Pengertian Tenaga Nuklir, Sejarah, Jenis, Manfaat, Keuntungan dan Contoh


Pengertian Tenaga Nuklir, Sejarah, Jenis, Manfaat, Keuntungan dan Contoh

Pengertian Tenaga Nuklir, Sejarah, Jenis, Manfaat, Keuntungan dan Contoh. Apa yang dimaksud dengan nuklir? Pada kesempatan kali ini laman pendidikan rumuspelajaran.com akan berbagi ilmu pengetahuan yang membahas mengenai sejarah tenaga nuklir lengkap dengan penjelasan jenis-jenis nuklir, keuntungan dan contohnya. Untuk memperkuat materi kali ini kita juga akan bahas mengenai manfaat nuklir bagi kehidupan.

Senjata nuklir adalah senjata yang mendapat tenaga dari reaksi nuklir dan mempunyai daya pemusnah yang dahsyat – sebuah bom nuklir mampu memusnahkan sebuah kota. Tentu kita sudah banyak yang tahu jika senjata nuklir sangat berbahaya jika tidak digunakan dengan bijak. Nah, jaman sekarang tenaga nuklir sudah banyak manfaatnya. Manfaat nuklir yang biasa dirasakan pada bidang pertanian contohnya untuk melalui rekayasa dan mutasi genetik pada tumbuhan. Untuk menafaat lainya bisa dibaca di artikel ini di bagian manfaat nuklir.

Pada kesempatan sebelumnya kami juga membuat materi pelajaran lain tentang perbedaan rangkaian seri dan paralel serta rumus zat padat, cari dan gas yang telah kami sajikan di halaman lainnya. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) adalah stasiun pembangkit listrik termal tempat panas yang dihasilkan diperoleh dari satu atau lebih reaktor nuklir pembangkit listrik. Ada beberapa jenis tenaga PLTN yang dihasilkan seperti Reaktor Fisi, Reaktor thermalReaktor thermal, Reaktor subkritis. Baiklah langsung saja ke pembahasan materi saja selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Tenaga Nuklir

Inilah pengertian nuklir secara umum yaitu suatu energi yang yang dihasilkan dari reaksi pembelahan uranium oleh neutron, reaksi ini disebut reaksi fisi atau pembelahan. Energi nuklir juga dapat dihasilkan dari reaksi dua inti atom ringan yang menghasil inti atom yang lebih berat sekaligus menghasilkan energi, reaksi ini disebut reaksi fusi.

Karena kemanfaatnya sangat vital saat ini energi nuklir dari reaksi fisi sudah dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN), sementara fusi masih dalam penelitian di berbagai negara. Materi nuklir ini sering dijadikan menjadi makalah energi nuklir dan para siswa SMA maupun mahasiswa untuk mencari contoh energi nuklir maupun pemanfaatan energi nuklir ini.

Sejarah Nuklir

Sejarah Nuklir

Inilah penjelasan mengenai sejarah tentang nukir, senjata nuklir merupakan senjata yang mendapat tenaga dari reaksi nuklir dan mempunyai daya pemusnah yang dahsyat – sebuah bom nuklir mampu memusnahkan sebuah kota.

Sebagai pengetahuan jika senjata nuklir telah digunakan hanya dua kali dalam pertempuran – semasa Perang Dunia II oleh Amerika Serikat terhadap kota-kota Jepang, Nagasaki. Pada masa itu daya ledak bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki sebesar 20 kilo (ribuan) ton TNT. Sedangkan bom nuklir sekarang ini berdaya ledak lebih dari 70 mega (jutaan) ton TNT

Negara pemilik senjata nuklir yang dikonfirmasi adalah Amerika Serikat, Rusia, Britania Raya, Prancis, Republik Rakyat Tiongkok, India, Korea Utara dan Pakistan. Selain itu, negara Israel dipercayai mempunyai senjata nuklir, walaupun tidak diuji dan Israel enggan mengkonfirmasi apakah memiliki senjata nuklir ataupun tidak. Lihat daftar negara dengan senjata nuklir untuk lebih lanjut.

Lalu darimanakah energi nuklir berasal? Fat man, bom nuklir plutonium yang dijatuhkan pada 9 Agustus 1945 di Nagasaki. Senjata nuklir kini dapat dilancarkan melalui berbagai cara, seperti melalui pesawat pengebom, peluru kendali, peluru kendali balistik, dan Peluru kendali balistik jarak benua.

Jenis Nuklir

Berikut ini adalah jenis-jenis tenaga nuklir yang bisa sobat pelajari, Adapun ebberapa kegunaan dan jenis nuklir diantaranya.

Reaktor thermal menggunakan moderator neutron

Didalam memperlambat atau neutron sedang saya-sehingga mereka dapat menghasilkan fisi berikutnya. Neutron yang dihasilkan dari fisi memiliki/mempunyai energi tinggi atau dalam keadaan yang cepat, serta juga harus diturunkan energi atau melambat (dibuat thermal) oleh moderator sehingga untuk dapat memastikan kelangsungan reaksi berantai. Hal tersebut berkaitan dengan jenis bahan bakar yang digunakan reaktor thermal yang lebih mempunyai neutron lambat ketimbang neutron cepat untuk fisi.

Reaktor cepat mempertahankan reaksi berantai tanpa memerlukan moderator neutron

Karena reaktor cepat tersebut menggunakan berbagai denan jenis bahan bakar untuk reaktor termal, neutron yang dihasilkan [ada reaktor cepat tidak perlu diperlambat dalam memastikan reaksi fisi lanjutan. Dapat dikatakan, bahwa reaktor thermal tersebut menggunakan neutron thermal serta reaktor cepat menggunakan neutron cepat didalam proses fisi masing-masing.

Reaktor subkritis bersumber neutron luar untuk menghasilkan reaksi berantai fisi

Ditahun 2004 ini hanya konsep teoritis, serta tidak ada prototipe sudah diusulkan atau dibangun untuk dapat menghasilkan listrik, walaupun beberapa laboratorium demonstrasi serta beberapa studi kelayakan sudah dilakukan.

Mungkin dengan membaca jenis-jenis nuklir diatas bisa disimpulkan akan muncul di contoh soal energi nuklir. Untuk soalnya seperti jelaskan secara singkat mengenai energi air dan yang lainya.

Manfaat Nuklir

Manfaat Nuklir

Apa saja manfaat nuklir, apa beda bom atom dan nuklir dan apa bahaya radiasi nuklir bagi manusia. Mungkin itu beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam soal ujian. Berikut ini adalah beberapa manfaat tenaga nuklir bagi kehidupan.

1.Lingkungan yang bersih tidak ada emisi gas rumah kaca CO2 atau lainnya
2. Energi nuklir murah
3. Harga energi nuklir stabil
4. Uranium berlimpah
5. Energi nuklir yang aman
6.Volume limbah nuklir yang dihasilkan dalam membuat energi

Keuntungan Tenaga Nuklir

Keuntungan Tenaga Nuklir

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan PLTN (Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir) jika dibandingkan dengan pembangkit listrik utama lainnya. Mungkin bisa dimasukan ke list catatanmu atau disimpan di note.

Pembahasan tentang energi nuklir ini memang layak di bincangkan sebab sumber energi nuklir adalah salah satu energi yang potensial. Ada pertanyaan juga mengenai energi nuklir dan contohnya dan apa kegunaan energi alternatif nuklir. Inilah keuntungan menggunakan tenaga jenis nuklir ini.

  1. Tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca (selama operasi normal)
  2. Tidak mencemari udara, tidak menghasilkan gas berbahaya misalnya seperti karbon monoksida, sulfur dioksida, aerosol, mercury, nitrogen oksida, partikulate atau asap fotokimia
  3. Tidak banyak menghasilkan limbah padat
  4. Biaya bahan bakar rendah
  5. Ketersediaan bahan bakar yang melimpah
  6. Baterai Nuklir

Pelajari Juga: Pengertian Atmosfer, Lapisan, Sifat, Fungsi, Unsur, Manfaat dan Komposisi

Semoga dengan materi tentang tenaga nuklir lengkap dengan penjelasan sejarahnya, jenis-jenis tenaga n, manfaat, keuntungan dan contohnya. Tentu penjelasan diatas juga dikuatkan dengan adanya kebutuhan makalah tentang keuntungan dan kerugian penggunaan energi nuklir, kerugian dari teknologi nuklir maupun kelebihan dan kekurangan pltn brainly.