ada dibawah ini. Peraturan ini dibuat meliputi jumlah pemain, cara memulai pertandingan, hingga sistem penghitungan skor dan juga peralatan yang wajib di gunakan.

1. Perlengkapan Bulu Tangkis

Beberapa perlengkapan yang harus di gunakan para pemain bulu tangkis diantaranya sebagai berikut.

Raket

raket memiliki panjang maksimal 68 cm dan lebar 22 cm. Panjang kepala raket atau area senar adalah 28 cm dengan lebar 22 cm. Raket bisa terbuat dari kayu atau aluminium dengan berat tak lebih dari 150 gram.

Kok

kok terbuat dari enam belas helai bulu yang ditancapkan pada gabus berdiameter 25–28 mm. Berat standar kok adalah sekitar 4,74–5,5 gram, sedangkan tinggi kok antara 64–74 mm.

2. Jumlah Pemain

Tunggal, yaitu satu lawan satu dan bisa dimainkan oleh putra maupun putri.
Ganda, yaitu satu tim terdiri dari dua orang.
Ganda campuran, yaitu satu tim terdiri dari 2 orang, 1 putra dan 1 putri.

3. Penentuan Awal Permainan

Pertandingan diawali dengan undian, yaitu menggunakan metode lempar koin yang dilakukan oleh wasit. Undian ini untuk menentukan pemain mana yang harus melakukan servis terlebih dahulu.

4. Penghitungan Skor

Penentuan kemenangan di olahraga ini menggunakan sistem best of three (pemenang dua babak). Jadi, permainan bulu tangkis bisa berlangsung sebanyak 2–3 babak. Apabila ada pemain yang memenangkan dua set berturut-turut, babak ketiga tidak perlu dilakukan.

Kemudian cara menentukan pemenang disetiap setnya adalah pemain yang berhasil mengumpulkan poin 21 lebih dulu. Apabila kemungkinan terjadinya kedudukan imbang di skor 20-20 atau sering di sebut yus, pertandingan akan dilanjutkan sampai salah satu tim unggul dengan selisih dua poin.

5. Pelanggaran

Sebagai pemain bulu tangkis amatir maupun profesional wajib mengetahui beberapa peraturan bulu tangkis menyangkut pemain tidak boleh melanggar peraturan berikut ini apabila dilangkap maka nilai akan bertambah di pemain lawan.

  1. Kok menyangkut di net.
  2. Raket menyentuh net saat memukul kok.
  3. Saat melakukan pukulan, raket melewati net dan masuk ke area tim lawan.
  4. Kok sudah dipukul tetapi jatuh di area sendiri (tidak berhasil melewati net).
  5. Saat menerima servis, pemain sudah bergerak dulu sebelum kok berhasil dipukul.
  6. Saat melakukan/menerima servis, pemain menginjak garis batas lapangan.
  7. Kok jatuh di luar lapangan atau meluncur lewat bawah net.
  8. Kok dipukul dua kali, baik oleh satu maupun dua pemain dalam satu tim.
  9. Pemain sengaja mengulur-ulur waktu pertandingan.
  10. Pemain secara sengaja melakukan hal yang mengganggu tim lawan.

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Cara Memegang Raket

Perlu diketahui beberapa teknik-teknik khusus permain bulu tangkis yang bisa sobat rumuspelajaran ketahuia. Pemain bulu tangkis harus menguasai sejumlah teknik dasar, mulai dari cara memegang raket hingga melakukan pukulan dan teknis dasar lainya dibawah ini.

1. Cara Memegang Raket

Jangan menyepelkan cara memegang raket, sebab seorang pemain harus bisa memegang raket dengan baik dan benar. Tujuannya supaya raket tidak gampang terlepas dan bisa dikendalikan dengan mudah. Memegang raket dengan benar juga bisa menghasilkan tenaga yang kuat sehingga pukulannya bisa masuk dan mencetak angka dengan sempurna.

Teknik Memegang Raket

Teknik forehand : Teknik ini sama seperti ketika Anda memegang benda pada umumnya. Tangan harus menggenggam pegangan raket, sedangkan telunjuk & ibu jari membentuk sudut atau huruf V.

Teknik backhand : Hampir sama seperti teknik forehand, hanya saja posisi ibu jari tidak bertemu dengan ujung jari lainnya, melainkan disejajarkan dengan pegangan raket sehingga mendekati telunjuk.

2. Posisi Badan

Dalam permaian bulu tangkis sikap berdiri dalam olahraga ini membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik. Dalam hal ini, pemain tidak hanya berdiri tetapi juga harus dalam posisi siap bermain untuk menerima kokk dari lawan dan mengembalikan kedalam area lawan.

  • Badan bertumpu pada kedua kaki
  • Kedua kaki dibuka selebar bahu dan agak ditekuk. Bisa juga salah satu kaki ke depan dan yang lainnya sedikit ke belakang, dan
  • Tangan agak diangkat dan ditekuk sehingga raket sejajar dengan dada atau kepala.

3. Kerja Kaki (footwork)

Bulu tangkis menuntut para pemainnya untuk bergerak lincah dan cepat, karena itu kerja kaki atau footwork punya peran yang sangat penting di dalam permainan. Kaki tidak hanya untuk memposisikan badan, tetapi juga jadi tumpuan sekaligus pusat keseimbangan tubuh.

Baca Juga:

4. Servis Bulutangkis

Servis artinya memukul kok untuk memulai permainan. Servis adalah hal sepele namun wajib ketahui tekninya dan kok yang dipukul harus mengarah pada area lawan dan melewati net. Berikut teknik servis terbagi menjadi tiga macam, yaitu sebagai berikut.

Forehand Pendek

Pemain memukul kok dengan tidak begitu kuat. Akibatnya, kok meluncur dan akan jatuh di sekitar net atau di area depan tim lawan.

Forehand Tinggi

Teknik ini dilakukan untuk membuat kok melambung tinggi dan jatuhnya cukup jauh dari area net. Teknik ini bertujuan agar kok bisa jatuh di belakang pemain lawan sehingga mereka kesulitan untuk mengembalikannya.

Backhand

Servis backhand dilakukan dengan tenaga sedang. Tujuannya agar kok bisa jatuh di dekat garis serang lawan dan mendarat setelah sedikit melewati net. Hal ini juga bertujuan agar lawan kesulitan mengembalikan serangan.

5. Cara Memukul

Berikut ini teknik memukul dan mengembalikan serangan kok bisa bermacam-macam. Perlu diketahui jika menguasai teknik mumpuni ternyata mampu bisa menjadikan penentu kemenangan tim. Setidaknya, ada lima jenis yang patut Anda ketahui, yaitu pukulan lob, drop shot, drive, netting, smash dan juga teknik-teknik lainya.

a. Lob

Teknik ini dilakukan dengan cara memukul kok agar bisa terbang setinggi mungkin dan jatuhnya di belakang garis lapangan area tim lawan. Pukulan seperti ini biasanya akan membuat lawan kewalahan sehingga mereka pun jadi cepat lelah.

b. Drop shot

Pukulan drop shot bertujuan untuk mematikan pergerakan lawan. Pukulannya dilakukan secara lurus dan menggunakan tenaga kecil atau pelan, tujuannya agar kok bisa jatuh di sekitar net.

Teknik ini sering digunakan untuk mengecoh lawan. Pemain biasanya akan melompat dan berpura-pura hendak smash sehingga tim lawan pun bersiap-siap di area belakang. Akan tetapi, pukulan yang dilakukan ternyata adalah drop shot dan kok justru jatuh di dekat net.

c. Drive

Drive adalah jenis pukulan yang mendatar. Arah pukulannya bisa lurus atau menyilang untuk menyasar sisi samping tim lawan. Teknik ini biasanya dilakukan untuk menyerang maupun mengembalikan serangan dengan cepat.

d. Netting

Sesuai namanya, ini adalah jenis pukulan yang bertujuan agar kok jatuh tepat di net setelah berhasil melewatinya. Pukulan netting ini cukup sulit dilakukan karena butuh akurasi tinggi. Bila berhasil, tim lawan akan kesulitan mengembalikan serangan.

e. Smash

Smash adalah jenis pukulan yang bertujuan untuk menyerang sekaligus mematikan gerakan lawan. Pukulannya sendiri sangat keras dan menukik ke bawah. Untuk melakukan smash, pemain harus memukul kok dengan sekuat tenaga.

Tujuannya agar kok bisa melaju cepat dan lawan tidak sempat untuk mengembalikan serangan. Smash juga biasanya dilakukan dengan cara melompat untuk menghasilkan serangan yang cepat, kuat, dan arahnya menukik tajam ke bawah lapangan.

Pelajari materi pelajaran lainya seperti rumus simpangan baku lengkap dengan fungsi dan contoh soal serta ada pelajatan matematika yang membahas mengenai rumus perfect tanse, fungsi dan macamnya.

Itulah penjelasan mengenai pengertian Bulu Tangkis, sejarah, ukuran lapangan, peraturan, teknik dasar dan cara memegang raket untuk pemain amatir maupun profesional, mungkin sobat akan menemukan ilmu bulu tangkis meliputi pengertian bulu tangkis brainly, sejarah bulu tangkis brainly, peraturan bulu tangkis, rangkuman tentang bulu tangkis brainly, peraturan bulu tangkis brainly
sarana dan prasarana bulu tangkis, semoga ilmu olahraga diatas bermanfaat.