Pengertian Pasar Monopoli, Faktor, Fungsi, Ciri, Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik dan Contohnya


Materi Pasar Monopoli Faktor Fungsi Ciri Kelebihan Kekurangan Karakteristik Contoh

Pengertian Pasar Monopoli, Faktor, Fungsi, Ciri, Kelebihan, Kekurangan, Karakteristik dan Contohnya. Penjelasan materi tentang arti pasar monopoli meliputi ciri-ciri, fungsi, faktor dan contoh kegiatan pasar monopoli. Dalam pasar monopoli ternyata ada kelebihan dan kekurangan yang perlu sobat ketahui sebagai ilmu pelajaran ekonomi. Bagi seseorang yang sudah terjun ke dalam dunia dagang pasti mengetahui apa itu monopoli pasar. Dalam pelajaran ilmu ekonomi, menerangkan adanya monopoli jika seluruh hasil industri diproduksi dan dijual oleh satu perusahaan saja, Itulah yang disebut monopolis atau perusahaan monopoli.

Sebagai contoh dalam suatu pasar bisa dianggap sebagai struktur pasar monopoli apabila beberapa ciri-ciri atau karakteristik pasar monopoliyang akan kita bahas dalam artikel ini. Ada beberapa karakteristik pasar yang bisa di monopoli pedagang, perusahaan maupun sekelompok golongan. Bisa dibilang pasar yang telah terkena monopoli mengakibatkan para pekerja terbebani sebab merusak sumber daya sehingga mendapat tanggapan yang negatif oleh masyarakat atas kehadiran pasar tersebut.

Jika melihat pasar pada umumnya, pasar monopoli juga mempunyai beberapa karakteristik kebaikan, namun juga mempunyai kelemahan. Bagi pelaku bisnis mendapatkan keuntungan adalah hal yang paling diutamakan. Sebagai pedagang kecil tentu akan kesulitan jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih dari haris jualanya. Mungkin sering kita temui mengenai bentuk pasar monopoli yaitu pasar dimana hanya ada satu penjual produk dan produk tersebut tidak ada penggantinya.

Pada kesempatan sebelumnya RUMUSPELAJARAN.COM telah memposting materi pengendalian sosial menurut para ahli dan secara umum serta definisi deflasi meliputi faktor, jenis, ciri-ciri, dampak dan penyebabnya. Lalu apa pengertian pasar monopoli ? dan apa ciri-ciri dan contohnya? Lalu kelebihan dan kekurangannya apa akan kita bahas pada artikel di bawah ini.

Pengertian Pasar Monopoli

Penjelasan dibawah ini adalah arti pasar monopoli menurut bahasa yunani dan secara umum serta menurut para ahli.

Pasar monopoli dalam bahasa Yunani “monos artinya satu dan polein artinya menjual merupakan suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”.

Dalam pengertian luasnya penentu harga (price-maker), seorang monopolis mampu menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi. Contoh dasarnya ketika jumlah barang yang diproduksi maka akan semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya.

Penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga ketika akan membeli barang tersebut. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau lebih buruk lagi mencarinya di pasar gelap (black market).

Pengertian Pasar Menurut Para Ahli

Penjelasan pasar berdasarkan para ahli ini di perjelas oleh Mankiw yaitu sekumpulan pembeli dan penjual dari sebuah barang atau jasa tertentu. Para pembeli sebagai sebuah kelompok yang menentukan permintaan terhadap produk dan para penjual sebagai kelompok yang menentukan penawaran terhadap produk (Zayinul Fata, 2010).

Sedangkan pasar dalam pengertian teori ekonomi adalah suatu situasi dimana pembeli (konsumen) dan penjual (produsen dan pedagang) melakukan transaksi setelah kedua pihak telah mengambil kata sepakat tentang harga terhadap sejumlah (kuantitas) barang dengan kuantitas tertentu yang mejadi objek transaksi. Kedua pihak, pembeli dan penjual, mendapatkan manfaat dari adanya transaksi atau pasar.

Faktor Pasar Monopoli

Sebab terjadinya pasar monopoli dapat sobat baca pada bagian dibawah ini.

1. Mempunyai Sumber Daya

Sumber perusahaan mampu monopoli pasar karena kepemilikan sumber daya yang istimewa dan unik yang tidak dimiliki oleh perusahaan yang lain. Pemicu perekonomian monopoli adalah adanya sebuah perusahaan yang menguasai baik itu sebagian besar atau semua bahan mentah yang ada.

2. Skala Ekonomis

Perusahaan akan mendapatkan keuntungan dalam tingkat maksimum jika tingkat produksi yang ada di dalam jumlah yang besar. Sebab ketika suatu perusahaan mencapai keadaan biaya produksinya minimum, maka jumlah produksi hampir sama dengan permintaan yang ada di pasaran.

Hal tersebut dapat memberikan dampak menurunnya harga barang apabila produksinya semakin tinggi dan ada pada tingkatan produksi yang tinggi pula. Kemudian harganya dibuat serendah mungkin sehingga perusahaan yang baru tidak akan bisa masuk dan bersaing dengan perusahaan yang berkembang dahulu. Inilah yang memicu munculnya pasar monopoli.

3. Pendapatan Hak Monopoli dari Pemerintah

Peraturan pemerintah terkadang juga bisa mewujudkan kekuatan monopoli, sebagai contoh mengenai peraturan hak cipta dan hak paten. Hak cipta dan juga hak paten merupakan jaminan hukum yang manfaatnya adalah untuk menghindari adanya penjiplakan.

Usaha untuk pengembangan jenis teknologi untuk dapat memunculkan produk baru akan memberi keuntungan bagi perusahaan. Sehingga teknologi tersebut dilarang dan pemerintah memberikan sanksi atau hukuman kepada perusahaan yang melakukan penjiplakan tersebut.

Fungsi Pasar

Ada beberapa fungsi pasar diantaranya distribusi, pembentukan harga dan promosi dengan penjelasarnya dibawah ini.

1. Fungsi Distribusi

Pasar mempunyai kegiatan distribusi yang fungsinya mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen dalam melaksanakan transaksi. Pasar memiliki fungsi distribusi menyalurkan barang-barang hasil produksi kepada konsumen.

Adanya transaksi jual beli antara pembeli, penjual dan produsen dapat memasarkan barang hasil produksinya baik secara langsung maupun tidak langsung kepada konsumen atau kepada pedagang perantara lainnya. Melalui transaksi jual beli itu pula, konsumen dapat memperoleh barang dan jasa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhannya secara mudah dan cepat.

2. Fungsi Pembentukan Harga

Adanya pembentukan harga sebelumnya ada tawar menawar dan akhirnya terjadi jual beli, sehingga diperoleh kesepakatan harga antara penjual dan pembeli. Dalam proses tawar menawar itulah keinginan kedua belah pihak (antara pembelidan penjual) digabungkan untuk menentukan kesepakatan harga, atau disebut harga pasar.

3. Fungsi Promosi

Dimanat tempat dilakukan promoso? Tempat yang paling tepat untuk melakukan promosi salah satunya adalah pasar. dikarenakan di pasar banyak dikunjungi para pembeli. Pelaksanaan promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara.

PELAJARI JUGA: MATERI TENTANG PENGERTIAN INFLASI DAN FUNGSI, JENIS KOPERASI

Sebagai contoh para sponsor memasang spanduk, membagikan brosur penawaran, membagikan sampel atau contoh produk kepada calon pembeli, dan sebaginya.

Ciri-ciri Pasar Monopoli

Ada beberapa ciri-ciri pasar yang telah di monopoli diantaranya ada beberapa pelaku diantaranya.

1. Satu Produsen

Apabila pasar dikuasai atau terdapat satu produsen saja maka bisa dikatakan pasar telah dimonopoli. Sebab pasar tersebut hanya mempunyai satu produsen atau penjual. Dengan begitu maka harga ditentukan oleh produsen tanpa pengaruh dari pembeli.

Hal ini bisa dilihat dari transaksi antar produsen atau penjual bertindak sebagai penentu harga (price maker) dan memonopoli pasar. Namun, tentu saja produsen menentukan harga produk yang dijual sesuai dengan nilainya.

2. Barang Tidak Ada Substitusi

Contoh barang atau produk tidak substantif adalah barang yang dibutuhkan oleh masyarakat luas dan tidak ada barang penggantinya (substitusi) yang sejenis. Selain itu dari perusahaan tersebut tidak menyediakan barang substitusinya dengan baik.  Akhirnya pasar monopoli akan mendapatkan banyak permintaan dari konsumen.

3. Produsen Baru Sulit Masuk

Akibat adanya monopoli pasar oleh satu produsen menjadi batu sandungan bagi produsen baru yang ingin masuk ke pasar monopoli, Beberapa hambatan tersebut diantaranya adalah:

  • Pembatasan legalitas yang diatur dalam undang-undang
  • Hambatan teknologi tinggi sehingga sulit membuat barang yang sejenis
  • Hambatan modal yang besar untuk membuat produk sejenis.

4. Produsen Menjadi Penentu Harga

Pada pasar ini produsen berperan sebagai penentu harga (price maker). Namun, produsen tidak bisa mempengaruhi harga dan output produk lain yang dijual dalam perekonomian.

5. Produsen Tidak Melakukan Promosi

Produsen tidak perlu melakukan promosi atau mengiklankan brand perusahaannya karena sudah menjadi penguasa pasar (monopoli). Konsumen terpaksa harus membeli kepada penjual karena memang tidak ada barang alternatif.

Kekurangan dan Kelebihan Pasar Monopoli

Jika melihat dari pergerakan ekonomi saat ini yang ada pasar monopoli kerap dianggap sebagai sebuah pasar yang bisa mengeksploitasi para pekerja. Selain itu juga merusak sumber daya yang menyebabkan masyarakat memberikan tanggapan negative akan hal tersebut dan kehadiran dari perusahaan tersebut.

Kelebihan Pasar Monopoli

Bentuk pasar secara umum, pasar monopoli sesungguhnya juga memiliki beberapa kebaikan, beberapa kelebihan monnopoli pasar diantaranya:

Efisiensi Ekonomi

Keunggulan yang pertama dari perusahaan monopoli adalah kemampuan yang dimilikinya untuk mengakumulasi keuntungan yang super normal di dalam jangka panjang. Dampaknya adalah riset pengetahuan dan teknologi bisa terdanai dengan kemampuan perusahaan tersebut. Adanya peningkatan efisiensi ini juga akan meningkatkan output yang lebih tinggi dan itu dapat mendorong tumbuhnya ekonomi yang lebih luas.

Menghindari Adanya Produk Tiruan

Banyaknya perusahaan pesaing tentu saja akan muncul pemborosan atau inefisiensi lantaran perusahaan akan lebih mementingkan keuntungan mereka yang lebih besar dibandingkan dengan perusahan pesaing. Sehingga bisa-bisa itu akan menurunkan kualitas produknya.

Skala Ekonomi yang Menurunkan Biaya Produksi

Perusahaan monopoli yang secara umum mereka adalah para perusahaan besar akan dapat menikmati skala ekonomi yang mampu menurunkan biaya produksi. Hal tersebut dapat dimaklumi lantaran di dalam pasar monopoli perusahaan tidak harus mengeluarkan biaya penjualan misalnya biaya untuk promosi, iklan yang dialami oleh pasar-pasar dengan persaingan sempurna.

Efisiensi dalam Pengadaan Barang Publik

Melalui pasar, tidak semua barang bisa disediakan dengan lebih efisien. Barang tersebut dikenal dengan istilah barang publik. Pengadaan barang publik tersebut akan lebih efisien di dalam skalanya yang besar. Misalnya saja adalah pengadaan jembatan, jalan raya, pelabuhan, transportasi, air minum, dan juga telekomunikasi.

Kekurangan Monopoli Pasar

Beberapa kekurangan monopoli pasar diantaranya:

Penyimpangan dari alokasi sumber daya

Adanya kekuatan monopoli yang dimiliki, itu bisa memicu munculnya penyalahgunaan alokasi sumber daya. Perusahaan monopoli bisa membatasi produksi dengan senjaga atau yang tingkat outputnya untuk bisa memaksimalkan keuntungan. Hal ini dilakukan dengan cara menetabkan harga yang sangat tinggi saat permintaan barang meningkat namun tidak ditambah dengan persediaan barang sehingga kenaikan harga akan menjadi naik.

Adanya ketidakadilan atau kesenjangan di dalam pembagian pendapatan

Kekuatan yang dimiliki oleh monopolis bisa dimanfaatkan untuk mempengaruhi harga yang ada sehingga ia bisa mendapatkan keuntungan yang ada di atas normal baik itu dalam jangka pendek ataupun dalam jangka panjang.

Mengurangi kesejahteran dari konsumen

Setelah terjadi peningkatan naiknya harga dari monopolis, dampaknya juga ada pada konsumen yang harus membayarkan pembelian produk aui atas biaya guna produksi komoditas sehingga itu bisa menurunkan kesejahteraan konsumen.

Adanya eksploitasi terhadap pekerja dan konsumen

Eksploitasi itu dapat terjadi kepada konsumen atau tenaga kerja. Eksploitasi tersebut timbul dari perusahaan monopoli yang senantiasa melakukan suatu produksi baik itu di dalam kondisi mendapatkan keuntungan atau kerugian pada harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan biaya marginalnya.

Hasilnya konsumen akan dirugikan lantaran mereka dipaksa membayarkan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan biaya produksinya. Di sisi yang lain, gaji pekerja juga akan dibayar dengan harga yang lebih rendah dari harga jual yang diterima oleh perusahaan monopoli.

Kondisi makro ekonomi memburuk

Karena tidak ada persaingan perusahaan yang dapat memicu adanya penurunan kualitas dan juga kuantitas barang produksi, maka keseimbangan pasar monopoli berada di bawah keseimbangan dari perekonomian itu sendiri karena tidak semua terpakai sejalan dengan kapasitas produksi yang menyebabkan adanya pengangguran.

Kondisi perekonomian dunia menjadi memburuk

Perdagangan bebas memang dirasa mampu meningkatkan efisiensi, akan tetapi dengan adanya berbagai perusahaan multinasional tersebut, sudah menjadi perusahaan monopoli secara alamiah. Saham yang dipunyai oleh pihak swasta menjadikan perusahaan tersebut memiliki tujuan untuk memaksimalkan keuntungan. Apabila hal tersebut dibiarkan, maka akan bisa menggilas perusahaan yang ada di dalam sebuah Negara berkembang.

Contoh Pasar Monopoli

Dibawah ini adalah beberapa contoh kejadian pasar monopoli yang telah terjadi dan pernah ada.

  1. Pasar Monopoli Murni atau Pure Monopoly yang merupakan sebuah bentuk pasar yang sangat ekstrim seperti PLN, PT Kereta Api dan PAM.
  2. Pasar Near Monopoly atau pasar yang mendekati monopoli, merupakan sebuah pasar yang di dalamnya terdiri dari satu orang pengusaha atau single producer. Misalnya saja adalah penjual sate di sebuah daerah disebut sebagai monopoli murni untuk kawasan tersebut. Namun, juga akan menjadi near monopoly apabila ia di kawasan yang lain menjajakan sate yang serupa.

Demikianlah materi pembelajaran tentang pasar monopilo meliputi ciri-ciri, faktor, fungsi, penyebab, kekurangan dan kelebihanya. Semoga bisa dengan adanya materi pelajaran ekonomi kelas x diatas bisa menambah ilmu pengetahuan ya.