Pengertian Hewan Omnivora, Ciri dan Contohnya


Pengertian Hewan Omnivora Definisi Ciri dan Contohnya

Pengertian Hewan Omnivora, Ciri dan Contohnya. Pembahasan tentang hewan omnivora yang meliputi ciri-ciri dan contoh hewan omnivora beserta penjelasannya di situs RumusPelajaran.com. Secara umum jensi hewan di kelompokkan menjadi tiga (3), yakni hewan Herbivora, hewan Karnivora, dan hewan Omnivora.

Lantas apakah arti dari hewan omnivora, bagaimana ciri-cirinya dan hewan apa saja yang termasuk kedalam jenis hewan omnivora? Pada artikel sebelumnya telah kami sajikan materi pelajaran faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan juga pengertian keanekaragaman hayati di halaman lainnya.

Mak hari ini kami akan melanjutkan dengan pembahasan tentang hewan omnivora atau yang dikenal dengan hewan pemakan segala. Sehingga dapat diartikan bahwa hewan Omnivora adalah hewan yang memakan tumbuh-tumbuhan dan juga daging.

Ada banyak sekali macam jenis hewan Omnivora yang hidup disekitar kita baik itu di darat maupun di air. Langsung saja mari simak penjelasan mengenai pengertian hewan omnivora, ciri-ciri hewan omnivora lengkap dengan contoh hewan pemakan segala.

Pengertian Hewan Omnivora

Hewan Omnivora berasal dari kata omne dan vorare yang berasal dari bahsa latin, masing-masing kata tersebut memiliki arti semua atau segalanya dan melahap. Sehingga hewan Omnivora dapat diartikan sebagai hewan yang melahap semua makanan baik itu dari jenis tumbuhan maupun jenis hewan lainnya.
Jenis hewan Omnivora ini tidak seperti jenis hewan Herbivora yang memiliki gigi khusus, yang berfungsi untuk memakan tumbuhan dan jenis hewan Karnivora yang memiliki gigi khusus, yang berfungsi untuk memakan daging.

Oleh sebab itu, hewan omnivora memiliki gigi yang tajam pada bagian depan yang berfungsi untuk mengoyak makanan berupa Daging dan juga memiliki gigi yang datar pada bagian belakang yang berfungsi untuk menghaluskan makanan, baik antara tumbuhan atau daging.

Ciri-ciri Hewan Omnivora

Untuk memahami dan membedakannya ada beberapa ciri khusus yang dimiliki oleh hewan onivora. Berikut ini adalah ciri-ciri dari hewan Omnivora atau Sarwaboga yang telah kami rangkum dibawah ini:

  • Hewan Omnivora memakan tumbuhan dan daging.
  • Hewan Omnivora memiliki pencernaan yang sempurna (Kompleks).
  • Hewan Omnivora memiliki bentuk gigi yang tajam pada bagian depan.
  • Dan memiliki bentuk gigi yang datar pada bagian belakang.

Contoh Hewan Omnivora

Sedangkan spesies hewan yang termasuk kedalam golongan Omnivora sangat banyak sekali jenis-jenisnya. Berikut ini kami hadirkan contoh hewan omnivora beserta penjelasannya.

1. Ayam

Contoh hewan omnivora yang pertama adalah ayam. Hewan ini merupakan jenis unggas yang biasa dipelihara oleh masyarakat. Alasanya karena ayam merupakan hewan yang murah dan banyak dicari orang.

Selain itu memelihara ayam bisa dikatakan lebih mudah karena hewan unggas ini hanya melahap makanan yang berasal dari berbagai macam biji-bijian, tumbuhan-tumbuhan bahkan dari jenis hewan sekaligus seperti serangga, semut, laron dan lain sebagainya.

Bahkan pada saat ini banyak orang yang memelihara ayam dalam jumlah banyak. Karena ayam sebagai hewan ternak yang nantinya akan disetorkan ke pasar, sehingga orang tersebut menghasilkan uang.

2. Burung Jalak

Contoh hewan omnivora selanjutnya adalah burung jalak. Burung ini mempunyai ukuran tubuh sekitar 20 sampai 25 cm, rata-rata tubuh buruh jalak ditutupi oleh bulu yang berwarna hitam.

Selain mempunyai gerakan yang lincah, burung jalak juga memiliki kicauan yang keras dan sanggup meniru suara burung lainnya. Buah-buahan dan serangga merupkan makanan dari burung ini.

3. Tikus

Tikus mempunyai nama lain Rattus Argentiventer yang berarti hewan mamalia yang masuk kategori hewan Omnivora. Tikus merupakan salah satu hewan dengan ukuran kecil namun sering dikatakan sebagai hewan yang rakus. Pasalnya hewan satu ini bisa melahap makanan yang beraneka ragam seperti tumbuhan berupa rumput, sayur, kelapa, padi, ketela dan masih banyak lainya.

Bahkan tikus juga sangat suka memakan binatang kecil, mulai dari serangga hingga ikan yang hidup diair tawar salah satunya adalah ikan sawah. Oleh sebab itu tikus disebut sebagai hewan Omnivora karena mau memakan semua jenis makanan dari golongan tumbuh-tumbuhan dan dari golongan hewan.

4. Lele

Ikan Lele tidak hanya makan jenis tumbuhan saja tapi ikan sejenisnya juga dimakan. Lele juga suka memakan udang dan fitplankton yang ada didalam kolam budidaya lele. kemudian untuk jenis tumbuhan yang biasa dimakan oleh ikan lele adalah dedaunan yang lunak.

Selain itu, Lele juga memakan parasit atau hewan kecil yang menjadi pengganggu dalam pertumbuhannya. Karena Ikan Lele doyan dengan segala jenis makanan, maka ia termasuk kedalam hewan Omnivora.

5. Tupai

Tupai merupakan salah satu jenis spesies binatang Omnivora yang memakan tumbuh-tumbuhan seperti biji-bijian, jamur, buah, kulit kayu, dan lainnya. Tupai memiliki makanan yang paling khas seperti biji kenari dan juga berbagai jenis serangga kecil yang terdapat pada pohon.

6. Burung Flaminggo

Burung Flaminggo adalah burung cantik ini memiliki warna kemerahan dan juga mempunyai kaki jenjang serta paruh yang unik sehingga tampak eksotik apabila berkrumun dengan kelompoknya. Bentuk paruh burung Flaminggo berfungsi untuk menyaring makanannya.

Warna tubuh burung Flaminggo yang kemerahan ini merupakan efek dari tingginya beta karotin yang mereka konsumsi. Udang dan alga memiliki kandungan betakarotin yang cukup tinggi.

Yang menjadikan burung ini termasuk kedalam golongan hewan omnivora karena Burung flaminggo ini memakan alga biru dan hijau dan udang. Udang dan alga ini merupakan makanan utama yang kaya nutrisi untuk jenis burung ini.

7. Gorilla

Gorilla termasuk hewan langka yang masuk ke dalam daftar hewan yang terancam punah. Hewan ini memiliki tubuh yang besar, gigi tajam dan memiliki kedua tangan yang kekar. Selain itu, Gorila mempunya kemampuan melompat yang sangat baik, sehingga ketika kelaparan akan sangat mudah untuk mendapatkan mangsa.

Sebenarnya tidak semua jenis Gorilla adalah binatang buas. Namun jika disaat sedang kelaparan atau mendapatkan gangguan dari hewan lain. Gorilla akan dengan sigap dan cepat menggigit serta merobek-robek tubuh mangsanya kemudiam memakannya.

Disaat ia sedang merasa kelaparan dan tidak ada tumbuhan yang ia makan. Maka ia akan memakan apa yang ada disekitarnya termasuk hewan lain. Oleh sebab itu Gorilla bisa dimasukan dalam jenis hewan Omnivora.

8. Monyet

Berbeda dengan kera, Monyet pada umumnya memiliki ekor dan tubuhnya berukuran lebih kecil. Monyet memiliki beberapa kelebihan seperti bisa mempelajari dan menggunakan alat untuk memudahkannya dalam mendapatkan makanan.

Monyet biasanya memakan biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, hewan-hewan kecil dan serangga. Dari sumber makanannya yang berasal dari hewan dan tumbuhan inilah yang menjadikan Monyet sebagai salah satu jenis hewan Omnivora.

9. Rakun

Rakun biasanya memakan beberapa jenis hewan dan juga tumbuhan yang membuatnya termasuk kedalam golongan hewan omnivora. Serangga, ikan, telur, burung, dan sayuran merupakan beberapa makanan yang sering ia lahap.

Rakun sendiri bukanlah hewan yang suka memilih-milih makanan, pasalnya hewan jenis ini termasuk hewan pemakan oportunistik atau memanfaatkan peluang yang ada.

10. Landak

Contoh hewan pemakan semua selanjutnya adalah landak, yang amna hewan ini biasanya makanannya terdiri dari serangga dan binatang-binatang kecil lainnya seperti jangkrik, katak, siput, caing dan lain-lain.

Selain memakan hewan-hewan kecil, mamalia kecil ini juga suka mengkonsumsi daun, akar dan batang pohon, terutama dibagian pohon yang mempunyai kulit kayu muda. Inilah yang menjadikan Landak termasuk kedalam jenis hewan Omnivora.

Demikianlah pembahasan materi hewan onivora yang meliputi pengertian, ciri, contoh dan penjelasannya. Semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari referensi tentang hewan omnivora. Pelajari juga materi bahasa indonesia pengertian cerpen dan juga contoh puisi yang telah kami sajikan di halaman lainnya.