Pengertian Listrik Statis, Rumus, Konsep, Proses, Manfaat dan Contoh

Materi Listrik Statis Rumus Konsep Proses Manfaat Contoh

Pengertian Listrik Statis, Rumus, Konsep, Proses, Manfaat dan Contoh. Penjelasan materi pelajaran fisika tentang listrik statis meliputi proses, rumus, konsep dan beberapa contohnya. Sobat pelajar kali ini berkesempatan untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang pelajaran fisika yang belum paham dengan rumus listrik statis bisa menemukan dengan mudah di laman rumuspelajaran.com. Pelajaran fisikan yang membahas mengenai listrik dasar maupun tingkatan yang lebih tinggi lagi diawali dari yang dasar dulu.

Disini kami juga akan memberikan contoh sederhana listrik statis yang mungkin sering ditemui di kejadian yang kita lakukan namun belum tahu ternyata itulah bentuk dari listrik statis itu sendiri. Sebelum melangkah ke rumus dan contohnya tentu sobat perlu mengetahui proses dan konsep listrik statis yang ada alurnya. Pada kesempatan sebelumnya rumuspelajaran.com telah membahas mengenai lensa cekung meliputi sifat manfaatnya dan definsi komputer secara umum maupun menurut para ahli.

Listrik statis sebenarnya sangat mudah ditemukan disekitar kita dan mudah sekali kita lakukan dengan tubuh kita. Tapi yang sering kita pahami bahwa listrik adalah yang bisa menyalakan lampu, menghidupkan tv maupun menyalakan benda listrik lainya. Tentu ada konsep dasar sebelum masuk ke listrik yang sebenarnya. Konsel listrik statis ini bisa dibilang ada sebuah muatan. Tentu bersyukur sekali sobat bisa menemukan materi yang membahas mengenani definisi listrik statis.

Dalam pelajaran sekolah pelajaran fisika kadang menjadi momok, tapi asal konsep dan sering melakukan percobaan dan juga mengerjakan soal pastinya akan mudah memahaminya. Lalu dalam artikel ini akan ada gambar rumus, contoh soal listrik statisnya. Baiklah untuk selanjutnya mari kita simak langsung saja apa itu listrik statis, bagaimana rumusnya dan apa saja konsep dan manfaatnya mari kita simak dibawah ini.

Pengertian Listrik Statis

Listrik statis merupakan ketidakseimbangan muatan listrik dalam atau pada permukaan benda. Muatan listrik tetap ada sampai benda kehilangannya dengan cara sebuah arus listrik melepaskan muatan listrik.
Listrik statis kontras dengan arus listrik, yang mengalir melalui kabel atau konduktor lainnya dan mentransmisikan listrik. Jadi bisa disimpulkan ketika muatan listrik statis dibuat setiap kali dua permukaan terhubung dan terpisah, dan setidaknya salah satu permukaan memiliki resistensi yang tinggi terhadap arus listrik (dan karena itu adalah isolator listrik).

Dampak dari listrik statis bagi kehidupan manusia adalah mampu dapat merasakan, mendengar, dan bahkan melihat percikan sebagai kelebihan muatan dinetralkan ketika dibawa dekat dengan konduktor listrik yang besar. Sebagai contoh kecil adalah saat listrik dialirkan ke tanah (grounding.

Rumus Listrik Statis

Berikut ini adalah rumus-rumus listrik statis dilengkapi dengan uraian penjelasan supaya mudah dimengerti.

Rumus Listrik Statis

Konsep Dasar Listrik Statis

Konsep Dasar Listrik Statis

Sebelum membahas mengenai konsep listrik statis ini, ada beberapa kejadian seperti kenapa potongan kertas kecil bisa berinteraksi dengan penggaris yang telah digosok-gosok dengan rambut pada kepala. Hal ini bisa dijelaskan dengan konsep dasar listrik statis (muatan listrik) ini.

Nah, konsep inilah yang akan kita bahas dan mengenai listrik tersebut tentu tidak akan lepas dari muatan listrik atau disebut dengan listrik statis (electrostatic) membahas muatan listrik yang ada dalam keadaan statis (diam).

Jadi, muatan listrik muncul karena adanya perpindahan elektron dari satu benda ke benda lain. Terdapat 2 muatan listrik yaitu muatan positif dan muatan negatif.

Dikatakan bermuatan positif apabila proton lebih banyak daripada jumlah elektron, dan begitupun sebaliknya. Sedangkan benda yang tidak memiliki muatan disebut netral.

Apabila suatu benda yang mempunyai muatan yang sejenis akan saling tolak-menolak ketika didekatkan satu sama lain, Namun sebaliknya benda yang mempunyai muatan yang berbeda akan saling tarik-menarik.

Interaksi yang terjadi antar muatan listrik bisa dijelaskan dengan Gaya Coulomb yang akan kita bahas penjelasan berikut ini.

Hukum Coulumb

Berikut ini penjelasan listrik statis, ternyata hal tersebut berkaitan dengan hukum coulomb, selanjutnya akan kita bahas mengenai hukum coulumb dibawah ini.

Menurut coulomb dua muatan yang berdekatan akan bekerja gaya Tarik menarik atau gaya tolak menolak. Gaya Tarik menarik jika terjadi muatan berlainan jenis begitu sebaliknya jika sejenis akan saling tolak menolak.

Hukum Coulomb Dua Muatan

Setelah melihat gambar diatas dapat disimpukan jika gaya ini di sebut dengan gaya coulomb yang besarnya bisa sebanding dengan kedua muatan dan disbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya. Untuk menjawab itu semua mari kita lihat juga rumusnya dibawah ini:

Hukum Coulumb

Keterangan

F = Gaya coulumg (N)
k = Konstanta = 9×109 Nm2 /C2
q2 = Besar Muatan 1 (C)
q2 = Besar muatan 2 (C)
r = Jarak antar muatan (m)

Medan Listrik

Medan listrik adalah daerah di sekitar benda yang bermuatan listrik yang masih mengalami gaya listrik atau dalam pengertian lainya yaitu suatu daerah dimana gaya listrik masih bekerja. Medan listrik merupakan efek yang timbul oleh muatan listrik dalam suatu benda.

Arah medan listrik dari sebuah benda bermuatan listrik bisa digambarkan dengan garis-garis gaya listrik. Sebuah muatan positif mempunyai garis gaya listrik menjauhi (keluar) dari muatan tersebut. Dan sebuah muatan negatif mempunyai garis gaya listrik mendekati (masuk) muatan negatif.

Fungsi Listrik Statis

Penjelasan mengenai berbagai fungsi listrik statis yang bisa sobat ketahui diantaranya dibawah ini:

1. Penangkap debu dan asap
2. Penyegar udara ruangan
3. Mesin foto kopi
4. Pengecatan mobil
5. Mendidik tentang
6. Listik dengan generator Van de Graff

Contoh Listrik Statis

Selanjutnya mari kita lihat apa saja contoh dari listrik statis dalam kehidupan sehari-hari. Bisa kita simak secara tidak sadar ternyata hal-hal yang kita lakukan ternyata berkaitan erat dengan listrik statis. Dibawah ini merupakan contoh Listrik Statis dalam kehidupan sehari-hari antara lain:

  1. Ketika sobat menyisir rambut sendiri, tanpa disadari terkadang rambut akan terbawa berdiri sendiri beriringan dengan gerakan sisir. Hal tersebut terjadi karena ada interaksi muatan antar sisir dengan rambut.
  2. Penggaris atau sisir yang digosok-gosok ke rambut atau tangan kering akan menarik potongan kertas kecil.
  3. Debu yang tertempel pada layar tv
    Kain sutra yang digosok-gosok dengan batang kaca. Akan terjadi reaksi tarik-menarik antara dua benda tersebut. Karena elektron dari batang kaca akan berpindah ke kain sutera sehingga batang kaca akan memiliki muatan positif dan batang kaca akan memiliki muatan negatif
  4. Menggosokan balon dengan tangan
    Penggaris plastik digosok dengan kain woll. Kedua benda tersebut memiliki muatan netral, tetapi saat dua benda tersebut digesekkan maka akan ada perpindahan elektron dari kain woll ke penggaris plastik.
  5. Sehingga penggaris plastik memiliki muatan negatif dan kain woll memiliki muatan positif.
  6. Saat sobat mendekatkan tangan ke layar TV yang baru saja dimatikan. Perhatikan bulu atau rambut yang ada di tangan sobat bisa langsung berdiri.

BACA JUGA: Pengertian Atmosfer, Lapisan, Sifat, Fungsi, Unsur, Manfaat dan Pengertian Daya, Rumus, Satuan, Dimensi, Lambang

Demikianlah pembahasan yang menjalaskan mengenai artikel listrik statis, semoga dengan adanya materi pembahasa mengenai listrik statis meliputi pengertian, rumus, konsep, fungsi, hukum coulumb dan contoh dalam penerapan sehari-hari listrik statis diatas bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita semua.