Pengertian Teks Ulasan, Ciri, Struktur, Kaidah, Jenis, Tujuan, Manfaat, Contoh Resensi Film, Novel, dan Cerpen


Pengertian Teks Ulasan Definisi Ciri Struktur Kaidah Jenis Tujuan Manfaat Contoh Resensi Film Novel dan Cerpen

Pengertian Teks Ulasan, Ciri, Struktur, Kaidah, Jenis, Tujuan, Manfaat, Contoh Resensi Film, Novel, dan Cerpen. Materi pembahasan teks ulasan yang meliputi pengertian, ciri, struktur, kaidah kebahasaan teks ulasan, jenis-jenis, tujuan dan contoh teks ulasan secara singkat di website RUMUSPELAJARAN.COM. Apakah yang dimaksud dengan teks ulasan dan bagaimana cara membuat teks ulasan untuk mereview suatu karya, baik itu film, drama, novel, buku maupun cerpen?

Ulasan pada umumnya ditulis dalam bentuk artikel, sehingga teks ulasan dapat disebut artikel ulasan. Namun di sekitar kita teks ulasan biasanya digunakan untuk mereview buku, yang sering kita kenal dengan resensi buku. Resensi sendiri berasal dari bahasa Belanda resentie dan bahasa Latin recensio, recensere atau juga revidere yang artinya mengulas kembali. Resensi adalah suatu penilaian terhadap sebuah karya. Karya yang dinilai dapat berupa buku dan karya seni film dan drama. Menulis resensi terdiri dari kelebihan, kekurangan dan informasi yang diperoleh dari buku dan disampaikan kepada masyarakat.

Sebenarnya ulasan tidak hanya untuk mengulas atau mengevaluasi buku saja. Melainkan dapat kita gunakan untuk mereview karya-karya lainnya seperti artikel, karya sastra (cerpen, novel, drama, dan puisi), serta karya seni (musik, tari, kriya, lukis, pertunjukan, dan film).

PELAJARI JUGA: PENGERTIAN SURAT FUNGSI, JENIS DAN CONTOHNYA

Bahkan jika kita pelajari lebih dalam lagi, teks ulasan ini dapat dibuat terhadap sebuah peristiwa, misalnya akivitas olah raga atau kegiatan-kegiatan sosial lainnya. Pasalnya ulasan sendiri merupakan teks yang berfungsi untuk menimbang, menilai, dan mengajukan kritik terhadap karya atau peristiwa yang diulas tersebut.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu mulai dari pengertian teks ulasan, ciri, struktur, kaidah, jenis, tujuan hingga contoh-contohnya di situs pendidikan RumusPelajaran.com. Sebelumnya juga telah kami hadirkan materi pelajaran kimia pengertian unsur senyawa dan campuran serta materi pelajaran bahasa inggris pengertian simple past tense di halaman lainnya.

Pengertian Teks Ulasan (Resensi)

Teks ulasan atau yang disebut juga dengan resensi ini adalah suatu teks yang berisi ulasan, penilaian atau review terhadap suatu karya seperti film, drama, atau sebuah buku. Ketika mengulas suatu karya, pengulas harus bersikap kritis agar hasil ulasannya dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan karya tersebut.

Selain itu ulasan juga dapat disebut dengan review. Ulasan pada umumnya ditulis dalam bentuk artikel, sehingga teks ulasan juga dapat disebut artikel ulasan, Ulasan merupakan teks yang berfungsi untuk menimbang, menilai, dan mengajukan kritik terhadap karya atau peristiwa yang diulas tersebut (Gerot & Wignell, 1994; Hyland & Diani, 2009 ).

Ciri-ciri Teks Ulasan

Teks ulasan memiliki beberapa ciri-ciri yang harus sobat ketahui, berikut ini adalah ciri-ciri teks ulasan:

  • Struktur teks ulasan terdiri dari orientasi, tafsiran, rangkuman dan evaluasi.
  • Didalamnya memuat informasi berdasarkan dengan pandangan atau opini dari penulis tentang sebuah karya atau produk.
  • Opini teks ulasan berdasarkan dengan fakta yang telah di interpretasikan
  • Dinamakan juga dengan Resensi

Struktur Teks Ulasan

Selain ciri-ciri, ulasan memiliki struktur guna menyusun sebuah teks ulasan sehingga teks tersebut menjadi utuh. Berikut ini adalah 4 hal yang harus sobat pahami sebelum membuat teks ulasan.

Orientasi

Orientasi merupakan bagian awal atau sebuah pengenalan tentang gambaran umum mengenai baik film, drama maupun sebuah buku yang akan diulas review. Orientasi bertujuan untuk memberikan penjelasan kepada pembaca mengenai apa yang akan diulas.

Tafsiran

Tafsiran adalah penjelasan secara detail mengenai sebuah karya yang di-ulas. Misalnya berisi tentang bagian-bagian suatu karya, keunikan, keunggulan, kualitas, dsb.

Evaluasi

Evaluasi Berisi pandangan dari pengulas terhadap hasil karya yang di-ulas. Agar dapat menyebutkan bagian yang mempunyai nilai, kelebihan dan kekurangan dar karya tersebut, kita harus melakukan evaluasi setelah melalui tahap tafsiran secara cukup.

Rangkuman

Nah yang terakhir adalah bagian Rangkuman. Bagian ini Berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya. Pada rangkuman ini juga memuat komentar pengulas apakah hasil karya tersebut berkualitas atau tidak untuk ditonton atau dibaca.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Untuk membuat ulasan, kita juga harus memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan dalam menulis teks ulasan. Berikut ini adalah beberapa kaidah kebahasaan yang terkandung dalam teks ulasan:

  • Teks ulasan drama/film berisi penonjolan terhadap unsur-unsur karya seni yang hendak di-ulas.
  • Menggunakan kata-kata opini atau persuasif
  • Menggunakan konjungsi internal dan konjungsi eksternal
  • Menggunakan ungkapan perbandingan (persamaan/perbedaan)
  • Menggunakan kata kerja material dan kata kerja relasional

Jenis-jenis Teks Ulasan

berdasarkan isinya, teks ulasan atau yang sering dikenal dengan resensi ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis teks ulasan:

Teks Ulasan Informatif

Teks ulasan informatif artinya berisi tentang gambaran singkat, umum dan padat sebuah karya (film, drama atau buku). Resensi atau Ulasan juga tidak menyampaikan semua isi karya tapi hanya memaparkan sebagian saja yang penting yang menekankan terhadap suatu kelebihan maupun kekuranag dari karya yang dihasilkan.

Teks Ulasan Deskriptif

Teks ulasan deskriptif adalah teks ulasan yang berisi tentang gambaran detail setiap bagian hasil karya. Secara umum teks ulasan ini dilakukan terhadap sebuah karya fiksi guna mendapat gambaran yang jelas terkait manfaat, kemudian pentingnya informasi serta kekuatan argumentatif yang digambarkan oleh penulis pada suatu karya.

Teks Ulasan Kritis

Dan yang terakhir adalah teks ulasan kritis yang artinya resensi yang berisi tentang ulasan terperinci sebuah karya sastra yang mengacu pada suatu metode ataupun pendekatan ilmu pengetahuan. Teks ulasan kritis juga dibuat secara objektif serta lebih kritis, bukan hanya berdasar pandangan subyektif dari penulis resensi. Contoh: Resensi terhadap novel dengan menggunakan pendekatan sosiologi.

PELAJARI JUGA: CIRI-CIRI TEKS CERITA ULANG DAN JUGA STRUKTUR TEKS EDITORIAL

Tujuan Teks Ulasan

Teks ulasan tentunya mempunyai tujuan. Berikut ini adalah Tujuan dari teks ulasan:

  • Teks ulasan bertujuan untuk menunjukan sudut pandang atau keberpihakan penulis pada suatu hal ataupun karya sementara.
  • Teks ulasan bertujuan untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai terkait standar kelayakan serta kepatutan suatu karya.
  • Teks ulasan bertujuan untuk membantu para pembaca mengetahui tentang gambaran serta kritikan sebuah karya.
  • Teks ulasan bertujuan untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan karya yang diresensi.
  • Teks ulasan bertujuan untuk memberi informasi yang komprehensif terkait sebuah karya.
  • Teks ulasan bertujuan untuk mengajak para pembacanya merenungkan, mendiskusikan dan memikirkan masalah yang hadir dalam pada sebuah karya.
  • Teks ulasan bertujuan untuk memberi pertimbangan kepada pembaca masalah nilai kepantasan sebuah karya.
  • Teks ulasan bertujuan untuk memberi kemudahan para pembacanya untuk mengidentifikasi hubungan antara karya satu dengan lainnya yang mirip.
  • Teks ulasan bertujuan untuk memberi pertimbangan pembaca sebelum mereka memilih membeli atau menikmati sebuah karya.

Manfaat Teks Ulasan

Selain tujuan, teks ulasan juga mempunyai beberapa manfaat, baik untuk menambah wawasan maupun manfaat finansial. Berikut ini adalah manfaat teks ulasan atau resensi secara umum:

Bahan Pertimbangan

Memberikan gambaran kepada para pembaca tentang suatu karya dan mempengaruhi mereka atas karya tersebut. Untuk itu pertimbangan menyajikan hal hal sebagai berikut:

  • Keinginan pengarang yang disajikan oleh penulis resensi secara metaanalisis, yaitu mengkaji landasan filosofi yang dijadikan dasar penulisan, misalnya landasan idealisme, paradigma pembaca yang hendak dikembangkan melalui karangannya, dan fokus pengembangan keterampilan pembaca
  • Kepentingan pembaca sehingga pembaca bisa terbantu mendapatkan informasi buku yang diperlukan
  • Pengarang dan pembaca bisa terjembatani dengan hadirnya sebuah resensi
  • Materi karangan disajikan untuk menunjukkan bahwa materi tersebut tepat bagi segmen pembaca yang menjadi targetnya

Nilai Ekonomis

Mendapatkan uang atau imbalan serta buku-buku yang diresensikan secara gratis dari penerbit buku apabila resensinya dimuat di koran atau majalah.

Sarana Promosi Buku

Buku yang diresensikan adalah buku baru yang belum pernah diresensi. Dengan demikian, resensi merupakan media untuk mempromosikan buku baru tersebut.

Pengembangan Kreativitas

Semakin sering menulis, maka semakin terasah kebiasaan menulis untuk setiap individu. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan kreativitas menulis.

Contoh Teks Ulasan / Resensi

Agar dapat memahami resensi, sobat harus sering berlatih untuk mengulas atau mereview buku suatu karya. Berikut ini kami sajikan contoh-contoh teks ulasan singkat novel, film dan cerpen:

Contoh Resensi Novel Surat Kecil untuk Ayah

Berikut ini adalah contoh teks ulasan atau resensi novel dengan judul surat kecil untuk ayah:

Orientasi

Surat kecil untuk Ayah merupakan salah satu novel laris yang dibuat oleh Boy Chandra. Dalam novel ini meceritakan kisah para ayah yang selalu menyisihkan waktu untuk keluargan dan harus bekerja keras seolah tanpa batas. Namun, seorang ayah juga tetap manusia. Di dalam novel ini, tokoh utamanya diperankan oleh tokoh yang bernama Aku.

Tafsiran

Pada bagian pertama, Boy Chandra menceritakan lelaki yang sangat dekat dengan kehidupannya. Seorang lelaki tersebut memberikan kasih sayang tak terkira dan selalu memberinya senyuman di pagi buta. Lelaki penuh kasih sayang itu adalah Ayah.

Ayah dalam novel tersebut diceritakan tidak pernah lelah untuk membuat seorang anak merasa senang dan nyaman. Namun, ia tak mengenal siapa sebenarnya ayahnya.

Cerita ini diakhiri saat saudara tiri memintanya datang ke Jakarta untuk menuju ke sebuah pemakaman. Matanya lantar menangis dan turun dari mobil dengan langkah gontai. Genggaman tangan yang memegang bunga tersebut jatuh bersama dengan air matanya.

Evaluasi

Kelebihan dari novel ini adalah bahasa yang disajikan dapat membuat pembaca terhanyut dalam kisah yang diceritakan. Novel ini juga melampirkan beberapa perjuangan anak, ibu dalam kehidupan nyata. Sayangnya, novel ini adalah masih ada terdapat salah tulis dan penulisan yang kurang menarik serta sulit dimengerti.

Rangkuman

Dengan mengesampingkan beberapa kekurangan yang ada, novel ini wajib dibaca oleh anak zaman sekarang. Buku ini mengajarkan bahwa seorang anak harus menghargai kerja keras dan ketegaran seorang ayah. Meski terkadang kita lupa bahwa ayah juga seorang manusia biasa.

Contoh Resensi Film Perahu Kertas

Berikut ini adalah contoh teks ulasan atau resensi film yang berjudul perahu kertas:

Orientasi

Perahu Kertas merupakan salah satu film yang diangkat dari novel karya dari Dewi Lestari dengan judul yang sama. Film ini bercerita tentang kejujuran hati dan adanya perasaan yang terhalang oleh hal lain.

Film perahu kertas ini diperankan oleh artis yang bisa dibilang masih remaja pada saat ditayangkan, seperti Maudy Ayunda dan Adipati Dolken. Sehingga film ini fokus pada kisah asmara atau cinta remaja.

Tafsiran

Film Perahu Kertas mengisahkan tentang naik turunya hubungan antara dua orang remaja bernama Kugy dan Keenan. Perkenalan antara mereka berdua terjadi ketika Kugy dan sahabat mereka menjemput Keenan pulang dari Belanda.

Namun sayangnya kisah cinta mereka berdua tidak berjalan dengan mulus. Karena saat sewaktu pertama kali berkenalan, Kugy sedang memiliki hubungan dengan Ojos.

Sementara Keenan sendiri juga sedang dekat dengan seorang gadis bernama Wanda. Walaupun Keenan dan Kugy memiliki rasa saling suka, mereka tidak pernah menyatakan perasaan satu sama lain. Sedangkan kisah cinta mereka berawal saat mereka kuliah di Bandung.

Kugy adalah sosok gadis yang tomboy, ceria dan mempunyai keyakinan bahwa dia adalah seorang agen Dewa Neptunus. Ia memiliki kebiasaan untuk menulis curhatannya di atas kertas yang nantinya dibentuk menjadi perahu dan dihanyutkan di atas air.

Meski kelihatannya Kugy orangnya begitu, sebenarnya Ia merupakan sosok yang memiliki pemikiran dewasa. Sedangkan Keenan adalah seorang pelukis muda berbakat yang dipaksa orang tuanya untuk melanjutkan kuliah di Fakultas Ekonomi.

Keenan bersama Kugy, serta Noni dan Eko yang merupakan sahabatnya menjadi geng yang kompak. Kebersamaan Kugy dan Keenan akhirnya menimbulkan cinta diam-diam. Tetapi rintangan demi rintangan selalu ada dalam kisah mereka.

Keenan yang sudah mulai kehilangan semangat akhirnya pergi ke rumah pak Wayan. Pak Wayan sendiri merupakan guru melukis Keenan yang kemudian mempertemukan Kugy dengan langganannya yang bernama Remi. Kugy yang sudah lulus kuliah diberikan tempat sebagai anak magang di biro iklan milik teman kakaknya.

Kugy dan Keenan dipertemukan lagi secara tidak sengaja di pesta pernikahan Noni dan Eko. Hubungan mereka berdua akhirnya kembali dekat. Sayangnya, ada sebuah penghalang antara mereka, yaitu Remy dan Luhde.

Evaluasi

Ada beberapa kelebihan yang ada pada film ini, misalnya saja adalah karakter yang digambarkan dengan sangat kuat dan apik. Kemudian pesan moral yang terkandung dalam cerita sangat baik dan menjadi bumbu dari film ini. Penjiwaan maksimal yang perankan oleh para pemain serta alur cerita dan konflik yang bagus digambarkan selama cerita berlangsung.

Namun, fim perahu kertas ini juga memiliki kekurangan. Misalnya adalah eksploitasi kehidupan pribadi masing-masing tokoh yang akhirnya memecah perhatian para penonton. Ending atau akhir cerita dari film ini juga terkesan menggantung tanpa ada kejelasan bagaimana film ini berlanjut.

Rangkuman

Film Perahu Kertas sangat cocok untuk ditonton para remaja. Karakter yang pas, konflik yang tepat, seakan menjadi alasan mengapa para remaja harus menonton kisah asmara dua sejoli ini.

Contoh Resensi Cerpen Ketika Sebuah Persahabatan Dipertaruhkan

Dan berikut ini adalah contoh teks ulasan atau resensi cerpen dengan judul ketika sebuah persahabatan dipertaruhkan:

Orientasi

Cerpen atau cerita pendek yang diberi judul ketika sebuah persahabatan dipertaruhkan adalah sebuah cerpen yang dibuat oleh seorang penulis yang bernama Arief Setiawan. Dalam cerpen ini mengangkat kisah cinta remaja yang dilanda sebuah masalah yang rumit. Cerita pendek ini memiliki tebal 3 lembar.

Tafsiran

Cerita dalam cerpen ini diawali dengan dua orang murid SMP yang ditulis sebagai Adit dan seorang cewek bernama Dewi. Pertemuan mereka berawal menjadi murid SMP, saat itu Adit diselamatkan oleh Dewi ketika ia di palak oleh teman sekelasnya. Namun pada akhirnya, mereka berdua menjadi teman dan sering curhat satu sama lain.

Dengan sikap Dewi yang baik terhadap Adit, menyebabkan Adit menjadi suka terhadap Dewi. Sayangnya mereka harus terpisah akibat sekolah mereka yang berbeda. Kemudian saat SMA, Adit memiliki seorang pacar dan mereka putus. Sehingga kemudian Adit berpacaran dengan Dewi.

Hubungan mereka memiliki masalah karena mantan pacar Adit meminta berpacaran kembali dengan Adit. Tetapi Adit mengambil keputusan yang salah dengan kembali kepada mantan pacarnya. Adit kemudian meninggalkan Dewi tanpa penjelasan apapun.

Evaluasi

Cerpen ini sangat menarik dengan penggambaran isi cerita yang begitu dalam. Hal itu tentu saja membuat pembaca cerpen ini merasakan berbagai perasaan yang dialami para tokoh dalam cerita.

Sedangkan untuk kekurangan dari cerita ini adalah tidak cocok dibaca oleh anak-anak yang masih di bawah umur. Cerita ini juga kurang memberikan pendidikan moral yang baik untuk usia di bawah umur. Sehingga cerita ini sangat cocok untuk dibaca bagi para remaja.

Rangkuman

Pesan moral yang terkandung dalam cerpen ini sangat baik, misalnya seperti persahabatan yang didasari oleh kasih sayang tanpa terhalang oleh jenis kelamin. Namun sayangnya cerita ini kurang bermanfaat bagi pelajar di bawah umur.

PELAJARI JUGA MATERI FISIKA: PENGERTIAN ZAT PADAT CAIR GAS DAN JUGA PERBEDAAN RANGKAIAN SERI DAN PARALEL

Demikianlah materi pelajaran teks ulasan/resensi yang meliputi pengertian, ciri, struktur, kaidah, jenis, tujuan, manfaat serta contoh-contoh teks ulasan film, novel dan cerpen. Semoga bermanfaat bagi sobat pengunjung setia rumuspelajaran.com dimana pun berada.