Pengertian Managemen Sumber Daya Manusia, Definisi, Fungsi, Tujuan Peran dan Contoh

Materi Managemen Sumber Daya Manusia Definisi Fungsi Tujuan Peran Contoh

Pengertian Managemen Sumber Daya Manusia, Definisi, Peran, Fungsi, Tujuan dan Contoh. Pada kesempatan kali ini rumuspelajaran.com akan berbati trik mengelola sumber daya manusia perusahaan lengkap dengan contoh dan fungsi managenem sumber daya manusia. Suatu organisasi, perusahaan, kelompok tanpa adanya managemen yang baik tidak akan bertahan lama sesuai dengan keinginan.

Penyusunan karyawan maupun pembentukan keanggotaan perlu adanya peranan yang baik dan efisien. Perlu adanya seni dan ilmu dalam memanagemen sebuah perusahaan ataupun organisasi. Managemen Sumber Daya Manusia atau biasa disingkat MSDM ini mempunyai peranan penting, namun bukan hal mudah dalam mengelolanya sebab perlu adanya pendekatan dan tahapan-tahapanya.

Managemen sumber daya manusia menurut para ahli juga akan di terangkan oleh rumuspelajaran.com pada kesempatan kali ini. Tujuan MSDM ini salah satunya agar keberlangsungan suatu perusahaan dan organisasi mampu berjalan lama dan mampu menghasilkan apa yang menjadi tujuan visi dan misi perusahaan maupun organisasi.

Pelajari juga definsi Badan Usaha lengkap dengan bentuk, jenis, ciri, fungsi, contohnya dan manfaat Devisa, fungsi, tujuan, macam, sumber dan contohnya.  MSDM ini dalam sebuah perusahaan ini intinya berfokus pada kegiatan rekruitmen sumber daya manusia supaya dalam pengelolaan dan pengarahan untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu upaya perusahaan dalam menerapkan Manajemen SDM adalah dengan menghadirkan divisi Human Resource (HR). Untuk itu mari kita ulas satu per satu mengenai apa itu peran ESDM, fungsi dan tujuanya dibawah ini.

Pengertian Managemen Sumber Daya Manusia

Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM ) merupakan salah satu fungsi dalam sebuah perusahaan atau organisasi yang fokus pada kegiatan rekrutmen, pengelolaan dan pengarahan untuk orang-orang yang bekerja dalam perusahaan tersebut.

Untuk mengeloa manajemen SDM ini merupakan Divisi HR yang dimana bagian ini akan menyediakan pengetahuan (tentang perusahaan), peralatan yang dibutuhkan, pelatihan, layanan administrasi, pembinaan, saran hukum, serta pengawasan dan manajemen talenta. Hal-hal yang dibutuhkan HR demi mencapai tujuan perusahaan memerlukan Manajemen Sumber Daya Manusia.

Tugas utama dari devisi MSDM ini merupakan untuk mengembangkan perusahaan dengan menerapkan seluruh nilai dan budaya perusahaan. Selain itu akan dibebani tanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki tim yang solid dan mengilhami pemberdayaan karyawan.

Pengertian SDM Menurut Para Ahli

Supaya dapat mengerti lebih dalam lagi mengenai Pengertian SDM ini maka kita dapat merujuk pada pengertian SDM yang dikemukakan oleh beberapa para ahli, sebagai berikut :

1. Sonny Sumarsono

Definisi SDM Menurut Sonny Sumarsono adalah sumber daya manusia ini suatu usaha kerja yang bermanfaat bagi keberlangsungan produksi. Sedangkan makna yang kedua, ialah sumber daya manusia ini merupakan kelompok manusia yang terdiri dari manusia yang mempunyai kemampuan dalam memberikan jasa.

2. M.T.E Hariandja

Arti SDM SDM Menurut M.T.E Hariandja adalah sebagai salah satu faktor penting sebuah perusahaan selain dari faktor modal.

Faktor sumber daya manusia ini dianggap teramat penting sebab memerlukan pengelolaan yang baik di dalam rangka peningkatan mutu suatu organisasi atau juga suatu perusahaan.

3. Mathis dan Jackson

Kemudian arti SDM menurut Mathis dan Jackson adalah suatu rancangan berbagai sistem formal di dalam perusahaan maupun organisasi yang mempunyai fungsi untuk menjaga supaya penggunaan bakat serta minat manusia bisa/dapat dipakai untuk mencapai tujuan organisasi atau perusahaan itu dengan secara efektif dan efisien.

4. Hasibuan

SDM menurut penjelasan dari Hasiuan adalah manusia yang memiliki kemampuan terpadu yang dicirikan dengan pola pikir dan juga daya fisik yang baik. Perilaku serta watak sumber daya manusia ini berasal dari lingkungannya sedangkan prestasi dan juga motivasi kerja berasal dari keinginan pada dirinya sendiri.

5. Ermaya

Definisi sumber daya manusia menurut Ermaya adalah suatu faktor utama yang penting di dalam tiap-tiap proses pembangunan negara, perusahaan, serta juga organisasi.

Fungsi Managemen Sumber Daya Manusia

Fungsi Managemen Sumber Daya Manusia

Setelah kita membahas mengenai pengertian MSDM atau managemen sumber daya manusia diatas selanjutnya mari kita bahas mengenai fungsi dari manajemen sumber daya manusia yang perlu Anda ketahui untuk dipraktekan dalam organisasi, kelompok, perusahaan sobat diantaranya:

1. Staffing (Mengatur Keanggotaan)

Fungsi pertama dalam managemen sumber daya manusia adalah Staffing atau mengatur keanggotaan, fungsinya ada tiga kegiatan penting yang termasuk yaitu perencanaan, penarikan, juga proses seleksi.

Ketika sebuah perusahaan, organisani, akan besar diperlukan sumber daya manusia yang dibutuhkan. Untuk membuat manajemen sumber daya manusia yang baik perlu dilakukan menyaring, memilih sdm yang akan bergabung dalam perusahaan.

Fungsi manajemen sumber daya manusia ini tentunya menentukan kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan-perusahaan. Dalam dapartemenya sumber daya manusia akan diakukan serangkaian kegiatan seperti yawawancara, tes keahlian, dan menyelidiki latar belakang orang tersebut.

Pelajari materi Rumuspelajaran.com seperti:

2. Evaluasi

Manajemen sumber daya manusia diperuntukan untuk kegiatan evaluasi. Evaluasi yang dilakukan oleh MSDM adalah melakukan pelatihan juga penilaian kepada calon pegawai baru.

Para calon karyawan akan mendapatkan pembekalan dan memastikan mereka mendapat evaluasi atau penilaian terhadap performance mereka. Disamping itu departemen ini akan dibebani melatih para manajer untuk membuat standar kinerja yang dinilai baik dan membuat sebuah penilaian dengan akurat.

3. Penggantian dan Kepuasan

Fungsi MSDM selanjutnya adalah penggantian atau kepuasan. Dalam hal ini di istilahkan dengan kata ‘reward’. Fungsi manajemen sumber daya manusia ini berurusan dengan reward akan kinerja yang telah dilakukan oleh para karyawan.

Memang banyak tugas dari departemen ini selain membuat karyawan maupun manager tangguh, Departemen sumber daya manusia memiliki tugas untuk membuat perkembangan atas struktur gaji yang baik, sementara pihak manajer memiliki tugas memberikan evaluasi kinerja untuk penentuan gaji yang akan diterima karyawan yang bersangkutan.

4. Pelatihan dan Penasehat

Fungsi Manajemen sumber daya manusia selanjutnya yaitu menjadi pelatih sekaligus penasehat. Tanggung jawab departemen ini untuk membantu pihak manajer dalam membuat program-program pelatihan baik untuk calon karyawan, karyawan baru, atau juga karyawan lama demi menghasilkan kinerja yang lebih berkualitas.

5. Membangun Relasi

Fungsi selanjutnya adalah membangun relasi. Membangun relasi tidaklah mudah dan memerlukan strategi dan pengalaman. Membangun relasi ini menjadi tanggung jawab departemen terhadap karyawan baru mauupun manager guna melakukan negosiasi dengan pihak perserikatan pekerja.

6. Menciptakan Kondisi Aman dan Sehat
7. Mendalami Masalah
8. Pengintegrasian
9. Pemberhentian

Pemberhentian karyawan yang biasa disebut PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) juga menjadi tugas utama Managemen SUmber Daya Manusia ini. Penentuan PHK atau mengakhiri kontrak atau hubungan kerja antar perusahaan dengan karyawan berada dibawah MSDM.

Tujuan Managemen Sumber Daya Manusia

Tujuan Managemen Sumber Daya Manusia

Nah, perlu diketahui ketika sobat di tunjuk menjadi managemen sumber daya manusia ini, diantarnya.

  1. Mengembangkan efektivitas kerja sumber daya manusia di dalam organisasi, perusahaan maupun perkumpulan yang dibuat.
  2. Memperbaiki kualitas tenaga kerja dalam suatu organisasi sehingga dapat memberikan kontribusi lebih kepada organisasi.
  3. Membuat dan Memberikan aturan kerja yang efektif dengan produktivitas tinggi kepada organisasi
  4. Untuk menyeimbangkan antara tujuan masing-masing individu dan menyelaraskan nya hingga mampu bergerak dalam irama yang sama demi mencapai tujuan bersama yaitu tujuan perusahaan.
  5. Membantu manajer fungsional dan manajer lini dalam mengelola seluruh tenaga kerja atau karyawan selaku sumber daya manusia dengan cara yang lebih efektif.

Fokus Manajemen SDM

Manajemen SDM adalah fungsi perusahaan yang berkaitan dengan kepemimpinan dan penyelesaian isu yang terjadi antar karyawan di perusahaan tersebut. Dari sini dapat dijabarkan bahwa fokus manajemen SDM di antaranya adalah:

  1. Pemberian kompensasi
  2. Perekrutan
  3. Manajemen kinerja
  4. Pengembangan perusahaan
  5. Keselamatan karyawan
  6. Kesehatan karyawan
  7. Tunjangan karyawan
  8. Motivasi kerja
  9. Komunikasi
  10. Administrasi dan pelatihan karyawan
  11. Fokus manajemen SDM juga meliputi pengelolaan karyawan dan budaya serta nilai lingkungan kerja secara strategik dengan pendekatan yang tepat.

Contoh Sumber Daya Manusia

Berikut ini adalah beberapa macam sumber daya manusia yang memang beragam. Jika dilihat dari standard usia sumber daya manusia yakni orang yang mempunyai usia produktif maka sumber daya manusia ada dibawah ini.

  1. Karyawan
  2. Mahasiswa yang mempunyai skill dan kemampuan tertentu
  3. Pencari kerja yang mempunyai keahlian di bidang tertentu
  4. Pemimpin perusahaan
  5. Tenaga ahli dan teknisi, dan sebagainya

Demikianlah materi yang membahas mengenai Definisi Managemen Sumber Daya Manusia, Definisi, Peran, Fungsi, Tujuan dan Contohnya, semoga mambu membantu sobat rumuspelajaran.com dalam membangun bisnis maupun usaha. Pelajari juga Definisi Barang Substitusi dan fungsinya serta penjelasan tentang Barang Komplementer dan contohnya