Pengertian Pertumbuhan, Perkembangan, Ciri, Faktor dan Contohnya


Pengertian Pertumbuhan Tanaman Perkembangan Hewan Ciri Faktor Contoh

Pengertian Pertumbuhan, Perkembangan, Ciri dan Contohnya. Pada kesempatan kali ini sobat rumuspelajaran.com akan belajar mengenai materi pertumbuhan pada tanaman dan makhluk hidup serta perkembangan pada tumbuhan dan tanaman dilengkapi dengan contoh-contohnya. Untuk bisa memahami pengertian pertumbuhan, perkembangan pada tumbuhan dan makhuk hidup secara umum mungkin sobat pernah mendengar beberapa istilah pertumbuhan, dan mungkin juga sering dihubungakn dengan perkembangan yang di alami oleh semua makhluk hidup. Namun jika dijelaskan secara istilah sebenarnya memiliki arti yang berbeda, agar sobat rumuspelajaran tidak bingun mari kita pelajari satu per saru apa itu pertumbuhan pada tumbuhan dan makhluk hidup dan apa itu perkembangan tumbuhan dan perkembagan pada makhluk hidup.

Sebelum belajar lebih jaun mungkin sobat juga perlu tahu jika pengertian pertumbuhan menurut para ahli juga ada beberapa macam untuk dipelajari sebagai bahan referensi nantinya yang mungkin akan keluar pada soal-soal pelajaran. Perlu juga untuk mendalami materi seputar ciri ciri pertumbuhan tumbuhan dan makhluk hidup agar sobat lebih komplit dalam pembahasan kali ini. Seperti yang sobat tahu bahwa kita sebagai manusia, hewan dan tumbuhan adalah makhluk hidup yang setiap hari mengalami mengalami proses yang panjang. Pada artikel sebelumnya juga telah kita bahas materi pelajaran tentang definisi internet dan juga pengertian surat yang wajib sobat ketahui.

Sebagai contoh singkat saja kita dilahirkan ke dunai sebagai manusia mengalami beberapa fase mulai dari anak-anak, remaja, hingga menjadi dewasa itu dinamakan pertumbuhan. Sedangkan pada hewan mulai dari hewan usia muda hingga hewan dengan usia dewasa. Selanjutnya pada tumbuhan mulai dari biji hingga menjadi sebuah pohon yang besar yang melawati beberapa proses tertentu. Dan yang perlu diingat bahwa setiap pertumbuhan dan perkembangan dari manusia, tumbuhan dan hewan berbeda-beda. Untuk mengetahuinya yuk kita langsung saja untuk mempelajari materi pertumbuhan, perkembangan, ciri-ciri dan contohnya dibawah ini.

Pengertian Pertumbuhan

Pertumbuhan merupakan salah satu proses yang di alami oleh semua makhluk hidup dengan ciri-ciri bertambahnya ukuran, volume, maupun jumlah sel-sel yang sifatnya irreversible (tidak bisa kembali ke semula). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi setiap pertumbuhan setiap makhluk hidup ini yang perlu sobat pelajari dan ketahui sebagai bahan pengertian untuk diri sendiri maupun sebagai bahan jawaban dari pertanyaan di pelajaran sekolah.

Kemudian arti dari perkembangan adalah perubahan bentuk maupun sifat pada organisme makhluk hidup yang biasanya melibatkan struktur dan fungsi yang lebih kompleks. Kemudain bisa juga diartikan pada bagain lainya yakni suatu perubahan atau diferensiasi sel (suatu proses saat sel kurang khusus dan menjadi jenis sel lebih khusus) menuju keadaan dari kecil menjadi lebih dewasa.

Pertumbuhan Menurut Para Ahli

Di bawah ini adalah merupakan arti pertumbuhan menurut para ahli yang sobat bisa catat, siapa-siapa saja yang menerangkanya yang sudah diakui sebagai ahli.

Kartono

Pertumbuhan adalah perubahan ‎secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi – fungsi fisik, yang ‎berlangsung secara normal pada diri anak yang sehat, dalam peredaran waktu tertentu.

Crow dan Crow

Pertumbuhan pada umumnya dibatasi ‎pada perubahan – perubahan struktural dan fungsional dalam pembentukan seseorang ‎secara jasmaniah dari saat masih terbentuk konsepsional (janin) melalui periode ‎prenatal (dalam kandungan), postnatal (lahir) sampai pada kedewasaanya.

Pertumbuhan Tanaman

Selanjutnya akan kami paparkan mengenai arti pertumbuhan pada tumbuhan yang bisa dijadikan bahan materi yang dicari-cari selama ini. Seperti yang sobat tahu jika pertumbuhan pada tumbuhan jika dipelajari secara ilmu membang unik dan bahkan ada salah satu ciptaan tuhan ini masih menjadi misteri yang belum ditemukan prosesnya. Di bawah ini adalah arti pertumbuhan tanaman yang kami kutip dari sumber terpercaya yang sudah bisa dijadikan materi yang selama ini mungkin dicari.

Pertumbuhan tanaman adalah hasil dari berbagai proses fisiologi, melibatkan beberapa faktor genotipe yang berinteraksi dalam tubuh tanaman dengan faktor lingkunganya. Untuk melakukan pertumbuhan diperlukan beberapa proses yang dialami diantarany pertambahan ukuran, bentuk, dan jumlah.

Ciri-ciri Pertumbuhan Tumbuhan

Ciri-ciri dari pertumbuhan pada tanaman ini adalah bisa dilihat tampak sebagai fenotipe utamanya dipengaruhi oleh faktor genotipe. Kemudian ciri-ciri lain yang bisa ditemukan adanya pengaruh lingkungan sehingga pertumbuhan merupakan fungsi dari genotipe x lingkungan. Sebagai contoh bisa dilihat pada usaha pertanian, aspek pertumbuhan tanaman mengacu pada tujuan utamanya yaitu memaksimalkan laju pertumbuhan dan hasil panen melalui manipulasi genetik dan lingkungan.

Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan

Di bawah ini merupakan faktor-faktor yang bisa mempengaruhi pertumbuhan serta perkembangan yang dapat dibedakan menjadi bagian yakni dalam dan luar tubuh. Kita lihat ada faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, silahkan baca uraianya berikut ini.
1. Faktor Dalam (Internal)

Gen

Gen juga menentukan kemampuan metabolisme makhluk hidup, sehingga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya. Hewan, tumbuhan, dan manusia yang memiliki gen tumbuh yang baik akan tumbuh dan berkembang dengan cepat sesuai dengan periode pertumbuhan dan perkembangannya.

Gen adalah substansi/materi pembawa sifat yang diturunkan dari induk. Gen mempengaruhi ciri dan sifat makhluk hidup, misalnya bentuk tubuh, tinggi tubuh, warna kulit, warna bunga, warna bulu, rasa buah

Hormon

Hormon memberikan pengaruh yang nyata dalam pengaturan berbagai proses dalam tubuh. Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup beragam jenisnya.

Hormon adalah zat yang berfungsi untuk mengendalikan berbagai fungsi di dalam tubuh. Meskipun kadarnya sedikit, hormon memberikan pengaruh yang nyata dalam pengaturan berbagai proses dalam tubuh. Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup beragam jenisnya.

1. Hormon pada tumbuhan

Hormon pada tumbuhan sering disebut fitohormon atau zat pengatur tubuh. Beberapa di antaranya adalah auksin, sitokinin, giberelin, etilen, dan asam absisat.
a. Auksin, berfungsi untuk memacu perpanjangan sel, merangsang pembentukan bunga, buah, dan mengaktifkan kambium untuk membentuk sel-sel baru.
b. Sitokinin, memacu pembelahan sel serta mempercepat pembentukan akar dan tunas.
c. Giberelin, merangsang pembelahan dan pembesaran sel serta merangsang perkecambahan biji. Pada tumbuhan tertentu, giberelin dapat menyebabkan munculnya bunga lebih cepat.
d. Etilen, berperan untuk menghambat pemanjangan batang, mempercepat penuaan buah, dan menyebabkan penuaan daun.
e. Asam absisat berperan dalam proses perontokan daun.

2. Hormon Pada Hewan

Beberapa hormon pertumbuhan pada hewan adalah sebagai berikut.
a. Tiroksin, mengendalikan pertumbuhan hewan. Pada katak hormon ini merangsang dimulainya proses metamorfosis.
b. Somatomedin, mempengaruhi pertumbuhan tulang.
c. Ekdison dan juvenil, mempengaruhi perkembangan
fase larva dan fase dewasa, khususnya pada hewan Invertebrata.

3. Hormon Pada Manusia

Hormon dihasilkan oleh kelenjar endokrin atau kelenjar buntu, yaitu suatu kelenjar yang tidak mempunyai saluran. Beberapa hormon pertumbuhan pada manusia antara lain sebagai berikut.
a. Hormon tiroksin, dihasilkan oleh kelenjar gondok/ tiroid. Hormon ini memengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Kekurangan hormon ini dapat mengakibatkan mixoedema yaitu kegemukan.
b. Hormon pertumbuhan (Growth hormon – GH). Hormon ini dihasilkan oleh hipofisis bagian depan. Hormon ini disebut juga hormon somatotropin (STH). Peranannya adalah memengaruhi kecepatan pertumbuhan seseorang. Seorang anak tidak akan tumbuh dengan normal jika kekurangan hormon pertumbuhan. Pada masa pertumbuhan, kelebihan hormon ini akan mengakibatkan pertumbuhan raksasa (gigantisme), sebaliknya jika kekurangan akan menyebabkan kerdil (kretinisme). Jika kelebihan hormon terjadi setelah dewasa, akan menyebabkan membesarnya bagian tubuh tertentu, seperti pada hidung atau telinga. Kelainan ini disebut akromegali.
c. Hormon testosteron, mengatur perkembangan organ reproduksi dan munculnya tanda-tanda kelamin sekunder pada pria.
d. Hormon estrogen/progresteron, mengatur perkembangan organ reproduksi dan munculnya tandatanda kelamin sekunder pada wanita.

Kesimpulan dari pembahan diatas adalah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan terdapat dua faktor antara lain luar dan dalam. Faktor luar atau lingkungan, contohnya : makanan, air, oksigen, cahaya, suhu, dan kelembapan makanan atau nutrisi, suhu, cahaya, air dan tanah. Sedangkan faktor luarnya adalah gen dan hormon. Gen merupakan materi pembawa sifat yang diwariskan pada keturunan, sedangkan Hormon. Hormon berfungsi sebagai pengontrol kegiatan dalam tubuh.

Pertumbuhan Makhluk Hidup

Pengertian pertumbuhan makhluk hidup sendiri mempunyai arti proses yang di alami oleh semua makhluk hidup dengan bertambahnya ukuran, volume, maupun jumlah sel-sel dan mempunyai ciri perubahan hari demi hari dari tinggi besar, kecil, pendek, hingga menjadi tinggi.

Ciri-ciri Pertumbuhan Makhluk Hidup

Di bawah ini telah kami rangkum beberapa ciri pertumbuhan dibawah ini:

  • Pertambahan ukuran, volume, tinggi, dan massa
  • Penambahan jumlah sel, misalnya pada makhluk hidup bersel satu
  • Bersifat irreversibel ( tidak dapat kembali )
  • Dapat diukur secara kuantitatif dalam satuan panjang dan berat
  • Bersifat terbatas

Perkembangan

Sebagai salah satu ciptaan Tuhan yang paling sempurna tentu setiap manusia merasakan beberapa siklus yang dialami yakni merasakan yang namanya Perkembangan. Mungkin proses yang bisa dilihat secara nyata adalah proses perubahan bentuk dari awal sejak dilahirkan hingga sekarang ada perbedaan secara fisik yang bisa dilihat. Namun yang sering ditemukan perkembangan dan pertumbuhan dianggap sama, untuk menanggapi simpang siur tersebut apa perbedaan perkembangan dan pertumbuhan tersebut mari simak materi perkembagan tersebut dibawah ini.

Perkembangan adalah tahap perubahan yang terjadi pada setiap individu dan dinilai secara fisik, psikis, sosial setiap hari. Sebagai contoh konkrit adalah perkembangan yang terjadi pada komponen usia anak- anak. Selanjutnya perkembangan proses dimasa tersebut masih bisa dipengaruhi oleh banyak faktor yang perlu sobat ketahui diantaranya faktor dalam dan luar.

Menurut beberapa pengertian laina perkembangan adalah salah tahap perubahan yang terjadi pada individu dan dinilai secara fisik, psikis, sosial, dan lainnya. Perkembangan yang paling cepat dan terkait pada banyak komponen terjadi pada usia anak- anak. Proses perkembangan dimasa ini masih bisa dipengaruhi oleh faktor faktor dari luar yang membantu membentuk karakter dan komponen perkembangan lainnya agar menjadi pribadi yang baik.

Perkembangan Menurut Para Ahli

Ada beberapa arti perkembangan menurut beberapa ahli diantaranya;

Kartini Kartono

Perkembangan adalah perubahan-perubahan psikofisis sebagai hasil dari proses pematangan dari fungsi-fungsi psikis dan fisis pada diri anak yang ditunjang oleh faktor lingkungan dan proses belajar dalam passage waktu tertentu, menuju kedewasaan.

Bijou dan Baer

Perkembangan adalah perubahan progresif yang menemukan cara organisme bertingkah laku dan berinterkasi dengan lingkungan.

Kesimpulanya perkembangan merupakan perubahan-perubahan yang dialami oleh individu atau organisme menuju tingkat kedewasaannya atau kematangannya yang berlangsung secara sistematis, progresif dan berkesinambungan menyangkut fisik maupun psikis.

Teori Perkembangan Menurut Para Ahli

Di bawah ini adalah perkembangan yang diterangkan dari beberapa para ahli yang bisa dijadikan bahan referensi apabila masuk dalam pelajaran sobat semua.

Menurut Monks

Monks menyatakan perkembangan merupakan suatu proses menuju kesempurnaan yang tidak bisa terulang kembali.

Seifert dan Hoffnung

Mereka mengartikan perkembangan sebagai perasaan yang tumbuh pada seseorang dan mengakibatkan perubahan jangka panjang, pola berfikir, hubungan sosial, dan skil motorik.

Desmita

Mengartikan bahwa perkembangan mencakup perubahan fisik, dan didalamnya perubahan terjadi secara terus menerus dari fungsi jasmaniah dan rohaniahnya menuju tahap yang lebih matang.

Arnold Gisel

Perkembangan merupakan proses pendewasaan atau kematangan secara fisiologi. Arnold membagi tahapan perkembangan pada anak ke dalam lima tahap.

Robert Havighurst

Perkembangan pada anak dipengaruhi oleh faktor penting yaitu lingkungan.

Erik Erikson

Perkembangan menurut Erikson dikenal dengan teori perkembangan psiko sosial.

Harlock

Menurut Harlock, Perkembangan merupakan rangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari interaksi atau pengalaman.

Santrok Yussen

Perkembangan merupakan pola yang berkembang terus menerut sepanjang hayat.

McLeod

Perkembangan merupakan tahap pertumbuhan yang ditentukan oleh ukuran, jumlah, arti penting dan merupakan tahapan perkembangan.

Itulah kumpulan referensi teori perkembangan dari beberapa ahli yang bisa digunakan referensi pembelajaran dan ilmu pengetahuan.

Perkembangan Tumbuhan

Perkembangan pada tumbuhan adalah proses perubahan kualitatif (bentuk dan sifat) organisme pada tumbuhan sehingga mengakibatkan perubahan struktur serta fungsi yang lebih kompleks.

Perkembangan Makhluk Hidup

Perkembangan pada makhluk hidup adalah proses perubahan kualitatif (bentuk dan sifat) organisme yang terjadi pada setiap makhluk hidup kemudian melibatkan perubahan struktur serta fungsi yang lebih kompleks.

Contoh Pertumbuhan dan Perkembangan

Setelah diatas sobat membaca banyak materi tentang arti perubahan dan perkembangan sobat akan menambah materi mengenai contoh-contoh pertumbuhan tumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup. Ada beberapa contoh yang akan disampaikan laman rumuspelajaran.com ini sehingga memudahkan sobat rumuspelajaran.com untuk mempelajarinya. Sebagai pengetahuan yang mungkin pernah sobat rasakan dan diamati lebih dalam mengenai perihal pertumbuhan dan perkembangan ini, semuanya dapat sobat rasakan dan terjadi nyata di sekitar kita dimulai dari hal yang kecil hingga yang besar. Nah, sekarang akan kami berikan beberapa contoh pertumbuhan dan perkembangan pada manusia, hewan, dan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Pertumbuhan dan Perkembagan Tumbuhan

1. Contoh pertama pada tumbuhan yaitu ketika tumbuhan yang berada di pot/vas bunga dirumah, setelah 3 tahun atau lebih yang dirawat dengan baik maka akan terjadi perubahan pada batang, daun serta akarnya. Terlebih untuk vas untuk menampung tanaman tersebut mungkin sudah tidak muat lagi dan bertumbuh semakin besar.

2. Ketika sobat masih kecil melihat tanaman bunga misalnya dan disuruh merawat oleh orang tua kita saat berukuran 5 cm kemudian sobat rawat dengan disirami dan di beri pupuk, setelah beberapa 3-5 tahun kemudian tumbuhan tadi tumbuh dan berkembang menjadi pohon yang mempunyai banyak bunga.

3. Satu lagi contoh perkembangan pada tumbuhan adalah para pemetik daun teh di pegunungan bersama-sama mengambil semua daun teh untuk dijadikan sebuah produk, setelah berminggu-minggu kemudian para petani daun teh tadi mengambil daun teh baru yang dulunya sudah diambil sampai habis. Itu menandakan bahwa tumbuhan mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara bertahap yang mungkin belum sobat sadari.

Contoh Pertumbuhan dan Perkembangan pada Hewan

1. Pak Joni memberi makan kambing kecil yang kurus selama 2 tahun, setelah 2-3 tahun kemudian sapi kecil dan kurus tadi menjadi gemuk dan sudah mempunyai anak 1-2 dengan proses perkembangbiakan.

2. Budi diberi pamanya sebuah ikan sebut saja lele kecil ke dalam akuarium. Kemudian merawatnya dengan tekun memberi makan, mengganti airnya, lihat setelah beberapa tahun akan terjadi perubahan bentuk dari kecil menjadi lebih besar dari saat pertama kali merawatnya.

3. Ibu Nayla ada pebisnis bebek goreng, ketika stok bebek menipis tentu bu nayla harus menambah jumlah ternak bebeknya dengan membeli bebek jantan dan betika. Setelah mengalami beberapa proses 6 bulan hingga 1 tahun bebek tadi akan bertelur dan mengekrami menjadi jumlah yang lebih banyak.

Contoh Pertumbuhan dan Perkembangan Pada Manusia

1. Contoh pertama tentang pertumbuhan dan perkembangan pada manusa adalah saat kita dilahirkan yang namanya adalah bayi setelah dirawat dan diberikan asupan makanan, gizi, vitamin dan lainya maka jadilah manusia yang besar setelah 5-10 tahun dan kebal terhadap penyakit.

2. Ketika sobat melihat bayi yang baru lahir (bayi) ketika ditimbang bobot badanya sekitar 5 kg dan masih tidak bisa bicara, setelah mengalami beberapa fase dalam kurum waktu 5-10 tahun bayi tersebut tumbuh dan mempunyai berat 15 kg dan bisa membaca tulisan yang ada di TV dan lainya.

3. Apabila sobat pernah membayangkan saat anak berumur 2 tahun yang belum mampu meraih benda di meja, setelah 5-7 tahun bayi tersebut sudah sangat mudah meraih dan mengambil benda-benda ditas meja tersebut.

Itulah materi pembelajaran sobat rumuspelajaran.com hari ini yang membahas mengenai pertumbuhan, perkembangan, ciri dan contohnya. Semoga dengan materi pelajaran biologi diatas menambah ilmu pengetahuan sobat semua.