Pengertian Gerak Lurus Beraturan (GLB), Jenis, Ciri, Rumus dan Contohnya


Materi Gerak Lurus Beraturan (GLB) Jenis Ciri Rumus Contoh

Pengertian Gerak Lurus Beraturan (GLB), Jenis, Ciri, Rumus dan Contohnya. Pada kesempatan kali ini lama rumuspendidikan.com akan membahas materi gerak lurus beraturan lengkap dengan beberapa ciri-cirinya. Kemudian akan disajikan pula jenis-jenis gerak lengkap dengan rumus GLB (Gerak Lurus BeraturanL beserta contohnya. Penyampaian materi ini sebenarnya banyak diulang di SMP maupun SMA, namun tidak ada salahnya pengulangan tersebut menandakan materi ini begitu penting dan bisa menjadi lebih ingat.

Pembahasan materi gerak lurus beraturan, pelajaran Fisika SMA kelas 10 ini sangat menyenangkan bagi sobat yang bisa memahainya dengan mudah. Sebelum memahami apa itu gerak lurus beraturan, sebaiknya kamu memahami terlebih dahulu apa itu gerak yang bisa sobat catat khusus di website rumuspelajaran.com.

Tentunya ada berbagai macam-macam gerak lurus yang wajib sobat ketahui sebelum pembahasan materi Matematika ini. Pada kesempatan sebelumnya RUMUSPELAJARAN.COM telah menulis materi arti segitiga secara umum lengkap dengan sifat, unsur dan rumus segitiga serta materi pertidaksamaan nilai mutlak lengkap dengan materi penunjang seperti rumus pertidaksamaan, sifat dan jenisnya.

Materi Fisika lainya yang berkaitan erat dengan pembelajaran kali ini adalah materi tentang Gerak Parabola, Gerak tidak beraturan, pengertian alat-alat optik, gelombang elektromagnetik, gelombang mekanik, teori relativitas, hukum bernauli dan materi lainya. Baiklah sekarang kita bahas saja apa arti gerak, gerak lurus lengkap dengan rumusnya, ciri dan juga jenis-jenis gerak.

Pengertian Gerak Lurus Beraturan

Pertama akan kami bahas mengenai arti gerak lurus dulu yaitu suatu gerak suatu obyek yang lintasannya berupa garis lurus. Jenis gerak ini disebut juga sebagai suatu translasi beraturan. Pada rentang waktu yang sama terjadi perpindahan yang besarnya sama.

Kemudian arti dari Gerak lurus beraturan (GLB) merupakan suatu gerak lurus suatu objek, di mana dalam gerak ini kecepatannya tetap dikarenakan tidak adanya percepatan, sehingga jarak yang ditempuh dalam gerak lurus beraturan adalah kelajuan kali waktu.

Rumus Gerak Lurus Beraturan

Berikut ini adalah rumus (GLB) gerak lurus beraturan, yang tentunya sangat mudah di ingat.

S=v.t

dengan arti dan satuan dalam SI:

s = jarak tempuh (m)
v = kecepatan (m/s)
t = waktu (s)

Jenis Gerak

Kemudian untuk jenis gerak ini dikelompokan menjadi dua jenis yang berdasarkan ada serta tidak adanya percepatan yaitu:

  1. Gerak Lurus Beraturan (GLB) yaitu uatu gerak lurus yang mempunyai kecepatan yang tetap disebabkan karna tidak adanya percepatan pada objek. Jadi, nilai percepatan pada objek yang mengalami GLB ini ialah nol (a = 0).
  2. Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) yaitu gerak benda pada lintasan lurus tapi percepatannya konstan atau tetap. Beda GLB dengan GLBB adalah
  3. GLB tidak punya percepatan, sedangkan GLBB punya percepatan. Ada 3 variabel GLBB; perpindahan (S), kecepatan (V), dan percepatan (a).

Ciri Gerak Lurus Beraturan

Nah, inilah ciri-ciri suatu benda itu dapat dikatakan bergerak lurus beraturan dibawah ini :

  1. Pada lintasannya itu berupa garis lurus atau juga masih bisa dianggap sebagai lintasan yang lurus
  2. Pada kecepatan benda tetap atau konstan
  3. Tidak memiliki suatu percepatan (a=0)
  4. Pada panjang lintasan yang ditempuh itu sama dengan luas grafik v-vs-t
  5. Pada kecepatan itu berbanding lurus dengan perpindahan serta juga berbanding terbalik dengan waktu.

Pelajari juga:

Gambar Grafik Gerak Lurus Beraturan

Berikut ini akan kami sajikan beberapa gambar yang membahas mengenai grafik hubungan GLB untuk mempertajam materi pada kesempatan kali ini.

Contoh Soal Gerak Lurus Beraturan

Mungkin sobat juga mencari tentang contoh gerak lurus berubah beraturan, contoh soal GLB brainly, gerak melingkar, gerak yang dilakukan jarum jam maupun perbedaan jarak dan perpindahan Demikianlah materi tentang Gerak Lurus Beraturan (GLB) lengkap dengan Jenis gerak, Ciri, Rumus dan Contohnya, semoga bermanfaat.