Pengertian Teks Diskusi, Struktur, Jenis, Unsur, Tujuan dan Contohnya


Pengertian Teks Diskusi Definisi Struktur Jenis Unsur Kaidah Kebahasaan Tujuan dan Contohnya

Pengertian Teks Diskusi, Struktur, Jenis, Unsur, Tujuan dan Contohnya. Pembahasan materi tentang teks diskusi yang meliputi definisi, struktur, jenis, unsur atau kaidah kebahasaan, tujuan serta contoh-contoh teks diskusi bersama situs RumusPelajaran.com.

Setelah kita bahas tentang definisi teks ulasan dan juga teks eksposisi mari kita lanjutkan dengan penjelasan dari teks diskusi. Apakah yang dikmaksud dengan teks diskusi, bagaimana strukurnya, apa saja macam-macam teks diskusi serta bagaimana kaidah kebahasaannya?

Kami yakin terdamparnya sobat di blog ini lantaran sedang mencari referensi tentang teks diskusi, baik itu untuk menambah wawasan ataupun untuk mengerjakan tugas sekolah. Maka sangat pas sekali karena kali ini kami juga akan mencoba membahasnya.

Diskusi adalah sebuah interaksi komunikasi antara dua orang atau lebih. Biasanya komunikasi antara mereka atau kelompok tersebut berupa salah satu ilmu atau pengetahuan dasar yang akhirnya akan memberikan rasa pemahaman yang baik dan benar. Diskusi bisa berupa apa saja yang awalnya disebut topik. Dari topik inilah diskusi berkembang dan diperbincangkan yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu pemahaman dari topik tersebut.

Kemudian untuk teks diskusi sendiri biasanya terdapat dua pendapat yang berbeda atau sering dikenal dengan pro dan kontra tentang suatu hal sehingga menyebabkan kedua belah pihak saling membicarakan tentang suatu masalah yang sedang diperdebatkan.

Untuk lebih jelasnya mari simak penjelasan mengenai pengertian teks diskusi serta struktur, jenis, unsur/kaidah kebahasaan, tujuan dan juga contoh teks diskusi. Jika dirasa penting ada baiknya jika sobat siapkan alat tulis untuk mencatat poin-poin penting dari pembahasan dibawah ini.

Pengertian Teks Diskusi

Teks diskusi ialah sebuah teks yang memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal, yaitu pro dan kontra yang membuat kedua belah pihak menjadi saling membicarakan masalah yang menjadi persoalan atau disebut dengan diskusi.

Salah satu manfaat dari berdiskusi adalah dapat memperluas pengetahuan serta memperbanyak pengalaman. Yang dimaksud dengan diskusi ialah salah satu kegiatan wicara. Maksudnya adalah pertukaran gagasan, pikiran, dan pendapat antara dua orang atau lebih secara lisan.

Struktur Teks Diskusi

Adapun struktur yang menyusun teks diskusi sehingga menjadi utuh, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Isu

Isu biasanya berisi masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut.

2. Argumen Mendukung

Argumen mendukung berisi argumen atau alasan yang mendukung suatu hal yang menjadi pokok masalah diskusi.

3. Argumen Menentang

Argumen menentang berisi argumen atau alasan yang bertentangan dengan argumen yang mendukung.

4. Kesimpulan

Kesimpulan adalah hasil akhir yang berisi kesimpulan dan rekomendasi mengenai isu yang dibahas. Baiknya mengambil jalan tengah antara pendapat pro dan kontra.

Jenis Teks Diskusi

Teks diskusi sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Seminar

Seminar ialah sebuah pertemuan khusus yang mempunyai teknis dan akademis yang bertujuan untuk melaksanakan studi secara menyeluruh tentang suatu topik tertentu dengan pemecahan suatu permasalahan yang memerlukan interaksi di antara para peserta seminar yang dipandu oleh seorang guru besar ataupun cendikiawan.

2. Sarasehan

Sarasehan ialah sebuah pertemuan yang dilakukan untuk mendengarkan pendapat seseorang yang ahli di dalam bidang tertentu, yang mana kegiatan ini akan dilakukan dengan cara mengundang atau menghadirkan sekelompok undangan tertentu.

3. Simposium

Simposium ialah sebuah pidato pendek yang disampaikan oleh seseorang di depan para peserta/pengunjung yang datang. Sebagai contoh adalah simposium nasional akuntasi.

4. Diskusi panel

Pengertian diskusi Panel adalah sekelompok individu yang membahas topik tentang kelebihan pada masyarakat atau pendengar diskusi. Diskusi panel juga disebut sebagai forum pertukaran pikiran yang dilaksanakan oleh sekelompok orang dihadapan sekelompok hadirin mengenai suatu masalah tertentu yang telah dipersiapkannya.

5. Kongres

Kongres ialah pertemuan besar para wakil organisasi (politik, sosial, profesi) untuk membahas (mendiskusikan) serta mengambil keputusan.

6. Muktamar

Muktamar ialah sebuah pertemuan atau permusyawaratan tertinggi yang diadakan oleh pimpinan pusat dalam sebuah organisasi, yang mana pertemuan itu akan dihadiri oleh para wakil organisasi tersebut untuk mengambil keputusan tentang suatu permasalahan yang sedang dihadapi bersama di dalam organisasinya.

7. Lokakarya

Lokakarya ialah pertemuan atau acara yang dilaksanakan oleh para ahli di bidang tertentu yang memiliki tujuan untuk membahas suatu permasalahan yang terkait dengan keahlian mereka, sekaligus untuk mencari solusi bagi masalah yang sedang dihadapinya tersebut.

PELAJARI JUGA: CIRI-CIRI PUISI DAN JUGA CONTOH-CONTOH SURAT

Unsur / Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

Adapun unsur atau kaidah kebahasaan teks diskusi, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Penggunaan Konjungsi Perlawanan

Dalam penggunaan konjungsi perlawanan biasanya menggunakan kata hubung: tetapi, sedangkan, namun, sebaliknya.

2. Penggunaan Kohesi Leksikal dan Kohesi Gramatikal

  • Kohesi leksikal ialah kepaduan yang diraih melalui pemilihan kata.
  • Kohesi gramatikal ialah kepaduan yang diraih dengan menggunakan elemen dan aturan gramatikal.

3. Penggunaan Modalitas

Modalitas ialah sebuah kata yang memiliki makna kemungkinan, kenyataan, dan sebagainya yang dinyatakan dalam bentuk kalimat. Pada umumnya dinyatakan menggunakan kata-kata seperti harus, akan, ingin, mungkin.

Fungsi Teks Diskusi

Kemudian untuk fungsi sosial teks diskusi ialah digunakan untuk melihat suatu masalah dari berbagai perspektif, sebelum membuat keputusan atau rekomendasi.

Tujuan Teks Diskusi

Tujuan sebuah diskusi adalah mencari kesepatakan atau kesepahaman gagasan. Kemudian diskusi yang dilaksanakan oleh beberapa orang disebut dengan diskusi kelompok.

Diskusi kelompok sendiri membutuhkan seorang leader atau disebut sebagai ketua diskusi. Sedangkan tugas dari ketua diskusi adalah membuka dan menutup diskusi, membangkitkan minat anggota untuk menyampaikan pendapat, menengahi anggota yang berdebat, dan menyimpulkan hasil diskusi tersebut.

Contoh Teks Diskusi

Berikut ini adalah salah satu contoh teks diskusi tentang narkoba. Simak dengan seksama agar sobat paham dengan maksud dari teks diskusi tersebut.

ISU

Bahaya dari penggunaan narkoba tentunya sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Akan tetapi sampai saat ini masih saja ditemukan penyalahgunaan narkoba.

Narkoba sendiri merupakan narkotika dan obat-obatan berbahaya, merupakan zat adiktif atau psikotropika yang dapat memberi efek candu atau ketagihan pada penggunanya serta menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh bila dikonsumsi terus-menerus dalam dosis yang sangat banyak.

ARGUMEN MENDUKUNG

Contoh bahaya yang disebabkan oleh narkoba sudah sangat banyak sekali, antara lain adalah:

  • Dapat mengganggu kinerja jantung
  • Menimbulkan gangguan pada pembuluh darah dan menyebabkan tekanan darah meningakat
  • Menimbulkan kerusakan otak
  • Paru-paru bisa terganggu
  • Gangguan fungsi reproduksi
  • Turunnya nafsu makan hingga akhirnya mengurangi berat badan
  • Sering mual dan muntah-muntah.
  • AIDS

ARGUMEN MENENTANG

Namun, narkoba tidak sepenuhnya buruk jika digunakan dengan benar. Pasalnya zat-zat jenis psikotropika ini sebenarnya masih digunakan dalam dunia kedokteran.

Contohnya adalah untuk melakukan bius pada pasien maupun yang ada dalam suatu obat khusus. Akan tetapi dosis yang digunakan sangat kecil sehingga tidak menimbulkan bahaya.

KESIMPULAN

Jika kita sudah mengerti akan bahaya yang disebabkan oleh narkoba, baiknya jika kita menghindari penyalahgunaan narkoba dan kita juga perlu lebih berhati-hati dalam bergaul, pasalnya pergaulan zaman sekarang yang makin bebas.

Demikianlah pembahasan materi mengenai teks diskusi yang meliputi pengertian, definisi, struktur, jenis, unsur, kaidah kebahasaan,fungsi, tujuan dan contoh teks diskusi. Jangan lupa pelajari juga definisi cerpen dan juga jenis-jenis pantun yang telah kami sajikan di halaman lainnya.