Pengertian Relief Dan Contohnya

Jelaskan Pengertian Relief Dan Sebutkan Contohnya ?

RUMUSPELAJARAN.COM – Inilah soal seni jelaskan pengertian relief dan sebutkan contohnya ?

Selamat datang di laman pendidikan rumuspelajaran.com karena akan membantu para siswa untuk mengerjakan soal fisik SD, SMP maupun SMA/SMK.

Para siswa yang sedang mencari jawaban dari soal pertanyaan seni diatas yang diberikan oleh guru maupun buku tugas, saat ini berada di laman yang tepat yaitu rumuspelajaran.com. Harapanya mampu menyelesaikan tugas siswa dalam mengerjakan soal seni tersebut dengan benar dan tepat.

Baca juga:

Soal :

Pengertian Relief dan contohnya?

Jawaban :

Relief adalah gambar tiga dimensi dalam bentuk ukiran yang dipahatkan pada dinding candi. Relief biasanya menggambarkan tentang kisah atau karya sastra kuno Hindu-Buddha.

Salah satu contoh relief adalah relief yang berada di Candi Borobudur yang berjumlah lebih dari 1400 panel relief. Relief ini menggambarkan mengenai kehidupan Sang Buddha dan ajarannya.

Jenis-jenis Relief

Relief Rendah

Relief rendah merupakan jenis relief dengan ukiran yang sedikit menonjol dari dasar permukaan dinding. Tonjolan atau kedalaman ukirannya bervariasi dan biasanya hanya beberapa sentimeter atau kurang dari 50 persen kedalaman dimensi ukiran.

Contoh relief rendah terdapat pada candi periode klasik Jawa kuno, misalnya relief candi Borobudur.

Relief Dangkal

Relief dangkal merupakan jenis relief yang lebih dangkal dari relief rendah. Ukiran relief hanya berupa guratan-guratan tipis untuk menghilangkan material latar.

Relief Tenggelam

Merupakan jenis relief di mana latar permukaan dinding dibiarkan utuh dan rata, sementara ukiran figur digambarkan tenggelam dicukil dalam permukaan dinding. Jenis relief seperti ini lazim dalam kesenian Mesir kuno.

Lihat juga:

Demikianlah soal dan kunci jawaban dari pertanyaan seni tentang Pengertian Relief. Semoga dapat membantu anda yang telah singgah di website pendidikan Rumuspelajaran.com.