Pengertian Zat Padat, Cair, Gas, Rumus dan Contohnya


Pengertian Zat Padat Cair Gas Rumus Contoh SD SMP SMA

Pengertian Zat Padat, Cair, Gas, Rumus, Ciri, Sifat dan Contohnya. Materi pembahasan dalam hal pengertian zat dilengkapi dengan arti zat gas dan cair untuk materi anak kelas SMA sederajat. Dilengkapi pula rumus-rumus pemuaian lengkap dengan contoh zat padat, cair dan gas agar memudahkan dalam penemuan istilah dan jawaban. Materi kimia kali ini juga akan memaparkan perbedaan antara Zat Padat, Zat Cair, dan Zat Gas kemudian partikel-partikel apa yang terkandung dalam zat tersebut. Berbicara mengenai zat memang ada beberapa substansi dan ada beberapa arti yang perlu sobat rumuspelajaran.com ketahui. Dalam ilmu bidang pengetahuan untuk penjabaran zat sangat luas substansinya karena bisa meliputi, ciri, sifat dan juga jenisnya. Pada materi pelajaran sebelumnya juga telah kami sajikan pengertian kebugaran jasmani dan juga pengertian simple present tense yang harus sobat pelajari juga.

Dalam jenjang pendidikan pelajaran yang membahas mengenai pelajaran ini saat masuk SD dan SMP adalah pelajaran IPA (ilmu pengetahuan alam) namun ketika masuk dalam jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu SMA atau masuk perguruan tinggi pelajaran ini masuk dalam katagori KIMIA. Nah, sebelum sobat akan belajar membahas mengenai perubahan wujud zat, ada baiknya kita memahami dulu apa itu zat padat, cair, dan juga gas. Sebagai awalan untuk pengertian zat adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang (memiliki volume). Namun, jika dilihat berdasarkan wujudnya, zat terbagi menjadi tiga jenis, yaitu zat gas, zat cair, dan zat padat. Yang perlu sobat ketahui ada dari sifat-sifat gas yakni ketika dua zat ada maka tidak dapat menempati ruang yang sama pada saat yang bersamaan.

Untuk bisa pintar pelajaran IPA atau KIMIA ini sobat perlu banyak mengerjakan contoh soal zat gas, cair dan gas yang ada rumusnya yang akan kita paparkan dibawah nanti. Untuk menambah wawasan sobat, jika benda padat, cair dan gas ini sebenarnya bisa kita temui disekitar kita yang mungkin tidak kita sadari keberadaanya. Ilmu yang membahas mengenai pelajaran alam adalah semua yang berkaitan dengan alam yang ada disekitar kita.

PELAJARI JUGA: SEJARAH KERAJAAN BALI DAN JUGA PERBEDAAN INTERNET DAN INTRANET

Ada banyak materi yang membahas tiga materi yang akan dipelajari kali ini, sebagai plolog awal sobat perlu tahu mengenai ciri utama suatu zat padat adalah memiliki sifat tegar. Padatan cenderung mempertahankan bentuknya jika diterapkan gaya luar. Di sisi lain, benda berupa cairan dan gas berfluida. Itu artinya zat cair dan gas dapat mengalir dan bentuknya dapat berubah jika dikenai gaya luar.

Pengertian Zat

Pengetahual alam sangat luas dan tidak mungkin dipelajari dalam satu atau dua kali langsung paham perlu adanya suatu uji coba untuk menemukan hal-hal baru yang berkaitan dengan zat akan di uji. Di bawah ini akan kita bahas satu per satu apa itu zat, mulai dari pengertian zat secara umum, sains dan agama.

Zat atau substansi dapat diartikan sebagai sesuatu yang berada karena dirinya sendiri dan pada dirinya sendiri, apa yang tetap ada sebagai lawan dari keadaan dan sifat-sifat yang senantiasa berubah.

Sains

Pengertian Zat dalam bidang sains adalah sesuatu yang memiliki massa dan menempati ruang. Jika dilihat berdasarkan wujudnya, zat dibagi atas 3 jenis, yaitu zat padat, cair, dan gas. Suatu zat karena sifatnya memiliki massa dan menempati ruang, artinya zat juga memiliki massa jenis, yaitu massa per volume dari suatu zat. Itulah pengertian zat berdasarkan definisi bidang sains. Selanjutnya akan kita simak arti zat berdasarkan dari segi atau sudut pandang agama dibawah ini.

Agama

Pengertian zat berdasarkan agama adalah suatu substansi atau zat, demikian juga jiwa dan tubuh, meskipun substansi yang satu tidak sama dengan yang lain. Substansi atau bisa dibilang zat ilahi tidak sama dengan substansi atau zat jiwa, dan keduanya juga berbeda dengan substansi atau zat tubuh. Maka dari itu manusia dipandang sebagai makhluk yang terdiri dari dua substansi atau zat, yaitu jiwa yang merupakan substanasi halus dan tidak dapat mati, dan tubuh yang merupakan substansi kasar dan dapat mati. Nah, itulah dua pengetian zat jika dilihat dari sudut pandang sains dan agama yang mungkin bisa ambil sebagai materi awal. Perlu dicatat ya, jika zat ini mempunyai sifat dan sifat-sifat ini yang akan kita pelajari pada materi yang akan sobat pelajari dibawah nanti.

Pengertian Zat Padat, Cair dan Gas

Diatas telah diterangkan apa itu zat dari berbagai sudut pandang mulai dari ilmu pengetahuan alam atau sains dan dari sudut pandang agama. Selanjutnya akan kita perdalam lagi materi pembahasan materi kimia ini mulai dari pengertian zat padat itu sendiri dilanjutkan dengan arti zat cair dan zat gas supaya lebih rinci.

Zat Padat

Pengertian zat padat adalah materi yang mempunyai bentuk dan volume (ruang yang ditempati zat padat, cair, atau gas) tertentu. Ada dua cara utama partikel-partikel padat bisa tersusun yakni dalam baris-baris teratur yang rapi atau dalam susunan yang tidak tentu. Zat padat merupakan kumpulan partikel-partikelnya tersusun dalam baris-baris yang teratur rapi disebut kristal. Untuk memperjelasnya kita contohkan logam, intan, es, dan kristal garam. Zat padat yang partikel-partikelnya tidak tersusun secara teratur disebut amorf.

Zat Cair

Pengertian zat cair adalah zat atau benda yang memiliki volume yang tetap tetapi bentuknya berubah-ubah sesuai dengan tempat (wadahnya).

Contohnya: Teh dalam gelas, bensin dalam botol, sirum dalam gelas, air minum dalam ceret, dan masih banyak contoh yang lainya.

Zat cair bisa kita gambarkan sebagai zalir (fluida). Zalir adalah zat dengan molekul-molekul yang bergerak bebas saling melewati, sehingga zalir menyesuaikan bentuk wadahnya. Seperti zat padat, partikel-partikel dalam zat cair tersusun secara rapat.

Namun yang perlu sobat ketahui adalah ketika sobat temua zat cair ini memang sulit dimanfaatkan atau dikendalikan dalam jumlah banyak. Pada zat cair, molekul-molekul tersusun rapat. Meskipun demikian, partikel-partikel itu mempunyai cukup energi untuk mengatasi sebagian dari tarik-menariknya dengan molekul di dekatnya dan bergeser saling melewati.

Karena bisa menempati ruang yang disediakan zat cair memiliki volume tetap tetapi bentuk berubah-ubah sesuai dengan yang ditempatinya. Semisal contoh lagi ketika sobat menaruh air ke dalam sebuah gelas, maka bentuknya seperti gelas, dan apabila air dimasukkan ke dalam botol dengan berbagai macam bentuk botol maka air akan menyesuaikan bentuk botol tersebut. Tapi perlu di ingat jika volume air tersebut akan tetap sama yang disebabkan partikel-partikel penyusunnya agak berjauhan satu sama lain. Selain itu, partikelnya lebih bebas bergerak karena ikatan antar partikelnya lemah.

Zat Gas

Pengertian zat gas adalah zat atau benda yang memiliki volume dan bentuk yang selalu berubah-ubah sesuai dengan tempat (wadahnya). Contohnya; balon, ban sepeda dan ban motor, gelas kosong, botol kosong, dan lain-lain.

Rumus

Terdapat tiga rumus untuk pemuaian dalam zat yang bisa sobat pelajari, diantaranya sebagai berikut:

1. Pemuaian Panjang

Di bawah ini adalah rumus untuk menca0gai berikut:

Rumus Pemuaian Panjang

L=L0+L0.α.ΔT
L=L0(1+.α.ΔT

Keterangan:

L = Panjang akhir benda (m)
L0 = panjang mula-mula (m)
α = koefisien muai panjang ( /0C )
ΔT = perubahan suhu (C0 )

2. Pemuaian Luas

Pemuaian luas adalah pemuaian yang akan membuat suatu benda menjadi lebih luas karena peningkatan suhu. Pemuaian ini dapat terjadi dalam benda luas yang tipis seperti plat logam.

Rumus Pemuaian Luas

A=A0+A0.α.ΔT
A=A0(1+.α.ΔT

Keterangan:

A = Luas akhir benda (m)
A0 = Luas mula-mula (m)
α = koefisien muai panjang ( /0CC )
ΔT = perubahan suhu (C0 )

3. Pemuaian Volume

Pemuaian volume merupakan pemuaian yang akan menambahkan volume terhadap suatu benda karena adanya peningkatan suhu. Pemuaian volume bisa terjadi ketika benda yang volumenya tidak bisa diabaikan seperti halnya logam yang berbentuk kubus.

Rumus Pemuaian Volume

V=V0+V0.α.ΔT
V=V0(1+.α.ΔT

Keterangan:

V = Volume akhir benda (m)
V0 = Volume mula-mula (m)
α = koefisien muai panjang ( /0C )
ΔT = perubahan suhu (C0 )

Contoh Zat Padat, Cair dan Gas

Di bawah ini sobat akan menambah pengetahuan beberapa contoh zat perubahan wujud pada zat yang merupakan perubahan secara fisika. Zat yang mengalami perubahan fisika dapat dikembalikan ke asalnya hal inilah proses perubahan kimia. Apa yang dimaksud perubahan kimia adalah perubahan yang menghasilkan zat baru dan tidak dapat dikembalikan ke zat sebelumnya.

Adapun beberapa contoh perubahan fisika yang merupakan contoh perubahan zat baru dan masih dapat dikembalikan ke zat sebelumnya.

1. Perubahan Padat ke Cair

Perubahan wujud benda padat menjadi benda cair disebut juga mencair. Perlu diingat jika perubahan wujud dari padat ke cair ini sifatnya hanya sementara. Hal ini disebabkan karena benda yang sudah berubah wujud bisa dikembalikan ke wujudnya semula.

Contoh:

  • Es batu yang mencair
  • Lilin yang dipanaskan

2. Perubahan Benda Cair ke Padat

Perubahan wujud benda cair menjadi padat disebut jua membeku.

Contoh:

  • Peristiwa air yang dirubah menjadi es
  • Lilin yang panas kemudian didinginkan
  • Campuran semen yang mulai mengeras.

3. Perubahan Benda cair ke gas

Perubahan wujud benda cair menjadi gas disebut menguap. Perubahan menguap ini sering kita lihat dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin kita sadari sebelumnya.

Contoh:

  • Air yang terkena panas matahari
  • Air laut yang terkenal panas matahari
  • Air yang kita rebus

4. Perubahan Benda Gas ke Cair

Perubahan wujud benda gas menjadi cari disebut dengan mengembun/pengembunan.

Contoh:

  • Embun yang turun di pagi hari
  • Uap air yang ada pada tutup panci ketika kita memasak
  • Embun yang ada gelas es teh

5. Perubahan Gas ke Padat

Ilmu perubahan wujud dari benda gas menjadi padat disebut dengan mengkristal / mendeposisi.

Contoh:

  • Penyeprotan sprei minyak wangi ke baju
  • Penyeprotan apar

6. Perubahan Padat ke Gas

Dalam hal ini perubahan wujud dari benda padat menjadi gas disebut menyublim.

Contoh:

  • Kapur barus yang disimpan dalam lemari yang lama-kelamaan akan mengecil dan hilang
  • Minyak wangi mobil (stella dll)

Sifat Benda Padat, Cair dan Gas

Selanjutnya rumuspelajaran.com akan memberikan beberapa sifat dari benda padat, cair dan gas sebagai bahan referensi materi pelajaran IPA, Sains maupun Fisika. Inilah beberapa sifat benda-benda tersebut:

Sifat benda padat :

1. Menempati ruang
2. Bentuknya tetap
3. Volumenya tetap
4. Memiliki berat
5. Bisa dirubah bentuknya dengan perlakuan tertentu

Sifat benda cair :

1. Menempati ruang
2. Memiliki berat
3. Volumenya bisa berubah
4. Bentuk berubah sesuai dengan tempatnya

Sifat Benda Gas:

1. Menempati ruang
2. Memiliki berat
3. Bentuknya sesuai dengan tampatnya
4. Volume berubah

Itulah pengeritan zat padat, cair dan gas meliputi sifat, rumus dan beberapa contohnya untuk sobat rumuspelajara.com yang saat ini mengemban jenjang pendidikan, semoga bermanfaat.