Pengertian Teks Deskripsi, Ciri, Struktur, Jenis dan Contohnya


Pengertian Teks Deskrips Definisi Ciri Struktur Jenis dan Contohnya

Pengertian Teks Deskripsi, Ciri, Struktur, Jenis dan Contohnya. Pembahasan materi mengenai teks deskripsi yang meliputi definisi, ciri-ciri, macamnya serta contoh teks deskripsi sehingga sobat dapat memahami apa arti dari teks deskripsi sebenarnya.

Selain teks eksposisi dan teks diskusi yang seperti kita bahas sebelumnya, masih ada yang namanya teks deskripsi yang akan menjadi pembahasan kali ini. Dalam keilmuan, deskripsi diperlukan supaya peneliti tidak melupakan pengalamannya dan agar pengalaman tersebut dapat dibandingkan dengan pengalaman peneliti lain, sehingga deskripsi tersebut akan mudah untuk dilakukan pemeriksaan dan kontrol.

Definisi deskripsi pada umumnya adalah menegaskan sesuatu, seperti apa sesuatu itu kelihatannya, bagaimana bunyinya, bagaimana rasanya, dan sebagainya. Deskripsi yang detail diciptakan dan dipakai dalam disiplin ilmu sebagai istilah teknik.

Saat data yang dikumpulkan akan ada dau perbedaan berdasarkan penyajiannya, yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Dimana disebut dengan penelitian kuantitatif apabila deskripsi, analisis dan kesimpulannya lebih disajikan dalam angka-angka. Sedangkan dinamakan penelitian kualitatif apabila data, deskripsi, dan analisis kesimpulannya disajikan dalam uraian kata-kata.

Untuk lebih jelasnya mengenai definisi teks deskripsi yang dapat sobat simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Teks Deskripsi

Teks deskripsi adalah sebuah paragraf yang mana menyampaikan gagasan utamanya dengan cara menggambarkan suatu objek, tempat atau peristiwa secara jelas dan terperinci. Sehingga pembaca seolah-olah dapat merasakan secara langsung apa yang dijelaskan dalam teks tersebut.

Paragraf deskripsi sendiri merupakan salah satu bagian dari teks non-fiksi yang mana memiliki tujuan untuk menjelaskan suatu objek atau peristiwa secara utuh. Jenis teks ini pada umumnya dibuat berdasarkan observasi yang dilakukan oleh penulis sehingga terdapat kesan, fakta, dan citraan yang sesuai dengan pengalaman penulisnya.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Untuk membedakan dengan jenis teks lainnya, teks deskripsi mempunyai beberapa ciri khusus. Berikut ini adalah ciri-ciri teks deskripsi:

  • Menggambarkan suatu objek, seperti benda, tempat, atau suasana tertentu.
  • Penyampaian suatu objek atau peristiwa secara rinci dengan melibatkan kesan panca indera (penglihatan, pendengaran, pengecapan, penciuman, dan perabaan).
  • Dijelaskan juga rinci mengenai ciri-ciri fisik suatu objek. Misalnya ukuran, bentuk, warna, dan ciri lainnya.
  • Sering menggunakan frasa yang memiliki makna kata sifat atau keadaan.
  • Dapat membuat para pembacanya seolah-olah ikut merasakan langsung apa yang diungkapkan di dalam teks tersebut.

Struktur Teks Deskripsi

Kemudian dalam teks deskripsi terdapat empat (4) struktur utama yang saling berhubungan sehingga menjadi utuh. Berikut ini adalah struktur teks deskripsi:

1. Identifikasi

Identifikasi merupakan bagian yang menentukan identifikasi objek. Misalnya adalah benda, tempat, seseorang, dan lain sebagainya.

2. Klasifikasi

Klasifikasi merupakan penyusunan teks yang dibuat secara sistematis untuk mengelompokkan sesuatu berdasarkan standar yang telah ditentukan.

3. Deskripsi

Deskripsi merupakan bagian yang berisi tentang gambaran secara terperinci mengenai suatu objek atau topik yang dibahas di dalam teks tersebut.

4. Penutup

Penutup merupakan bagian yang berisi tentang kesimpulan atau penegasan kembali berbagai hal penting yang terdapat di dalam teks tersebut.

Jenis Teks Deskripsi

Teks Deskripsi dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu teks deskripsi subjektif, spatial dan objektif. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Teks Deskripsi Subjektif adalah jenis paragraf yang menggambarkan suatu objek sesuai dengan pengalaman atau kesan dari penulisnya.
  • Teks Deskripsi Spatial adalah jenis paragraf yang penggambaran objeknya hanya berupa tempat, ruang, atau benda.
  • Teks Deskripsi Objektif adalah jenis paragraf yang menggambarkan objek sesuai dengan keadaan sebenarnya tanpa ada penambahan opini atau rekayasa dari penulisnya.

Langkah-langkah Membuat Teks / Paragraf Deskripsi

Berikut ini beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam membuat teks deskripsi:

  1. Menentukan tema (objek yang akan dibahas).
  2. Menentukan tujuan pembuatan teks.
  3. Mengumpulkan data dengan melakukan observasi terhadap objek yang akan dibahas.
  4. Menyusun data menjadi suatu kerangka karangan.
  5. Uraikan kerangka karangan menjadi sebuah paragraf deskripsi yang disesuaikan dengan topik.

Kaidah Kebahasaan Teks Deskripsi

Berikut ini adalah kaidah kebahasaan teks deskripsi saat menyampaikan suatu objek atau peristiwa:

  • Menggunakan kata benda sesuai topik yang dideskripsikan. Misalnya adalah sekolah, rumah, gudang, dan lain sebagainya.
  • Menggunakan frasa yang mengandung kata benda. Contohnya yaitu “pria itu adalah seorang kepala sekolah yang bijaksana”.
  • Menggunakan frasa yang mengandung kata sifat. Misalnya adalah satu karyawan rajin, dua celana putih, dan lainnya.
  • Mengandung kata kerja transitif untuk menggambarkan suau subjek. Misalnya yaitu “siswa itu memakai seragam putih biru”.
  • Mengandung kata kerja (perasaan, pendapat) yang bertujuan untuk mengungkapkan pendapat penulis mengenai subjek tersebut. Misalnya yaitu menurut saya celana itu bagus, saya yakin baju itu murah, dan lainnya.
  • Mengandung kata keterangan tambahan mengenai objek. Misalnya yaitu di mall, di rumah, di kantin, dan lainnya.
  • Mengandung bahasa kiasan berupa perumpamaan atau metafora. Misalnya yaitu “kulitnya lembut seperti benang sutra”.

Contoh Teks Deskripsi

Agar lebih paham silahkan simak contoh teks/paragraf deskripsi singkat berikut ini.

Aku mempunyai seekor kucing peliharaan, namanya Choper. Dia memiliki bulu yang agak lebat berwarna hitam. Choper memiliki ekor yang panjang dan sangat lucu. Choper adalah kucing yang sangat unik karena dia suka makan sayuran dan buah.

Demikianlah pembahasan materi tentang teks deskripsi yang meliputi pengertian, ciri, struktur, jenis dan contoh teks deskripsi di situs RumusPelajaran.com. Jangan lupa pelajari juga pengertian teks ulasan dan juga unsur-unsur puisi yang telah kami sajikan di halaman lainnya.