Pengertian Past Future Continuous Tense, Rumus, Macam, Fungsi dan Contoh Kalimat

Pengertian Past Future Continuous Tense Rumus Macam Fungsi Contoh Kalimat

Pengertian past future continuous tense, rumus, macam, fungsi dan penggunaan dalam berbagai contoh kalimat merupakan bagian dari materi pelajaran Bahasa Inggris yang akan kita pelajari hari ini di website RUMUSPELAJARAN.COM. Hal ini merupakan lanjutan dari materi tenses yang terdiri dari 16 jenis yang berbeda.

Jika sebelumnya telah sobat baca dengan seksama materi simple present tense, disusul dengan simple past future tense dan juga pemahaman yang cukup mendalam tentang present continuous tense, maka kali ini akan kita lanjutkan dengan past future continuous tense atau yang juga dikenal dengan nama past future progressive tense. Semakin sobat dalami dan pelajari, maka akan semakin jelas pola rumus dan kalimatnya serta apa saja perbedaan dari masing-masing tense tersebut.

Seperti yang telah sobat ketahui, bahwa setiap bentuk tense memiliki ciri-ciri, formulasi dan fungsi penggunaan yang berbeda. Namun untuk mempelajari semua itu dengan mudah, sobat harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana definisi dari setiap jenis tense yang ada. Seperti yang telah kita praktikkan dalam membahas present perfect tense dan simple past tense sebelumnya.

Pengertian Past Future Continuous Tense

Past future continuous tense atau past future progressive adalah suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk mengambarkan kejadian atau situasi imajiner yang sedang berlangsung di masa lalu apabila kondisi yang tidak sebenarnya terpenuhi.

Dengan kata lain, tense ini akan terjadi jika kondisi sebenarnya berlawanan dengan apa yang dimaksudkan. Untuk membandingkan dengan bentuk tenses lainnya, sobat juga bisa menyimak beberapa materi lainnya, sebut saja simple future tense, atau barang kali sobat juga ingin membedakanya dengan present perfect continuous tense, maupun tense lain seperti past continuous tense di halaman lainnya.

Rumus Past Future Continuous Tense

Pola past future continuous tense dapat dibentuk dengan menggunakan auxiliary verb would atau should dan be, ditambah dengan present participle (Verb 1 + -ing).

Di samping itu, past future continuous tense biasanya hanya terjadi pada kejadian yang berupa dynamic/action verb, tidak stative verb. Pasalnya, hanya dynamic verb yang umumnya memiliki bentuk continuous. Maka, past future continuous dapat diformulasikan sebagai berikut:

S + would/should + be + present participle

Macam-macam Past Future Continuous Tense

Seperti halnya dengan 15 jenis tenses lainnya, past future continuous tense memiliki tiga bentuk yang berbeda. Dan berikut ini adalah jenis-jenis past future continuous tense, lengkap dengan rumus untuk kalimat positif, negatif, dan interogatif (tanya) beserta penerapannya dalam contoh kalimat yang baik dan benar, serta mudah dipahami.

1. Past Future Continuous Tense Affirmative / Positive (Positif +)

Rumus Past Future Continuous Tense Positif

Untuk membentuk sebuah kalimat past future continuous positif maka dibutuhkan rumus seperti berikut ini:

S + would be + present participle

Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense Positif

Berikut ini adalah contoh kalimat past future continuous positif:

She would be sleeping.
We would be working.

2. Past Future Continuous Tense Negative (Negatif –)

Rumus Past Future Continuous Tense Negatif

Untuk membentuk sebuah kalimat past future continuous negatif maka dibutuhkan rumus seperti berikut ini:

S + would + not + be + present participle

Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense Negatif

Berikut ini adalah contoh kalimat past future continuous negatif:

She would not be sleeping.
We wouldn’t be working.

Jangan lupa untuk mempelajari juga bentuk kata kerja lainnya yang pernah kami bahas sebelumnya, mulai dari past perfect tense, hingga yang sedikit lebih kompleks misalnya past perfect continuous tense.

3. Past Future Continuous Tense Interogative (Interogatif / Tanya ?)

Rumus Past Future Continuous Tense Interogatif

Untuk membentuk sebuah kalimat past future continuous interogatif maka dibutuhkan rumus seperti berikut ini:

would + S + be + present participle ?

Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense Interogatif

Berikut ini adalah contoh kalimat past future continuous interogatif (berupa kalimat tanya):

Would she be sleeping?
Would we be working?

Ciri-Ciri Past Future Continuous Tense

Seperti halnya tenses lainnya, past future continuous ciri dan karakteristik yang berbeda. Perbedaan ini menjadikan setiap tenses menjadi lebih mudah untuk dipahami. Selain itu, ciri-ciri ini juga akan membuat kita lebih mudah dalam mengenali tenses dari pola kalimatnya.

Berikut ini adalah ciri-ciri dari past future continuous tense:

1. Kalimat past future continuous biasanya akan menggunakan sebuah predikat.

Contoh Kalimat:

My sister should be sleeping here.
(Kakakku akan sedang tidur di sini.)

2. Penggunaan partikel “be” berada di samping kata kerja Should atau Would. Selanjutnya akan ditambahkan dengan Present Participle (Verb 1 + -ing), yang mana berarti akan sedang dilakukan.

Contoh Kalimat:

He should be sending the message for our teacher.
(Dia akan sedang mengirim pesan untuk guru kita.)

Pada kaidah past future continuous juga bisa menggunakan keterangan waktu (time signal) untuk melengkapi pola kalimatnya. Misalnya:

  • the day before: hari sebelumnya
  • before: sebelumnya
  • the following day: hari berikutnya
  • the following: berikutnya
  • that morning: pagi itu
  • on september last year: pada bulan september tahun lalu
  • on sunday: pada hari minggu
  • next month: bulan depan
  • next week: minggu depan
  • tomorrow: besok

Fungsi Penggunaan Past Future Continuous Tense dan Contoh Kalimat

Berikut ini adalah beberapa fungsi penggunaan past future continuous (past future progressive tense) dan penerapannya dalam contoh kalimat sehingga mudah dipahami.

1. Past future continuous tense digunakan untuk menggambarkan suatu aksi yang akan terjadi di masa lalu.

Artinya, bentuk tenses ini menjelaskan suatu aksi yang akan sedang terjadi di masa lalu. Sehingga aksi ini sejatinya belum dikerjakan atau dilakukan.

Contoh Kalimat:

My sister should be sleeping here.
(Kakakku akan sedang tidur di sini.)

2. Past future continuous tense digunakan untuk menggambarkan aksi yang semestinya terjadi di masa lalu.

Sebuah aksi umumnya diharapkan terjadi di masa lampau. Namun kenyataanya hal tersebut tidak dilakukan. Maka dalam hal ini sobat bisa menggunakan “would”.

Contoh Kalimat:

You would be finishing your homework in the night yesterday.
(Kamu seharusnya sedang mengerjakan PR-mu di malam hari kemarin.)

3. Past future continuous tense digunakan untuk menggambarkan sebuah aksi yang akan sedang terjadi di masa lampau dalam bentuk kalimat tidak langsung (indirect speech).

Bentuk dari past future continuous nyatanya juga dapat digunakan dalam pola kalimat tidak langsung. Untuk membentuk pola kalimat tidak langsung, maka sobat bisa menggunakan kata penghubung “that”.
Contoh Kalimat:

My brother said that he would be going to Surabaya to see his friends.
(Kakakku berkata bahwa dia akan sedang pergi ke Surabaya untuk melihat temannya.)

Nah sobat, itulah uraian singkat mengenai materi past future continuous tense yang meliputi definisi, rumus atau pola formulasinya, macam bentuk dan fungsinya, serta contoh penggunaan dalam kalimat. Kami harap sobat dapat dengan mudah memahaminya, sehingga akan terlihat jelas perbedaannya dengan jenis tenses lainnya, misalnya future perfect tense, ataupun future perfect continuous tense, dan juga future continuous tense yang jika dilihat sekilas mungkin akan membingungkan ya sobat?

Sebagai penutup sekali lagi kami ingatkan, bahwa past future continuous tense ini merupakan satu dari 16 bentuk tenses yang ada. Maka akan sangat bijak jika sobat mempelajari semuanya agar pemahaman sobat semakin lengkap.