Pengertian Lensa Cembung, Rumus, Sifat, Jenis dan Sinar Istimewa

Rumus Lensa Cembung Sifat Manfaat Jenis Sinar Istimewa

Pengertian Lensa Cembung, Rumus, Sifat, Jenis, Ruang, Bayangan, Manfaat dan Sinar Istimewa. Penjelasan materi seputar lensa cembung meliputi pengertian, rumus, manfaat, jenis, sifat bayangan lensa cembung dan sinar-sinar istimewanya. Lensa atau yang disebut kanta merupakan sebuah alat untuk mengumpulkan atau menyebarkan cahaya dibentuk dari sepotong gelas yang dibentuk. Biasanya alat sejenis digunakan dengan jenis lain dari radiasi elektromagnetik juga disebut lensa. Pada pembahasan kali ini lensa yang akan kita bahas adalah lensa jenis cembung, sobat rumuspelajaran.com bisa menyiapkan buku catatan supaya tidak ketinggalan materi penting pada bab kali ini.

Lensa mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan lensa terbagi mejadi beberapa macam diantaranya lensa cembung, cekung, meniskus, tipis, asperis, aksikon, Fresnel, fotokromik, silindris, komposit, doublet, barlow, cooke triplet, dialyt dan mungkin masih banyak lagi. Menurut sejarah lensa paling awal tercatat di Yunani Kuno, dengan sandiwara Aristophanes The Clouds (424 SM) menyebutkan sebuah gelas-pembakar (sebuah lensa cembung digunakan untuk memfokuskan cahaya matahari untuk menciptakan api).

Pada lensa cembung ini sinar yang merambat melalui kedua antarmuka akan dibiaskan (terfokus) menuju ke satu titik pada sumbu optis lensa yang disebut jarak fokus . Lensa cembung dalam bahasa Inggris juga disebut positive lens atau converging lens. Lensa cembung membentuk focal point pada sisi berlawanan dengan persamaan lens maker.

Rumus Lensa

Ket:

  • S2adalah jarak citra dan sesuai konvensi, bernilai negatif pada sisi yang sama dengan subyek[1]
  • f adalah ‘rentang vokal, bernilai negatif untuk lensa cekung

Kemudian untuk persamaan magnifikasi lensa adalah:

Persamaan Magnifikasi Lensa

Lensa cembung bersifat konvergen dan nilai fokusnya positif.

Nah, lensa cembung yang akan sobat pelajari ini dibedakan menjadi 3 jenis yakni lensa dobel cembung/cembung ganda (bikonveks), lensa cembung-datar (plan-konveks), dan lensa cembung cekung (konveks-konkaf). Untuk penjelasanya bisa sobat baca dibawah ini.

  1. Lensa Bikonveks merupakan lensa yang berbentuk cembung pada kedua permukaannya.
  2. Lensa Plan-konveks adalah lensa cembung yang dibatasi oleh satu bidang datar dan satu bidang cembung.
  3. Lensa Konveks-Konkaf merupakan lensa yang dibatasi oleh satu bidang cembung dan satu bidang cekung.

Baiklah, sekarang akan kita bahas satu per satu arti lensa cembung lengkap dengan pengertian, jenis, rumus, ruang, bayangan, manfaat dan sinar-sinar istimewanya.

Pengertian Lensa Cembung

Lensa cembung merupakan sebuah lensa yang bagian tengahnya memiliki ketebalan lebih daripada bagian tepinya. Lensa cembung biasanya mempuyai bentuk lingkaran dan terbuat dari kaca atau plastik sehingga lensa mempunyai indeks bias yang lebih besar ketimbang indeks biar udara.

Dalam pelajaran yang membahas mengenai lensa ini biasanya diterangkan mengenai sifat lensa cekung, bayangan, fungsi dan gelombang cahayanya. Materi yang kita bahas ini bisa dibilang mempunyai manfaat yang banyak bagi kehidupan manusia pada umumnya. Sebagai contoh kita bisa merasakan manfaatnya pada kacamata, kamera, teropong, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya. Nah, selanjutnya akan kita bahas mengenai rumus, sifat, jenis dan manfaatnya di bawah ini.

Rumus Lensa Cembung

Berikut ini merupakan rumus yang bisa sobat gunakan untuk mencari fokus lensa cembung:

Rumus Lensa Cembung

Keterangan:

u adalah indeks bias udara atau air
R1 dan R2 adalah kelengkungan dari lensa cembung

Sedangkan untuk mencari mencari jarak bayangan pada lensa cembung rumusnya adalah:

1/f = 1/s +1/s’

Keterangan:

f = fokus lensa cembung
s = jarak benda
s’ = jarak bayangan

Sifat bayangan yang dibentuk oleh lensa cembung bersifat nyata, terbalik, dan diperbesar.

Sifat Lensa Cembung

Selanjutnya yang akan kita bahas tentang sifat-sifat dari lensa cembung, maksud dari sifat ini adalah sifat bayanganya. nah, sebelum membahasnya mari kita simak terlebih dahulu gambarnya dibawah ini:

Sifat Lensa Cembung

Keterangan dari gambar diatas dapat kita simpulkan mengenai sifat – sifat dari lensa cembung berikut dibawah ini:

  1. Pada lensa cembung, sinar dapat datang dari dua arah sekaligus sehingga lensa cembung memiliki 2 titik fokus. Lensa cembung bagian depan ialah tempat datangnya sinar dan lensa cembung bagian belakang ialah tempat sinarnya itu dibiaskan.
  2. Apabila 3 sinar datang sejajar dan diarahkan ke lensa cembung, maka berkas sinar tersebut akan dibiaskan oleh lensa dan berpotongan atau menuju kepada sebuah titik. Titik fokus yang berada pada bagian depan lensa cembung tersebut disebut dengan titik fokus maya atau fokus pasif (F2) dan titik fokus pada bagian belakang lensa cembung tersebut disebut dengan titik fokus sejati atau fokus aktif (F1).
  3. Lensa cembung bersifat konvergen (mengumpulkan). Karena sinar yang datang melewati lensa cembung selalu dibiaskan menuju ke satu titik atau mengumpulkan cahaya maka lensa cembung disebut dengan lensa konvergen (mengumpulkan).
  4. Jarak fokus lensa cembung selalu positif karena tempat berpotongan atau tujuan sinar bias selalu terletak di bagian belakang lensa cembung tersebut sehingga fokus lensa cembung adalah fokus sejati.
  5. Besar pembiasan cahaya pada lensa cembung tersebut dipengaruhi oleh indeks bias bahan lensa dan lengkung permukaan lensa. Sedangkan indeks bias sendiri tergantung pada cepat rambat cahaya dalam lensa tersebut.
  6. Lensa cembung yang tebal akan menghasilkan bias cahaya ysng lebih besar dari pada lensa cembung yang tipis. Selain itu, lensa cembung yang tebal juga akan menghasilkan panjang fokus lensa yang lebih pendek daripada lensa cembung yang tipis tersebut.

Pelajari Juga: Pengertian Atmosfer, Lapisan, Sifat, Fungsi, Unsur, Manfaat dan Komposisi

Jenis Lensa Cembung

Sebelum sobat mengetahui jenis lensa cembung mari kita simak gambar-gambar lensanya dibawah ini”

Jenis Lensa Cembung

Di atas adalah jenis lensa Cembung ganda, Cembung datar dan Maniskus cembung dan macam bentuk lensa cembung diantaranya:

  1. Bikonveks atau cembung-cembung.
  2. Plankonveks atau cembung-datar.
  3. Konkaf-konveks atau cembung-cekung.

Ciri Lensa Cembung

Ciri Lensa Cembung

Setelah sobat melilhat gambar diatas dapat kita beri keterangan bahwa lensa cembung mempunyai ciri: bagian tepinya tipis, sedangkan bagian tengahnya tebal.

Manfaat Lensa Cembung

Inilah beberapa manfaat yang bisa ketahui dari lensa cembung bagi kehidupan sehari-hari kita, simak dan catat dengan rapi ya.

  1. Orang yang rabun jauh / miopi, tidak bisa membaca dalam jarak baca normal yaitu 25 cm, agar bisa membaca dalam jarak 25 cm dibantu dengan kacamata lensa cembung
  2. Penggunaan teropong oleh para astronom dari dua lensa cembung untuk mengamati benda langit, agar terlihat lebih jelas dan dekat
  3. Para ahli biologi, pekerja laboratorium menggunakan mikroskop untuk mengamati bakteri
  4. Sebagai lup atau kaca pembesar, misalnya tukang jam yang mengamati komponen jam yang ukurannya kecil
  5. Sebagai periskop
  6. Slide proyektor
  7. Episkop
  8. Proyektor bioskop

Sinar Istimewa

Simak gambar sinar istimewa yang dikeluarkan lensa cembung di bawah ini:

Sinar Istimewa Lensa Cembung

Keterangan:

  • Sinar datang sejajar sumbu utama akan dibiaskan melalui titik fokus (F1) di belakang lensa.
  • Sinar datang menuju titik fokus di depan lensa (F2) akan dibiaskan sejajar sumbu utama.
  • Sinar yang datang melewati pusat optik lensa (O) diteruskan, tidak dibiaskan.

Pelajari juga: Pengertian Daya, Rumus, Satuan, Dimensi, Lambang, Efisiensi dan Contoh Soalnya

Demikianlah ulasan singkat materi lensa cembung meliputi pengertian lensa cembung, rumus, sifat bayangan lensa cembung, manfaat dan sinar-sinar istimewanya, semoga bermanfaat.