Pengertian Rangkaian Seri dan Paralel, Perbedaan, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan


Pengertian Rangkaian Seri dan Paralel Definisi Perbedaan Contoh Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Rangkaian Seri dan Paralel, Perbedaan, Contoh, Kelebihan dan Kekurangan. Materi pelajaran fisika tentang rangkaian seri dan paralel yang meliputi pengertian, perbedaan, contoh serta keunggulan dan kelemahan rangkaian seri dan paralel bersama rumuspelajaran.com yang merupakan salah satu situs pembahasan materi pelajaran sekolah.

Bagi sebagian orang tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah rangkaian seri dan rangkaian paralel, apalagi jika sobat masih pelajar. Pasti pernah belajar materi tersebut, baik diterangkan secara langsung oleh guru maupun membaca buku pelajaran fisika.

Namun tidak ada salahnya jika kami mengingatkan kembali mengenai pengertian rangkaian seri dan paralel, baik perbedaan, contoh maupun kelebihan serta kekurangan rangkaian seri dan paralel.

PELAJARI JUGA: SEJARAH KERAJAAN BALI DAN JUGA PERBEDAAN INTERNET DAN INTRANET

Barangkali sobat ada yang lupa dengan penjelasan rangkaian seri maupun rangkaian paralel. Sejatinya kedua rangkaian ini memiki persamaan, namun rangkaian seri dan paralel juga mempunya beberapa berbedaan yang harus sobat ketahui.

Namun sebelum membahas lebih dalam lagi, ada baiknya jika kita bahas lebih dulu mengenai pengertian dari kedua rangkaian tersebut. Jika sudah memahami arti dari rangkaian seri maupun paralel maka akan lebih mudah mengerti penjelasan lainnya. Pada materi pelajaran sebelumnya juga telah kami sajikan pengertian kebugaran jasmani dan juga pengertian simple present tense yang harus sobat pelajari juga.

Pengertian Rangkaian Seri dan Paralel

Secara umum komponen sebuah rangkaian listrik atau rangkaian elektronik dapat dihubungkan dengan berbagai cara. Dua tipe paling sederhana adalah rangkaian seri dan paralel. Berikut ini adlah pembahasan pengertian rangkaian seri dan paralel.

Rangkaian Seri

Pengertian rangkaian seri adalah rangkaian listrik dimana komponen dihubungkan berurutan tiap ujung kaki komponen yang digunakan sehingga berjajar antara komponen satu dengan lainnya sehingga dari segi biaya bisa lebih rendah dibanding paralel karena tidak diperlukan tambahan kabel penghubung. Komponen yang tersusun seri akan terhubung melalui satu jalur, sehingga aliran arus listrik akan mengalir ke semua komponen.

Rangkaian Paralel

Pengertian rangkaian paralel adalah rangkaian listrik dimana setiap komponen mendapatkan sumber arus yang sama sehingga memiliki banyak cabang yang otomatis akan membuat biaya koneksi kabel menjadi tinggi. Pada rangkaian paralel, tegangan yang melewati tiap komponen adalah sama, dan total arus adalah jumlahan arus yang melewati tiap komponen

Perbedaan Rangkaian Seri dan Paralel

Rangkaian seri dan paralel tentu memiliki beberapa perbedaan. Berikut ini adalah perbedaan rangkaian seri dan rangkaian paralel.

PembedaRangkaian SeriRangkaian Paralel
Penggunaan Kabel dan SaklarHematBoros
Penyusunan KomponenBerurutanSejajar atau bersusun
Kondisi Komponen ListrikBerpijar namun terangnya tidak sama.Berpijar dan terangnya sama.
Kontinyutas masing – masing Komponen ListrikJika padam salah satu maka akan padam semua.Jika padam salah satu maka yang lain akan tetap menyala.
Hambatan TotalLebih besar dari hambatan terbesar di rangkaian seri.Lebih kecil dari hambatan terkecil di rangkaian paralel.
Cara PemasanganLebih mudahLebih sulit
Jalur1 jalur rangkaianLebih dari 1 rangkaian tergantung pembuatannya.
TeganganBerbeda – bedaSama
PerawatanLebih mudahLebih sulit
Biaya PembuatanLebih murahLebih mahal

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Seri dan Paralel

Pada setiap rangkaian baik rangkaian seri maupun paralel mempunyai berbagai kelebihan dan kekurangan. Untuk lebih jelasnya berikut ini kami sajikan beberapa kelebihan dan kekurangan rangkaian seri dan paralel.

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Seri

Untuk yang pertama mari kita bahas kelebihan dan kekurangan dari rangkaian seri mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Rangkaian Seri

Kelebihan dari rangkaian seri ini adalah cara memasangnya yang mudah dan praktis. Bukan hanya itu saja, daya hantar yang diberikan relatif lebih stabil, sehingga arus listrik terbagi secara merata serta perlengkapan dalam menggunakannya juga lebih sederhana.

Kekurangan Rangkaian Seri

Bukan hanya kelebihan saja, rangkaian seri ini juga mempunyai kekurangan. Kekurangan dari rangkaian seri ini adalah keharusan aliran listrik yang harus stabil dan tinggi.
Selain itu jika ada komponen yang bermasalah maka komponen yang lainya juga ikut bermasalah.

Kelebihan dan Kekurangan Rangkaian Paralel

Rangkain Paralel tentu juga memiliki kelebihan dan kekurangan sebagaimana rangkaian seri. Berikut ini adalah beberapa keunggulan dan kelemahan rangkaian paralel.

Kelebihan Rangkaian Paralel

Berbeda dengan rangkaian seri, kelebihan dari rangkaian paralel ini adalah jika ada salah satu komponen yang bermasalah maka komponen lainya tidak ikut bermasalah.

Kekurangan Rangkaian Paralel

Sedangkan kelemahan dari rangkaian paralel ini adalah dari segi pemasangannya yang lebih rumit dan membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk memasangnya.

Contoh Rangkaian Seri dan Paralel

Dan berikut ini adalah contoh-contoh penerapan rangkaian seri maupun rangkain paralel yang telah kami rangkum untuk sobat pengunjung setia RUMUSPELAJARAN.COM.

Contoh Rangkaian Seri

Contohnya adalah sebuah rangkaian yang memiliki dua resistor, tapi hanya terdapat satu jalur kabel untuk mengalirkan listrik. Sedangkan contoh penerapan rangkaian seri adalah pada lampu hias yang disusun berderet beberapa puluh lampu kecil.

Contoh Rangkaian Paralel

Sedangkan contoh penerapan rangkaian paralel adalah pada instalasi listrik rumah semua beban yang ada dihubungkan dengan cara paralel supaya semua beban listrik mendapatkan tegangan yang sama.

PELAJARI JUGA: PENGERTIAN NORMA DAN JUGA PENGERTIAN SURAT

Demikianlah materi pelajaran pengertian rangkaian seri dan paralel, perbedaan, contoh, kelebihan dan kekurangan rangkaian seri dan rangkaian paralel. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari pembahasan aau penjelasan tentang rangkaian seri dan paralel.