Pengertian Seni Musik, Fungsi, Macam, Unsur, Jenis, Prinsip dan Contohnya


Arti Seni Musik Secara Umum Fungsi Macam Unsur Jenis Prinsip Contoh

Pengertian Seni Musik, Fungsi, Macam, Unsur, Jenis, Prinsip dan Contohnya. Penjelasan definisi musik secara umum dan arti menurut para ahli lengkap dengan simbol, nilai estesis, fungsi dan macamnya. Musik memang menjadi salah satu hiburan paling banyak diminati saat ini. Bahkan musik sekarang menjadi salah satu pelajaran paling di gemari. Sebagia pelajar yang hobi bermain musik tentu ingin menambah ilmu pengetahun apa pengertian musik, macam, jenis, prinsip dan apakah irama itu? sobat rumuspelajaran.com kali ini akan belajar dalam katagori seni dan budaya khususnya tentang musik.

Musik bisa dibilang menjadi salah fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik. Jenis-jenis musik saat ini sangat beragam sering dengan perkembangan zaman. Adanya teknologi juga mempermudah dalam menciptakan suaran, ketukan dan irama sehingga disatukan dan menjadi musik yang unik, indah dan menarik. Jika sudah berkecimpung dalam seni musik tentu sudah paham mengenai apa arti musik dan siapa nama-nama penyanyi maupun pencipta lagunya. Sebab ada banyak genre atau jenis musik yang ada di seluruh dunia ini yang mungkin belum di perkenalkan.

Sejarah musik mungkin berawal saat manusia menyatakan perasaan takut dan gembira dengan menggunakan suara-suara. Merek mulai menciptakan suara, lagu, hymne, atau syair nyanyian kecil yang diinspirasikan oleh kicauan burung. Ada pulan dengan memukup kayu-kayu dan batuan keras kemudian mengeluarkan bunyi dan irama yang mampu memberikan rasa yang berbeda dalam hatinya. Kulit binatang yang digunakan sebagai pakaian diletakkan sebagai penutup rongga kayu yang besar sehingga terciptalah sebuah gendang.

Teknologi yang semakin lama semakin maju tentu membuat informasi mudah diterima dan disampaikan. Mungkin dari banyak alasan yagn bisa diterima mengapa orang-orang sering memutar musik karena salah satu manfaat dan fungsi musik adalah membuat perasaan pendengarnya tenag, nyaman dansenang. Di bawah ini adalah pengertian, unsur musik, jenis-jenis musik, dan fungsi musik bagi manusia.

Pengertian Seni Musik

Musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama dari suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama.

Atau pengertian musik dalam arti yang lainya yaitu susunan bunyi atau suara sehingga berisi irama, nada, lagu dan juga keharmonisan yang terbentuk dari komponen ataupun alat yang bisa menghasilkan irama,

musik digolongkan sebagai jenis fenomena intuisi, untuk membuat, memperbaiki, dan mempersembahkan, oleh karena itu musik merupakan suatu bentuk seni. Mendengarkan musik merupakan jenis hiburan.

Musik adalah sebentuk fenomena yang unik yang bisa terbentuk oleh sejumlah alat musik, namun bisa juga dihasilkan tanpa alat yang dirancang untuk menciptakan nada.

Pengertian Seni Musik Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian seni musik menurut para ahli atau seniman musik yang telah diakui dan berasal dari berbagai belahan dunia melalui karya karya musiknya dibawah ini.

  1. Menurut Aristoteles seorang filsuf yunani pengertian seni musik adalah curahan kemampuan tenaga penggambaran yang berasal dari gerakan rasa dalam satu rentetan nada (nelodi) yang memiliki irama.
  2. Menurut Adjie Esa Poetra yang Seorang guru vokal ternama pengertian seni musik adalah sebuah bunyi yang teratur, bukan saja bersifat moral normatif, melainkan juga diakui selaras yang berdasarkan penghitungan para ahli ilmu fisika.
  3. Menurut Jamalus II, pengertian seni musik ialah suatu yang membuahkan hasil karya seni, berupa bunyi berbentuk lagu atau komposisi yang mengungkapkan fikiran serta perasaan penciptanya lewat unsur-unsur pokok musik, yakni irama, melodi, harmoni, serta bentuk atau susunan lagu dan ekspresi sebagai satu kesatuan.
  4. Shcopenhauer pengertian seni musik adalah melodi yang syairnya berupa alam semesta.
  5. Suhastjarja seorang dosen senior di Institut Seni Indonesia Yogyakarta, tamatan Peabody Institute Amerika menerangkan bahwa pengertian seni musik yakni suatu ungkapan rasa indah manusia dalam bentuk konsep pemikiran yang bulat, tentang bentuk wujud nada atau suara lainnya yang mengandung sebuah ritme dan harmoni serta memiliki suatu bentuk dalam ruang dan waktu yang dikenal oleh diri sendiri dan manusia lain dalam suatu lingkungan hidupnya sehingga dapat dimengerti dan dinikmatinya.
  6. Sylando menerangkan bahwa pengertian seni musik ialah suatu wujud yang hidup dari beberapa kumpulan ilusi dan alunan suara. Lebih jelasnya ia mengatakan bahwa alunan musik dan nada yang berjiwa dapat menggerakkan isi hati sang penikmatnya.
  7. Pengertian musik menurut Banoe berasal dari kata muse yaitu salah satu dewa dalam mitologi Yunani kuno bagi cabang seni dan ilmu; dewa seni dan ilmu pengetahuan. Selain itu, beliau juga berpendapat bahwa musik merupakan cabang seni yang membahas dan menetapkan berbagai suara ke dalam pola-pola yang dapat dimengerti dan dipahami oleh manusia.
  8. Lexicograpger memppunyai pendapat jika seni musik adalah ilmu dan seni dari paduan ritmis beberapa nada, vokal ataupun instrumental yang melibatkan melodi dan harmoni untuk mengungkapkan apa saja yang mungkin, namun khususnya yang bersifat emosional.
  9. Dello Joio menyatakan bahwa musik merupakan karya yang akan meningkatkan suatu rasa penghargaan akan nilai seni, selain menyadari akan dimensi lain dari sebuah kenyataan yang selama ini tersembunyi. Ia merupakan komponis yang berasal dari Amerika.
  10. David Ewen, menjelaskan Pengertian seni musik sebagai ilmu pengetahuan serta seni mengenai kombinasi ritmik dan beberapa nada, baik vokal ataupun instrumental yang mencangkup melodi serta harmoni sebagai ekspresi dari segala sesuatu hal yang menginginkan diungkapkan terlebih dalam segi emosional.
  11. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Pengertian Seni Musik adalah ilmu atau seni yang menyusun nada atau suara ke dalam urutan, kombinasi dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi atau susunan yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan.

Fungsi Musik

Beriktu ini sobat akan mengetahui apa saja fungsi musik yang ternyata memang bisa membuat manusia bisa lebih baik dan mampu memberikan dampak bagi penggunanya.

  1. Mengungkapkan emosi
  2. Menyampaikan do’a
  3. Sebagai sarana hiburan
  4. Sebagai sarana bisnis
  5. Menenangkan jiwa
  6. Sebagai sarana komunikasi
  7. Meningkatkan kecerdasan
  8. Pengiring tarian
  9. Pengiring pertunjukan
  10. Sebagai sarana pendidikan
  11. Sebagai ciri khas kebudayaan setempat
  12. Sebagai Obat
  13. dll

BACA JUGA: DEFINISI MUSIK SECARA AHLI, MACAM DAN CONTOHNYA

Macam-macam Musik

Selanjutnya sobat akan menambah ilmu mengenai beberapa macam bentuk seni musik berdasarkan alirannya.

  1. Musik Blues, merupakan musik yang berkembang di lingkungan afro-amerika dan menjadi dasar lahirnya berbagai aliran musik lain.
  2. Musik Punk, musik yang banyak digunakan untuk mengekspresikan kehidupan sosial.
  3. Musik klasik, merupakan musik yang bersumber dari tradisi eropa, orkestra, dan musik gereja.
  4. Musik Gospel, merupakan bentuk musik yang lahir dikegiatan kerohanian kristen dengan suara vokal yang mendominasi.
  5. Musik Rhythym and Blues (RnB), merupakan musik yang lahir di masyarakat afro-afrika.
  6. Musik Jazz, merupakan penggabungan dari berbagai jenis musik seperti ragtime, blues, dan musik band.
  7. Musik Rock, merupakan perpaduan dari berbagai jenis aliran musik yang irama dan dentumannya sangat khas dan keras.
  8. Musik Traditional, musik yang tercipta dari tradisi sekelompok masyarakat pada suatu daerah dengan alat sederhana.
  9. Musik Dangdut, termasuk jenis jenis seni musik asli dari indonesia yang banyak diminati oleh masyarakat indonesia dari berbagai kalangan.
  10. Musik Pop, Jenis musik yang berirama lembut dengan banyak unsur cinta didalamnya.

Unsur Musik

Berikut ini beberapa macam unsur musik yang bisa sobat baca yang nantinya sebagai bahan referensi makalah atau kunci jawaban dari soal pertanyaan dalam pelajaran sekolah.

1. Melodi

Penjelasan melodi adalah tinggi rendahnya nada yang tersusun dalam suatu frase. Untuk memainkan alat-alat melodi bisa dipergunakan alat-alat perkusi. Melodi bisa disbut sebagai daya tarik dari musik. Melodi dapat dipelajari dengan mendengar, memperagakan, dan berkreativitas.

2. Irama

Penjelasan irama adalah panjang pendeknya nada yang ada dalam musik. Irama memberikan ketukan dalam musik. Pada kebanyakan lagu daerah di Indonesia irama bersifat sangat sederhana, namun memiliki pola irama yang khas. Ada lagu yang dinyanyikan tanpa iringan, ada pula lagu yang dinyanyikan dengan iringan.

3. Birama

Penjelasan birama adalah ketukan dalam musik, biasanya tanda birama ditulis dengan angka pecahan. Contohnya: 2/4, 3/4, 6/8 dan seterusnya. 2/4 berarti Angka 2 (pembilang) menunjukan jumlah ketukan dalam satu birama, angka 4(penyebut) menunjukkan nilai nada, satu ketukan. Dapat juga diartikan pada satu ruas birama termuat dua ketuk tiap satu ketuk harga not seperempat.

4. Harmoni

Penjelasan harmoni didasarkan pada paduan nada, yakni sekumpulan nada yang kedengarannya enak bila bersama-sama.

5. Tangga Nada

Penjelasan tangga nada yakni deretan nada yang disusun berjenjang. Tangga nada dibagi menjadi 2 jenis, yakni:

6. Tangga Nada Diatonis

Penjelasan tangga nada diatonis yaitu tangga nada yang menggunakan tujuh buah nada dengan dua macam jarak yaitu ½ dan 1

7. Tangga Nada Pentatonis

Penjelasan tangga nada pentatonis yaitu tangga nada yang menggunakan lima buah nada dengan jarak menurut aturan- aturan tertentu. berlandaskan nadanya, tangga nada pentatonis dipisah menjadi dua yakni pelog dan slendro.

8. Tempo

Penjelasan tempo adalah ukuran kecepatan suatu birama lagu. Semakin cepat lagu dimainkan, semakin besar pula nilai tempo dari lagu itu. Tempo memiliki 8 kategori yaitu:

  • Largo =Lambat Sekali
  • Lento =Lebih Lambat
  • Adagio =Lambat
  • Andante =Sedang
  • Moderato =Sedang Agak Cepat
  • Allegro =Cepat
  • Vivace =Lebih Cepat
  • Presto =Cepat Sekali

Pelajari Juga: Pengertian Destilasi, Prinsip Kerja, Tujuan, Macam dan Contohnya

9. Dinamika

Penjelasan dinamika adalah tanda untuk memainkan nada dengan kenyaringan bunyi lembut atau keras. Dinamika penting karena mampu menunjukan nuansa sebuah lagu (sedih, senang, riang, agresif, datar, dll).

10. Timbre

Penjelasan timbre adalah kualitas atau warna suatu bunyi. Kehadiran timbre sangat dipengaruhi oleh sumber bunyi dan cara bergetar nya. Timbre yang dihasilkan oleh alat musik tiup pasti berbeda dengan alat musik petik, walaupun dimainkan di nada yang sama.

11. Ekspresi

Penjelasan ekspresi adalah ungkapan perasaan yang keluar dari dalam hati hal itu bisa ditunjukkan dengan ekspresi, misalnya gembira, sedih, romantis, dan lainnya. Karena itu penyanyi yang baik adalah bernyanyi secara total agar bisa tersampaikan pesan dari sebuah lagu dan pendengar pun bisa terbawa suasana.

Jenis Musik

Nah, selanjunya akan kami terangkan beberapa jenis musik lengkap dengan penjelasanya diantaranya musik tradisional, musik modern dan musik kontemporer.

1. Musik Tradisional

Pengertian musik tradisional. Musik ini biasanya merupakan warisan dari nenek moyang yang diturun-temurunkan ke generasinya. Musik tradisional masih menggunakan lirik bahasa daerah, tidak memiliki notasi, dan alat musik yang digunakan juga tradisional contohnya seperti gamelan, angklung, dan karawitan.

2. Musik Modern

Jenis musik modern saat ini sangat berkembang pesat secara universal. Seni musik modern adalah seni musik yang sudah terakulturasi dengan teknologi dan budaya yang modern baik instrumen musik ataupun cara penyajian musik.

3. Musik Kontemporer

Terakhir ada jenis musik kontemporer dimana di Indonesia jenis musik ini termasuk jenis musik yang berkembang pada masa tahun 1990-an. Musik ini mempunyai ciri-ciri variasi nada yang kompleks serta memiliki warna atau jenis bunyi, tempo, dan ritme yang bervariasi. Kemudian sumber bunyi bervariasi tidak hanya dari musik instrumental.

Prinsip Musik

Berikut beberapa prinsip musik lengkap dengan penjelasan dibawah ini:

  1. Menyanyi secara unisono yaitu teknik bernyanyi satu suara dan memainkan nada dalam suatu suara
  2. Pernapasan dada :suatu mekanisme pernapasan yang melibatkan kerja otot tulang rusuk .volume dada membesar membuat tekanan udara yang tertampung dalam paru paru
  3. Pernapasan perut :suatu mekanisme pernapasan yang melibatkan kerja otot diafragma mekanisme inspirasi dalam pernapasan perut membuat tekanan di rongga dada
  4. Pernapan diafragma :ketika diafragma menegang atau lurus maka rongga perut dan dada akan melonggar membuat volume menjadi bertambah

Contoh Musik

Terakhir akan kami sebutka jenis-jenis musik yang sekarang sudah banyak macam dan ragamnya mulai dari musik seni, modern populer dan tradisional.

1. Musik Seni

Musik seni merupkan musik klasik adalah jenis musik bergenre musik klasik ini lebih merujuk ke musik klasik eropa, namun ada pula musik klasik India, Persia dan sebagainya. Jenis musik klasi juga ada periodenya, seperi barok, klasik dan romantik.

2. Musik Populer

Berikut ini jenis-jenis musik populer saat ini yang seiring perkembangan jaman semakin bertambah jumlahnya.

1. Jazz
2. Blues
3. Gospel
4. RnB
5. Funk
6. Rock
7. Metal
8. Electronic
9. Raggae
10. Hip Hop
11. Techno
12. Pop

3. Jenis-jenis Musik Tradisional

Adapun jenis musik tradisonal saat ini ada sedikit macamnya diantaranya musik Dangdut dan Country.

Demikainlah pembahasan materi tentang pengertian seni musik dilengkapi dengan unsur, jenis, macam-macam, simbol dan sejarahnya, semoga bisa menambah ilmu pengetahuan ya. pada materi sebelumnya rumuspelajaran.com telah membahas materi mengenai Revolusi Indonesia meliputi teks proklamasi kemerdekaan, latar belakang, kronologi dan dampaknya.