Pengertian Kebugaran Jasmani, Konsep, Fungsi, Unsur, Komponen dan Manfaatnya


Pengertian Kebugaran Jasmani Definisi Konsep Fungsi Unsur Komponen dan Manfaat

Pengertian Kebugaran Jasmani, Konsep, Fungsi, Unsur, Komponen dan Manfaatnya. Materi penjelasan kebugaran jasmani adalah yang meliputi pengertian, manfaat, fungsi, konsep dan unsur atau komponen kebugaran jasmani dalam kehidupan. Kebugaran jasmani sangat penting bagi setiap manusia yang menginginkan hidup yang sehat dan tidak mudah terserang oleh penyakit.

Kita harus memperhatikan kesehatan tubuh, terutama bagi sobat yang sering melakukan aktivitas atau kegiatan yang sangat banya setiap harinya. Jika kebugaran jasmani kita terjaga maka hidup kita akan lebih semangat dan tidak mudah merasa letih. Pada artikel sebelumnya juga telah kami bahas tentang materi pelajaran pengertian simple present tense dan juga macam-macam norma dalam kehidupan masyarakat.

Mengingat kita sebagai manusia sering sekali melupakan salah satu nikmat hidup yang diberikan Allah Subhanahu wata’ala, tentunya sangat bermanfaat bagi kita, yah nikmat tersebut adalah nikmat sehat. Pasalnya kesehatan sendiri memang menjadi salah satu hal yang tidak bisa dinilai dengan harga. Bahkan seseorang yang memiliki tubuh yang sehat dapat melakukan semua hal yang ia inginkan.

Salah satu cara yang dapat sobat lakukan agar bisa selalu sehat adalah dengan menjaga kebugaran jasmani. Kebugaran jasmani akan kita dapakan dengan melakukan olahraga dan aktivitas, baik itu dilakukan di tempat olahraga/pusat olahraga maupun di rumah. Jika kekuatan fisik kita sudah bugar, maka secara otomatis ketahanan tubuh kita juga akan baik dan tidak mudah terserang oleh berbagai macam penyakit.

PELAJARI JUGA: SEJARAH KERAJAAN BALI DAN JUGA PENGERTIAN SURAT

Mungkin diantara sobat sudah melakukan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk kebugaran jasmani. Namun apakah sobat sudah ahu apa itu kebugaran jasmani? Jika memang belum tau maka sangat pas sekali, karena hari ini tim redaksi RUMUSPELAJARAN.COM akan mencoba membuat penjelasan dan pembahasan materi kebugaran jasmani.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Lantas apakah yang dimaksud dengan kebugaran jasmani? Kebugaran jasmani adalah kesanggupan tubuh untuk melakukan aktivitas tanpa mengalami kelelahan atau keletihan yang berarti kita masih mempunyai cadangan tenaga guna untuk melakukan kegiatan-kegiatan lainnya.

Klasifikasi kebugaran jasmani

Secara umum, kebugaran jasmani atau kesegaran jasmani dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah klasifikasi kebugaran jasmani menurut organisasi kesehatan di seluruh dunia:

  • Sehat: Yang dimaksud dengan sehat adalah tubuh yang bebas dari segala penyakit, baik itu penyakit fisik maupun mental.
  • Bugar: Sedangan bugar dapat dimaknai dengan kapasitas dari seseorang agar bisa menjalani berbagai macam aktivitas sehari-hari secara maksimal tanpa harus kehilangan tenaga serta merasa kelelahan yang berlebihan.

Kebugaran Jasmani Menurut Para Ahli

Selain pengertian dan definisi kebugaran jasmani secara umum, beberapa ahli juga berpendapat mengenai kebugaran jasmani. Para ahli mengutarakan pendapatnya tentang arti kebugaran jasmani dengan versinya masing-masing.

Berikut ini adalah rangkuman pengertian kebugaran jasmani menurut beberapa ahli:

Mochamad Sajoto dan Judith Rink

Mochamad Sajoto dan Judith Rink mengartikan kebugaran jasmani adalah kemampuan seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari tanpa mengalami kelelahan berlebihan dengan pengeluaran energi yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan geraknya dan menikmati waktu luang untuk memenuhi keperluan darurat.

Soedjatmo Soemowardoyo

Selanjutnya pengertian kebugaran jasmani menurut Soedjatmo Soemowardoyo adalah kemampuan tubuh untuk menyesuaikan fungsi alat tubuhnya dalam batas fisologi terhadap lingkungan (ketinggian, kelembapan suhu, dan sebagainya) dan kerja fisik dengan yang cukup efisien tanpa rasa kelelahan secara berlebihan.

Sutarman

Kemudian menurut Prof. Sutarman, pengertian kebugaran jasmani adalah aspek fisik serta kebugaran bisa memberikan kekuatan untuk seseorang bahkan juga rasa sanggup dalam menjalani hidup dengan produktif. Selain itu, seseorang juga bisa dengan mudah dapat menyesuaikan diri pada berbagai macam keadaan fisik.

Muhajir

Pengertian kebugaran jasmani menurut Muhajir adalah kesanggupan tubuh dalam beradaptasi dengan berbagai kegiatan yang dilakukan tanpa rasa lelah yang berarti.

Sadoso Sumosardjono

Kebugaran jasmani menurut Sadoso Sumosardjono adalah kemampuan seseorang untuk menunaikan tugas sehari-hari dengan mudah tanpa lelah yang berlebihan, serta masih mempunyai cadangan tenaga untuk menikmati waktu luang dan demi keperluan mendadak.

Agus Muklholid, M.Pd

Menurut Agus Muklolid, M.Pd, pengertian kebugaran jasmani adalah suatu kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan atau kerja, mempertinggi daya kerja, tanpa mengalami kelelahan yang berlebihan.

Rusli Lutan

Rusli Lutan berpendapat bahwa kebugaran jasmani adalah merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan berbagai macam aktivitas fisik yang membutuhkan serta daya tahan kuat, fleksibilitas, dan kekuatan.

Djoko Pekik Irianto

Menurut Djoko Pekik, Kebugaran jasmani bisa diartikan sebagai sebuah kemampuan fisik seseorang untuk dapat melakukan pekerjaan sehari-hari secara efisien tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan, sehingga masih mampu menyimpan tenaga agar dapat menikmati waktu luangnya.

Konsep Kebugaran Jasmani

Perlu sobat ketahui bahwa kebugaran Jasmani itu tidak hanya menggambarkan kesehatan semata. Melainkan juga merupakan cara mengukur individu melakukan kegiatannya sehari-hari.

Berikut ini adalah tiga hal penting dalam kebugaran jasmani yang wajib sobat ketahui:

  • Fisik: Hal ini berkaitan dengan otot, tulang, dan bagian lemak.
  • Fungsi Organ: Kemudian fungsi oragan berkaitan dengan efisiensi sistem jantung, pembuluh darah, dan paru-paru (pernafasan)
  • Respon Otot: Sedangkan konsep yang ketiga ini berkaitan dengan kecepatan, kelenturan, kelemahan, dan kekuatan.

Setiap orang memiliki kebutuhan kebugaran jasmani atau kesegaran jasmani yang berbeda-beda, tergantung sifat tantangan fisik yang ia hadapi.

Unsur-unsur dan Komponen Kebugaran Jasmani

Selain konsep, kebugaran jasmani juga mempunyai 10 unsur komponen penyusun kebugaran jasmani. Kesepuluh komponen-komponen kebugaran jasmani tersebut adalah Daya tahan (Endurance), Daya Otot (Muscular Power), Daya lentur (Flexibility), Kekuatan (Streght), Ketepatan (Accuracy), Keseimbangan (Balance), Kecepatan (Speed), Kelincahan (Agility), Reaksi (Reaction) dan Koordinasi (Coordination). Berikut ini adalah penjelasannya:

Daya Tahan (Endurance)

Unsur daya tahan adalah kemampuan seseorang dalam memakai organ tubuhnya seperti jantung dan paru-paru secara efektif dan efisien dalam melakukan aktivitasnya. Kemampuannya Daya tahan tubuh sendiri dapat dilatih dan ditingkatkan.

Berikut ini adalah beberapa contoh latihan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh:

  • Berjalan sehat secara rutin
  • Berlari kecil secara teratur
  • Senam kesehatan seminggu sekali
  • Berenang untuk melatih kekuatan paru-paru

Daya Otot (Muscular Power)

Unsur daya otot disebut juga daya ledak otot (explosive power) yang merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan kekuatan maksimum yang dikerahkan dalam waktu yang cepat. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh seorang atlit angkat besi yang memikul beban dalam waktu tertentu.

Sedangkan latihan yang dapat meningkatkan kemampuan daya otot adalh sebagai berikut:

  • Front jump, untuk melatih kemampuan otot betis dan tungkai.
  • Side jump, melatih daya ledak otot tungkai dan paha.
  • Vertical jump, untuk melatih daya ledak otot tungkai.

Daya Lentur (Flexibility)

Pengertian daya lentur adalah kesanggupan tubuh manusia dalam menyesuaikan diri dengan berbagai gerakan atau aktivitas yang mengandalkan kelenturan tubuh. Beberapa olahraga yang mengandalkan kelenturan tubuh adalah senam, renang, yoga, balet, dan olah raga lainnya.

Daya lentur tubuh dabat diasah dengan melakukan beberapa latihan yang dapat melenturkan otot adalah sebagai berikut:

  • Hip Flexor/ Quad Stretch (untuk melenturkan otot pinggul, quads, dan hamstrings)
  • Bridge with Leg Reach (untuk melenturkan otot dada, perut, pinggul, glutes, dan kaki)
  • Seated Trunk Twist (untuk melenturkan otot punggung, perut, dan oblique)
  • Foldover Stretch (untuk melenturkan otot leher, punggung, glutes, hamstring, dan betis)
  • Butterfly Stretch (untuk melenturkan otot leher, punggung, glutes, hamstrings, paha)
  • Lower Back dan glutes (untuk melenturkan otot punggung atas, bawah, dan glutes)
  • Swan Stretch (untuk melenturkan otot bahu, punggung, dada, abs, oblique, hip flexor)
  • Reclining Pigeon (untuk melenturkan otot punggung bawah, pinggul, glutes, dan hamstrings)
  • Quadriceps (untuk melenturkan otot depan dan samping paha)
  • Standing Thigh Release (untuk melenturkan otot punggung, perut, pinggul, glutes, dan quads)

Kekuatan (Strength)

Kekuatan merupakan kemampuan otot dalam tubuh untuk melakukan aktivitas ataupun menerima beban sewaktu bekerja. Setiap orang mempunyai batas kemampuannya masing-masing untuk melakukan aktivitas dengan ototnya.

Kekuatan dapat dilatih dengan beberapa latihan untuk meningkatkan kekuatan tubuh dengan cara berikut ini:

  • Latihan squat jump, melatih kekuatan otot tungkai dan perut.
  • Latihan push up, melatih kekuatan otot lengan.
  • Latihan sit up, melatih kekuatan otot perut.
  • Latihan angkat beban, melatih kekuatan otot lengan
  • Latihan baak up, melatih kekuatan otot perut

Ketepatan (Accuracy)

Ketepatan atau Accuracy merupakan kemampuan tubuh dalam mengendalikan gerakan dan membidik target dengan tepat. Olah raga yang menuntut akurasi adalah memanah, bowling, golf, bola basket, dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk meningkatkan ketepatan dapat kita latih dengan latihan melempar bola pada keranjang atau sasaran lainnya yang memang membutuhkan akuasi yang tepat.

Kecepatan (Speed)

Pengertian Kecepatan adalah kemampuan otot tubuh dalam melakukan suatu gerakan dalam waktu yang singkat. Secara umum beberapa olahraga yang menuntut kecepatan adalah antara lain balap lari, balap sepeda, lomba berenang, dll.

Sedangkan Bentuk latihan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan adalah berlari 50-200 meter.

Keseimbangan (Balance)

Definisi Keseimbangan adalah kemampuan untuk mengendalikan organ dan syaraf otot sehingga bisa mengendalikan gerakan tubuh dengan baik. Olahraga yang mengandalkan keseimbangan adalah senam dan loncat indah.

Keseimbangan dapat dilatih dengan beberapa aktivitas seperti:

  • Berdiri dengan satu kaki
  • Berdiri terbalik dengan menggunakan tangan
  • Berjalan di atas tali, balok, atau batang bambu

Kelincahan (Agility)

Yang dimaksud dengan Kelincahan adalah kesanggupan otot tubuh melakukan gerakan cepat pada posisi yang berbeda-beda, misalnya gerakan berpindah dari kiri ke kanan, dari depan ke belakang. Kelincahan dibutuhkan dalam beberapa jenis olah raga, misalnya adalah sepak bola, tenis lapangan, bulu tangkis dan masih banyak lagi.

Beberapa latihan yang dapat meningkatkan agility adalah sebagai berikut:

  • Latihan berlari zig-zag
  • Latihan lari cepat naik-turun tangga
  • Latihan melompat dengan cepat

Reaksi (Reaction)

Pengertian Reaksi adalah sebuah kemampuan seseorang dalam menanggapi rangsangan atau stimulus yang diberikan orang lain.

Sedangkan latihan yang dapa meningkatkan unsur reaksi adalah lempar tangkap bola.

Koordinasi (Coordination)

Definisi koordinasi adalah kemampuan tubuh manusia dalam menyatukan gerakan tubuh berbeda ke dalam satu gerakan yang efektif. Salah satu contoh koordinasi adalah gerakan mengontrol bola (juggling) dimana terjadi koordinasi antara gerakan kepala, bahu, kaki, dan anggota tubuh lainnya.

Koordinasi sangat membutuhkan kemampuan gerak insting yang kuat dan juga konsentrasi yang tinggi.

Fungsi Kebugaran Jasmani

Secara umum ungsi kebugaran jasmani berguna untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tubuh dan pikiran. Hal itu karena mengacu pada pada pengertian kebugaran jasmani di atas.
Sedangkan fungsi kebugaran jasmani secara khusus dapat dikelompokkan menjadi tiga golongan, yaitu:

Fungsi Kebugaran Jasmani Berdasarkan Usia

Fungsi kebugaran jasmani yang pertama akan kita bahas adalah fungsi kebugaran jasmani berdasarkan usia. Dimana setiap anak-anak, orang dewasa, dan lanjut usia, masing-masing memerlukan kesegaran jasmani yang optimal. Sebagai contoh pada anak dalam masa pertumbuhan, dengan kebugaran jasmani yang optimal maka proses pertumbuhan dan perkembangan anak akan menjadi lebih baik.

Selain itu, kebugaran jasmani juga sangat diperlukan oleh lansia. Pasalnya denhan kebugaran jasmani ia dapat menjaga daya tahan tubuh sehingga dapat melakukan berbagai kegiatan dengan baik.

Fungsi Kebugaran Jasmani Berdasarkan Aktivitas

Yang kedua adalah kebugaran atau kesegaran jasmani yang sangat diperlukan oleh semua manusia, baik itu para pelajar, atlit, dan para pekerja. Dengan kebugaran jasmani yang optimal maka manusia dapat berprestasi di bidang profesi yang mereka geluti.

Fungsi Kebugaran Jasmani Berdasarkan Keadaan

Dan yang terakhir adalah fungsi kesegaran jasmani berdasarkan keadaan. Dimana para penyandang cacat atau disabilitas juga membutuhkan kesegaran jasmani layaknya manusia normal.

Selain itu, ibu hamil juga dituntut untuk memiliki kebugaran tubuh yang optimal, apalagi bagi ibu yang sedang menyusui. Pasalnya ia membutuhkan banyak tenaga dalam proses persalinan maupun mengurus anak.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Pembahasan materi kebugaran jasmani yang terakhir adalah mengenai manfaat kebugaran jasmani. Dimana diatas telah sama-sama kita ulas pengertian, konsep, fungsi, unsur/komponen kebugaran jasmani.

Kebugaran jasmani atau kesegaran jasmani sangat kaya akan manfaat bagi kehidupan sehari-hari. Lantas apa saja manfaat-manfaat kebugaran jasmani untuk tubuh manusia?

Dan berikut ini merupakan beberapa manfaat kesegaran jasmani bagi manusia yang telah kami rangkum:

  • Memperbaiki sistem sirkulasi darah dan sistem kerja jantung
  • Memperbaiki tingkat respon tubuh terhadap lingkungan sekitarnya
  • Mencegah potensi terjadinya obesitas karena pembakaran kalori
  • Mencegah atau mengurangi potensi serangan jantung
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Membantu mengurangi stress dan depresi
  • Meningkatkan kekuatan otot, tulang dan persendian serta mencegah terjadinya osteoporosis (tulang keropos)
  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh
  • Memperbaiki penampilan tubuh menjadi terlihat lebih proporsional/ atletis
  • Meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh sehingga tubuh lebih berenergi

Demikianlah pembahasan materi kebugaran jasmani yang meliputi pengertian kebugaran jasmani baik secara umum maupun menurt ahli, konsep, fungsi, unsur/komponen dan manfaat kebugaran jasmani untuk manusia. Jangan lupa pelajari juga materi pengertian internet lengkap dengan sejarah, fasilitas, fungsi, manfaat, perbedaan internet dan intranet.