Pengertian Past Future Perfect Tense, Rumus, Macam, Fungsi dan Contoh Kalimat

Pengertian Past Future Perfect Tense Rumus Macam Fungsi Contoh Kalimat

Kali ini kita akan mempelajari past future perfect tense yang meliputi definisi, pola rumus, macam atau jenis bentuknya, fungsi dan contoh kalimat sederhana dalam penggunaannya. Dengan demikian sobat akan dapat dengan mudah mempelajari dan memahami salah satu tenses yang merupakan salah satu materi tersulit dalam kaidah Bahasa Inggris ini.

Sebagaimana telah kami jelaskan sebelumnya, bahwa ada 16 jenis tenses yang berbeda yang mana setiap bentuknya memiliki ciri dan karakter masing-masing. Setiap tenses juga mempunyai fungsi penggunaan yang berbeda. Mungkin sebelumnya sobat sudah membaca materi past future continuous tense, ataupun future perfect tense, dan sobat lanjutkan dengan future perfect continuous tense.

Maka kali ini akan kita lanjutkan dengan jensi tenses lainnya, yakni past future perfect. Langsung saja kita awali dengan pengertiannya terlebih dahulu.

Pengertian Past Future Perfect Tense

Past future perfect tense adalah suatu bentuk kata kerja untuk menyatakan kejadian yang tidak terjadi, atau mungkin saja terjadi, atau sebenarnya bisa saja dilakukan namun tidak berhasil dilakukan di masa lalu.

Sobat bisa juga membandingkannya dengan pengertian simple present tense, ataupun simple past future tense di halamn lainnya.

Rumus Past Future Perfect Tense

Seperti halnya bentuk tenses lainnya, past future perfect juga memiliki pola rumus tersediri. Di mana tense yang satu ini dapat dibentuk dengan menggunakan auxiliary verb seperti would atau should atau could atau may atau might atau must dan “have”, dengan menambahkan “past participle (verb-3)”.

Adapun untuk “have” dapat digunakan pada bentuk singular subject sekaligus plural subject. Sementara itu, untuk past participle itu sendiri dapat berupa regular verb ataupun irregular verb. Sehingga pola rumus past future perfect tense dapat diformulasikan sebagai berikut:

S + would/should/could/may/might/must + have + past participle

Agar semakin jelas bedanya dengan bentuk kata kerja lainnya, sobat bisa membandingkannya dengan future continuous tense, dan juga past perfect continuous tense, serta rumus dan contoh kalimat dari past perfect tense.

Macam-macam Past Future Perfect Tense

Dan berikut ini adalah jenis-jenis past future perfect tense, lengkap dengan rumus untuk kalimat positif, negatif, dan interogatif (tanya) beserta penerapannya dalam contoh kalimat.

1. Past Future Perfect Tense Affirmative / Positive (Positif +)

Rumus Past Future Perfect Tense Positif

Untuk membentuk sebuah kalimat past future perfect tense positif maka dibutuhkan rumus seperti berikut ini:

S + would/should/could/may/might/must + have + past participle (verb-3)

Contoh Kalimat Past Future Perfect Tense Positif

Berikut ini adalah contoh kalimat past future perfect tense positif:

He would have studied

2. Past Future Perfect Tense Negative (Negatif –)

Rumus Past Future Perfect Tense Negatif

Untuk membentuk sebuah kalimat past future perfect tense negatif maka dibutuhkan rumus seperti berikut ini:

S + would/should/could/may/might/must + not + have + past participle (verb-3)

Contoh Kalimat Past Future Perfect Tense Negatif

Berikut ini adalah contoh kalimat past future perfect tense negatif:

He would not have studied

3. Past Future Perfect Tense Interogative (Interogatif / Tanya ?)

Rumus Past Future Perfect Tense Interogatif

Untuk membentuk sebuah kalimat past future perfect tense interogatif maka dibutuhkan rumus seperti berikut ini:

would/should/could/may/might/must + S + have + past participle (verb-3) ?

Contoh Kalimat Past Future Perfect Tense Interogatif

Berikut ini adalah contoh kalimat past future perfect tense interogatif (berupa kalimat tanya):

Would he have studied?

Sudah jelas kan sobat sampai di sini? Coba sobat ulangi materi yang telah lalu seperti past continuous tense, dan dalami sekali lagi present perfect continuous tense serta fungsi dan penggunaan simple future tense dalam kalimat yang baik dan benar.

Fungsi Penggunaan Past Future Perfect Tense dan Contoh Kalimat

Setiap tenses memiliki fungsi penggunaan yang berbeda-beda. Hal inilah yang sering kali membingungkan para pelajar bahkan mahasiswa. Namun dengan mempelajari semua tenses yang ada, akan membuat sobat semakin jelas perbedaan fungsi atau penggunaannya. Berikut ini adalah beberapa fungsi penggunaan past future perfect tense dan penerapannya dalam contoh kalimat sehingga mudah dipahami.

1. Past future perfect tense dapat digunakan untuk membentuk kalimat pengandaian (conditional sentence type 3), guna menyatakan sesuatu kejadian yang tidak terjadi. Maka sobat bisa menggunakan would.

Contoh Kalimat:

If she had saved her jewelry in a safety box, they would not have gone.
(Jika dia telah menyimpan perhiasannya di safety box, mereka tidak akan hilang.)
Kenyataan yang terjadi: perhiasannya hilang.

2. Past future perfect tense berfungsi untuk menyatakan kejadian di masa lalu yang tidak terjadi, tetapi seharusnya terjadi. Maka sobat bisa menggunakan should.

Contoh Kalimat:

She should have received her payment by now.
(Dia seharusnya sudah menerima pembayarannya sekarang.)
Kenyataan yang terjadi: dia belum menerima pembayaran.

3. Past future perfect tense berfungsi untuk menyatakan sesuatu yang sebenarnya dapat dilakukan di masa lampau, namun sayangnya tidak dilakukan atau tidak berhasil dilakukan. Dalam hal ini sobat bisa menggunakan could.

Contoh Kalimat:

I could have bought that luxury house, but I prefered to save money and wait for the cheaper one.
(Saya dapat sudah membeli rumah memwah itu, tapi saya pilih untuk menyimpan uang dan menunggu rumah yang lebh murah.)

4. Past future perfect tense juga berfungsi untuk menyatakan kemungkinan di masa lalu. Maka sobat bisa menggunakan may atau might atau could.

Contoh Kalimat:

Kiki looks far from happy. She may have waited for her friend for hours.
(Kiki kelihatan jauh dari bahagia. Dia mungkin telah menunggu temannya selama berjam-jam.)

Sobat RUMUSPELAJARAN.COM yan budiman, itulah penjelasan mendetail mengenai past future perfect tense yang semoga saja bisa sobat pahami dengan cepat dan mudah.

Memang pelajaran mengenai tenses itu terkadang tidak bisa dipahami hanya dengan sekali membaca. Maka tidak ada salahnya jika sobat ulangi 2 – 3 kali hingga benar-benar memahaminya. Dan jangan lupa pelajari juga tenses lainnya, mulai dari simple past tense, lalu sobat lanjutkan dengan present perfect tense hingga present continuous tense ataupun materi lainnya, sehingga sobat tidak hanya memahami secara teori namun juga benar-benar paham di luar kepala.