Pengertian WiFi, Sejarah, Manfaat, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya


Pengertian WiFi Definisi Sejarah Manfaat Fungsi Cara Kerja Kelebihan dan Kekurangan WiFi

Pengertian WiFi, Sejarah, Manfaat, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya. Pembahasan materi definisi wifi yang meliputi pengertian wi-fi secara singkat, maupun pendapat dari para ahli. Jika berbicara tentang wifi, maka sobat juga harus mengetahui apa saja manfaat wifi dalam kehidupan sehari hari, fungsi wifi, cara kerja wifi, sejarah wi-fi, serta keunggulan dan kelemahan dari wifi itu sendiri.

Sebelumnya kami telah hadirkan materi pelajaran tentang cara kerja bios dan juga macam-macam perangkat lunak yang mungkin saja juga sobat butuhkan untuk menambah wawasan. Dan untuk hari ini tim redaksi RumusPelajaran.com akan mencoba menjelaskan definisi wifi.

Pasalnya kami yakin terdamparnya sobat di blog ini karena sedang mencari referensi tentang maksud dari wi-fi. Entah itu untuk hanya untuk menambah wawasan maupun untuk menjawab soal atau pertanyaan yang diberikan dari guru (sekolahan).

Oke langsung saja simak penjelasan tentang wifi yang meliputi pengertian, sejarah, manfaat, fungsi, cara kerja, serta kelebihan dan kekurangan wifi dibawah ini.

Pengertian WiFi

Bagaimana pengertian wifi secara umum? Wifi merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Wi-Fi adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data menggunakan gelombang radio atau secara nirkabel melalui sebuah jaringan komputer, termasuk juga koneksi Internet berkecepatan tinggi.

Wi-Fi Alliance mengartikan Wi-Fi sebagai “produk jaringan area lokal nirkabel (WLAN) apapun yang didasarkan pada standar Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) 802.11”. Namun karena kebanyakan WLAN pada zaman sekarang ini berpatokan pada standar tersebut, istilah “Wi-Fi” dipakai dalam bahasa Inggris umum sebagai sinonim “WLAN”.

Beberapa alat elektronik yang dapat mengakses Wi-Fi antara lain adalah komputer pribadi, konsol permainan video, telepon pintar (smartphone), tablet, atau pemutar audio digital. Beberapa alat tersebut dapat terhubung dengan sumber jaringan seperti Internet melalui sebuah titik akses jaringan nirkabel.

Titik akses atau dapat disebut dengan hotspot itu sendiri memiliki jangkauan sekitar 20 meter (65 kaki) di dalam ruangan dan lebih luas lagi di luar ruangan. Cakupan hotspot atau titik akses itu juga dapat mencakup wilayah seluas kamar dengan dinding yang menghalangi gelombang radio atau beberapa mil persegi ini dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa titik akses yang saling tumpang tindih.

Selain itu, Wi-Fi juga merupakan merek dagang Wi-Fi Alliance dan nama merek untuk produk-produk dari keluarga standar IEEE 802.11. Produk-produk yang boleh menggunakan nama dan merek dagang “Wi-Fi CERTIFIED” adalah produk yang sudah menyelesaikan uji coba sertifikasi interoperabilitas Wi-Fi Alliance.

Pada umumnya wifi akan menggunakan frekuensi gelombang radio di dalam rentang 2,4GHz s/d 5GHz, agar wifi dapat terhubung atau terkoneksi dengan suatu perangkat elektronik. Untuk masalah frekuensi wifi berdasarkan standar dari Electrical And Electronis Engineers (IEEE), hal tersebut terbagi ke dalam empat bagian, antara lain:

  • 802.11b 11 Mb/s 2.4 GHz B
  • 802.11g 54 Mb/s 2.4 GHz B, G
  • 802.11a 54 Mb/s 5 GHz A
  • 802.11n 100 Mb/s 2.4 GHz B, G, N

Jenis “b” merupakan produk wifi yang pertama. Kemudian dengan tipe “g” dan “n” adalah salah satu produk yang memiliki penjualan paling banyak diminati oleh masyarakat di tahun 2005.

Berdasarkan pada bentuk fisiknya, wifi dapat dibedakan menjadi dua bagian, antara lain sebagai berikut:

  • Bentuk PCI
  • Bentuk USB
  • Jenis PCI pada umumnya dimanfaatkan di dalam suatu PC (personal Computer).

Sedangkan pada jenis Usb penggunaannya lebih portabel, yakni dapat dipakai pada laptop maupun PC. Model yang didesain dengan jenis colokan USB akan memudahkan setiap user.

PELAJARI JUGA: JENIS-JENIS RAM DAN JUGA CARA KERJA ROM

Pengertian WiFi Menurut Para Ahli

Untuk lebih jelasnya mari simak beberapa pendapat dari para ahli tentang pengertian wifi seperti berikut ini.

Jubile Interprise

Jubile Interprise berpendapat bahwa wifi adalah suatu varian terbaru dari teknologi informasi serta komunikasi yang dapat bekerja di dalam suatu jaringan dan juga perangkat WLAN (Wireless Local Network).

Priyambodo

Pengertian wifi menurut Priyambodo adalah suatu standar dari jaringan tanpa menggunakan kabel atau juga dikenal sebagai Wireless Networking yang memiliki fungsi sebagai penyempurna berbagai komponen di dalam jaringan internet agar bisa terkoneksikan atau terhubung dengan internet dengan lebih praktis dan mudah.

Onno W. Purbo

Pengertian wifi menurut Onno W. Purbo adalah standar yang kerap kali dimanfaatkan sebagai alat bantu komunikasi pada jaringan tanpa kabel.

Dimana hal itu mendasari dari spesifikasi IEEE. Biasanya, jaringan tanpa menggunakan kabel atau nirkabel ini dimanfaatkan ataupun disharing dengan cara bersama-sama pada sebuah ruangan maupun komunitas tertentu.

Yuhezir

Pengertian Wifi menurut Yuhezir adalah suatu perangkat yang merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Yakni suatu perangkat standar yang dipakai untuk berkomunikasi secara lokal tanpa harus memakai kabel sebagai penghubungnya.

Doni Kurniawan

Menurut Doni Kurniawan, wifi merupakan suatu teknologi lama, yang mana pada penerapan telah ditemukan di dalam netbook pentium 3. Kemudian, penerapan dari teknologi yang satu ini harus di koneksikan maupun diterapkan pada netbook pentium 4 dan juga generasi berikutnya.

Atau juga dapat di artikan sebagai jaringan yang berasal dari teknologi terbaru yang harus ada pada setiap generasi netbook. Hal tersebut bertujuan agar perkembangan teknologi ini dapat lebih maju perkembangannya.

Sejarah WiFi

Sejarah Singkat Wifi

Wifi sendiri mempunyai sejarah yang Panjang. Berikut adalah sejarah singkat perkembangan wifi:

  • Tahun 1997 dibentuk suatu jaringan wireless yang bernama 802.11 oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers)
  • Tahun 1999 kemunculan Wireless B yang mempunyai kecepatan transfer data mencapai 11 Mbps. Kendati demikian, wireless jenis ini masih terdapat sebuah kelemahan, yakni dimana frekuensi operasi yang ada pada angka 2,4 GHz, yang mana juga banyak digunakan oleh frekuensi peralatan rumah tangga seperti oven microwave, sehingga sinyalnya mudah terganggu.
  • Tahun 2003 kemunculan Wireless G dengan kecepatan transfer data maksimal hingga 54 Mbps. Namun masih bisa beroperasi pada frekuensi 2,4 GHz.
  • Tahun 2009 kemunculan Wireless N yang sudah support atau mendukung kecepatan transfer data sampai 300 Mbps (2 antena) atau 450 Mbps (3 antena). Pada jaringan ini mempunyai jangkauan akses yang lebih luas daripada sinyal Wireless G.
  • Tahun 2014 kemunculan Wireless AC yang mempunyai kecepatan 500Mb/s – 1 Gb/s. Dan beroperasi atau digunakan pada frekuensi 5 GHz.

Manfaat WiFi

Wifi juga memiliki beberapa manfaat, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sinkronisasi smartphone tanpa USB

Dengan memanfaatkan jaringan wifi, sobat dapat menyambungkan perangkat handphone pada komputer atau laptop tanpa harus menggunakan kabel USB.

Yang perlu sobat lakukan adalah mengaktifkan wireless di dalam perangkat handphone kalian.

  • Agar dapat terhubung dengan internet

Dengan menggunakan wifi, maka sobat bisa membagi akses internet secara lebih mudah dan praktis. Sehingga untuk dapat terhubung atau terkoneksi dengan internet, setiap pengguna hanya cukup menyalakan perangkat wifi yang sudah tersedia di dalam perangkat.

  • Untuk berbagi file dan folder

Perangkat yang sudah terhubung dengan jaringan wifi dapat berbagi atau bertukar data lebih mudah dan aman.

  • Mengirim video dan foto dari kamera digital

Sobat dapat mentransfer gambar atau video ke laptop selama masih terhubung dengan wifi.

  • Mencetak pada printer

Dengan menggunakan jaringan wifi, maka sobat juga bisa mencetak data dengan lebih mudah dari laptop ke printer yang sudah memiliki jaringan wifi. Sehingga sobat tidak akan kesusahan lagi untuk menancapkan USB dari printer hanya untuk sekedar mencetak dokumen.

Fungsi WiFi

Selain manfaat diatas, wifi juga memiliki banyak fungsi seperti berikut ini:

  • Berbagi data antar perangkat

Misalnya adalah Ketika sobat mempunyai dua buah perangkat elektronik, kemudian ingin memindahkan data pada salah satu perangkat yang lain. Dengan jaringan wifi ini, sobat tidak lagi memerlukan kabel. Sehingga pekerjaan akan lebih praktis dan juga efisien.

  • Menghubungkan perangkat ke dalam suatu jaringan

Berbeda halnya pada jaringan kabel LAN yang penggunanya terbatas, pada wifi ini dapat dipakai pada banyak komputer tanpa menambahkan jumlah kabel. Sehingga, wifi akan memudahkan banyak user untuk sekaligus dapat terkoneksi pada suatu jaringan.

  • Kecepatan internet yang lebih pesat

Berbeda halnya pada saat sobat mengakses internet lewat jaringan seluler yang sering kali lelet tergantung dengan adanya sinyal. Biasanya kecepatan akses internet yang menggunakan jaringan wifi ini akan lebih terjamin kecepatannya.

Salah satu ciri-ciri jaringan internet tidak lelet adalah dapat melakukan streaming video mulus tanpa putus-putus, pengunduhan dokumen besar secara cepat, akses yang tak memerlukan waktu loading.

  • Media komunikasi wireless

Wifi memiliki fungsi sebagai media alat komunikasi antara perangkat tanpa memakai kabel, atau lebih dikenal dengan sebutan wireless.

  • Modem dari smartphone

Pengguna smartphone bisa dengan mudah terkoneksi internet dengan bantuan jaringan wifi ini. Sehingga soba tidak perlu lagi menyalakan paket data berbayar untuk terhubung ke internet.

Selain itu, jika ponsel sobat sudah memiliki fitur wireless maka sobat dapat menjadikan smartphone sobat sebagai modem. Misalnya sobat ingin mengakses internet lewat laptop, maka sobat bisa menjadikan smartphone sebagai modem yang memakai sinyal wifi agar terhubung ke laptop, atau sering disebut sebagai hotspot.

Cara Kerja WiFi

Cara Kerja Jaringan Wifi

Wifi sendiri dapat bekerja dengan cara memanfaatkan gelobang radio. Kemudian berbagi data yang dikirimkan atau diminta oleh user yang melesat di udara dengan memakai gelombang radio.

Agar bisa menerjemahkan data maupun dokumen yang dikirim lewat gelombang radio satu ini, maka suatu perangka komputer harus mempunyai adaptor wireless sehingga dapat terkoneksi atau terhubung ke ke wifi.

Wujud dari gelombang radio ini berupa sinyal yang kemudian dikirim ke router yang memiliki fungsi sebagai decoder atau penerjemah kode. Setelah berhasil diterjemahkan, data tersebut kemudian dikirim ke dalam jaringan internet dengan menggunakan koneksi ethernet.

Jaringan wifi ini bekerja pada dua arah, pada masing-masing data yang diterima lewat internet juga dalam waktu bersamaan melalui router untuk kemudian dijadikan kode olehnya kepada setiap paket data.

Setelah itu dikirimkan kembali ke dalam bentuk sinyal radio yang telah diterima oleh adaptor pada komputer nirkabel.

Kelebihan dan Kekurangan WiFi

Wifi juga mempunyai keunggulan dan kelemahan tersendiri. Kelebihan dan kekurangan wifi tersebut antara lain sebagai berikut:

Kelebihan WiFi

Berikut ini adalah beberapa kelebihan wifi, antara lain:

  • Jaringan wifi ini dapat dibilang sangat awet serta tahan pada berbagai macam gangguan.
  • Dapat mengurangi pemakaian kabel, serta bisa mengatasi yang mana kabel tidak bisa dipakai di tempat maupun ruangan tertentu.
  • Bisa menghemat biaya.
  • Tidak terlalu banyak dalam konfigurasi. Misalnya sebuah kantor ada beberapa ruangan, maka hanya cukup untuk melakukan konfigurasi jaringan wifi satu saja di dalam setiap ruangan. Apabila ada pegawai kantor yang sering kali berpindah ruangan maupun tempat kerja maka tidak perlu lagi melakukan konfigurasi ulang jaringan internet.
  • Sangat praktis ketika mengakses internet, mengerjakan sharing file, dan yang lainnya. Dimana saja dan juga kapan saja pada radius tertentu yang dapat dijangkau oleh hotspot.

Kekurangan WiFi

Selain kelebihan diatas, tentunya wifi juga mempunyai kelemahan antara lain sebagai berikut:

  • Penyaluran sinyal yang tidak merata, hal itu disebabkan karena adanya batasan jarak.
  • Sinyal wifi akan cenderung terpengaruh pada kondisi cuaca serta iklim.
  • Kurang cocok apabila dugunakan untuk kegiatan transfer data yang berukuran besar.
  • Keamanan yang kurang baik, sehingga dalam jaringan wifi harus diamankan. Misalnya adalah dengan menggunakan password. Hal tersebut dapat menghindari atau menjaga dari orang-orang yang tidak memiliki kepentingan dalam mengakses jaringan wifi tersebut.

Demikianlah materi pelajaran tentang pengertian wifi, sejarah, manfaat, fungsi, cara kerja, kelebihan dan kekurangannya. Semoga bermanfaat bagi sobat yang sedang mencari referensi tentang definisi wifi. Jangan lupa pelajari juga materi pelajaran tik tentang jenis-jenis hardware pada pernagkat komputer yang telah kami sajikan di halaman lainnya.