Pengertian Mikrometer Sekrup, Bagian, Cara Menggunakan, Macam, Fungsi dan Rumus


Materi Mikrometer Sekrup Bagian Cara Menggunakan Macam Fungsi Rumus

Pengertian Mikrometer Sekrup, Bagian, Cara Menggunakan, Macam, Fungsi dan Rumus. Materi tentang Mikrometer lengkap dengan penjelasan apa itu bagian sekrup Mikrometer dan cara menggunakan mikrometer. Selanjutnya mari kita belajar bersama bagaimana rumus mirkometer ini lengkap dilanjutkan dengan macam-macam dari mikrometer. Mikrometer merupakan salah satu alat ukur seperti Jangka Sorong yang mungkin telah kita bahas pada materi sebelumnya. Tidak ada salahnya untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai alat ukur yang digunakan para ahli mauupun tukang untuk menemkan nilai tertentu.

Beberapa referensi yang berkaitan erat dengan Mikrometer adalah mikrometer sekrup manual, apa saja fungsi dari jangka sorong, kemudian apa kegunaan neraca ohaus. Tentu dalam ilmu Fisika ini sangat luas seperti materi yang akan kita bahas ini rumuspelajaran.com akan memberikan sedikit materi bagaimana cara menggunakan mikrometer sekrup dan fungsi dial indikatornya.

Pada kesempatan ini sobat pelajar boleh juga untuk menambah ilmu pengetahuan dengan membaca materi yang penting juga seperti definisi listrik dinamis lengkap dengan penjelasan rangkaian, besaran, rumus dan contoh soal listrik dinamis serta penjelasan apa itu listrik statis meliputi proses, rumus, konsep dan beberapa contohnya.

Dalam pertanyaan yang dilontarkan guru berkaitan erat dengan materi yang di sampaikanya, namun untuk pertanyaan seperti jelaskan cara mengkalibrasi mikrometer sekrup, sebutkan bagian-bagian dari Mikromter dan lain sebagainya. Baiklah langsung saja ke pokok pembahasan materi kali ini yaitu membahas mengenai apa itu Mikrometer dan apa saja kegunaanya bisa sobat simak di artikel ini.

Pengertian Mikrometer Sekrup

Penjelasan umum mengenai Mikrometer adalah sebuah alat ukur yang dapat mengukur benda dengan ketelitian sampai 0.01mm. Biasanya alat ukur ini memang sering digunakan untuk mengukur besaran panjang, ketebalan benda dan diameter luar benda.

Kelebihan alat ini adalah mampu mengukur dengan tingkat ketelitian yang tinggi dan kemudian banyak orang yang lebih memilih menggunakan mikrometer sekrup dibandingkan dengan jangka sorong yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya.

Bagian Mikrometer Sekrup

Berikut ini adalah penjelasan yang merupakan bagian-bagian yang ada pada mikrometer sekrup yang tentunya mempunyai fungsi masing-masing. Simak selengkapnya bagian-bagian mikrometer sekrup dibawah ini.

Anvil (Poros Tetap).

Anvil merupakan sebuah bagian poros yang tidak bergerak. Objek atau benda yang ingin Anda ukur ditempelkan pada bagian ini. Selanjutnya bagian poros digeser atau didekatkan untuk menjepit benda tersebut.

Spindle (Poros Geser).

Pada bagian poros ini bergerak berbentuk komponen silinder yang digerakkan oleh thimble dari mikrometer sekrup.

Lock Nut (Pengunci).

Apa itu Lock Nut? Lock nut adalah salah satu bagian penting pada mikrometer sekrup yang berfungsi untuk penguncian atau pergerakan poros gesernya.

Sleeve

Adala bagian mikrometer sekrup yang mempunyai sebuah bentuk lingkaran yang mana berupa petunjuk skala pengukuran. Dalam sebuah mikrometer terdapat skala ganda yakni skala utama (main scale) dan skala nonius.

Thimble

Pada bagian ini dapat digerakkan dengan menggunakan tangan pengguna mikrometer.

Ratchet

Penjelasan mengenai Rachet adalah bagian yang dapat digunakan untuk membantu menggerakkan bagian poros gerak. Untuk menggerakkannya pun sangatlah mudah, cukup gerakkan lebih perlahan dibandingkan dengan menggerakkan thimble.

Frame (Rangka)

Arti Frame pada mikrometer adalah sebuah komponen pada mikrometer yang berbentuk C yang berfungsi untuk menyatukan poros tetap dengan komponen-komponen lain pada mikrometer sekrup.

Salah satu alasan mengapa rangka mikrometer ini dibuat tebal yaitu agar mampu menjaga objek pengukuran tidak bergerak, bergeser, atau berubah bentuk.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Diatas telas kita bahas kepada sobat pelajar semua mengenai arti dari Mikrometer dan fungsi bagian-bagianya sekarang kita akan bahas mengenai cara menggunakanya. Cara memakai mikrometer sekrup dapat dilakukan dengan dua cara atau bagian yaitu di skala nonius dan skala utama.

Untuk lebih jelasnya juga bisa dibaca di bagian sleeve mikrometer sekrup, sedangkan untuk skala nonius dapat dibaca pada bagian thimble. Agar hasil lebih akurat ukurannya yang perlu diperhatikan harus menjepit benda yang diukur dengan posisi yang sesuai atau pas.

Macam Mikrometer Sekrup

Berikutnya akan kami berikan info penting lagi yaitu mengenai tiga macam mikrometer secara umum dikelompokkan berdasarkan pada pengaplikasiannya. Inilag macam-macam mikrometer sekrup yang mungkin sering sobat jumpai diantaranya:

Mikrometer luar

Jenis mikrometer sekrup yang sering digunakan untuk mengukur benda seperti kawat, lapisan-lapisan, blok-blok dan batang-batang.

Mikrometer Dalam

Merupakan salah satu jenis mikrometer yang sedang dipakai untuk mengukur sebuah garis tengah atau diameter pada lubang suatu benda.

Mikrometer Kedalaman

Jenis mikrometer yang dipakai untuk mengukur kedalaman dan juga ketinggian dalam sebuah benda.

Fungsi Mikrometer Sekrup

Fungsi umum mikrometer sekrup yang pokok adalah untuk mengukur diameter atau ketebalan sebuah benda yang memiliki ukuran kecil. Kelebihan menggunakan alat mikrometer sekrup ini memiliki kepresisian lebih dari 10 kali lipat dari pada jangka sorong. Jadi keuntungan menggunakan mikrometer mampu mengukur benda yang lebih kecil atau tepatnya pada ketelitian 0.01 mm. Hal tersebut karena panjang benda ternyata masih dapat diukur dengan baik pada tingkat kepresisian sekitar 1 mm dan 0.1mm.

Sebelum menuju ke pembahasan, ada baik jika sobat juga mempelajari materi yang telah kami hadirkan sebelumnya, yaitu tentang definisi gaya gravitasi dan juga rumus listrik statis.

Rumus Mikrometer Sekrup

Berikut ini akan kami berikan contoh soal mikromater dan rumusnya supaya sobat pelajar rumuspelajar.com lebih mudah memahaminya.

Mikrometer sekrup mempunyai skala utama dan juga skala nonius sama seperti jangka sorong. Bila selubung luar mikrometer sekrup diputar satu kali, rahang geser dan selubung luar maju atau mundur 0,5 mm. Karena selubung luar memiliki 50 skala,maka skala nonius memiliki panjang 0,5/50 = 0,01 mm. Jadi 1 skala utama (sku) mikrometer = 0,5 mm dan 1 skala nonius (skn) mikrometer sekrup = 0,01 mm.

Diketahui :

Gambar Mikrometer Sekrup terlihat bahwa penunjukkan Skala Utama = 9, dan Skala Nonius = 43

Panjang benda =
= (sku . 0,5 + skn . 0,01) mm.
= (9 . 0,5 + 43 . 0,01) mm
= (4,5 + 0,43) mm
= 4,93 mm

Sebelum menggunakan alat ini baca dulu pengetahuan mengenai Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup Yang Benar dan baca juga informasi pengertian, bagian dan fungsi jangka sorong dan cara menggunakan jangka sorong dan fungsinya yang bisa dipelajari di laman RUMUSPELAJARAN.COM. Demikianlah materi Mikrometer Sekrup lengkap dengan Macam mikrometer, Fungsi, Bagian, Cara Menggunakan, dan Rumus menghitung menggunakan mikrometer. Jangan lupa pelajari juga materi tentang sifat zat cair dan juga ciri zat padat, serta rumus pemuaian zat gas yang telah kami sajikan di halaman lainnya.