Pengertian Uang Kartal, Definisi, Ciri, Jenis, Perbedaan, Kelebihan dan Contohnya

Uang Kartal Definisi Ciri Jenis Perbedaan Kelebihan Contoh

Pengertian Uang Kartal, Definisi, Ciri, Jenis, Perbedaan, Kelebihan dan Contohnya. Penjelasan materi tentang definisi uang kartal lengkap dengan ciri-ciri uang giral. Selain itu rumuspelajaran.com juga akan memberikan perbedaan uang kartal dan uang giral yang dimana terdapat empat perbedaan berdasarkan penggunaanya.

Sobat pelajar juga wajib tahu mengenai jenis-jenis uang kartal dimana terdapat beberapa nominal dari uang jenis kertas dan logam. Di samping itu uang kartal juga mempunya kelebihan dan kekurangan yang nanti akan dibahas juga pada materi pengertian uang kartal ini.

Membahas mengenai definisi uang kartal, perbedaan, kelebihan, serta kekurangan uang kartal dan giral ini menarik sekali sebab kegunaan uang kartal sering kita lakukan dalam bertransaksi sehari-hari entah itu dalam jual beli langsung maupun bisnis. Materi Ekonomi SMA Kelas 10 yang membahas tentang uang kartal wajib disampaikan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita semua.

Baca juga materi yang membahas mengenai Tujuan Managemen Sumber Daya Manusia dan Jenis-jenis Koperasi dan Dasar Hukumnya. Selanjutnya mari kita bahas secara lebih mendalam mengenai arti uang kartal dan giral, perbedaan, jenis-jenis uang dan juga contoh uang kartal.

Pengertian Uang Kartal

Pengertian Uang Kartal

Definisi uang kartal adalah uang yang diterbitkan oleh Bank Sentral dan dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sah dalam kegiatan transaksi jual-beli sehari-hari.

Menurut pengertian lainya uang kartal merupakan uang yang dikeluarkan oleh negara berdasarkan Undang-undang yang berlaku dan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

Di negara kita uang kartal terdiri atas uang logam dan uang kertas, dan bisa dijadikan sebagai alat tukar valuta asing yang digunakan sebagai alat transaksi perdagangan internasiaonal.

Uang kartal terbagi atas 2 jenis, yaitu :

  1. Uang Kertas
  2. Uang Logam

Uang kartal berbentuk kertas mempunyai kelebihan mudah dibawa saat bepergian dan ringan. Jadi lebih fleksibel, uang kertas dapat dilipat atau disimpan dalam dompet atau saku pakaian serta memiliki nilai nominal yang tinggi dibandingkan dengan uang logam. Namun, mempunyai kekurangan bisa terjatuh dan terselip dan kadang kelupaan di celana dan terendam di dalam cucian pakaian.

Kelebihan uang kartal logam memiliki ketahanan atau durabilitas yang lebih tinggi, tidak mudah rusak meskipun terendam air bahkan jatuh sekalipun. Namun, kekuranganya terletak pada nilai nominal yang lebih kecil, fisiknya lebih berat dibandingkan dengan uang kertas.

Pengertian Uang Menurut Para Ahli

Uang adalah memberikan kemudan untuk melakukan transaksi dan berguna bagi masyarakat untuk sebagai alat pembayaran saat belanja untuk membeli sesuatu. Berikut ini ada beberapa pengertian uang yang sudah didefinisikan oleh para ahli, berikut ulasannya untuk sobat rumuspelajaran.com:

1. H. Robertson

Uang adalah sesuatu yang umum dan bisa diterima untuk melakukan transaksi pembayaran barang maupun jasa.

2. George N. Halm

Uang yaitu alat yang digunakan untuk mempermudah dan memperlancar pertukaran dan mengatasi segala kesulitan dalam melakukan barter atau transaksi.

3. Tri Kunawangsih & Anto Pracoyo

Pengertian uang adalah alat tukar yang diterima oleh masyarakat sebagai alat pembayaran yang sah.

4. Albert Gailort Hart

Uang ialah alat transaksi ataupun membayar hutang dengan segera dan tidak adanya tunda menunda.

5. Rismsky K. Judisseno

Uang adalah alat media yang diterima untuk digunakan oleh setiap pelaku ekonomi atau pun pelaku pasar uang guna mempermudah saat bertransaksi.

6. Irma Rahmawati

Pengertian uang adalah suatu benda yang mampu untuk disetujui oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai alat penukaran dalam perdagangan.

7. Walker

“ Money is what money does”. Dengan kata lain, semua hal yang bisa dilakukan oleh uang.

8. Mankiw

Uang ialah segala sesuatu yang dapat dipakai atau untuk melakukan pembayaran baik barang, jasa maupun hutang, serta mempersingkat waktu dan usaha yang diperlukan untuk melakukan perdagangan.

9. Kasmir

Pengertian uang ialah alat untuk membayar terhadap barang yang akan dibeli atau diterima dari penjualan barang dan jasa.

10. Rolling G. Thomas

Uang adalah alat untuk membayar barang atau pun jasa, serta untuk melunasi utang.

Beberapa soal mengenai uang kartal diantaranya seperti sebutkan contoh uang giral, apa kelebihan dan kekurangan uang logam, sebutkan ciri-ciri uang dan apa arti uang menurut para ahli. Beberapa soal pertanyaan tersebut sering kali muncul dalam soal pertanyaan yang jawabanya bisa di temukan di pembahasan mengenai uang kartal ini.

Ciri Uang Kartal

Ciri Uang Kartal

Diatas telah kita jelaskan arti uang giral meiputi uang kertas maupun uang logam yang disahkan sebagai alat transaksi.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri uang kartal, diantaranya:

  1. Tidak ada lembaga yang berhak menerbitkan uang kartal, kecuali Bank Indonesia atau BI.
  2. Hanya ada dua jenis uang yang diterbitkan BI, yakni uang kertas dan uang logam.
  3. Kamu tidak perlu khawatir menggunakan uang ini, sebab selama berada di Indonesia, uang keluaran BI ini sah serta dilindungi Undang-undang.
  4. Jika dulu orang-orang Indonesia atau katakanlah nenek moyang kita melakukan transaksi dengan barter, berbeda dengan sekarang. Apa pun transaksi yang kamu lakukan wajib menggunakan uang ini.

Jenis Uang Kartal

Jenis Jenis Uang Kartal

Di Indonesia uang kartal merupakan alat pembayaran yang sah dan uang kartal terbagi menjadi dua macam yaitu uang kertas dan uang logam. Untuk menambah wawasan sobat pelajar semua kami juga akan memberikan edukasi kelebihan dan kekurangan uang kartal:

Uang Kertas

Uang kertas adalah uang yang bahan dasarnya kertas, dengan cap serta gambar khusus yang menandakan bahwa uang itu sah sebagai alat pembayaran saat berbelanja.

Perlu diketahui jika cap dan gambar yang tertera pada uang kertas ini dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang oleh negara.

Kelebihan Uang Kertas:

  • Praktis dan ringan
  • Fleksibel
  • Mudah dilipat dan disimpan

Kekurangan Uang Kertas:

  • Rentan hilang karena ringan
  • Rentan kusut
  • Sobek
  • Mudah rusak
  • Rentan terhadap paparan api
  • Mudah sekali diimitasi

Uang Logam

Uang logam merupakan alat pembayaran yang sah dengan bahan dasar emas dan perak yang berbeda dengan uang kertas yang telah kita bahas diatas.

Kelebihan Uang Logam:

  • Awet dan kokoh
  • Kualitas baik
  • Mudah dibawa dalam jumlah sedikit
  • Mudah ditemukan karena bunyi saat terjatuh
  • Bentuknya bulat

Baca juga materi rumuspelajaran.com seputar definsi Badan Usaha lengkap dengan bentuk, jenis, ciri, fungsi, contohnya dan manfaat Devisa, fungsi, tujuan, macam, sumber dan contohnya.

Kekurangan Uang Logam:

  • Bahan dasar logam membuat uang ini lebih berat
  • Bahan dasar logam terbatas
  • Berat jika membawa banyak uang

Sekedar info penting yang wajib disampaikan yaitu manfaat uang kartal, gambar uang kartal kertas dan logam, jenis uang maupun kelebihan dan kekurangan uang kartal.

Perbedaan Uang Kartal dan Uang Giral

Perbedaa Uang Kartal dan Uang Giral

Menurut UU Bank Sentral No. 13 Tahun 1968, definisi uang kartal adalah alat pembayaran sah dan wajib diterima oleh masyarakat pada sebuah transaksi jual beli. Uang ini memiliki bentuk dan nominal yang sudah ditetapkan oleh Bank Indonesia selaku pihak yang berwenang dalam mencetak dan menerbitkan.

Sedangkan giral adalah alat pembayaran berupa surat berharga yang sewaktu-waktu dapat digunakan pada transaksi jual beli. Giral adalah mata uang yang sah secara ekonomi tetapi tidak secara hukum.

Perbedaanya terletak pada bentunya, sifat, cara penggunaan dan keamaanya. Dan semua kembali pada kemanfaatan dan penggunaan dari alat pembayaran tersebut.

Contoh Uang Kartal

Bisa diketahui mengenai contoh uang ini karena sering berinteraksi sehari-hari sebagai alat pembelian maupun bertransaksi.

Informasi terkait uang kartal ini memang banyak penting untuk disampaikan, sebab walau sudah disebarkan wajib di infokan ke masyarakat. Berikut ini adalah beberapa macam contoh uang diantaranya:

Uang Kertas:

  • Uang Rp 2.000
  • Uang Rp 5.000
  • Uang Rp 10.000
  • Uang Rp 20.000
  • Uang Rp 50.000
  • Uang Rp 100.000

Uang Logam

  • Uang Rp 100
  • Uang Rp 200
  • Uang Rp 500
  • Uang Rp 1.000

Pelajari juga materi ekonomi lainya seperti:

Demikianlah materi tentang uang kartal, lengkap dengan penjelasan ciri-ciri uang kertas dan logam, jenis-jenis uang kartal, perbedaan, kelebihan dan kekurang uang kartal dan contohnya, semoga bermanfaat yaa.