Pengertian Teks Eksposisi, Struktur, Ciri, Unsur, Jenis dan Contohnya


Pengertian Teks Eksposisi Definisi Struktur Ciri Unsur Jenis dan Contoh Teks Eksposisi

Pengertian Teks Eksposisi, Struktur, Ciri, Unsur, Jenis dan Contohnya. Pembahasan materi tentang teks eksposisi yang meliputi definisi, struktur, ciri-ciri, unsur kebahasaan, macam-macam teks ekposisi serta contoh-contohnya.

Apakah sobat sedang mencari referensi mengenai definisi tesk ekposisi? Sangat pas sekali karena sobat berkunjung ke situs RUMUSPELAJARAN.COM, pasalnya hari ini kami akan mencoba membahas tentang apa itu teks eksposisi. Pada artikel sebelunya juga telah kita bahas tentang pengertian pantun dan juga struktur cerpen yang dapat sobat pelajari di halaman lainnya.

Lalu apakah yang dimaksud dengan teks eksposisi, bagaimana ciri-ciri serta struktur pembuatannya dan apa saja jenis-jenis teks eksposisi? Biasanya teks eksposisi disampaikan dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat.

Langkah-langkah untuk menyusun Paragraf Proses Pola pengembangan karangan eksposisi bisa bermacam-macam, di antaranya pola pengembangan proses. Paragraf proses itu menyangkut jawaban atas pertanyaan bagaimana bekerjanya, bagaimana mengerjakan hal itu (membuat hal ini), bagaimana barang itu disusun, bagaimana hal itu terjadi.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak penjelasan tentang pengertian teks eksposisi, struktur, ciri, unsur, jenis dan contohnya teks eksposisi dibawah ini.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks Eksposisi adalah sebuah teks yang berisi informasi dan pengetahuan dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat.

Teks eksposisi sendiri bertujuan untuk menjelaskan atau memberikan informasi kepada pembaca agar bisa menambah ilmu pengetahuan, jadi dengan membaca teks ini maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian tersebut.

Struktur Teks Eksposisi

Struktur teks eksposisi terbagi menajdi tiga, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Pernyataan Pendapat (Tesis)

Tesis adalah bagian teks yang berisikan pernyataan pendapat penulis tentang topik yang dibahas. Tesis juga disebut dengan bagian pembuka.

2. Argumentasi

Argumentasi adalah bagian yang memuat tentang alasan yang bisa mendukung argumen penulis dalam memperkuat ataupun menolak suatu gagasan.

3. Penegasan Ulang Pendapat (Reiteration)

Reiteration merupakan bagian yang berisi tentang penegasan ulang pendapat penulis.

Ciri-ciri Teks Eksposisi

Kemudian untuk ciri-ciri teks eksposisi sendiri adalah sebagai berikut:

  • Berisi tentang informasi-informasi pengetahuan
  • Gaya informasi yang mengajak
  • Pada umumnya teks eksposisi menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, dimana, mengapa, bagaimana
  • Gaya bersifat informatif
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi dan juga alat kontritasi
  • Penulisannya singkat, padat dan akurat
  • Berusaha menjelaskan sesuatu
  • Penyampaian secara lugas serta memakai bahasa yang baku
  • Tidak memihak, yang berarti tidak memaksakan kemauan penulis pada pembaca
  • Paragraf eksposisi umumnya menjawab tentang askadimega

Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi

Pada umumnya terdapat tiga kaidah dalam penulisan teks eksposisi. Berikut ini adalah unsur kebahasaan dalam membuat teks eksposisi.

1. Konjungsi

Konjungsi merupakan bentuk kata penghubung yang sering dipakai dalam teks eksposisi. Bahkan kata penghubung yang digunakan pada jenis teks ini ada banyak sekali.

Ada yang digunakan untuk menunjukkan waktu, perbandingan, penjelasan, gabungan, dan lain sebagainya. Misalnya adalah kata “lalu”, “setelah” yang digunakan sebagai kata penghubung waktu.

2. Pronomina

Pronomina merupakan bentuk kata ganti pada suatu teks. Pronomina sendiri terdiri dari dua jenis, yaitu Persona dan Non-Persona. Berikut ini adalah penjelasannya:

  • Persona adalah kata ganti untuk menunjukkan orang. Misalnya adalah kata kamu, dia, saya, ia.
  • Non-Persona adalah kata ganti untuk menunjukkan sesuatu yang bukan orang. Misalnya adalah kata di sana, di situ, di sini.

3. Leksikal

Leksikal merupakan jenis kata yang menunjukkan kata kerja, kata sifat, kata benda dan kata keterangan. Contoh Leksikal antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kata kerja, contohnya berlari, menulis, membaca, dan lain sebagainya.
  • Kata benda, contohnya batu, kayu, meja, piring, dan lain sebagainya.
  • Kata sifat, contohnya baik, buruk, cantik, menarik, dan lain sebagainya.
  • Kata keterangan, contohnya di sini, di situ, malam, pagi, dan lain sebagainya.

Jenis-jenis Teks Eksposisi

Teks Eksposisi terbagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah macam-macam teks eksposisi.

1. Teks Eksposisi Ilustrasi

Teks Eksposisi Ilustrasi biasanya menggunakan pengilustrasian yang sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide. Teks eksposisi jenis ini juga menggambarkan sesuatu yang mempunyai kesamaan sifat. Serta menggunakan frasa penghubung.

2. Teks Eksposisi Berita

Teks Eksposisi Berita berisi untuk memberikan sebuah informasi dari suatu kejadian, biasanya sering kita dijumpai dalam berita atau surat kabar.

3. Teks Eksposisi Perbandingan

Teks Eksposisi Perbandingan adalah teks yang menjelaskan suatu ide atau gagasan pada kalimat utama dengan metode perbandingan.

4. Teks Eksposisi Proses

Pada umumnya Teks Eksposisi Proses berisi tentang panduan atau tata cara membuat sesuatu.

5. Teks Eksposisi Definisi

Teks Eksposisi Definisi biasanya berisi tentang pengertian dari suatu obyek.

6. Teks Eksposisi Pertentangan

Teks Eksposisi Pertentangan biasanya berisi pertentangan antara sesuatu obyek dengan obyek yang lain. Selain itu teks ekposisi jenis ini biasanya juga menggunakan frasa penghubung, misalnya “meskipun begitu, akan tetapi, sebaliknya.”

7. Teks Eksposisi Analisis

Teks Eksposisi Analisis merupakan proses memisahkan suatu masalah dari suatu gagasan utama menjadi beberapa sub-bagian. Setelah itu dilanjutkan dengan melakukan pengembangan secara berurutan.

Contoh Teks Eksposisi Singkat

Sebenarnya ada banyak sekali contoh teks eksposisi seperti contoh teks eksposisi singkat tentang lingkungan sekolah, contoh teks eksposisi tema lingkungan hidup, contoh teks eksposisi tentang lingkungan rumah, contoh teks eksposisi tentang alam, contoh teks eksposisi tentang kesehatan, contoh teks eksposisi tentang pelestarian lingkungan hidup, contoh teks eksposisi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, contoh teks eksposisi tentang politik dan lain sebagainya.

Namun kali ini kami hanya akan memberikan contoh satu saja tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan. Berikut ini adalah contoh teks eksposisi singkat dengan strukturnya tentang lingkungan hidup yang berjudul “Manusia dan sampah”.

Tesis

Di zaman milenial seperti sekarang ini membuang sampah sembarangan seperti di sungai seolah-olah menjadi hal yang biasa.

Bahkan banyak juga orang orang yang membuang sampah asal-asalan di kota. Sehingga dapat mengakibatkan beberapa sungai terhalang oleh sampah-sampah dan saat hujan sungai menjadi terhambat dan mengakibatkan banjir.

Argumentasi

Sudah banyak pengamat yang menyimpulkan bahwa manusia yang membuang sampah di sungai setiap tahun terus menerus bertambah.

Manusia juga belum pernah kapok juga dengan membuang sampah di sungai yang mengakibatkan banjir karena tingkah laku mereka sendiri dan banyak korban jiwa juga karena banjir tersebut. Tidak hanya banyak yang terluka bahkan banyak juga yang meninggal dunia akibat dari banjir.

Namun kejadian tersebut tidak dapat menyadarkan mereka agar tidak membuang sampah sembarangan dan untuk membuang sampah pada tempatnya.

Penegasan ulang

Setelah mengetahui bencana yang terjadi yang diakibatkan oleh ulah mereka sendiri. Seharusnya mereka sudah sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan atau di sungai agar tidak merugikan diri sendiri, banyak orang dan lingkunganya agar air sungai tidak tersumbat dan saat terjadi hujan tidak banjir.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian teks eksposisi, struktur, ciri, unsur, kaidah penulisan, jenis dan contoh teks eksposisi singkat. Semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari referensi tentang teks eksposisi. Jangan lupa pelajari juga definisi teks ulasan dan juga jenis-jenis puisi barangkali sobat juga membutuhkan referensi tentang materi tersebut.