Pengertian RAM, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya


Pengertian RAM Definisi Jenis Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian RAM, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya. Materi pembahasan tentang RAM yang meliputi definisi, jenis, fungsi serta cara kerja RAM pada komputer/PC sehingga dapat menambah wawasan bagi sobat dalam pelajaran Teknologi, Informasi dan Tekonologi (TIK).

Sebelumnya juga telah kami sampaikan materi tentang definisi software dan juga cara kerja BIOS yang dapat sobat pelajari di halaman lainnya. Hari ini tim redaksi RUMUSPELAJARAN.COM akan melanjutkan ke pembahasan materi pengertian RAM.

Pasalnya kami yakin terdamparnya sobat di situs ini karena sedang mencari referensi tentang apa itu RAM serta bagaimana cara kerjanya, apa saja jenis RAM dan juga apa fungsi RAM pada komputer.

Apakah sobat sudah siap untuk pembahasan materi tentang RAM kali ini? Jika sudah mari kita langsung mulai penjelasan mengenai pengertian, jenis, fungsi dan cara kerja RAM pada komputer atau PC. Namun ada baiknya jika sobat siapkan dulu buku serta alat tulis untuk mencatat poin-poin penting pada materi ini.

Pengertian RAM

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah hardware yang berada di dalam komputer yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara (memori) dan juga berbagai instruksi program. Isi RAM ini bisa diakses secara acak atau tidak tergantung pada pengaturan tata letaknya. Data yang berada di dalam RAM dapat hilang apabila komputer dinon-aktifkan atau daya listrik ke power supply dicabut dari perangkat.

Kinerja suatu komputer dapat dipengaruhi oleh seberapa besar kapasitas RAM yang dimilikinya, termasuk juga tingkat kecepatan proses data atau loading di komputer tersebut. Sehingga semakin besar RAM pada komputer maka semakin cepat pula proses penyimpanan data, membuka data, dan menjalankan program.

Jenis-jenis RAM

Berikut ini adalah beberapa jenis RAM yang ada pada komputer atau PC.

1. Dynamic RAM (DRAM)

Dynamic RAM (DRAM) merupakan jenis RAM yang disegarkan (refresh) oleh CPU (Central Processing Unit) secara berkala agar data yang ada di dalamnya tidak hilang.

Keuntungan dari DRAM ini adalah strukturya yang sederhana, dimana hanya membutuhkan satu transistor dan kapasitor yang diperlukan per bit, dibandingkan dengan empat (4) buah transistor S RAM.

2. SD RAM (Sychronous Dynamic Random Access Memor)

SDRAM (Sychronous Dynamic Random Access Memor) merupakan RAM lanjutan dari DRAM. Namun RAM jenis SD RAM ini telah mengalami sinkronisasi oleh clock sistem. Seharusnya, SDRAM lebih cepat dibandingkan DRAM.

Kecepatan Sychronous Dynamic Random Access Memor ini bisa mencapai 100 hingga 133 MHz. SD RAM sendiri mempunyai ciri-ciri terdapat dua celah pada bagian kakinya dan diletakkan pada slot DIMM/SD RAM di motherhood, serta mampu menampung memori hingga 1 GB.

3. DDR RAM (Double Rate Random Access Memory)

DDR RAM (Double Rate Random Access Memory) merupakan jenis RAM dengan teknologi lanjutan dari SD RAM. RAM jenis DDR ini mampu menjalankan dua instruksi sekaligus dalam satuan waktu yang sama. Selain itu, DDR RAM juga memiliki kapasitas 184 pin dan memakan daya listrik yang lebih rendah.

Jenis RAM ini juga mempunyai generasi terbaru, yaitu DDR2 dan DDR3 dan DDR4 merupakan pengembangan dari DDR RAM. Jenis RAM ini biasanya banyak digunakan pada laptop agar dapat menghemat daya listrik dan lebih maksimal dengan kecepatan tinggi. Untuk kapasitas memori jenis ini pun cukup besar, hingga 16 GB per chipnya.

4. RDR RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory)

RDR RAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) merupkan jenis RAM yang proses kerjanya lebih cepat dan biasanya lebih mahal dari SD RAM. Jenis RAM ini umumnya digunakan pada perangkat komputer yang mengadopsi Pentium 4 dengan slot memori mencapai 184 pin.

RDR RAM menggunakan slot RIMM yang sama dengan SD RAM. Merupakan sebuah teknologi chip dinamis besutan Rambus, Inc ini memiliki lisensi khusus untuk teknologi semi konduktor yang memproduksi chip.

5. S RAM (Static Random Access Memory)

S RAM (Static Random Access Memory) adalah jenis RAM yang bisa menyimpan data di dalamnya tanpa harus ada penyegaran (refresh) dari CPU (Central Processing Unit). S RAM juga mempunyai proses kerja yang lebih cepat dari DRAM maupun SD RAM.

Dengan desain cluster enam transistor yang dapat berguna untuk menyimpan setiap bit informasi. S RAM tentunya lebih mahal dan lebh cepat dengan desain tersebut. Pasalnya secara fisik chip maupun biaya pemanufakturan chip pun lebih mahal, kira-kira 30 kali lebih besar dari DRAM.

Meskipun begitu, S RAM juga mempunyai kekurangan yaitu biaya produksi yang malah. Hal ini membuat persediaannya hanya dalam kapasitas kecil dan dipergunakan untuk bagian yang benar-benar penting saja.

6. EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory)

EDO RAM (Extended Data Out Random Access Memory) adalah RAM yang biasanya digunakan pada perangkat dengan OS Pentium dan cocok dipasang pada komputer dengan bus mencapai 66 MHz. Jenis RAM ini mampu melakukan proses penyimpanan dan mengambil data dalam waktu bersamaan.

Selain itu, Extended Data Out Random Access Memory atau EDO RAM juga banyak digunakan untuk menggantikan primary memori yang ada pada komputer terdahulu yaitu FPM RAM. Pasalnya jenis RAM ini dapat menyimpan dan membaca data secara bersamaan, maka kecepatan baca tulis pada EDO RAM bisa lebih cepat juga.

7. NV RAM (Non Volatile Random Access Memory)

NV RAM (Non Volatile Random Access Memory) adalah jenis RAM dengan akses acak yang umumnya digunakan untuk menyimpan konfigurasi yang dilakukan oleh firmware seperti EFI, BIOS, atau firmware-firmware lainnya pada perangkat embedded misalnya router.

NV RAM umumnya dirancang dengan manufaktur CMOS, hal ini bertujuan agar daya yang dibutuhkan juga kecil. NV RAM menggunakan baterai Litium dengan CR-2032 agar data yang disimpan tidak hilang ketika dihidupkan. Begitupun sebalikan, data yang tersimpan pada memori ini juga tidak akan hilang walaupun daya dimatikan.

Fungsi RAM

Fungsi utama RAM atau Random Access Memory pada komputer adalah untuk mempercepat pemrosesan data yang dilakukan perangkat komputer. Semakin besar kapasitas RAM yang dipasang, maka semakin cepat juga perangkat tersebut bekerja.

Fungsi lain dari RAM adalah sebagai media penyimpanan sementara ketika perangkat dalam keadaan hidup. Jadi ketika kita mengetik sebuah dokumen di Microsoft Word, lalu sobat tutup tanpa menyimpan terlebih dahulu, maka dokumen yang sudah diketik tadi akan tersimpan di memori RAM. Sehingga sobat bisa membuka kembali dokumen tersebut melalui history terakhir dari Microsoft Word tadi. Kendati demikian, data tersebut harus disimpan secara permanen untuk mencegah terjadinya kerusakan atau kehilangan karena hal-hal tak terduga.

Cara Kerja RAM

Saat kita ingin menjalankan sebuah program aplikasi, data atau file yang dibutuhkan untuk menjalankan program tersebut akan diambil dari media penyimpanan sekunder yaitu Hard disk atau SSD.

Kemudian, sistem mentransfer data tersebut ke memori RAM (Random Access Memory), lau akan dilanjutkan diprosesnya oleh processor. Setelah proses tersebut selesai, maka hasilnya akan ditampilkan oleh prosesor ke perangkat output atau mengembalikannya ke perangkat penyimpanan.

Apabila jumlah data yang akan disimpan sudah melebihi kapasitas memori RAM, sistem operasi akan menjalankan prosedur swap atau pemindahan sementara. Dimana data tersebut akan dipindah untuk sementara ke sebuah ruang dalam penyimpanan sekunder yang biasa disebut dengan swap file atau virtual memory.

Biasanya data yang dipindah ke memori virtual adalah sebuah data program aktif dengan prioritas rendah misalnya adalah aplikasi atau service yang berjalan secara background atau berjalan di latar belakang.

Kinerja komputer akan menjadi tidak optimal sehingga sistem berjalan lambat ketika perangkat melakukan proses swap. Agar idak terjadi hal tersbut, maka sangat disarankan untuk menggunakan memori RAM yang memiliki kapasitas sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh sistem operasi atau program aplikasi yang dijalankan tersebut.

Demikianlah pembahasan materi pengertian RAM, jenis, fungsi dan cara kerja RAM pada komputer. Semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari referensi materi plejaran TIK tentang definisi RAM. Jangan lupa pelajari juga materi pelajaran tentang definsi sistem informasi dan juga perbedaan internet dan intranet yang telah kami sajikan di halaman lainnya.