Pengertian Mitosis dan Meiosis, Fungsi, Tahap Pembelahan, Tujuan & Perbedaannya

Pengertian Mitosis dan Meiosis Definisi Fungsi Tahap Pembelahan Tujuan Perbedaannya

Pembahasan materi mitosis dan meiosis yang meliputi definisi, fungsi, tahap pembelahan, tujuan pembelahan, serta perbedaan dari mitosis dan meiosis sehingga akan menambah wawasan sobat. Materi pelajaran biologi ini mungkin sudah sering sobat membacanya di buku atau sobat dengar dari guru di sekolahan.

Namun banya sekali yang bertanya-tanya melalu mesin pencarian google seputar pembelahan mitosis dan meiosis, mulai dari tujuan pembelahan mitosis hingga perbedaan mitosis dan meiosis. Kami yakin terdamparnya sobat di blog ini karena sobat juga sedang mencari referensi materi mitosis dan meiosis. Kami informasikan kalau sebelumnya kami juga telah menghadirkan materi pelajaran seputar gymnospermae dan angiospermae agar dapat menambah wawasan sobat dalam bidang tumbuhan.

Oleh karena itu hari ini tim redaksi RUMUSPELAJARAN.COM akan mencoba mengulas definisi mitosis dan meiosis, yang kami harapkan dapat memenuhi apa yang sedang sobat cari, baik itu gambar pembelahan mitosis dan meiosis, ciri-ciri, fungsi, dan semua penjelasan seputar materi tersebut.

Pengertian Mitosis dan Meiosis

Gambar Mitosis dan Meiosis

Lantas apakah yang dimaksud dengan mitosis dan meiosis? Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan dibawah ini sepuar definisi mitosis dan meiosis.

1. Mitosis

Pengertian Mitosis adalah tipe pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anakan yang serupa secara genetis, tahap-tahap yang dilalui pembelahan sel tersebut sangat teratur. Selain itu, kedua sel anakan tersebut mempunyai sifat serta jumlah kromosom yang sama dengan induknya.

Mitosis juga mempunyai beberapa fungsi, antara lain adalah untuk reproduksi aseksual di organisme ber sel telur, pertumbuhan dan perbaikan sel pada organisme.

Mitosis sendiri mampu menyebabkan anak menjadi dewasa, penyembuhan sel yang terluka, maupun pertumbuhan sel kulit baru. Hal ini dikarenakan mitosis yang menghasilkan sel yang sama persis dengan induknya.

2. Meiosis

Sedangkan definisi dari Meiosis adalah tipe pembelahan sel yang menghasilkan empat sel anak. Dimana setiap sel anakan ini memiliki separuh kromosom sel induk.

Fungsi dari meiosis adalah sebagai pembelahan seksual. Dimana pembelahan ini dapat menyebabkan anak atau hasil sel sedikit berbeda dengan orang tuanya (sel induk).

Hal ini disebabkan karena sel anak yang merupakan penggabungan antara dua sel orang tua (sperma dan sel telur) yang masing-masing membawa setengah kromosom.

Makhluk hidup akan lebih tahan dan mampu beradaptasi dengan lingkungan karena adanya perbedaan sel tersebut.

PELAJARI JUGA: PERBEDAAN TUMBUHAN DIKOTIL DAN TUMBUHAN MONOKOTIL

Tahapan Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Berikut adalah tahap-tahap pada pembelahan mitosis dan meiosis yang harus sobat ketahui.

1. Tahapan Pembelahan Mitosis

Ada empat (4) fase pembelahan yang terjadi pada mitosis. Berikut adalah penjelasannya.

  • Prophase

Pada tahap ini akan terjadi perubahan pada sitoplasma dan juga perubahan nukelaus yang membuat benang kormatin memendek dan menebal membentuk kromosom.

Dimana setiap kromosom ini terduplikasi menjadi dua kromatid kembar dan terikat pada sentromer.

Selain itu, membran nukleus dan nukleous akan menghilang. Kemudian terbentuk spindel yang terdiri dari protein dan mikrotubula. Setelah itu kromosom akan menempatkan diri di area equatorial.

  • Metaphase

Fase yang kedua ini akan menyebarkan kromosom-kromosom di bidang tengah sel dan kromosom tersebut akan tersusun rapi sepanjang bidang equator. Pada fase metaphase ini benang spindel terlihat tipis dan kromosom akan berkumpul pada bidang pembelahan dan menggantuk melalui sentromer.

  • Anaphase

Pada fase anaphase ini sentromer akan membelah menjadi dua kromatid, lalu memisahkan diri dan bergerak menuju ke kutub sel dari spindel yang berlawanan. Masing-masing kromatid akan terbentuk dan berlaku sebagai kromosom baru.

  • Telophase

Pada fase ini membran nukleus baru akan terbentuk, nukleolus akan terbentuk juga oleh nucleolar organizer dari sebuah kromosom, dan benang spindel akan lenyap. Hal ini akan menyebabkan terjadinya pembelahan sel.

PELJARI JUGA: MACAM-MACAM EKOSISTEM DAN JUGA MANFAAT KEANEKARAGAMAN HAYATI

2. Tahapan Pembelahan Meiosis

Sedangkan meiosis sendiri mempunyai 2 tahap pembelahan yang melewati beberapa fase. Dimana fase dari masing-masing kedua tahap tersebut sama. Berikut adalah penjelasannya.

Fase Meiosis I

Pada tahap meiosis I ini meliputi 5 fase, yaitu sebagai berikut:

  • Prophase I

Terbentuknya kromosom dari kromatin, terbentuk spindel, dan membran nukelus yang terpisah. Pada fase prophase I ini terdapat 5 subfase, yakni Leptoten, Zigoten, Pakiten, Diploten dan Diakinesis.

  • Metaphase I

Pada fase metaphase I ini benang spindel akan membentang dari ujung ke ujung dan melekat pada setiap sentromer kromosom yang terletak di equator.

  • Anaphase I

Pada fase ini kromosom akan tertarik ke ujung yang berlawanan dan setiap isi kromosm diploid akan menjadi diploid.

  • Telophase I

Kemudian pada fase telophase I ini sampainya kromosom pada ujung yang berlawanan.

Sitokinesis I

Dan fase terakhir adalah sitokinesis I, dimana kromosom akan terpisah dan menghasilkan dua sel baru.

Fase Meiosis II

Dan berikut adalah penjelasan dari fase meiosis II yang harus sobat ketahui.

  • Prophase II

Pada fase ini, kromatid kembar akan melekat pada sentomer kromosom.

  • Metaphase II

Pada fase metaphase II ini benang spindel akan membentang dari ujung ke ujung dan melekat pada setiap sentromer kromosom yang berada di equator.

  • Anaphase II

Pada fase anaphase II ini kromosom akan tertarik ke ujung yang berlawanan.

  • Telophase II

Kemudian pada fase telophase II ini kromosom telah sampai pada ujung yang berlawanan dan memiliki empat inti. Dimana setiap inti tersebut mempunyai satu salinan DNA dan setengah pasang kromosom.

  • Sitokinesis II

Sedangkan pada fase terakhir ini, kromosom akan terpisah dan menghasilkan empat sel haploid.

PELJARI JUGA: REPRODUKSI PADA JAMUR DAN JUGA CIRI KHAS HEWAN OMNIVORA

Tujuan Pembelahan Mitosis dan Meiosis

Pembelahan mitosis dan meiosis mempunyai tujuan yang berbeda. Dimana mitosis melakukan pembelahan bertujuan untuk pengembangbiakan semua organisme.

Sedangkan meiosis melakukan pembelahan karena untuk mengurangi jumlah kromosom yang ada pada makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan jamur.

Perbedaan Mitosis dan Meiosis

Lalu apakah perbedaan dari mitosis dengan meiosis? Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan tentang perbedaan mitosis dan meiosis yang kami sajikan pada tabel di bawah ini.

PembedaMitosisMeiosis
DefinisiReproduksi atau pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak, dimana pembelahan sel tersebut melalui tahap – tahap yang teratur, dan masing – masing memiliki sifat serta jumlah kromosom yang sama dengan induknya.Reproduksi atau pembelahan sel atau dapat juga disebut pembelahan reduksi yang menghasilkan empat sel anak, dimana prosesnya terjadi pengurangan jumlah kromosom.
Tipe ReproduksiAseksualSeksual
Terjadi padaSemua OrganismeManusia, Hewan, Tumbuhan, dan Jamur
Jumlah Pembelahan1 Pembelahan2 Pembelahan dan Bertahap
Fase PembelahanProphase, Metaphase, Anaphase, TelophaseMeiosis I:
Prophase I, Metaphase I, Anaphase I, Telophase I, Sitokinesis I
Meiosis II:
Prophase II, Metaphase II, Anaphase II, Telophase II, Sitokinesis II
Tujuan PembelahanPerkembangbiakanPengurangan
Jumlah Sel Anak2 Sel Anak4 Sel Anak
Sifat Sel AnakIdentik dengan sel indukTidak identik dengan sel induk (terjadi kombinasi gen)
Percampuran GenetikTidakYa
Jumlah KromosomTetepSetengahnya
Membuat SelSemua sel kecuali sel seksual (sperma dan ovum)Sel seksual (sperma dan ovum)
Pemisah CentromeresAnaphaseAnaphase II
CytokinesisTelophaseTelophase I dan Telophase II
KaryokinesisInterphaseInterphase I
InterkinesisTidak adaAntara Meiosis I dengan Meiosis II
MetaphaseKromosom berjajar di bidang ekuatorial dalam 1 barisMetaphase I:
Kromosom berjajar di bidang ekuatorial dalam 2 baris
Metaphase II:
Kromosom berjajar di bidang ekuatorial dalam 1 baris
AnaphaseMemisahkan kromatid saudaraAnafase I:
Memisahkan pasangan kromosom homolog
Anafase II:
Memisahkan kromatid saudara
Pembentukan TetradTidak terjadiProphase I
PenemuWalther FlemmingOscar Hertwig

Demikianlah pembahasan materi mitosis dan meiosis yang meliputi pengertian, fungsi, tahap pembelahan, tujuan pembelahan, serta perbedaan dari mitosis dengan meiosis. Jangan lupa pelajari juga materi pelajaran definisi biotik dan contoh abiotik yang telah kami sajikan di halaman lainnya.