Pengertian Hukum Bernoulin, Persamaan, Prinsip, Rumus, Bunyi Penerapan dan Contoh

Materi Hukum Bernoulin Persamaan Prinsip Rumus Bunyi Penerapan Contoh

Pengertian Hukum Bernoulin, Persamaan, Prinsip, Rumus, Bunyi Penerapan dan Contoh. Pada kesempatan yang baik ini mari kita bahas mengenai apa itu Hukum Bernoulli, prinsip-prinsip hukum Bernaulin dan bunyi asas Bernoulli ini. Kemudian mari kita bahas juga penerapan hukum Beraulin pada pesawat bisa terbang. Untuk bisa menerapkan hukum Bernaulin kita harus mengetahui juga rumus hukum bernaulin ini.

Apakah sobat tahu siapa pencetun hukum Bernaulin ini? Tentu masih banyak yang penasaran. Tenang, laman rumuspelajaran.com akan memberikan bocoran dan materi secara ilmu fisikan ini dengan cermat, singkat dan semoga mudah dipahami.

Sering kita mendengar kata-kata tekanan berbanding terbalik dengan kecepatan. Dan hal itu ternyata berhubungan dengan hukum Bernaulin ini. Tentu sobat yang masih duduk dibangku sekolah kelas 11 dan 12 akan mempelajari materi Fisika yang membahas mengenai pengertian Kalor dan Perpindahan Kalor yang mulai dibahas untuk Kelas 11, Hukum Ohm, cara membaca jangka sorong, gelombang Elektromagnetik, Hukum pascal dan masih banyak materi yang perlu sobat pelajari.

Pada kesempatan lainya kami juga telah memposting materi pelajaran Fisika lainya seperti materi hukum archimedes yang meliputi definisi, sejarah, bunyi, rumus, penerapan hukum archimedes dalam kehidupan sehari-hari serta definisi zat padat, gas dan cair. Mungkin sobat sudah tidak sabar ingin mengtahui bagaimana rumus Hukum Bernauilin, prinsip, persamaan maupun contoh soal hukum Bernaulin ini, mari kita simak penjelasanya dibawah ini.

Pengertian Hukum Bernoulin

Definisi Hukum Bernoulli ini artinya menyatakan bahwa kenaikan kecepatan aliran fluida akan menyebabkan penurunan tekanan fluida secara bersamaan atau penurunan energi potensial fluida tersebut. Hukum Bernoulli dapat diaplikasikan pada berbagai jenis aliran fluida dengan beberapa asumsi. Perlu diketahui juga jika Hukum ini hanya diterapkan pada zat cair yang mengalir dengan kecepatan berbeda-beda dalam suatu pipa.

Intinya ketika tekanan akan menurun jika kecepatan aliran fluida meningkat. Kenapa dinamakan Hukum Bernoulli? Hal ini karena pencetus atau penemunya bernama Daniel Bernoulli dan hukum ini berdasarkan bukunya yang berjudul ‘Hydrodynamica’ yang diterbitkan pada tahun 1738. Definisi Hukum Bernoulli fluida lainya adalah fluida ideal yang memenuhi karakteristik mengalir dari aliran lunak dan garis-garis arus, tak kental, dan bahkan tak comprisable.

Pengertian Hukum Bernoulin Menurut Para Ahli

Dari beberapa penjelasan diatas untuk beberapa pengertian tentang Hukum Bernoulin Menurut Para Ahli belum ada penjelasanya. Yang jelas sobat perlu mengetahu tentang tekanan fluida dapat disebabkan dari apa saja, bagaimana bunyi hukum kontinuitas, penjelasan tentang bunyi hukum stokes, pengertian gas ideal lalu prinsip gaya angkat pesawat terbang serta tekanan fluida paling kecil terjadi di titik angka berapa.

Persamaan Hukum Bernoulin

Adapun persamaan Bernoulli terhubungkan dengan tekanan, kecepatan, dan ketinggian dari dua titik point (titik 1 dan titik 2) aliran fluida yang bermassa jenis.

Persamaan ini berasal dari keseimbangan energi mekanik (energi kinetik dan energi potensial) dan tekanan yang dapat di implementasikan dibawah ini.

Tekanan + Ekinetik + Epotensial = konstan

Atau

P : tekanan (Pascal)
rho : massa jenis fluida (kg/m3)
v : kecepatan fluida (m/s)
g : percepatan gravitasi (g = 9,8 m/s2)
h : ketinggian (m)

Kemudian untuk persamaan Bernoulli diatas dapat dituliskan seperti dibawah ini:

Persamaan Hukum Bernoulin

Prinsip Hukum Bernoulin

Sekarang sobat akan mengetahui apa itu Prinsip Bernoulli. Prinsip Bernoulli adalah suatu istilah yang digunakan dalam mekanika fluida. Sedangkan Prinsip ini menjelaskan bahwa adanya suatu peningkatan pada fluida yang akan menimbulkan suatu penurunan pada tekanan aliran di aliran fluida.

Untuk penggunakan Prinsip Hukum Bernoulli adalah hasil penyederhanaan dari persamaan Bernoulli. Penjelasan persamaan ini merupakan jumlah energi di suatu titik pada sebuah jalur aliran yang sama.

Pengembangan Prinsip sudah diterangkan langsung dari seorang ahli matematikawan yang asalnya dari Belanda yang bernama Daniel Bernoulli. Daniel telah menyederhanakan prinsip Bernoulli tersebut menjadi bentuk persamaan yaitu berlaku untuk aliran fluida termampatkan dan aliran tak-termampatkan.

Ketahui juga mengenai contoh hukum bernoulli ini yang mungkin sering muncul dalam soal pelajaran sobat. Sebab hukum bernoulli menjelaskan tentang pengetahuan dan ilmu yang mungkin bisa mengartikan sesuatu yang berada di sekitar kita. Sedangkan penerapan hukum bernoulli juga sudah diteliti para ahli matematika dan fisika. Diatas telah kita bahas mengenai prinsip hukum bernoulli yang bisa dijadikan acuan untuk sobat pelajar rumuspelajaran.com

Rumus Hukum Bernoulin

Aliran Tak-Termampatkan

Penjelasan mengenai Aliran fluida tak-termampatkan adalah sebuah aliran fluida yang mempunyai ciri-ciri seperti tidak adanya suatu perubahan pada besaran kerapatan massa (densitas) dari sebuah fluida di sepanjang aliran tersebut.

Akan kami berikan contoh sederhanya yaitu material yang termasuk aliran fluida tak-terampatkan ialah air, emulsi, berbagai jenis minyak, dan lain-lain. Sebenarnya rumus ini sudah dijelaskan diatas, namun tidak ada salahnya untuk mengulang supaya mudah dipahami. Bentuk persamaan aliran fluida tak-termampatkan, Hukum Bernoulli akan ada rumusnya, sebagai berikut:

Rumus Hukum Bernoulin

Keterangan:

v : kecepatan fluida
g : percepatan gravitasi bumi
h : ketinggian relatif terhadap suatu referensi
p : tekanan fluida
ɋ : densitas fluida

Asumsi-asumsi tentang Persamaan di atas hanya berlaku untuk aliran tak-termampatkan di bawah ini!

1. Aliran bersifat tunak (steady state)
2. Tidak terdapat gesekan

Aliran Termampatkan

Selanjutnya akan kami berikan apa itu aliran terampatkan yang memang berbeda arti dengan aliran tak-termampatkan, Aliran terampatkan mempunyai karakteristik seperti adanya suatu perubahan pada besaran kerapatan massa (densitas) dari fluida di sepanjang aliran.

Untuk memudahkan sobat aga cepat memahami pelajaran ini akan kami berikan contoh sebagai berikut. Ketika material yang termasuk aliran fluida termampatkan ialah udara, gas alam, dan masih banyak lainnya.

v^2/2 + theta + w = konstan

Hukum Bernoulli menyatakan:

Jumlah dari tekanan : ( p )
Energi kinetik per satuan volum : (1/2 PV^2 )
Energi potensial per satuan volume : (ɋgh)

Dan semuana memiliki nilai yang sama pada setiap titik sepanjang suatu garis arus.

Untuk mendiskusikan hal ini kita perlu menggunakan cara berfikir Bernoulli sampai menemukan persamaannya dan bisa sampai menuliskan persamaan ini. Akan tetapi kita tidak akan menurunkan persamaan Bernoulli secara matematis.

Penerapan Hukum Bernoulin

Penerapan Hukum Bernoulin

Hukum Bernoulli bisa dibilang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dan dimanfaatkan pada beberapa aplikas. Bagi seseorang yang mendalami atau mempelajari ilmu ini akan memahami betapa penting akan sesuatu dari mana asal dan penerapanya. Berikut ini adalah beberapa penerapan ilmu Hukum Bernoulin :

  • Perhitungan gaya angkat (lift) pada sayap pesawat
  • Perhitungan untuk mencari tekanan yang hilang pada aliran (pressure losses)
  • Tabung pitot (pitot tube)
  • Venturimeter
  • Manometer
  • Toricelli

Pelajari Juga Materi:

Contoh Soal Hukum Bernoulin

Sobat bisa menambah ilmu pengetahuan dengan mencari Contoh Soal Hukum Bernoulin ini di internet, youtube maupun aplikasi. Sebab pertanyaan yang sering diberikan mentor, guru, soal ulangan akan mengacu pada penerapan hukum bernoulli, sebutkan prinsip-prinspi hukum bernoulli.

Selain penjelasan diatas sobat juga perlu mencari contoh hukum bernoulli dalam kehidupan sehari hari, mungkin yang paling dekat yang berada di sekitar kita. Kegunaan dan peran hukum bernoulli pada pembangunan pesawat sangat besar sekali. Bisa juga sobat pelajar mencari contoh soal asas bernoulli brainly atau contoh soal hukum bernoulli gaya angkat pesawat.

Itulah pembahasan materi tentang Pengertian Hukum Bernoulin lengkap dengan penjelasan persamaan, prinsip, rumus, bunyi penerapan dan contohnya, semoga bermanfaat.