Pengertian Hukum, Ciri, Unsur, Jenis dan Contoh


Pengertian Hukum Definisi Ciri Unsur Jenis dan Contoh Hukum di Indonesia

Pengertian Hukum, Ciri, Unsur, Jenis dan Contoh. Materi pembahasan tentang hukum yang meliputi definis, ciri-ciri, unsur, jenis dan contoh hukum yang ada di indonesia. Untuk menciptakan ketertiban dan keadilan di dalam masyarakat maka diperlukan adanya hukum di dalam kehidupan bangsa dan negara.

Dengan adanya hukum maka akan mencegah manusia untuk berbuat sewenang-wenang yang dapat merugikan orang lain. Pasalnya jika berbuat kesalahan maka akan ada hukuman yang harus dipertanggung jawabkan.

Selain itut, dengan adanya hukum maka kemungkinan terjadi kejahatan akan berkurang. Dan juga hukum dapat mencegah kekuasaan otoriter dimana penguasa bersikap sewenang-wenang.

Sebelum kita lanjut ke pembahasan hukum ada baiknya jika sobat juga mempelajari materi pelajaran PKN lainnya yang telah kami bahas sebelumnya seperti definisi ideologi dan juga fungsi norma dalam kehidupan sehari-hari.

Lantas apakah yang dimaksud dengan hukum serta bagaimana ciri-cirinya serta apa saja jenis hukum yang ada di indonesia? Langsung saja berikut ini adalah definisi hukum serta ciri, unsur, jenis dan contoh-contoh hukum.

Pengertian Hukum

Hukum adalah sistem yang ditetapkan oleh lembaga berwenang untuk membatasi tingkah laku manusia. Hukum berisi perintah atau larangan untuk melakukan sesuatu. Tugas hukum ialah untuk menjadi kepastian hukum di dalam masyarakat.

Masyarakat memiliki hak untuk mendapat pembelaan di depan hukum sehingga hukum bisa diartikan sebagai peraturan tertulis ataupun peraturan tidak tertulis yang mengatur tingkah laku kehidupan manusia di dalam masyarakat dan memberikan sanksi bagi siapapun yang melanggarnya.

Ciri-ciri Hukum

Hukum mempunyai ciri-ciri tersendiri, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Peraturan bersifat memaksa.
  • Sanksi tegas terhadap para pelanggar.
  • Berisi perintah atau larangan terhadap sesuatu.
  • Perintah dan larangan harus dipatuhi setiap orang.
  • Peraturan mengenai perilaku manusia dalam masyarakat.
  • Peraturan dimonitor oleh badan berwenang.

Unsur-unsur Hukum

Mengingat ada banyak sekali pendapat tentang pengertian hukum serta belum ada satupun pendapat mengenai definisi hukum yang bisa diterima oleh semua orang maka setidaknya pengertian hukum harus punya unsur-unsur sebagai berikut:

  • Peraturan hukum ditetapkan oleh lembaga berwenang. Peraturan hukum tidak boleh dibuat oleh setiap orang, melainkan lembaga yang mempunyai kewenangan yang bersifat mengikat dengan masyarakat.
  • Hukum bersifat memaksa. Hukum dibuat bukan untuk dilanggar tetapi untuk ditaati.
  • Hukum harus memiliki sanksi tegas terhadap setiap pelanggar hukum.
  • Hukum bertugas untuk mengatur tingkah laku manusia, yang berisi perintah dan larangan terhadap sesuatu dengan tujuan tidak merugikan kepentingan umum dan perilaku manusia tidak bersinggungan.

Jenis-jenis Hukum di Indonesia

Hukum sendiri terbagi menjadi dua (2) jenis, yaitu Hukum Publik dan Hukum Privat.

Hukum Pidana ialah hukum publik yang mengatur hubungan individu dengan masyarakat dan dijalankan apabila masyarakat sangat butuh.

Pemerintah mempunyai tugas untuk menjamin kepentingan masyarakat umum yang merupakan ciri dari hukum publik.

Contoh Hukum Privat (Hukum Sipil)

1. Hukum sipil dalam arti luas: Hukum Perdata dan Hukum dagang
2. Hukum sipil dalam arti sempit: Hukum Perdata saja

Contoh Hukum Publik

1. Hukum Tata Negara

Hukum tata negara bertugas mengatur bentuk dan susunan negara dan hubungan kekuasaan antara alat perlengkapan negara satu sama lain serta hubungan pemda (pemerintah pusat dengan pemerintah daerah).

2. Hukum Pidana

Hukum pidana bertugas untuk mengatur perbuatan yang dilarang serta memberi pidana bagi orang-orang yang melanggar hukum. Selain itu, hukum ini juga mengatur saat pengajuan perkara ke pengadilan.

Namun Logemann dan Paul Schlten berpikir bahwa hukum pidana tidak termasuk hukum publik.

3. Hukum Administrasi Negara (Hukum Tata Usaha Negara)

Hukum ini bertugas untuk mengatur tentang tata cara menjalankan hak dan kewajiban dari kekuasaan alat-alat perlengkapan Negara.

4. Hukum Internasional (Perdata dan Publik)

Hukum Perdata Internasional merupakan hukum yang mengatur hubungan hukum antara warga negara yang berbeda kewarganegaraan di dalam hubungan internasional.

Sedangkan Hukum Publik Internasional ialah hukum yang mengatur hubungan antara negara dengan negara lain dalam hubungan internasional.

Demikianlah materi pembahasan tentang pengertian hukum serta ciri, unsur, jenis dan contohnya. Semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari referensi tentang penjelasan definisi hukum. Jangan lupa pelajari juga materi tentang definisi ideologi pancasila dan juga pengertian ideologi kapitalisme yang telah kami sajikan di halaman lainnya.