Pengertian Gejala Sosial, Jenis, Faktor, Dampak dan Contohnya


Pengertian Gejala Sosial Definisi Jenis Faktor Dampak dan Contohnya

Pengertian Gejala Sosial, Jenis, Faktor, Dampak dan Contohnya. Pembahasan materi tentang gejala sosial yang meliputi definisi, jenis, faktor penyebab terjadinya gejala sosial, serta dampak positif, dampak negatif dan contoh gejala sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Hari ini tim redaksi RUMUSPELAJARAN.COM akan mencoba membahas tentang apa yang dimaksud dengan gejala sosial. Sedangkan pada artikel sebelumnya kami juga telah hadirkan materi pelajaran tentang definisi integrasi sosial dan juga fungsi struktur sosial.

Kami yakin terdamparnya sobat di blog ini lantaran sedang mencari referensi materi tentang gejala sosial. Sehingga langsung saja siapkan buku serta alat tulis guna mencatat poin-poin penting pada materi yang akan kami sampaikan kali ini.

Pengertian Gejala Sosial

Gejala sosial adalah fenomena sosial di masyarakat yang ditandai dengan munculnya permasalahan sosial yang mempengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkah laku setiap individu di dalam lingkungan kehidupannya.

Gejala sosial atau social symptom berbeda dengan permasalahan sosial. Namun keduanya sangat berkaitan. Apabila gejala sosial terjadi secara terus-menerus maka akan berpotensi menimbulkan permasalahan sosial di masyarakat.

Fenomena sosial ini dapat terjadi ketika ada perubahan sosial di dalam masyarakat yang tidak dapat dihindari. Perubahan sosial akan mengakibatkan dampak positif ataupun dampak positif, sehingga setiap orang harus melakukan antisipasi untuk menghadapinya.

Jenis-jenis Gejala Sosial

Berikut ini adalah jenis-jenis gejala sosial yang sering terjadi di masyarakat.

1. Gejala Ekonomi

Status sosial dan ketimpangan penghasilan setiap anggota masyarakat dapat memicu terjadinya gejala sosial di dalam masyarakat. Dilihat dari aspek ekonomi, apabila seseorang yang mempunyai kesejahteraan ekonomi hidup berdampingan dengan masyarakat yang kurang sejahtera maka hal ini akan mengakibatkan gejala sosial (social symptom).

Contoh gejala sosial di bidang ekonomi:

  • Kemiskinan
  • Pengangguran
  • Masalah kependudukan
  • Masalah kesehatan

2. Gejala Budaya

Indonesia terkenal sebagai masyarakat yang majemuk, pasalnya masyarakat indonesia terdiri dari beragam kebudayaan. Perbedaan kebudayaan antar suku tersebut mungkin saja dapat memicu terjadinya perpecahan apabila antar suku tidak saling menghormati.

Selain kebudayaan lokal yang berbeda-beda, proses globalisasi yang membuat berbagai kebudayaan asing masuk ke Indonesia. Kebudayaan asing tersebut juga bisa menimbulkan gejala sosial. Kebudayaan asing yang negatif dapat menimbulkan dampak buruk bagi kebudayaan lokal, contohnyan adalah gaya berpakaian, gaya hidup, ideologi, dan lain sebagainya.

3. Gejala Lingkungan Alam

Semua yang terjadi pada lingkungan alam manusia akan berdampak bagi manusia itu sendiri. Gejala lingkungan alam yang terjadi dapat disebabkan oleh alam dan juga bisa oleh ulah manusia yang menyebabkan kerusakan lingkungan alam.

Misalnya adalah kebiasaan membuang sampah sembarangan bisa terjadi pencemaran lingkungan dan penyakit bagi manusia itu sendiri. Kebiasaan manusia membuang sampah ke sungai ataupun saluran pembuangan akan berpotensi mengakibatkan banjir pada musim hujan. Sedangkan gejala yang timbul oleh alam contohnnya adalah meletusnya gunung berapi.

4. Gejala Psikologis

Tingkah laku seseorang di dalam masyarakat dapat dipengaruhi oleh aspek psikologi. Contoh gejala psikologis adalah tekanan jiwa, depresi, stres, gangguan jiwa, dan lain-lain.

PELAJARI JUGA: SYARAT LEMBAGA SOSIAL

Faktor Penyebab Gejala Sosial

Berikut ini adalah faktor penyebab terjadinya gejala sosial di kehidupan masyarakat.

1. Faktor Kultural

Faktor kultural merupakan nilai-nilai yang tumbuh serta berkembang di dalam suatu lingkungan masyarakat atau komunitas.

Contoh gejala sosial atau social symptom yang disebabkan oleh faktor kultural:

  • Kerja bakti
  • Gotong royong
  • Kemiskinan
  • Perilaku menyimpang

2. Faktor Struktural

Faktor struktural merupakan suatu keadaan yang berpengaruh terhadap struktur, maksud dari struktur itu ialah sesuatu yang disusun oleh pola tertentu. Faktor struktural ini dapat dilihat dari suatu pola-pola hubungan antar manusia dan kelompok yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Contoh social symptom atau gejala sosial yang dipengaruhi oleh faktor struktural:

  • Interaksi antara individu dengan individu
  • Interaksi antara individu dengan kelompok
  • Interaksi antara kelompok dengan kelompok lain
  • Penyuluhan sosial

Dampak Gejala Sosial

Secara umum, gejala sosial dapat menimbulkan dampak negatif dan dampak positif bagi kehidupan bermasyarakat. Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Dampak Positif

Dalam berbagai kondisi seseoarng, gejala sosial yang terjadi di masyarakat tentunya tidak dapat dihindari. Namun apabila disikapi secara bijak akan memberikan dampak positif bagi kehidupan lingkungan masyarakat.

Sebagai contoh dampak positifnya adalah kemajuan pesat di bidang teknologi. Perubahan dan kemajuan di bidang teknologi maka akan memberikan banyak manfaat.

Dengan adanya kemajuan teknologi tersebut maka berbagai kebuuhan manusia dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Misalnya sebagai sarana berkomunikasi dan informasi, kita bisa memanfaatkan handphone, email, chatting, dan lain-lain.

2. Dampak Negatif

Selain dampak positif, tentunya gejala sosial juga berdampak negatif terhadap kehiduapan manusia. Apabilan seseorang tidak mampu menerima perubahan maka orang tersebut akan mengalami culture shock.

Ketidakmampuan seseorang dalam beradaptasi dengan perubahan sosial akan mengakibatkan orang tersebut melakukan perilaku menyimpang, baik itu dari norma ataupun nilai.

Contoh Gejala Sosial

Berikut ini adalah beberapa contoh gejala sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Perilaku Koruptif

Korupsi sudah tidak asing lagi bagi kita, pasalnya korupsi di Indonesia sudah seperti budaya. Suatu individu atau kelompok seringkali sadar atau tidak sadar melakukan tindakan koruptif yang dapat merugikan pihak lain.

Berikut beberapa contoh perilaku koruptif:

  • Pulang kerja lebih awal
  • Mengambil sesuatu yang bukan haknya
  • Sering terlambat masuk kerja atau sekolah
  • Sering tidak masuk kerja atau sekolah

2. Kemiskinan

Kemiskinan merupakan gejala sosial yang sering kita temui di sekitar kita. Kemiskinan ada dua jenis yaitu kemiskinan relatif dan kemiskinan absolut. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Kemiskinan relatif

Suatu individu atau kelompok yang masih mampu memenuhi kebutuhan minimum hidupnya. Namun dirinya masih merasa kurang dan masih merasa miskin di bandingkan dengan orang lain ataupun kelompok lain.

  • Kemiskinan absolut

Suatu individu atau kelompok yang tidak mampu memenuhi kebutuhan minimum di dalam kehidupannya.

3. Perilaku Masyarakat

Beberapa gejala sosial yang paling sering kita temukan ialah perilaku masyarakat di berbagai kesempatan, antara lain adalah berikut ini:

  • Jaringan pertemanan yang tertutup
  • Memproduksi dan menyebarkan berita hoax
  • Plagiarisme di kalangan mahasiswa

Demikianlah pembahasan materi tentang gejala sosial yang meliputi pengertian, jenis, faktor, dampak positif, dampak negatif dan contohnya. Jangan lupa pelajari juga definisi diferensiasi sosial dan juga bentuk pengendalian sosial yang telah kami sajikan di halaman lainnya.