Pengertian Future Perfect Continuous Tense, Rumus, Macam, Fungsi dan Contoh Kalimat


Pengertian Future Perfect Continuous Tense Rumus Macam Fungsi Contoh Kalimat

Melanjutkan materi pembelajaran untuk future perfect continuous tense, yang meliputi definisi, formula & rumus future perfect progressive, jenis macam ragamnya, fungsi dan contoh penerapannya dalam kalimat. Sehingga sobat RUMUSPELAJARAN.COM akan dapat mempelajari dan memahami materi Bahasa Inggris kali ini, yang masih berhubungan dengan tema tenses.

Jika sobat adalah pengunjung setia blog materi rumus dan ilmu pelajaran ini, maka sobat tentu sudah membaca artikel lainnya seperti simple present tense, dan present continuous tense, juga present perfect tense yang sudah kami tayangkan beberapa waktu silam. Bagaimana, sobat sudah memahami materi-materi tersebut kan?

Nah, untuk kali ini kita bersama-sama akan masuk ke materi berikutnya yang akan menambah referensi dan khasanah pengetahuan sobat semuanya. Terutama dalam menyelami berbagai hal yang perlu sobat ketahui tentang future perfect continuous tense. Sebuah aturan baku dalam penulisan bentuk tenses yang mungkin jarang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Namun sekalinya dipakai, bisa jadi akan membuat sobat bingung karena sangat mirip dengan bentuk kata kerja lainnya.

Pengertian Future Perfect Continuous Tense

Future perfect continuous tense atau sering disebut juga future perfect progressive adalah sebuah bentuk kata kerja yang berfungsi untuk menyatakan bahwa suatu kejadian akan sudah berlangsung selama sekian lama pada titik waktu tertentu di masa mendatang.

Sobat bisa melihat pengertian tenses lainnya, misalnya definisi present perfect continuous tense dan juga apa yang disebut dengan simple past tense, sehingga semakin jelas perbedaannya.

Rumus Future Perfect Continuous Tense

Adapun rumus untuk membentuk suatu kalimat future perfect continuous dapat menggunakan tambahan auxiliary verb will, have, dan been serta present participle. Formula lengkap untuk future perfect continuous bisa sobat lihat berikut ini:

S + will + have been + -ing/present participle

Sebagai pedoman dan tambahan informasi, dapat sobat perhatikan bahwa future perfect continuous tense biasanya akan terjadi pada sebuah kejadian yang bersifat dynamic atau action verb, selain itu tidak stative verb. Pasalnya, pada umumnya hanya dynamic verb saja yang memiliki bentuk continuous.

Macam-macam Future Perfect Continuous Tense

Setelah sobat sedikit memahami definisi dan formula atau rumus dasarnya, maka saatnya sobat untuk mendalami lebih lanjut terkait apa saja jenis future perfect continuous tense itu sendiri. Berikut ini adalah jenis-jenis future perfect continuous tense, lengkap dengan rumus untuk kalimat positif, negatif, dan interogatif (tanya) beserta penerapannya dalam contoh kalimat yang bisa sobat pelajari dan simak dengan seksama.

1. Future Perfect Continuous Tense Affirmative / Positive (Positif +)

Rumus Future Perfect Continuous Tense Positif

Bentuk poisisit adalah bentuk pertama atau bisa dikatakan sesuai dengan rumus dasarnya. Maka, guna membentuk sebuah kalimat future perfect continuous tense positif sobat akan membutuhkan rumus seperti berikut ini:

S + will + have been + -ing/present participle

Contoh Kalimat Future Perfect Continuous Tense Positif

Untuk lebih mudah dalam memahaminya, berikut ini kami berikan beberapa contoh kalimat future perfect continuous tense positif:

She will have been singing.

The dog will have been eating.

Bandingkan juga dengan contoh kalimat dari past continuous tense atau penggunaan past perfect tense dalam kalimat yang benar sehingga sobat akan semakin jelas dan paham.

2. Future Perfect Continuous Tense Negative (Negatif –)

Rumus Future Perfect Continuous Tense Negatif

Tidak seperti bentuk posisitnya, untuk membentuk sebuah kalimat future perfect continuous tense negatif maka dibutuhkan rumus seperti berikut ini:

S + will + not + have been + -ing/present participle

Contoh Kalimat Future Perfect Continuous Tense Negatif

Berikut ini adalah contoh kalimat future perfect continuous tense negatif:

She will not have been singing.

The dog won’t have been eating.

3. Future Perfect Continuous Tense Interogative (Interogatif / Tanya ?)

Rumus Future Perfect Continuous Tense Interogatif

Untuk membentuk sebuah kalimat future perfect continuous tense interogatif maka dibutuhkan rumus seperti berikut ini:

will + S + have been + -ing/present participle

Contoh Kalimat Future Perfect Continuous Tense Interogatif

Berikut ini adalah contoh kalimat future perfect continuous tense interogatif (berupa kalimat tanya):

Will she have been singing?

Will the dog have been eating?

Jangan lupa pelajari juga future perfect tense agar pemahaman sobat untuk berbagai macam tenses semakin luas dan mendalam.

Fungsi Penggunaan Future Perfect Continuous Tense dan Contoh Kalimat

Di depan sudah kami uraikan mengenai pengertian, rumus dan macam ragam bentuk future perfect continuous. Maka saatnya sobat mengetahui apa saja fungsi atau kegunaannya.

Dan berikut ini adalah beberapa fungsi penggunaan future perfect continuous tense dan penerapannya dalam contoh kalimat sehingga mudah dipahami.

Kalimat future perfect continuous tense (future perfect progressive ) biasanya memiliki fungsi untuk menggambarkan kejadian yang panjang sebelum titik periode waktu tertentu di masa mendatang.

Dalam hal ini sobat bisa menggunakan Signals seperti:

  • for + duration (a week, a month, a year) jika sobat ingin menyatakan durasi kejadian yang panjang.
  • by the end of … (next month, next week, next year), when + clause (you arrive), before + clause/noun (midnight, she comes) jika sobat ingin menggambar kejadian di masa mendatang yang terjadi ketika kejadian future perfect continuous tense sudah terjadi beberapa lama (dalam kurun waktu tertentu).

Contoh Kalimat:

She will have been studying in France for a month by the end of next week.
(Dia akan telah belajar di Prancis selama sebulan pada akhir minggu depan.)

Hanif will have been waiting for five months when the orange is ready to harvest.
(Hanif akan telah menunggu selama lima bulan ketika jeruk siap panen.)

Will she have been writing the report before the supervisor observes?
(Akan kah dia telah menulis laporan sebelum supervisor meninjau?)

Demikianlah sekelumit pembahasan untuk future perfect continuous tense sebagai lanjutan materi Bahasa Inggris di blog ini. Kami harap sobat dapat memahaminya dengan mudah. Agar lebih jelas, tidak ada salahnya untuk membacanya berulang-ulang.

Dan tidak ada jeleknya jika sobat juga membandingkannya dengan jenis tenses lainnya yang sudah lebih dahulu kami sajiikan di halamn lainnya. Mulai dari past perfect continuous tense, kemudian sobat lanjutkan untuk simple future tense, hingga materi pelajaran future continuous tense.