Pengertian Sitoplasma, Fungsi, Struktur, Komponen, Ciri, Sifat, Gambar dan Contohnya


Materi Sitoplasma Fungsi Struktur Komponen Ciri Sifat Gambar Contoh

Pengertian Sitoplasma, Fungsi, Struktur, Komponen, Ciri, Sifat, Gambar dan Contohnya. Materi tentang SItoplasma lengkap dengan penjelasan ciri-ciri sitoplasma dan fungsinya. Di laman rumuspelajaran.com juga akan memberikan penjelasan materi bagian sitoplasma, komponen-komponen dan juga contohnya. Untuk memperjelas materi pada kesempatan kali ini akan kami tampilkan gambar sitoplasma supaya mudah dimengerti. Kemudian bagi sobat yang masih duduk di bangku sekolah SMA dan sederajad akan mendapatkan pertanyaan dari guru seperti bagaimana ciri-ciri sitoplasma dan sebutkan fungsinya.

Pada sitoplasma ini ternyata ada banyak bagian-bagian seperti sitoskeleton yang isinya organel dan vesikuli, kemudian ada sitosol yang berupa cairan tempat organel melayang-layang di dalamnya. Jika dilihat dari fungsinya Sitosol mampu mengisi ruang sel yang tidak ditempati organel dan vesikula dan menjadi tempat banyak reaksi biokimiawi dan perantara transfer bahan dari luar sel ke organel atau inti sel.

Penjelasan mengenai fungsi sitolasma seperti pengatur interaksi sel dengan lingkungan diluarnya, pelarut senyawa dan protein dalam sel maupun fungsi lainya yang bisa dibaca langsung di laman pendidikan RUMUSPELAJARAN.COM. Untuk menambah wawasan sobat pelajar semua ada beberapa referensi artikel menarik untuk dibaca seperti pengertian Biotik lengkap dengan penjelasan fungsi-fungsi, macam-macam biotik dan beberapa contoh biotik serta ciri-ciri omnivora dan contohnya.

Pengertian Sitoplasma

Arti Sitoplasma merupakan bagian sel yang terbungkus membran sel. Pada sel eukariota, sitoplasma adalah bagian non-nukleus dari protoplasma. Pada sitoplasma terdapat sitoskeleton, berbagai organel dan vesikuli, serta sitosol yang berupa cairan tempat organel melayang-layang di dalamnya.

Sitosol mengisi ruang sel yang tidak ditempati organel dan vesikula dan menjadi tempat banyak reaksi biokimiawi serta perantara transfer bahan dari luar sel ke organel atau inti sel. Semua sel memiliki sitoplasma, setiap jaringan maupun spesies memiliki ciri-ciri yang jauh berbeda antara satu dengan yang lain.

Disamping pengertian diatas yang sudah dijelaskan secara rinci apa itu sitoplasma dibawah ini adalah isi dalam sitoplasma terdapat oraganel-organel sel berikut ini:

  • Mitokondria, berfungsi dalam proses oksidasi dan mualisasi.
  • Plastida, di dalamnya terkandung klorofil, berfungsi dalam fotosintesis.
  • Vakuola, berfungsi menyimpan zat makanan.
  • Ribosom, sebagai tempat berlagsungnya sintesis protein.
  • Retikulum endoplasma, dibedakan menjadi dua:
  • Retikulum Endoplasma Kasar, sebagai tempat melekatnya ribosom.
  • Retikulum Endoplasma Halus.
  • Badan Golgi, berfungsi secara aktif dalam sekresi dan sintesis polisakarida.
  • Lisosom, berperan dalam proses matinya sel-sel.

Dalam pencarian internet seseorang mendapati apa fungsi sitoplasma brainly, apa ciri-ciri membran plasma, apa arti nukleoplasma dan juga sering muncul pertanyaan jelaskan fungsi dari membran sel
sitosol itu sendiri.

Fungsi Sitoplasma

Pengertian Sitoplasma

Fungsi sitoplasma adalah sebagai medium tempat terjadinya reaksi metabolisme sel. Selain itu berperan dalam menyediakan bahan yang penting untuk organel yang diperoleh dari luar sel.

Nah, arti Sitoplasma adalah bagian sel yang terletak diluar membran sel dan berupa cairan. Di dalamnya terdapat berbagai zat organik (protein, lipid, karbohidrat) dan zat anorganik (ion Ca, Mg). Khusus untuk cairan yang berbeda di dalam sel disebut nukleoplasma (di dalam nukleus).

Selain fungsi diatas ternyata bisa diuraikan jika gungsi dari Sitoplasma sendiri ada banyak diantaranya adalah.

  1. Tempat menyimpan bahan kimia untuk metabolisme sel seperti protein, lemak dan enzim
  2. Tempat menyerap air sesuai kebutuhan sel
  3. Menjaga keseimbangan air dalam sel
  4. Pelarut senyawa dan protein dalam sel
  5. Sitoplasma berfungsi sebagai kerangka sel Hal ini karena sitoplasma merupakan tempat organel-organel sel dilindungi sehingga memberikan bentuk pada organel-organel sel di dalamnya
  6. Penghantar listrik karena terdapat garam pada sitoplasma
  7. Pengatur interaksi sel dengan lingkungan diluarnya
  8. Fasilitator supaya organel di dalam sel dapat bergerak karena aliran sitoplasma
  9. Tempat metabolisme sitosolik seperti glikolisis dan tempat sintesis protein oleh ribosom

Komponen Sitoplasma

Komponen yang mendasari Sitoplasma itu sendiri ada berbagai bahan-bahan yang dapat ditemukan di sitoplasma disebut sitosol. Sitosol membentuk setengah cairan yang memiliki fase encer (sol) dan fase padat lembek (gel). Fase sol dan fase gel ini tergantung pada aktivitas osmoregulasi pada sitoplasma. Sitoplasma tersusun dari beberapa komponen seperti dibawah ini.

  1. Air sebanyak kurang lebi sekitar 85-90%
  2. Bahan organik
  3. Garam
  4. Nutrien
  5. Ion
  6. Enzim

Ciri Sitoplasma

Komponen Sitoplasma

Perlu diketahui jika Sitoplasma sendiri mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Padatan sitoplasma terdiri dari organel yaitu ribosom, mitokondria dan komplek golgi
  2. Padatan sitoplasma bersifat dapat berubah-ubah karena fase sol (cair) dan fase gel (padat) tergantung kondisi sel.
  3. Sitosol tersusun, air, protein, asam amino, vitamin, nukleotida, asam lemak, gula dan ion.
  4. Ada sifat pewarna differensial
  5. Bagian sitolasma matriks sitoplasma, organel sel dan inklusio sitoplasma
  6. Sitoplasma terdapat pada tumbuhan dan hewan. perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan dapat dilihat dari jumlah sitoplasma. Pada tumbuhan jumlah sitoplasma ada banyak.

Baca materi lainya seperti:

Struktur Sitoplasma

Nah, pembahasan selanjutnya adalah bagaimana struktur pembentuk Sitoplasma itu sendiri yang memang terdiri dari matrik sitoplasma yang berfungsi mengatur kekentalan sitoplasma dengan membentuk benang spindel, pembentukan berbagai serabut seperti

  1. Mikrotubulus : organel sel berbentuk silinder panjang yang berongga, tidak bercabang, tidak bermembran. Tersusun dari protein dengan ukuran diameter 25 nm dan
  2. panjang tak menentu.
  3. Filamen : organel sel yang berbentuk seperti benang-benang halus.
  4. Miofibril : organel sel yang tersusun dari protein otot aktin, miosin, troponin dan tropomiosin. Bentuknya seperti serabut-serabut.
  5. Serabut keratin

Matriks Sitoplasma

Pembahasan selanjutnya adalah Matriks sitoplasma yang merupakan bahan dasar sitoplasma (sitosol). Matriks sitoplasma tersusun dari oksigen, karbon, hidrogen, nitrogen, senyawa organik dan anorganik.

Fungsi larutan penyangga dan mengendalikan rangsangan. Matriks sitoplasma dapat melakukan pergerakan sehingga memiliki beberapa sifat fisik. Kemudian sifat fisik pada matriks sitoplasma ada 4 (empat) diantaranya adalah:

  1. Efek tyndall : kemampuan memantulkan cahaya karena berbentuk transparan.
  2. Gerak brown : larutan koloid pada sitoplasma bergerak secara zig-zag.
  3. Gerak siklosis : gerak matrik sitoplasma seperti arus.
  4. Tegangan permukaan

Itulah ulasan singkat materi Sitoplasma lengkap dengan penjelasan Fungsi, Struktur, Komponen, Ciri, Sifat, Gambar dan Contohnya. Semoga dengan membaca dan mengetahui Fungsi Sitoplasma dan Organel diatas menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita.