Pengertian Internet, Sejarah, Fasilitas, Fungsi, Manfaat, Perbedaan Internet dan Intranet


Pengertian Internet Definisi Sejarah Fasilitas Fungsi Manfaat Perbedaan Internet dan Intranet

Pengertian Internet, Sejarah, Fasilitas, Fungsi, Manfaat, Perbedaan Internet dan Intranet. Materi pembahasan mengenai internet yang meliputi pnegertian, sejarah, fungsi, manfaat, dampak positif dan negatif internet dalam kehidupan sehari-hari, dan yang tak kalah penting adalah perbedaan internet dan intranet. Lantas apakah yang dimaksud dengan Internet baik pengertian secara umum maupun pengertian internet dari para ahli?

Kita sering bahkan setiap saat menggunakan akses internet, namun tak jarang pula yang tidak mengetahui seluk beluk internet. Mungkin kebanyakan orang yang sudah lulus sekolah menganggap bahwa tidak penting mengetahui apa itu internet. Pasalnya bisa mengakses internet untuk kehidupan sehari-hari saja sudah cukup.

Namun sejujurnya jika kita lebih memahami apa arti internet akan membuat kita lebih berhati-hati dalam menggunakan internet. Namun materi pengertian internet dan pembahasan lainnya tentang internet sangat dicari-cari oleh adik-adik yang masih belajar dibangku sekolahan yang sedang membutuhkan artikel untuk pembelajaran.

Nah untuk itu hari ini tim redaksi RUMUSPELAJARAN.COM akan mencoba mengulas tentang pengertian internet, baik pengertian secara umum maupun pengertian internet menurut para ahli, sejarah internet, akses internet, fasilitas-fasilitas internet, fungsi internet, manfaat internet, dampak positif dan negatif internet, perbedaan internet dan intranet serta internet pada saat ini. Barangkali saat ini sobat sedang mencari materi seperti yang kami sampaikan tersebut. Pada materi sebelumnya juga telah kami jelaskan salah satu pelajaran sejarah mengenai sejarah kerajaan bali, raja, kehidupan poleksosbud, masa kejayaan dan keruntuhan kerjaan bali.

Pengertian Internet

Secara umum Internet (portmanteau dari interconnected network) adalah sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global baik secara langsung ataupun secara tidak langsung (nirkabel) dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) agar dapat menghubungkan perangkat di seluruh dunia yang bertujuan untuk melakukan pertukaran data.

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Selain pengertian internet secara umum, para ahli juga memiliki pendapat lain mengenai internet. Berikut ini adalah pengertian internet menurut para ahli:

Pengertian Internet Menurut Onno W. Purbo

Onno W. Purbo merupakan tokoh pertama yang menjelaskan mengenai pengertian Internet. Dalam Prihatna, 2005 beliau menjelaskan bahwa Internet merupakan sebuah media yang digunakan untuk mengefesiensikan sebuah proses komunikasi yang disambungkan dengan berbagai aplikasi, seperti Web, VoIP, E-mail.

Pengertian Internet Menurut Sarwono

Pengertian internet menurut Sarwono, adalah suatu kumpulan jaringan yang memiliki skala luas atau global, dimana tidak seorang pun dapat bertanggung jawab untuk menjalankan internet itu sendiri.

Pengertian Internet Menurut Sibero

Menurut Sibero, Internet merupakan suatu jaringan komputer yang menghubungkan antar komputer secara global. Selain itu beliau juga menjelaskan bahwa internet disebut juga sebagai jaringan alam, artinya suatu jaringan yang sangat luas.

Pengertian Internet Menurut Berners Lee

Berners Lee berpendapat bahwa internet adalah suatu jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Dimana suatu jaringan komputer tertentu, atau jaringan lokal juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lainnya.

Pengertian Internet Menurut O’Brien

Sedangkan menurut O’Brien, internet merupakan sebuah jaringan komputer yang berkembang pesat dan bermanfaat untuk berbagai macam kepentingan, mulai dari kepentingan bisnis, pendidikan, hingga ke dalam jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubungan satu sama lain.

Sejarah Internet

Pada awalnya internet dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA, atau yang disebut dengan Advanced Research Project Agency Network (ARPANET)

Proyek ARPANET sendiri merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang lebih populer dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek tersebut adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Pada awalnya ARPANET sendir hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Pada tahun 1969 mereka membentuk satu jaringan terpadu dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972.
Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Untuk mengatasi hal tersebut ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Akses Internet

Negara dengan akses Internet yang terbaik termasuk Korea Selatan (50% daripada penduduknya mempunyai akses jalurlebar – Broadband), dan Swedia. Terdapat dua bentuk akses Internet yang umum, yaitu dial-up, dan jalurlebar.

Sedangkan di Indonesia, seperti negara berkembang di mana akses Internet dan penetrasi PC sudah cukup tinggi dengan didukungnya Internet murah dan netbook murah, hanya saja di Indonesia operator kurang adil dalam menentukan harga dan bahkan ada salah satu operator yang sengaja membuat “jebakan” agar pengguna Internet tersebut membayar lebih mahal.

Kemudian sekitar 42% dari akses Internet melalui fasilitas Public Internet Access seperti warnet, cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses Internet adalah di kampus dan perkantoran.

Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga dapat mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). GPRS merupakan salah satu standar komunikasi wireless (nirkabel) yang memiliki kecepatan koneksi 115 kbps dan mendukung aplikasi yang lebih luas (grafis dan multimedia).

Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pengaturan GPRS pada ponsel tergantung dari operator yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobyte) yang diunduh.

Fasilitas Internet

Kemudian berikut ini adalah beberapa fasilitas-fasilitas yang tersedia di internet:

World Wide Web (www): World wide web atau yang lebih dikenal dengan www ini adalah kumpulan dokumen multimedia yang saling terhubung menggunakan link hypertext. Sedangkan Hyperlink merupakan sebuah link yang berfungsi untuk melakukan perpindahan antar dokumen. Web sangat memudahkan kita jika ingin mengakses berbagai informasi, baik dalam bentuk teks, gambar, video, suara, maupun animasi.

Telecommunication Network (Telnet): Telnet atau Telecommunication Network merupakan salah satu protokol jaringan yang digunakan pada koneksi internet Local Area Network (LAN). Telnet sendiri digunakan untuk melakukan koneksi ke sebuah server dan port tertentu. Telnet juga dapat digunakan untuk berinteraksi langsung dengan server.

File Transfer Protocol (FTP): File Transfer Protocol atau yang disingkat dengan FTP adalah salah satu layanan internet untuk melakukan transfer file. Dimana proses melakukan transfer suatu file dari komputer ke server (file server) disebut dengan istilah unggah atau upload. Sedangkan file yang sudah berada di file server, dapat diambil oleh orang lain untuk disimpan di komputer. Proses mengambil file dari file server disebut dengan unduh atau download.

Electronic-mail (E-mail): Electronic-mail atau yang lebih dikenal dengan E-mail ini merupakan sebuah pesan elektronik yang dikirimkan dan diterima melalui komputer. Dengan e-mail ini pesan yang dikirimkan akan sampai kepada penerima saat itu juga. Fitur E-mail ini juga dapat disertai dengan grafik, gambar/ foto, suara, animasi, bahkan dapat mengirim ke beberapa alamat sekaligus.

Gopher: Kemudian Gopher adalah sebuah program berbasis teks yang berfungsi untuk mem-browser atau mencari daftar menu internet di berbagai server gopher. Gopher juga dapat disebut dengan sebuah aplikasi yang dapat mencari informasi di internet, namun hanya berbentuk teks. Diperlukan hubungan dengan server gopher yang terdapat di internet untuk mendapatkan informasi melalui gopher.

Fungsi Internet

Internet sendiri memiliki beberapa fungsi yang sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah fungsi dari internet:

Sebagai Media Bertukar Sumber Daya

Salah satu fungsi internet adalah untuk berbagi atau bertukar sumber daya kepada orang lain. Dengan memanfaatkan internet kita dapat membagi sumber daya seperti foto, video, makalah, karya tulisan, jurnal, desain, dan lain-lain. Tentu hal ini lebih praktis dan tidak ribet.

Sebagai Media Akses Informasi

Untuk mendapatkan sebuah informasi akan sangat lebih mudah dengan hadirnya internet dalam kehidupan sehar-hari. Pasalnya kita dapat mengakses suatu info-info penting melalui internet. Bahkan, saat ini sudah tersedia e-book yang memungkinkan kita untuk membaca secara online.

Sebagai Media Komunikasi

Selain mengorek informasi, dengan internet kita juga dapat berkomunikasi dengan sangat mudah. Hal ini terbuki dengan hadirnya banyak sekali aplikasi chatting yang bertujuan untuk memudahkan setiap individu dalam berkomunikasi. Bukan hanya sebatas teks saja, kita juga dapat berkomunikasi dengan mendengarkan suara dan melihat secara langsung orang yang kita aja bicara melalui Video Call.

Sebagai Media Akses Berita

Seiring berjalannya waktu, kini segala peristiwa yang terjadi di seluruh belahan dunia dapat kita ketahui melalui media online atau situs berita online. Tentu hal ini terjadi karena adanya akses internet.

Manfaat Internet

Jika dicermati, kita akan merasakan begitu banyaknya manfaat internet yang dapat kita rasakan. Langsung saja berikut adalah beberapa manfaat jaringan internet yang dapat kita rasakan:

Kemudahan dalam Menggali Informasi

Jika berbicara mengenai manfaat internet, kita akan merasakan kemudahan dalam menggali sebuah informasi di internet. Sebagai contoh apabila sobat sedang membutuhkan informasi tentang resep masakan. Disini sobat dapat mengakses beberapa situs rese-resep masakan terpercaya dengan mudah menggunakan jaringan internet.

Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Selain menggali informasi dengan mudah, kita juga dapat memanfaatkan internet untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Dengan internet, kesulitan dalam mengakses ilmu pengetahuan dapat teratasi dengan mdah. Hal ini didukung dengan adanya berbagai situs yang menyajikan beragam ilmu pengetahuan secara langsung dapat menambah wawasan bagi para pengguna internet.

Komunikasi yang Cepat

Dengan internet kita dapat berkomunikasi dengan orang lain, bahkan jika orang tersebut berada disuatu tempat yang jauh. Bukan hanya terasa mudah, biaya yang dikeluarkan saat proses komunikasi juga terbilang sangat murah.

Kemudahan dalam Pemasaran Bisnis

Bukan hanya itu saja, jika sobat merupakan salah satu pelaku bisnis akan terasa lebih mudah dalam memasarkan produk. Tentunya pemasaran internet marketing akan lebih mudah dibandingkan pemasaran konvensional. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari pemasaran internet marketing:

  • Membangun brand lebih cepat
  • Dapat menjangkau lebih banyak orang
  • Dapat membidik target market tertentu
  • Biaya pemasaran cenderung lebih murah
  • Dan lain sebagainya

Sarana Hiburan

Internet juga bermanfaat bagi sobat yang sedang jenuh dan mebutuhkan hiburan. Tentunya bagi generasi milenial, dapat dikatakan bahwa internet merupakan wahana bermain mereka. Untuk mengisi waktu luang saat libur bekerja kita dapat mengakses beberapa situs hiburan seperti Facebook, YouTube, Instagram, Twitter, dan masih banyak lagi. Konten yang tersedia dalam situs tersebut digadang mampu memberi hiburan tersendiri bagi masyarakat luas.

Dampak Positif dan Negatif Internet

Selain manfaatnya yang begitu banyak untuk masyarakat luas, intenet juga memiliki dampak positif dan dampat negatif bagi penggunanya. Untuk itu kita harus bijak dalam menyikapi baik buruknya dampak yang ditimbulkan. Langsung saja berikut ini adalah dampak positif dan negatif internet secara umum:

Dampak Positif

  • Memudahkan dan mempercepat arus informasi dan data
  • Mempererat relasi dan juga pertemanan melalui media sosial
  • Membantu menggerakkan roda bisnis dan juga ekonomi melalui e-commerce
  • Memudahkan proses pekerjaan manusia
  • Kemudahan mendapat hiburan dan pengisi waktu luang

Dampak Negatif

  • Penggunaan waktu yang tidak produktif
  • Munculnya informasi dan berita bohong (hoax)
  • Terdapat konten yang tidak pantas dan berbahaya bagi anak di bawah umur
  • Meningkatnya isu-isu SARA yang memicu perpecahan masyarakat
  • Maraknya aksi cyber bullying

Internet Pada Saat Ini

Internet dijaga oleh perjanjian bilateral atau multilateral dan spesifikasi teknikal (protokol yang menerangkan tentang perpindahan data antara rangkaian). Protokol-protokol ini dibentuk berdasarkan perbincangan Internet Engineering Task Force (IETF), yang terbuka kepada umum. Badan ini mengeluarkan dokumen yang dikenali sebagai RFC (Request for Comments). Sebagian dari RFC dijadikan Standar Internet (Internet Standard), oleh Badan Arsitektur Internet (Internet Architecture Board – IAB). Protokol-protokol Internet yang sering digunakan adalah seperti, IP, TCP, UDP, DNS, PPP, SLIP, ICMP, POP3, IMAP, SMTP, HTTP, HTTPS, SSH, Telnet, FTP, LDAP, dan SSL.

Beberapa layanan populer di Internet yang menggunakan protokol di atas, ialah email/surat elektronik, Usenet, Newsgroup, berbagi berkas (File Sharing), WWW (World Wide Web), Gopher, akses sesi (Session Access), WAIS, finger, IRC, MUD, dan MUSH. Di antara semua ini, email/surat elektronik dan World Wide Web lebih kerap digunakan, dan lebih banyak servis yang dibangun berdasarkannya, seperti milis (Mailing List) dan Weblog. Internet memungkinkan adanya servis terkini (Real-time service), seperti web radio, dan webcast, yang dapat diakses di seluruh dunia. Selain itu melalui Internet dimungkinkan untuk berkomunikasi secara langsung antara dua pengguna atau lebih melalui program pengirim pesan instan seperti Camfrog, Pidgin (Gaim), Trilian, Kopete, Yahoo! Messenger, MSN Messenger Windows Live Messenger, Twitter,Facebook dan lain sebagainya.

Beberapa servis Internet populer yang berdasarkan sistem tertutup (Proprietary System), adalah seperti IRC, ICQ, AIM, CDDB, dan Gnutella.

Perbedaan Internet dan Intranet

Selain internet, kami rasa sobat juga pernah mendengar nama intranet. Mungkin sebagai dari sobat belum paham mengenai perbedaan internet dan intranet. Nah kali ini kami juga akan mengulas beberapa perbedaan dari kedua hal tersebut secara singkat. Berikut ini adalah beberapa perbedaan internet dan intranet yang wajib sobat ketahui:

Internet

  • Internet dapat mencakup jaringan yang sangat luas
  • Internet memiliki jaringan yang kuat
  • Perkembangan yang sangat pesat
  • Internet dapat di akses kapan pun dan dimana pun

Intranet

  • Hanya mencakup wilayah lokal (mencakup jaringan yang kecil dan sempit)
  • Perkembangannya lambat
  • Biasa digunakan di perkantoran, sekolah, universitas, rumah sakit, dan lain-lain

Demikianlah materi penjelasan tentang pengertian internet yang meliputi sejarah, fasilitas-fasilitas, fungsi, manfaat, dampak positif dan negatif internet dalam kehidupan sehari-hari. Serta pembahasan mengenai perbedaan internet dan intranet secara singkat.