Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis dan Contoh Perangkat Keras Komputer


Pengertian Hardware Definisi Fungsi Jenis dan Contoh Perangkat Keras Komputer

Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis dan Contoh Perangkat Keras Komputer. Pembahasan materi tentang perangkat keras komputer (hardware) yang meliputi definisi, fungsi, macam atau jenis dan contoh komponen hardware pada perangkat komputer/PC.

Sebelumnya kami telah menghadirkan materi pelajaran tentang fungsi sistem infomasi dan juga cara kerja BIOS pada komputer. Hari ini akan kami lanjutkan untuk membahas apa itu hardware serta jenis, fungsi dan contoh-contohnya.

Pasalnya kami yakin terdamparnya sobat di blog ini karena sedang mencari referensi tentang penjelasan dari hardware atau perangkat keras komputer. Mungkin sobat sudah pernah melihat aau bahkan sudah pernah memegangnya, namun sobat tadak ahu kalau yang ada di tangan soba itu adalah salah satu jenis hardware.

Langsung saja berikut ini penjelasan hardware yang meliputi pengertian, fungsi, jenis dan contoh-contoh hardware (perangkat keras komputer) yang kami hadirkan untuk sobat pengunjung setia RUMUSPELAJARAN.COM dimana pun berada.

Pengertian Hardware

Secara bahasa, hardware atau perangkat keras komputer adalah suatu komponen dari sebuah komputer yang dapat dilihat, disentuh dan diraba.

Secara umum, perangkat keras komputer (hardware) adalah suatu komponen fisik pada komputer yang berfungsi untuk menjalankan atau mengoperasikan suatu perintah yang telah di program di dalamnya.

Seperti yang kita tahu, komputer mempunyai beberapa komponen yang bekerja secara bersama-sama. Apabila salah satu dari komponen pendukungnya tidak terpasang, maka perangkat komputer tidak dapat bekerja dengan baik.

Jadi, jika suatu komputer tanpa hardware, maka komputer tidak dapat dioperasikan, tanpa software komputer pun tidak dapat difungsikan, begitu juga dengan komponen yang lain.

Pengertian Hardware Menurut Para Ahli

Untuk lebih jelasnya lagi mari simak pendapat para ahli tentang definisi hardware atau perangkat keras komputer dibawah ini.

1. Ali Zaki

Pengertian hardware menurut Ali Zaki adalah bagian fisik dari perangkat komputer, termasuk sirkuit digital di dalam komputer.

2. Joko Untoro

Pengertian hardware menurut Joko Untoro ialah perangkat fisik berupa komputer beserta segala instrumen pendukungnya.

3. Raya Fahreza

Pengertian hardware menurut Raya Fahreza adalah bagian dari perangkat komputer yang berjalan sesuai dengan instruksi atau perintah software.

4. Sunarto S. Kom

Pengertian hardware menurut Sunarto adalah perangkat pendukung Elektronik Data Processing System (EDPS) yang wujudnya bisa disentuh dan dirasakan.

5. Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto

Pengertian hardware menurut Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto adalah komponen perangkat komputer yang fisikanya bisa dirasakan, yakni wujudnya dapat dilihat dan diraba.

6. R. Wilman dan Riyan

Pengertian hardware menurut R. Wilman dan Riyan ialah serangkaian piranti elektronik yang tercompact pada ponsel yang memiliki fungsi berkaitan dengan piranti-piranti dan menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan.

7. Rainer

Pengertian hardware menurut Rainer adalah perangkat dalam komputer yang berbentuk fisik misalnya seperti processor, monitor, keyboard, dan printer. Hardware ini fungsinya untuk menerima data atau informasi, memproses dan menampilkan informasi mentah menjadi informasi baru yang lebih berguna.

8. James O’Brien

Pengertian hardware menurut James O’Brien adalah seluruh perlatan fisik yang digunakan dalam pemrosesan informasi, termasuk diantaranya CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, scanner, dan lain sebagainya.
Perangkat keras atau hardware ini merupakan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses paket data sehingga transmisi data menjadi lebih efektif.

Fungsi Hardware

Setiap hardware tentu memiliki fungsi berbeda-beda, adapun 4 fungsi hardware secara umum sebagi berikut.

1. Menerima Input

Beberapa hardware tertentu ada yang mempunyai fungsi secara khusus untuk menerima input yang dilakukan oleh user atau pengguna. Masukan atau input tersebut nantinya akan diproses menjadi informasi baru.

2. Mengolah Data / Informasi

Setelah menerima input atau masukan, beberapa hardware mempunyai fungsi khusus untuk memproses atau mengolah input tersebut menjadi informasi yang baru.

3. Memberikan Output

Setelah diproses, ada beberapa hardware tertentu yang berfungsi untuk memberikan output atau keluaran kepada user. Setiap output yang dilihat oleh user atau pengguna akan ditampilkan melalui hardware khusus.

4. Menyimpan Data / Informasi

Output atau keluaran yang dihasilkan oleh komputer dapat disimpan dalam perangkat penyimpanan sekunder pada komputer. Hardware untuk menyimpan data tidak hanya yang terpasang di dalam komputer saja, melainkan ada juga hardware penyimpanan yang dipasang di luar, misalnya flashdisk atau hard disk eksternal.

Jenis-jenis Hardware Berdasarkan Fungsinya

Adupun jenis-jenis hardware berdasarkan fungsinya, berikut ini penjelasannya.

1. Input Device (Perangkat Masukan)

Input device atau perangkat masukan merupakan perangkat keras (hardware) yang fungsinya adalah untuk memasukkan data atau informas ke dalam komputer. Informasi atau data tersebut bisanya berupa teks, audio, gambar, dan video.

Contoh Hardware Input Device

Berikut beberapa contoh input device:

  • Keyboard
  • Mouse
  • Microphone
  • Webcam

2. Process Device (Perangkat Pemrosesan)

Process device atau perangkat pemrosesan merupakan perangkat komputer yang memiliki fungsi untuk memproses atau mengolah berbagai data atau informasi yang dimasukkan ke dalam komputer. Process device sendiri juga disebut sebagai ‘otak’ komputer. Hal itu dikarenakan dapat memproses informasi yang dimasukkan ke komputer.

Contoh Hardware Process Device

Berikut beberapa contoh process divice:

3. Output Device (Perangkat Keluaran)

Output device atau perangkat keluaran smerupakan komponen dalam komputer yang fungsinya untuk menampung dan menghasilkan data-data di dalam komputer, dimana data-data tersebut nantinya dikeluarkan melalui perangkat lain yang terhubung ke komputer.

Misalnya, informasi atau data yang dikeluarkan dalam wujud gambar, teks, video, dan audio.

Contoh Hardware Output Device

Berikut beberapa contoh ouput divice:

  • Monitor komputer
  • Proyektor
  • Printer

4. Storage Unit (Perangkat Penyimpanan)

Storage unit atau perangkat penyimpan merupakan perangkat keras (hardware) yang bisa menyimpan data dan informasi, baik itu perangkat yang ada di dalam komputer ataupun di luar komputer. Salah satu contoh perangkat penyimpanan adalah harddisk yang memiliki fungsi sebagai alat penyimpanan data di dalam komputer.

Penyimpanan data tidak hanya dapat dilakukan di dalam komputer, namun dapat juga dilakukan di luar komputer dengan harddisk eksternal atau semacamnya.

Contoh Hardware Storage Unit

5. Periferal (Perangkat Tambahan)

Periferal atau perangkat tambahan adalah hardware yang fungsinya membantu komputer dalam melaksanakan perintah dari pengguna. Salah satu contoh perangkat tambahan pada komputer adalah modem, dimanan modem berfungsi menghubungkan perangkat komputer dengan jaringan internet.

Contoh Hardware Periferal

Demikianlah pembahasan materi pengertian hardware yang meliputi fungsi, jenis dan beberapa contoh perangkat keras atau hardware pada komputer. Semoga bermanfaat bagi sobat pengunjung setia RUMUSPELAJARAN.COM. Jangan lupa pelajari juga materi tentang definisi TIK dan juga fungsi ROM pada perangkat komputer.