Pengertian Sepak Bola, Peraturan FIFA Terbaru, Sejarah dan Teknik


Pengertian Sepak Bola Cabang Peraturan FIFA Terbaru Sejarah Teknik

Pengertian Sepak Bola, Peraturan FIFA Terbaru, Sejarah dan Teknik. Pembahasan materi pengertian sepakbola modern meliputi peraturan FIFA saat ini. Kemudian rumuspelajaran.com juga akan membahas mengenai sejarah sepak bola dari pertama kali diadakan hingga saat ini menjadi sepakbola modern. Tidak lupa akan sobat juga akan mendapatkan materi seputar teknik-teknik sepak bola dasar hingga terbaru sekarang. Seperti yang sobat tahu bahwa sepak bola adalah salah satu cabang olah raga yang paling digemari diseluruh dunia dengan jumlah penonton paling banyak.

Beberapa negara yang paling banyak menelurkan pemain terbaik dunia dengan skill tinggi diantaranya negara Inggris, spanyol, brazil, portugal, argentina dan masih banyak lagi. Untuk sobat yang tinggal di daratan Asia tentu sudah tahu bahwa ada beberapa negara yang sudah mulai masuk dan turut serta dalam ajang Piala Dunia yang diakan setiap empat tahunan sekali tersebut diantaranya Jepang, Korea Selatan, Arab Saudi dan Australia.

Berbicara mengenai sepakbola memang tidak ada habisnya, pasalnya setiap saat mampu menelurkan pemain-pemain berbakat. Bagi sobat yang suka sepakbola dan mungkin di bangku sekolah mencari materi Sepakbola dari sejarah, peraturan maupun tekniknya bisa membacanya disini. Ada banyak peraturan dalam Sepakbola yang wajib diketahui sebenarnya, namun kadang sebagai penikmat Sepak bola jarang yang tahu akan hal tersebut. Bagi setiap pemain wajib mengetahui setiap peraturan Sepakbola FIFA supaya bisa bermain dengan baik. Ada beberapa aturan Sepakbola baru yang mungkin belum diterapkan di negara Indonesia sebab belum sesuai dengan kemampuan PSSI kita. Jika pada artikel sebelumnya telah kami hadirkan materi pelajaran Bahasa Indonesia tentang Pengertian Surat dan juga materi pelajaran Sejarah yakni tentang Sejarah Kerajaan Bali.

Baiklah untuk sobat yang ingin tahu lebih dalam lagi apa itu Sepakbola dan bagaimana peraturanya serta teknik-teknik terbaru Sepakbola saat ini bisa mengawalinya dari pengertian Sepakbola yang kami kutip dari berbagai sumber. Olah raga Sepakbola bisa dimainkan rame-rame atau sekarang lebih modern lagi yang namanya futsal. Nah, dari situ kita bisa belajar ternyata ada banyak jenis sub cabang Sepakbola ini namun mempunyai aturan sendiri-sendiri. Kita simak langsung sata pengertian Sepakbola dibawah ini.

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola dalam bahasa Inggris yaitu Football atau Soccer merupakan salah cabang olahraga yang menggunakan bola yang umumnya terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan beberapa pemain cadangan.

Kemudian pada abad ke-21, olahraga sepak bola teryata sudah mewabah dan dimainkan hampir dari 250 juta orang dari 200 negara. Uniknya olahraga sepak bola ini ternyata menjadi olahraga paling populer seantero dunia. Salah satu cabang olah raga ini dibuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan memasukan bola ke gawang lawan yang sudah ditentuka sebelumnya. Sepak bola dimainkan dalam lapangan terbuka yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis (buatan).

Untuk sobat yang masih belum paham jika dalam cabor sepak bola penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya. Kemudian, 10 (sepuluh) pemain lainnya boleh menggunakan anggota badan lainya seperti kaki kanan, kiri, kepala, dada, punggung namun tidak boleh menangkapnya. Di sini kegunaan anggota badan bisa dugunakan kaki untuk menendang, dada untuk mengontrol, dan kepala untuk menyundul bola.

Selanjutnya sobat perlu mengetahui beberapa aturan singkatnya ketika salah satu tim yang mencetak gol paling banyak pada akhir pertandingan menjadi pemenangnya. Jika hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka dapat dilakukan undian, perpanjangan waktu ataupun diadakan adu penalti, bergantung pada format penyelenggaraan kejuaraan. Dalam sebuah pertandingan resmi, 3 poin diberikan kepada tim pemenang, 0 poin untuk tim yang kalah dan masing-masing 1 poin untuk dua tim yang bermain imbang. Kemudian apabila dalam pertandingan sepakbola terjadi atau terdapat skandal maupun tindak kriminal pihak penyelenggara akan menghentikan pertandingan maupun perubahan hasil. Sebuah laga sepak bola dapat dimenangkan secara otomatis oleh sebuah tim dengan 3-0 apabila tim lawan sengaja mengundurkan diri dari pertandingan (Walk Out).

Peraturan Sepak Bola Terbaru

Dalam sepak bola adanya sebuah peraturan yang gunanya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Di samping itu perlu diperhatikan beberapa perangkat lainya yang harus di penuhi seperti ukuran lapangan, gawang bola, wasit, pemain, perangkat pertandingan. Hal ini wajib dipenuhi dalam pengadaan dalam pertandingan resmi. Inilah beberapa peraturan sepak bola modern terbaru yang wajib diketahui.

1. Ukuran lapangan

100 – 110M: Ukuran panjang lapangan
64 – 75M: Lebar lapangan
18,35 x 5,5M: Luas pada daerah gawang
9,15 Meter: Jari-jari lingkaran tengah
40,39 x 16,5M: Daerah pinalti
11 Meter: Jarak titik penalti dari garis gawang

2. Ukuran gawang

2,44 Meter: Tinggi gawang
7,32 Meter: Lebar gawang

3. Bola

Bentuk bola: bulat
Bahan: kulit
396 – 453g: Berat bola
68 – 71CM: Keliling lingkaran

4. Peraturan Awal Mulai Pertandingan

Dalam memulai dalam sebuah pertandingan sepakbola seluruh pemain wajib melakukan jabat tangan pada sesama pemain serta lawannya dengan berbaris di arah penonton.

Selanjutnya wasit akan membawa uang logam atau benda lainya yang mirip untuk melakukan undian pilihan bola atau tempat dan memberikannya pada setiap kapten tim untuk memilih sisi logam tersebut. Setelah itu wasit akan melempar uang logam sebagai tanda untuk memilih siapakah yang berada di bola awal ataukah pilih dengan gawang.

5. Jumlah Pemain

Untuk jumlah pemain dalam sepak bola resmi ada aturan yang wajib ditaati yaitu jumlah pemainya. Dalam setiap tim wajib beranggtakan11 orang (salah satunya sebagai penjaga gawang). Jika pemain tim ada 7 atau 4 pemain terkena kartu merah maka terpaksa harus keluar ddari lapangan, dan tim itu dianggap kalah.

6. Pemimpin Tim (Captain)

Sepakbola yang dimainkan oleh sebelas orang ini wajib memilih satu orang sebagai kapten dalam setiap tim. Gunanya untuk mengkordinasi atau perwakilan dalam tim tersebut. Atau ketika dalam tim terjadi masalah maka nantinya kapten ini yang akan berdiskusi dengan wasit.

Pada artikel sebelumnya juga telah kami bahas tentang materi pelajaran pengertian simple present tense dan juga macam-macam norma dalam kehidupan masyarakat.

7. Peraturan Menggunakan Aksesoris

a. Jersey (Seragam)

Peraturan pertama dalam menggunakan aksesoris adalah jersey/kaos/seragam/kostum pemain. Pada saat pertandingan berlangsung kedua tim tidak boleh memakai jersey satu warna karena bisa membuat bingung antar pemain maupun penyelenggara pertandingan. Guna dari konstum ini sebagai identitas tim, jadi selayaknya kedua tim wajib berbeda warna jerseynya. Sebagai contoh tim satu memakai jersey warna merah dan tim satu lagi memakai jersey warna hijau. Dalam pertandingan rumah/biasa dinamakan “Home” dan satunya lagi dipakai untuk laga tandang atau bernama “Away”.

b. Kaos kaki dan deker

Untuk pertandingan resmi sepakbola wajib memakai warna kaos kaki harus sama yang bertujuan untuk melindungi tulang kering dan mencegah cidera pemain.

c. Sarung Tangan

Untuk sarung tangan diwajibkan yang memakai adalah kipper saja atau penjaga gawang. Hal ini dilakukan untuk mempermudah penjaga gawang untuk menangkap si kulit bundar dan melindungi tangannya terhadap tendangan bola keras dari pemain tim lawan. Namun ada pengecualian untuk pemain yang bermain di daerah lapangan yang dingin/bersalju boleh memakai sarung tangan.

d. Penutup kepala

Memakai penutup kepala memang jarang dilakukan oleh pemain sepak bola, namun untuk pemain yang sedang mengalami cidera saja yang sedang memakainya. Kemudian untuk aksesoris lain yang dilarang pemain yakni anting, kalung, gelang, dan lain sebagainya.

8. Wasit

Wasit adalah orang pemegang sepenuhnya dalam jalannya sebuah pertandingan dan berhakl memberikan keputusan bila pemain bola melanggar peraturan. Wasit utama dibantu oleh dua asisten wasit.

9. Asisten Wasit

Asisten wasit bisa juga disebut “linesman”. yang bertugas untuk membantu wasit utama bila terjadi offside menggunakan sebuah tanda bendera dan tugasnya mengawasi bila terjadi throw in (buangan kedalam) serta tendangan sudut.

10. Waktu Permainan

Untuk waktu permainan sepakbola dilaksanakan selama 90 menit dan terbagi 2 babak. Pada setiap babak mempunyai waktu 45 menit ditambah waktu istirahat ±15 menit.

Kemudian apabila 90 menit pertandingan berjalan belum ada pemenang, maka dilakukan tambahan waktu (extra time) dengan durasi 2×15 menit. Namun jika kedudukannya masih saja sama, maka akan diadakan adu finalty yang diwakilkan beberapa pemain dari setiap tim.

11. Peraturan Kick Off

Peraturan kick off sendiri dilakukan saat memulai permainan pertandingan, memulai babak kedua, Gol terjadi dan babak extra time.

12. Peraturan Offside & Onside

Untuk peraturan yang satu ini memang paling menegangkan dalam sepakbola tapi dalam sepak bola modern sudah ada tambahan alat yang namanya VAR. Offside adalah sistem permainan ketika teman salah satu tim yang mengoper pada pemain lain namun ada didepan bek pertahanan lawannya. Kemudian asisten wasit yang bisa menentukan terjadinya offside maupun onside caranya dengan mengangkat bendera.

13. Peraturan Gol

Gol adalah hal yang ditunggu dalam setiap pertandingan sepak bola dan perhitungan gol ini dilakukan saat bola masuk ke jaring gawang dan melewati gatis gawang serta tak ada pemain yang terkenai offside, pelanggaran, ataupun hands ball. Untuk menentukan gol atau tidak keputusan ada ditangan wasit utama sah ataupun tidaknya.

14. Peraturan Bola Out atau Keluar

Bola Lemparan kedalam terjadi saat bola keluar disisi lapangan. Sementara bola yang keluar dari samping gawang akan terjadi tendangan sudut. Apabila salah satu pemain yang cedera, maka wasit berhak memerintahkan mengeluarkan bola.

15. Tendangan Gawang

Salah satu aturan tendangan gawang dilakukan oleh kiper dan sudah melalui garis gawang dikarenakan pemain lawan. Kemudian penjaga dari tim/teman yang dapat melakukan tendangan gawang.

16. Lemparan Kedalam/Throw in

Ketika bola keluar lapangan kemudian tim yang bisa mengambil lemparan kedalam adalah tim yang tidak mengeluarkan bola tersebut. Aturan lain saat melakukan lemparan kedalam adalah pemain tidak boleh lama membuang waktu serta tidak boleh angkat satu kaki.

17. Tendangan Sudut/Corner kick

Dilaksanakan saat bola sudah keluar dari garis gawang yang disebabkan pemain bek/salah satu tim, tendangan ini dilakukan pemain lawan. Letaknya tendangan gawang ada di pojok kiri/kanan lapangan.

18. Peraturan Pelanggaran

Pelanggaran yang terjadi kepada salah satu pemain seperti tackle keras, handsball/mendorong lawan, lalu menarik bisa disebut pelanggaran dan wasit berhak memberikan pelanggaran kemudian bisa mengeluarkan 2 macam kartu yaitu kartu kuning dan merah sebagai  .

Apabila salah satu peman yang melakukan pelanggaran terhadap pemain lawan mendapat kartu kuning dari wasit hal tersebut adalah salah satu peringatan keras. Dan jika dia dapat satu kartu kuning 1 lagi otomatis dia akan mendapatkan kartu merah yang berakibat dikeluarkan dari lapangan pertandingan. Selanjutnya ketika jika ada pemain yang dapat kartu merah, maka ia langsung dikeluarkan dalam pertandingan.

19. Peraturan Pergantian Pemain

Pergantian pemain hanya dapat dilaksanakan maksimal 3-7 orang.

20. Peraturan Tendangan Bebas/Free kick

Aturan tendangan bebas dilakukan di tempat terjadinya sebuah pelanggaran, jika terjadi tendangan bebas ini nanti ada 2 pilihan yang dapat dilakukan yakni kita dapat menendang langsung menuju arah gawang/bisa pula mengoper pada teman dalam tim.

21. Penalty

Tendangan penalti dapat terjadi disebabkan adanya pemain yang mendapat pelanggaran di area kotak 11 pas (area penjaga gawang). Akibat terjadinyahands ball, tackle, dan pelanggaran lainnya.

Peraturan FIFA

Bagi para pemain, wasit maupun perangkat yang ada dalam persepakbola dalam suatu liga atau FIFA selalu menggunakan pedoman. Asal sobat tahu jika peraturan pertandingan secara umum diperbarui setiap tahunnya oleh induk organisasi sepakbola internasional (FIFA), yang juga menyelenggarakan Piala Dunia setiap empat tahun sekali. Di bawah ini telah kami rangkum aturan sepakbola FIFA terbaru yang bisa sobat pelajari:

  • Gol atau peluang yang melibatkan tangan akan langsung dianulir. Termasuk posisi tangan dalam keadaan pasif atau tidak sengaja sekalipun .
  • Pemain yang diganti sekarang bisa keluar melalui garis mana saja. Tidak harus menghampiri penggantinya di area teknik. Jadi tidak akan ada lagi pemain yang mengulur waktu ketika pergantian di ujung pertandingan saat posisi unggul. Wasit bisa mengintervensi pemain untuk keluar melalui garis terdekat.
  • Aturan kartu kuning dan kartu merah sekarang berlaku buat pelatih. Sebelumnya wasit bisa langsung mengusir pelatih tanpa peringatan. Kini akan ada kartu kuning (peringatan) dan kartu merah (pengusiran) buat pelatih.
  • Pagar betis untuk mengadang tendangan bebas lawan sekarang harus steril. Hanya pemain tim yang menghadapi tendangan bebas yang boleh berada di pagar betis.
  • Bola tendangan gawang, tendangan bebas di dalam kotak penalti, sekarang bisa langsung diterima tanpa harus keluar dari area penalti.

Sejarah Sepak Bola

Di bawah ini telah kami rangkumkan awal mula terjadinya permain sepakbola hingga sekarang menjadi permain yang sangat digandrungi banyak orang bahkan mulai dari anak-anak, pemuda sampai orang tua selalu mengikuti update pemain, skor, pelatih maupun pertandingan.

Sejarah olahraga sepakbola (permainan menendang bola) dimulai sejak abad ke-2 dan ke-3 sebelum Masehi di Tiongkok. Pada masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Nah, diatas telah kami berikan pengetahuan mengenai awal mula sejarah awal adanya permain sepakbola. Selanjutnya akan kami sajikan sejaran adanya sepakbola modern. Sepakbola mulai berkembang di Inggris dengan menetapkan peraturan-peraturan dasar dan menjadi sangat digemari oleh banyak kalangan.

Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepakbola. Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepakbola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Kelahiran sepakbola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepakbola (soccer).

Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepakbola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara. olahraga ini juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Itulah sejarah singkat mengenai awal mula terjadinya sepakbola hingga menjadi sepakbola modern dengan berbagai macam aturan yang terlihat lebih unik dan bisa di pertanggung jawabkan.

Teknik Sepak Bola

Bagi seorang pemain tentu tidak mungkin tiba-tiba menjadi pemain bintang, semua pemain terkenal, pemain terbaik dunia mengawali karir dan teknik dasar sepakbola. Di bawah ini telah kami rangkumkan beberapa teknik dasar maupun nama sebutanya:

  • Menendang (kicking),
  • Menghentikan atau Mengontrol (stoping),
  • Menggiring (dribbling),
  • Menyundul (heading),
  • Merampas (tacling),
  • Lemparan Kedalam (trow – in)
  • Menjaga Gawang (Goal Keeping)

Selanjutnya sobat akan belajar materi sepakbola seputar istilah menendang, menghentikan, dan mengiring bola dalam permainan sepakbola.

1. Menendang (kicking)

Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepakbola yang paling dominan. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan (passing), dan menembak kearah gawang (shootig at the goal).
Dilihat dari perkenaan bagian kaki ke bola, menendang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Menendang dengan kaki bagian dalam, Menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang dengan punggung kaki.

A. Menendang dengan Kaki Dalam

Secara umum teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek. Untuk bagaimana cara geraknya adalah sebagai berikut:

  1. Badan menghadap sasaran di belakang bola.
  2. Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15 cm, ujung kaki menghadap sasaran, lutut sedikit ditekuk.
  3. Kaki tending ditarik kebelakang, dan ayunkan ke depan.
    Setelah terjadi benturan dilanjutkan dengan Follow trow, (gerakanlanjutan).

B. Menendang dengan Kaki Luar

Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek, bagaimana caranya inilah analisanya untuk sobat semua :

  1. Posisi badan dibelakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola 25 cm, ujung kaki menghadap kesasaran, dan lutut sedikit ditekuk.
  2. Kaki tendang berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadap kedalam.- kaki tendang ditarik ke belakang dan ayunkan ke depan.
  3. Perkenaan bola tepat di punggung kaki bagian luar, dan tepat pada tengah–tengah bola.
  4. Gerakan lanjutan kaki tending diangkat serong kurang lebih 45 derajatmenghadap sasaran.

C. Menendang dengan punggung kaki

Pada umumnyamenendang dengan punggung kaki atau disebut juga dengan shooting.

  1. Badan dibelakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu diletakkan disamping bola dengan ujung kaki menghadap kesasaran, kaki sedikit ditekuk.
  2. Kaki tending berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap ke depan/sasaran.
  3. Kaki tending tarik ke belakang dan ayunkan kedepan hingga mengenai bola.
  4. Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dsan tepatpada tengah – tengah bola.
  5. Gerakan lanjut kaki tending diarahkan dan di angkat kearah sasaran.

2. Menghentikan Bola (Stopping)

Untuk bisa menghentikan bola tidaklah mudah bagi seorang pemula, namun apabila sering diasah dan berlatih tentu bukan tidak mungkin akan bisa menguasainya. Tujuan menghentikan bola adalah untuk mengontrol bola, yang termasuk didalamnya adalah untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing, caranya dalah sebagai berikut;

  1. Posisi badan segaris dengan datangnya bola.
  2. Kaki tumpu mengarah pada boladengan lutut sedikit ditekut.
  3. Kaki penghenti diangkat sedikit deengan permukaan bagian dalam kakidijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola.
  4. Bola menyentuh kaki persis dibagian dalam/mata kaki.
  5. Kaki penghenti mengikuti arah bola.Untuk teknik menghentikan bola masih terdapat banyak cara yang dapat dilakukan diantaranya yaitu menggunakan Punggung kaki, Paha, Dada, serta Kepala apabila memungkinkan.

3. Menggiring Bola (Dribble Bola)

Bagaimana cara menggiring/drible bola yang baik dan benar agar tidak jatuh dan terlalu kencang. Tentu hal ini perlu dilakukan dengan adanya banyak latihan setiap ada pelatihan atau berlatih sendiri untuk mengasah kemampuan. Pada intinya menggiring bola untuk mendekati jarak kesasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan. Selanjutnya akan kami share posisi tubuh saat menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam:

  1. Posisi kaki menggiring bola sama dengan posisi menendang bola.
  2. Kaki yang digunakan untuk menggiring bola tidak ditarik kebelakang hanya
    diayunkan kedepan.
  3. Diupayakan setiap melangkah, secara teratur bola disentuh/didorong bergulir
    kedepan.
  4. Bola bergulir harus selalu dekatdengan kaki agar bola dapat dikuasai
  5. Pada waktu menggiring bolakedua lutut sedikit ditekuk untuk mempermudah
    penguasaan bola.
  6. Pada saat kaki menyentuh bola, pendangan ke arah bola dan selanjutnya melihat
    situasi kelapangan.

Itulah pengetian sepak bola lengkap dengan sejarah, peraturan sepak bola terbaru FIFA. Kemudian dilengkapi dengan beberapa step by step teknik dalam bermain sepak bola pemula.