Pengertian Sarana dan Prasarana, Fungsi, Perbedaan & Contohnya


Pengertian Sarana dan Prasarana Definisi Fungsi Perbedaan Contohnya

Pengertian Sarana dan Prasarana, Fungsi, Perbedaan & Contohnya. Pembahasan materi sarana dan prasarana yang meliputi definisi secara umum maupun menurut para ahli, serta fungsi, perbedaan sarana dan prasarana baik dari segi bentuk, kepemilikan, pembiayaan pengadaan ataupun dari segi sifatnya.

Dan tidak lupa kami hadirkan pula hadirkan beberapa contoh sarana dan prasarana. Namun sebelum lanjut ke materi sarana dan prasarana ini, kami sebelumnya juga telah menyajikan materi pelajaran tentang definisi konstitusi dan juga macam-macam ideologi.

Langsung saja tidak usah Panjang lebar, berikut ini adalah penjelasan tentang sarana dan prasarana, mulai dari pengertian, fungsi, perbedaan, serta contoh sarana dan prasarana. Sebelum itu ada baiknya jika sobat siapkan buku dan alat tulis untuk mencatat poin-poin pentingnya.

Pengertian Sarana dan Prasarana

Berbicara mengenai sarana dan prasarana, tak jarang orang-orang menganggap keduanya mempunyai arti yang sama. Nyatanya sarana dan prasarana memiliki arti yang berbeda.

Namun kedua kata tersebut saling bebersangkutan, bahkan keduanya sangat berperan penting sebagai alat penunjang keberhasilan suatu proses yang dilakukan.

Sedangkan ruang lingkup sarana dan prasarana sendiri sangatlah luas. Berikut adalah adapun pengertian dari berbagai sumber.

Pengertian Sarana

Sarana adalah segala sesuatu yang bisa digunakan sebagai alat untuk mencapai suatu maksud atau tujuan dari suatu proses produksi. Misalnya adalah sarana pada suatu kantor atau sekolah seperti meja, kursi, papan tulis, rak, dokumen, komputer dan lain sebagainya.

Pengertian Prasarana

Sedangkan prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama untuk terselenggaranya suatu proses. Proses tersebut bisa berupa suatu pembangunan, usaha, maupun proyek.

Misalnya adalah prasarana yang ada pada suatu kantor atau sekolah, yakni tanah lapang, ruang belajar, ruang rapat, gedung dan lain sebagainya.

PELAJARI JUGA: SEJARAH PPKI DAN JUGA JENIS-JENIS HUKUM

Pengertian Sarana dan Prasarana Menurut Para Ahli

Untuk menambah wawasan sobat semua, mari simak pendapat para ahli tentang definisi sarana dan prasarana sebagai berikut.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Pengertian sarana menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah segala sesuatu yang bisa digunakan sebagai alat dalam mencapai tujuan atau maksud.

Sedangkan pengertian prasarana adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses seperti usaha, pembangunan, atau proyek.

Menurut Hamalik

Pengertian sarana dan prasarana menurut Hamalik ialah seluruh bentuk perantara yang dipakai orang untuk menyebar ide, sehingga ide tersebut bisa sampai pada penerima.

Menurut Moenir

Kemudian pengertian Sarana dan prasarana menurut Moenir adalah semua jenis peralatan, perlengkapan kerja, dan fasilitas yang dapat berfungsi sebagai alat utama ataupun pembantu dalam pelaksanaan pekerjaan, dan juga dalam rangka kepentingan yang sedang berhubungan dengan organisasi kerja.

Fungsi Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung dengan ruang lingkup dan penggunaannya. Contohnya sarana dan prasarana pendidikan berbeda dengan transportasi, wisata dan lain sebagainya.

Kendati demikian, sarana dan prasarana memiliki tujuan yang sama yakni bertujuan untuk mencapai hasil yang sesuai dengan apa yang harapkan atau sesuai dengan rencana.

Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah beberapa fungsi utama sarana dan prasarana yang harus sobat ketahui:

  • Dapat meningkatkan produktivitas baik barang maupun jasa.
  • Hasil kerja lebih berkualitas serta terjamin.
  • Bisa mempercepat proses pelaksanaan pekerjaan sehingga mampu menghemat waktu.
  • Bisa menimbulkan rasa kenyamanan bagi orang-orang yang berkepentingan.
  • Dapat menimbulkan rasa puas pada orang-orang yang berkepentingan yang mempergunakannya.
  • Lebih sederhana atau memudahkan dalam gerak para pelaku atau pengguna.
  • Membuat ketetapan susunan stabilitas pekerja lebih terjamin.

Perbedaan Sarana dan Prasarana

Sarana dan prasarana memiliki perbedaan dari beberapa aspek, seperti bentuk, kepemilikan, fungsi, maupun dari segi pembiayaan pengadaan sebagaimana yang dijelakan pada tabel dibawah ini.

PerbedaanSaranaPrasarana
BentukFasilitas maupun alatFasilitas umum
KepemilikanDimiliki oleh individual,Dimiliki oleh Pemerintah
swasta, atau Pemerintah
FungsiAlat utama dalam satu kegiatanPendukung kegiatan secara umum
Pembiayaan PengadaanIndividu dan peserta kegiatanPemerintah, masyarakat, dan pelaku kegiatan

Selain tabel diatas berikut ini penjelasan mengenai perbedaan sarana dan prasarana.

1. Perbedaan Berdasarkan Fungsi

Sarana mempunyai fungsi sebagai bagian utama dari sebuah kegiatan. Oleh karena itu, dijadikannya sebagai bagian utama dari kegiatan tersebut, maka alat ini akan sangat diperlukan untuk kelangsungan atau kelancaran kegiatan tersebut.

Sedangkan prasarana sendiri mempunyai fungsi sebagai pendukung kegiatan.

2. Perbedaan Berdasarkan Pembiayaan Pengadaan

Jadi, sarana diadakan serta dibiayai oleh pihak yang menyelenggarakan kegiatan secara penuh. Tetapi, jika ditelusuri lebih jauh lagi, biaya tersebut juga diperoleh dari peserta atau orang yang mengikut acara tersebut.

Sedangkan untuk prasarana, pembiayaan sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah. Biaya yang dipakai untuk proses pengadaan berasal dari APBN dan pajak yang diterima Pemerintah dari wajib pajak.

Selain itu, wajib pajak tersebut juga termasuk dari pihak yang menyelenggarakan acara dan memakai prasarana itu untuk digunakan sebagai pendukung sarana kegiatan mereka.

3. Perbedaan Berdasarkan Bentuk

Maksdunya jika sarana mempunyai bentuk yang kecil, maka sebaliknya prasarana mempunyai bentuk yang lebih besar.

Selain itu, bentuk sarana bisa di pindahkan, sedangkan prasarana tidak bisa dipindahkan karena relatif besar dan menetap disuatu tempat.

4. Perbedaan Berdasarkan Kepemilikan

Kemudian perbedaan dari segi kepemilikan, yaitu semua alat atau benda yang dimiliki oleh individual bisa dikelompokkan menjadi sarana.

Maksud dari individual sendiri dapat diartikan sebagai perorangan, swasta, dan Pemerintah. Alat ini dapat digunakan secara bebas guna melangsungkan suatu kegiatan sebagaimana mestinya.

Sementara prasarana sendiri sudah pasti dimiliki oleh Pemerintah. Prasarana adalah alat atau suatu faktor penunjang yang dapat di fungsikan sebagai pendukung dan tidak hanya untuk satu kegiatan di lokasi tersebut, akan tetapi juga kegiatan lain yang berhubungan.

5. Berdasarkan Sifatnya

Disini sifat dari sarana adalah habis dipakai, serta dapat dipindahkan. Sementara prasarana bersifat tidak habis digunakan dan tidak dapat dipindahkan.

Sehingga, sarana lebih mengarah pada benda-benda yang apabila digunakan secara terus-menerus, maka akan mengalami penyusutan secara kuantitas atau dari segi jumlah.

Sedangkan, prasarana sendiri dapat digunakan secara berulang-ulang kali tanpa penyusutan jumlah, namun hanya sebatas kemampuannya saja yang berkurang.

PELAJARI JUGA: BENTUK NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA DAN JUGA FUNGSI IDEOLOGI PANCASILA

Contoh Sarana dan Prasarana

Sebenarnya banyak sekali contoh-contoh dari sarana dan prasarana, namun kali ini kami akan menghadirkan beberapa contoh sarana dan prasarana transportasi.

SaranaPrasarana
KapalDermaga
RakitSungai
TongkangSungai
Perahu DayungSungai
PesawatBandara
HelikopterHelipad
Kereta ApiStasiun (Rel)
OjekPangkalan Ojek
BecakPangkalan Becak
BusTerminal

Jadi kesimpulananya adalah sarana mempunyai peranan penting sebagai alat yang digunakan secara langsung, sedangkan prasarana digunakan sebagai pendukung dalam suatu kegiatan. Sehingga keduanya harus saling berhubungan supaya aktivitas atau kegiatan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Demikianlah pembahasan materi tentang sarana dan prasarana yang meliputi pengertian sarana dan prasarana, fungsi, perbedaan serta beberapa contoh dari sarana dan prasarana. Jangan lupa simak juga materi pelajaran ciri-ciri ham dan juga tujuan norma yang telah kami sajikan di halaman lainnya.