Pengertian Pertidaksamaan Linear, Sistem, Sifat dan Contohnya

Materi Pertidaksamaan Linear, Sistem, Sifat, Contoh

Pengertian Pertidaksamaan Linear, Sistem, Sifat dan Contohnya. Pada kesempatan kali ini rumuspelajaran.com akan berbagi ilmu, apa itu pertidaksamaan linear, sistem pertidaksamaan linear satu variabel, pertidaksamaan linear satu variabel, pertidaksamaan linear dua variabel, serta sistem pertidaksamaan linear dua variabel dan mungkin ada materi tambahan lainya lengkap dengan contohnya.

Bagi sobat pelajar yang sekarang duduk dibangku kelas 10, 11 maupun 12 akan menemui materi pelajaran persamaan. Materi ini memerlukan fokus, materi pendampingan maupun sering mengerjakan soal-soal persamaan yang diberikan lewat guru, les privat maupun dari soal-soal yang ada dalam buku tugas.

Materi kelas 10 (X) yang disampaikan oleh guru untuk menunjang ujian supaya naik tingkat sekolah seperti dibawah ini:

1. Pertidaksamaan Linear
2. Sistem Persamaan Linear
3. Persamaan Garis Lurus
4. Persamaan Kuadrat
5. Fungsi Kuadrat
6. Trigonometri
7. Relasi dan Fungsi
8. Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers
9. Eksponen
10. Logaritma

Bagaimana cara mengerjakan pertidaksamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear satu variabel diperlukan usaha yang serius, pantang menyerah dan jangan lupa berdoa. Sering mengerjakan tugas pertidaksamaan juga menambah pengalaman. Selanjutnya mari kita bahas satu persatu materi umus pertidaksamaan linear dan bentuk umum pertidaksamaan linear.

Pengertian Pertidaksamaan Linear

Uraian mengenai pertidaksamaan linear ini akan dibahas berdasarkan arti per kata kemudian arti dari definisinya. Untuk melengkapi materi pertidaksamaan linear ini akan terbagi menjadi menjadi menjadi beberapa pertidaksamaan yang akan dijelaskan berdasarkan variabelnya. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu per satu di bawah ini.

Definisi Pertidaksamaan Linear

Pertidaksamaan linear terbagi menjadi dua kata yaitu “pertidaksamaan” dan “linear”.

Pertidaksamaan adalah suatu bentuk/kalimat matematis yang memuat tanda lebih dari “ > “, kurang dari “ < “, lebih dari atau sama dengan “ = “, dan kurang dari atau sama dengan “ = “. Sedangkan Linear merupakan suatu bentuk aljabar dengan variabel pangkat tertingginya adalah satu.

Jadi definisi pertidaksamaan linear adalah suatu kalimat terbuka yang hanya mempunyai satu variabel dan berderajat satu serta memuat hubungan (<,> > atau < ) atau hubungan (<, >, ³atau £ ).

Pelajari juga materi tentang :

Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Di atas telah kita jelaskan mengenai pertidaksamaan linear, selanjutnya mari kita bahas dan pelajari tentang pertidaksamaan linear satu variabel.

Apa arti pertidaksamaan linear satu variabel?

Pertidaksamaan linear satu variabel dapat diartikan sebuah bentuk pertidaksamaan dengan memuat satu peubah (variabel) dengan pangkat tertingginya adalah satu (linear).

Untuk menunjang pembelajaran mengenai pertidaksamaan ini ada bentuk umum dari pertidaksamaan linear satu variabel yang bisa sobat simak dalam gambar berikut ini.

Pertidaksamaan Linear Satu Variabel

Keterangan:

a : koefisien variabel x
x : variabel
b, c : konstanta
<, >, =, = : tanda pertidaksamaan

Pertidaksamaan Linear Dua Variabel

Setelah mengetahui apa itu pertidaksamaan linear satu variable tentu sobat ingin naik tingkat lebih pintar lagi. Yuk kita tambah ilmu pengetahuan selanjunya mengenai pertidaksamaan linear dua variabel yang tentunya akan lebih menarik jika belajar dengan serius dan fokus.

Definisi pertidaksamaan linear dua variabel merupakan suatu bentuk pertidaksamaan yang memuat dua peubah (variabel) dengan pangkat tertinggi variabel tersebut adalah satu.

Bentuk pertidak samaan memang memerlukan peubah atau variable dan dibawah ini adalah bentuk dari pertidaksamaan linear dua variabel diterangkan dalam bentuk gambar lengkap dengan keterangnya.

Pertidaksamaan Linear Dua Variabel

Keterangan:

x, y : variabel
a : koefisien variabel x
b : koefisien variabel y
c : konstanta
<, >, =, = : tanda pertidaksamaan

Ketahui juga materi tentang Pertidaksamaan Nilai Mutlak, Sifat, Rumus, Jenis, Contoh Soal yang ada di laman rumuspelajaran.com.

Selanjutnya mari kita bahas mengenai apa itu sistem pertidaksamaan linear dan apa itu sistem pertidaksamaan.

Sistem Pertidaksamaan Linear

Perbedaan pertidaksamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear adalah terletak pada banyaknya pertidaksamaan. Sebelum membahas lebih lanjut sistem pertidaksamaan linear ini langkah awalnya sobat harus paham dulu, jika belum paham bisa diulangi lagi membahas pengertiana.

Mengerjakan soal sistem pertidaksamaan linear perlu bimbingan dan rumuspelajaran.com mencoba membatu sobat supaya lebih mudah memahainya. Sistem pertidaksamaan linear dua variabel, terdapat lebih dari satu pertidaksamaan linear dua variabel agar dapat dibuat model matematika dan ditentukan solusinya maupun jawabanya.

Berikut ini penjelasan secara singkat apa itu sistem pertidaksamaan linear dua variabel lengkap dengan beberapa keteranganya.

Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel

Untuk bisa memahami pengerjaan soal sistem pertidaksamaan linear dua variabel ini akan menemui beberapa pertidaksamaan linear dua variabel agar ditentukan solusi dari pertidaksamaan ini.

Adapun contohnya cara menentukan solusi dari sistem pertidaksamaan linear dua variabel bisa disimak contohnya soal tentukan daerah penyelesaian dari sistem pertidaksamaan linear dua variabel tersebut jika x dan y merupakan bilangan bulat positif.

Contoh Soal Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel

Tentukan titik potong kedua garis ini.

3x + 2y = 8

x + y = 3

Sobat akan menggunakan metode eliminasi seperti dibawah ini:

3x + 2y = 8

2x + 2y = 6

________ _

x = 2

Kemudian di dapatkan hasil substitusikan nilai x = 2 ke persamaan x + y = 3

2 + y = 3

y = 3 – 2

y = 1

Titik potong kedua garis tersebut adalah (2, 1), Bisa sobat lihat gambar di bawah ini daerah berwarna ungu adalah daerah hasil penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel.

Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variabel

Demikianlah materi Pertidaksamaan Linear, Sistem, Sifat dan Contohnya semoga membantu dan bermanfaat. Untuk menambah wawasan sobat semua, pelajari juga materi Rumus Persegi lengkap dengan penjelasan macam-macam persegi, sifat dan unsur-unsurnya serta macam-macam Trapesium lengkap dengan beberapa penjelasan sudut simetri, ciri.ciri dan juga sifatnya.