Pengertian Norma, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Macam dan Contohnya


Pengertian Norma Defini Fungsi Tujuan Manfaat Macam macam Norma dan Contohnya

Pengertian Norma, Fungsi, Tujuan, Manfaat, Macam dan Contohnya. Materi pembahasan tentang norma yang meliputi pengertian secara umum, pengertian norma menurut para ahli, fungsi, tujuan, manfaat hingga macam-macam norma lengkap dengan contoh-contohnya. Tentunya sangat berguna bagi sobat yang sedang mencari referensi untuk mendefinisinkan norma-norma dalam masyarakat, baik itu untuk tugas sekolah maupun untuk penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa masyarakat Indonesia itu sangat kaya akan aneka ragam budaya, tentunya disertai dengan banyaknya norma yang terkandung di dalamnya. Pasalnya norma sangat diperlukan untuk mewujudkan dan menjaga tatanan kehidupan bersama yang harmonis. Dengan adanya norma yang berlaku di kehidupan maka akan terjadi keteraturan dalam bermasyarakat, saling menghargai dan menjaga. Pada artikel sebelumnya juga telah kita bahas materi pelajaran tentang definisi internet dan juga pengertian surat yang wajib sobat ketahui.

Buat sobat yang belum paham dengan penjelasan norma, sangat tepat sekali karena sobat berkunjung ke situs rumuspelajaran.com. Pasalnya hari ini kami akan mencoba mengulas atau membahas secara singkat dan tuntas mengenai materi norma. Jika sobat mencari pembahasan mengenai norma ini untuk tugas sekolah, ada baiknya jika sobat menyiapkan segala keperluan alat tulis atau laptop dan semacamnya untuk mencatat hasil penjelasan norma berikut ini.

Untuk memudahkan sobat dalam mencatat materi pembahasan norma, kami akan membagi menjadi beberapa bagian mulai dari pengertian norma, pengertian norma menurut ahli, fungsi, tujuan, manfaat, macam-macam norma dan contohnya. Simak baik-baik agar tidak ada kesalahan dalam memahami arti norma dalam masyarakat.

Pengertian Norma

Norma atau kaidah adalah ketentuan yang mengatur tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) norma/nor·ma/ merupakan sebuah aturan atau ketentuan yang mengikat suatu warga atau kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan berterima. Setiap warga masyarakat harus menaati aturan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolok ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu.

Sedangkan secara etimologi, kata norma berasal dari bahasa Belanda, yaitu “norm” yang artinya patokan, pokok kaidah, atau pedoman. Namun ada juga beberapa orang mengungkapkan bahwa istilah norma itu berasal dari bahasa latin, yaitu “mos” yang artinya kebiasaan, tata kelakuan, atau adat istiadat.

Kalau diambil sebuah kesimpulan, norma adalah ketentuan yang mengatur tingkah laku manusia dalam kehidupan masyarakat. Orang yang ingin hidup harmonis maka wajib mematuhi aturan atau ketentuan tersebut jika tidak ingin mendapatkan sanksi, baik sanksi hukum atau sanksi sosial.

Pengertian Norma Menurut Para Ahli

Selain itu beberapa ahli juga mengutarakan pendapatnya tentang pengertian norma. Untuk menambah referensi tentang definisi norma mari kita simak pendapat para ahli tentang definisi pengertian norma. Langsung saja berikut ini merupakan pengertian norma menurut para ahli:

Pengertian Norma Menurut Craig Calhoun

Menurut Craig Calhoun, Norma merupakan pedoman atau aturan yang menyatakan mengenai bagaimana seseorang seharusnya bertindak dalam situasi-situasi tertentu.

Pengertian Norma Menurut Soerjono Soekano

Kemudian pengertian norma menurut Soerjono Soekano adalah suatu perangkat aturan yang dibuat agar hubungan antar manusia di dalam masyarakat dapat terjalin dengan baik dan berjalan sesuai yang diharapkan.

Pengertian Norma Menurut Isworo Hadi Wiyono

Dan menurut Isworo Hadi Wiyono, Norma merupakan sebuah peraturan atau petunjuk hidup yang memberi acauan-acuan perbuatan mana yang boleh dijalankan dan perbuatan mana yang harus dihindari untuk mewujudkan ketertiban dan keteraturan dalam masyarakat.

Pengertian Norma Menurut Robert Mz. Lawang

Robert Mz. Lawang berpendapat bahwa norma dapat diartikan sebagai patokan perilaku dalam suatu kelompok tertentu sehingga sejumlah angggapan yang baik dan perlu dihargai sebagaimana mestinya

Pengertian Norma Menurut E. Ultrecht

Selanjutnya menurut E. Ultrecht, Norma merupakan petunjuk hidup yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat atau bangsa, dimana peraturan tersebut diwajibkan untuk dipatuhi oleh setiap masyarakat, jika ada yang melanggar maka akan ada tindakan dari pemerintah.

Pengertian Norma Menurut Broom dan Selznic

Pengertian norma dari Broom dan Selzniceng adalah suatu rancangan ideal mengenai perilaku manusia yang mana memberikan batasan untuk anggota-anggota masyarakat guna mendapatkan tujuan hidup yang sejahtera.

Pengertian Norma Menurut John J. Macionis

John J. Macionis mendefinisikan norma sebagai aturan dan harapan-harapan setiap masyarakat yang memandu segala perilaku anggota masyarakatnya.

Pengertian Norma Menurut Antony Giddens

Sedangkan menurut Antony Giddens, pengertian norma adalah suatu prinsip atau aturan yang konkret, yang seharusnya diperhatikan oleh setiap masyarakat.

Fungsi Norma dalam Kehidupan

Secara umum, fungsi norma dalam masyarakat berperan sebagai pedoman bagi anggota masyarakat dalam berperilaku di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat beberapa fungsi norma dalam kehidupan masyarakat berikut ini:

  • Mengatur tingkah laku masyarakat agar sesuai dengan nilai yang berlaku.
  • Menciptakan ketertiban dan keadilan di dalam masyarakat.
  • Menciptakan kenyamanan, kemakmuran, dan kebahagiaan anggotanya.
  • Menciptakan keselarasan hubungan setiap anggotanya.
  • Membantu mencapai tujuan bersama masyarakat.
  • Menjadi dasar untuk memberikan sanksi kepada masyarakat yang melanggar norma.
  • Menjadi petunjuk bagaimana menjalin suatu hubungan antar anggota.
  • Menciptakan suasana yang tertib dan tenteram untuk setiap anggota.

Tujuan Norma

Selain fungsi, Norma sendiri juga memiliki tujuan yang sangat baik untuk setiap kelompok atau masyarakat. Tujuan norma adalah menjadi sebuah pedoman, arahan, dasar, dan tata tertib bagi anggota masyarakat agar tercipta kehidupan masyarakat yang teratur dan tenteram.

Bukan hanya itu saja, norma juga bertujuan untuk mengatur tingkah laku masyarakat serta membedakan mana yang benar dan mana yang salah atau perbuatan mana yang boleh di lakukan dana mana yang tidak boleh di lakukan.

Dengan adanya norma, masyarakat yang menginginkan sebuah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang tertib, aman, rukun, damai dan menciptakan kehidupan yang adil.

Manfaat Norma

Lantas apakah manfaat norma dalam kehidupan bermasyarakat? Tentunya dengan adanya norma maka kegiatan masyarakat akan berjalan dengan lancar dan tertib, sehingga terciptalah kehidupan yang harmonis.

Berikut ini adalah beberapa manfaat norma dalam kehidupan masyarakat:

  • Mencegah munculnya perselisihan dalam masyarakat.
  • Meningkatkan kerukunan antar warganegara.
  • Membatasi perilaku warga agar tidak menyimpang.
  • Bisa menjadikan manusia yang beriman dan bertaqwa.
  • Mengendalikan sikap, ucapan, dan perilaku melalui teguran hati.
  • Terwujudnya ketertiban dan kedamaian dalam hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  • Melindungi kepentingan atau hak orang lain.

Macam-macam Norma dan Contohnya

Norma sendiri terbagi menjadi 4 macam, yakni norma kesusilaan, norma kesopanan, norma agama dan norma hukum. Berikut ini adalah macam macam norma yang ada dalam tatanan masyarakat Indonesia lengkap dengan contoh dan saksi bagi pelanggarnya:

Norma Agama

Norma agama adalah sebuah ketentuan dalam hidup yang bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa. Isinya berupa perintah-perintah, ajaran, dan larangan yang wajib ditaati oleh hamba-NYA.

Sedangkan Norma agama tersebut berasal dari wahyu Tuhan dan mempunyai nilai yang fundamental yang mewarnai macam-macam norma yang lain, seperti norma kesopanan, norma susila, dan norma hukum.

Contoh-contoh norma agama

  • Mengerjakan ibadah shalat 5 waktu bagi umat Islam
  • Menghormati kedua orang tua
  • Berbuat baik kepada sesama
  • Tidak boleh membunuh sesama manusia.
  • Tidak boleh merampok harta orang lain.
  • Tidak boleh berbuat maksiat
  • Dan menjauhi semua larang-larang-NYA

Sedangkan sanksi dalam norma agama tidak langsung diberikan saat itu juga, melainkan sanksi atau hukaman dalam norma agama akan diberikan setelah manusia meninggal dunia yaitu berupa siksa neraka.

Norma Kesopanan

Norma yang tak kalah penting adalah norma kesopanan, yakni dapa kia disebut dengan norma sopan santun, tata krama, atau adat istiadat. Norma kesopanan yang khas dan aktual akan berbeda antara masyarakat satu dengan yang lainnya kerana Indonesia memilki beragam suku budaya masing-masing.

Norma ini didasari oleh beberapa hal di antaranya, yaitu kebiasaan, kepatutan, kepantasan yang berlaku dalam masyarakat. Bisa dibilang norma inilah yang mengatur pergaulan kita dengan orang lain.

Contoh-contoh norma kesopanan

  • Memakai pakaian yang sopan saat menghadiri acara formal atau sekolah
  • Yang muda harus menghormati yang lebih tua usianya
  • Tidak boleh meludah di depan orang lain
  • Berangkat ke sekolah harus berpamitan dengan orang tua terlebih dahulu.
  • Berbicara yang lemah lembut kepada orang yang lebih tua

Berbeda dengan norma agama, sanksi yang didapat bagi pelanggar norma kesopanan ini bisa berupa celaan dari orang lain yang merasa tidak dihargai. Celaan tersebut bisa berwujud sebuah kata-kata atau pandangan rendah orang disekeliling kita, bahkan dapat menimbulkan sikap kebencian hingga dijauhi. Sehingga akan membuat oarng yang melanggar norma sopan santun ini merasa hina, malu, dan dikucilkan yang mengakibatkan penderitaan batin.

Norma Kesusilaan

Norma susila atau kesusilaan adalah peraturan hidup yang bersumber dari hati nurani manusia. Norma ini menentukan mana yang baik dan mana yang buruk sesuai kabaikan yang ada dalam diri masing masing orang. Dengan adanya norma susila ini akan mendorong manusia untuk berbuat baik serta mencegah manusia untuk melakukan perbuatan yang buruk.

Contoh-contoh norma kesusilaan

  • Berlaku adil terhadap masyarakat
  • Jangan mencuri barang milik orang lain
  • Jangan membunuh sesama manusia
  • Hormatilah sesamamu
  • Bersikaplah jujur
  • Tidak menfitnah orang lain
  • Dan selalu menolong orang lain tanpa mengaharap imbalan

Apabila kita melanggar norma susila ini, sanksi yang didapat adalah perasaan orang lain yang akan menimbulkan rasa penyesalan.

Norma Hukum

Dan norma terakhir yang harus sobat taati adalah norma hukum. Dimana Norma hukum merupakan peraturan hidup yang dibuat oleh lembaga kekuasaan negara yang bertujuan mewujudkan ketertiban dan kedamaian dalam kehiduapan masyarakat untuk menciptakan keadilan dan kepastian hukum sehingga bisa melindungi kepentingan orang lain.

Contoh-contoh norma hukum

  • Kita berkewajiban untuk membayar pajak
  • Kita harus terib dalam berlalu lintas
  • Tidak menyebarkan berita hoak
  • Dan masih banyak lagi contoh norma hukum

Pelanggar norma hukum akan mendapatkan saksi yang berupa pidana penjara atau denda atau pernyataan tidak sahnya suatu perbuatan. Sanksi tersebut bisa diberikan oleh lembaga yang berwenang.

Demikianlah informasi terkini materi pembahasan pengertian norma yang meliputi fungsi, tujuan, manfaat, macam-macam norma dan contohnya. Semoga dapat manambah wawasan sobat dalam mendefinisikan norma dan mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jangan lupa pelajari juga sejarah kerajaan bali yang meliputi raja, kehidupan poleksosbud, masa kejayaan dan keruntuhan kerajaan bali.