Pengertian Lensa, Sejarah, Rumus, Jenis dan Pembiasan Cahaya


Materi Lensa Sejarah Rumus Jenis Pembiasan Cahaya

Pengertian Lensa, Sejarah, Rumus, Jenis dan Pembiasan Cahaya. Materi tentang Lensa lengkap dengan penjelasan lensa sederhana, lensa asperis, lensa fresnel dan lensa komposit. Lalu di laman rumuspelajaran.com akan membahas juga mengenai rumus lensa lengkap dengan pembahasan lainya seperti jenis-jenis lensa dan juga arti pembiasan cahaya. Kemudian apa yang dimaksud dengan lensa cembung? Pembahasan mengenai lensa cembung sudah kita bahas pada artikel sebelumnya dan bisa dipelajari ya.

Pelajaran fisika yang membahas mengenai lensa ini memang wajib dipelajari yang di dalamnya ada pembahasan mengenai bagiang-bagian lensa, rumus dan juga beberapa jenis lensa. Kita ulas sedikit mengenai lensa cembung ya, lensa ini juga disebut dengan lensa positif yang terbagi menjadi tiga macam yaitu lensa cembung ganda, lensa cembung datar dan lensa cembung cekung. Untuk penjelasanya bisa sobat buka di artikel lensa cembung ya.

Dalam lensa mungkin sobat pernah mendengar arti sinar instimewa yang artinya sebuah proses dalam pembentukan cahaya pada lensa cekung dapat terjadi karena pada setiap lensa cembung terdapat 2 titik fokus, yaitu di sebelah kiri serta kanan lensa, namun jarak kedua titik fokus lensa sama. Kemudian arti 3 sinar istimewa pada lensa cembung diantaranya:

  1. Sinar akan datang sejajar sumbu utama lensa dibiaskan melalui titik fokus aktif F1.
  2. Sinar akan datang melalui titik fokus pasif F2 dibiaskan sejajar sumbu utama.
  3. Sinar akan datang melalui titik pusat optik O diteruskan tanpa pembiasan.

Sobat pelajar rumuspelajara.con juga harus mengentahui nama lain lensa cekung, arti lensa plano anti radiasi, sifat-sifat dari cermin cembung dan juga pengertian bikonkaf. Pada kesempatan ini sobat pelajar boleh juga untuk menambah ilmu pengetahuan dengan membaca materi yang penting juga seperti definisi listrik dinamis lengkap dengan penjelasan rangkaian, besaran, rumus dan contoh soal listrik dinamis serta penjelasan apa itu listrik statis meliputi proses, rumus, konsep dan beberapa contohnya.

Baiklah sekarang langsung kita bahas langsung definis lensa, lengkap dengan rumus, sejarah, jenis-jenis lensa dan juga pembiasanya.

Pengertian Lensa

Lensa merupakan sebuah alat untuk mengumpulkan atau menyebarkan cahaya, biasanya dibentuk dari sepotong gelas yang dibentuk. Lensa juga bisa diartikan benda bening yang dibatasi oleh 2 buah bidang lengkung. Kemudian dua bidang lengkung ini yang membatasi lensa berbentuk silindris maupun bola.

Lensa silindris bersifat memusatkan cahaya dari sumber titik yang jauh pada suatu garis, sedangkan lensa yang berbentuk bola yang melengkung ke segala arah memusatkan cahaya dari sumber yang jauh pada suatu titik.

Sejarah Lensa

Ternyata lensa sudah dikenal orang sejak zaman dahulu dan pada abad pertengahan, orang-orang yunani dan ArabDalam sejarah adanya lensa tercatat di Yunani Kuno oleh sandiwara Aristophanes The Clouds menyebutkan sebuah gelas-pembakar (sebuah lensa cembung digunakan untuk memfokuskan cahaya matahari untuk menciptakan api).

Tulisan Pliny the Elder (23-79) juga menunjukan bahwa gelas-pembakar juga dikenal Kekaisaran Roma, dan disebut juga apa yang kemungkinan adalah sebuah penggunaan pertama dari lensa pembetul: Nero juga diketahui menonton gladiator melalui sebuah emerald berbentuk cekung (kemungkinan untuk memperbaiki myopia).

Seneca the Younger (3 SM – 65) menjelaskan efek pembesaran dari sebuah gelas bulat yang diisi oleh air. Matematikawan muslim berkebangsaan Arab Alhazen (Abu Ali al-Hasan Ibn Al-Haitham), (965-1038) menulis teori optikal pertama dan utama yang menjelaskan bahwa lensa di mata manusia membentuk sebuah gambar di retina. Penyebaran penggunaan lensa tidak terjadi sampai penemuan kacamata, mungkin di Italia pada 1280-an.

Rumus Lensa

Berikut ini adalah rumus lensa lengkap denga keteranya:

1/f = 1/So + 1/Si

M = Si / So

P = 1 / f

Ket:

So = jarak benda (m)
Si = jarak bayangan (m)
f = jarak fokus (m)
M = Perbesaran linier bayangan
P = Kuat lensa (dioptri)

Rumus-rumus di atas dipergunakan dengan perjanjian sebagai berikut:

  • Jarak fokus lensa bernilai diantaranya:
    a. Nilai positif untuk lensa cembung, karena lensa cembung bersifat mengumpulkan cahaya.
    b. Negatif untuk lensa cekung. karena lensa cekung bersifat menyebarkan cahaya.
  • Untuk benda dan juga bayangan nyata, nilai So, Si, ho dan hi bernilai positif.
  • Untuk benda dan juga bayangan maya, nilai So, Si, ho dan hi bernilai negatif.
  • Perbesaran bayangan maya dan tegak, nilai M positif
  • Perbesaran bayangan nyata dan terbalik, nilai M negatif.

Pelajari juga mengenai Pengertian Tenaga Nuklir, Sejarah, Jenis, Manfaat, Keuntungan dan Contohnya.

Jenis Lensa

Ada beberapa jenis lensa yang telah diciptakan dan dibuat, namun yang sering kita temui adalah jenis lensa sederhana, cembung dan cekung. Dan ternyata masih ada banyak sekali jenis-jenis lensa lainya yang perlu diketahui diataranya:

1.Lensa Sederhana

Lensa sederhana merupakan h sebuah lensa tunggal speris. Lensa sederhana dapat dibedakan berdasarkan kelengkungan kedua bidang antarmukanya. Sebuah lensa cembung mempunyai dua bidang antarmuka yang cembung, lensa dengan dua bidang cekung disebut lensa cekung.

Jika salah satu bidang antarmuka datar (mempunyai radius yang tak berhingga), maka lensa tersebut disebut lensa plano cembung atau lensa plano cekung. Lensa cembung cekung mempunyai satu bidang antarmuka cekung dan satu bidang antarmuka cembung, juga sering disebut lensa meniskus.

2. Lensa Cembung

Dalam bahasa Inggris juga disebut positive lens atau converging lens. Lensa cembung membentuk focal point pada sisi berlawanan dengan persamaan lens makerLensa cembung dalam bahasa Inggris juga disebut positive lens atau converging lens. Lensa cembung membentuk focal point pada sisi berlawanan dengan persamaan lens maker.

Pembiasan Cahaya

Definisi Pembiasan merupakan sebuah peristiwa pembelokan arah rambat cahaya yang terjadi ketika cahaya melewati bidang batas antara dua medium yang berbeda. Pembiasan ini terjadi ketika sinar datang membentuk sudut tertentu cahaya datang tidak tegak lurus terhadap bidang batas (sudut datang lebih kecil dari 90O) terhadap bidang batas.

Arti Cahaya merupakan sebuah gelombang elektromagnetik yang mampu merambat lurus ke segala arah dengan kecepatan 3 x 108 m/s dan mempunyai panjang gelombang sekitar 380–750 nm. Pada bidang fisika, foton merupakan paket cahay partikel .

Kesimpulanya Pembiasan cahaya adalah pembelokan cahaya ketika berkas cahaya melewati bidang batas dua medium yang berbeda indeks biasnya. Indeks bias mutlak suatu bahan ialah perbandingan kecepatan cahaya di ruang hampa dengan kecepatan cahaya di bahan tersebut. Indeks bias relatif merupakan perbandingan indeks bias dua medium berbeda.

Dalam soal pertanyaan sekolah contoh pembiasan cahaya ini sering muncul. Dan sobat pelajar biasanya akan membahas mengenai hukum pembiasan cahaya. Lalu apa yang dimaksud pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya pada prisma. Beberapa pertanyaan tentang cahaya adalah apakah yang dimaksud dengan indeks bias dan penyebab terjadinya pembiasan cahaya? hal ini bisa sobat temukan di laman rumuspelajaran.com.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Lensa, Sejarah, Rumus, Jenis dan Pembiasan Cahaya yang secara rinci diatas. Silahkan dipelajari dengan cermat dan bisa dicacat untuk dijadikan referensi utama. Baca juga materi mengenai arti Gerak Lurus Beraturan (GLB) meliputi jenis, ciri, rumus dan contohnya dan arti Gerak Melingkar Beraturan, rumus, ciri, jenis dan contohnya