Rumus Gaya Lorentz

Sebuah Kawat Tembaga Panjang 5 m Dialiri Arus Listrik 20 mA. Jika Kawat Tembaga Tersebut Berada dalam Medan Magnet Sebesar 4 Tesla, Maka Besar Gaya Lorentz yang Dialami Kawat Tembaga Adalah …

RUMUSPELAJARAN.COM – Inilah cara mengerjakan soal fisika sebuah kawat tembaga panjang 5 m dialiri arus listrik 20 mA. Jika kawat tembaga tersebut berada dalam medan magnet sebesar 4 tesla, maka besar gaya Lorentz yang dialami kawat tembaga adalah.

Apa yang dimaksud dengan gaya Lorentz?

Gaya Lorentz adalah gaya yang timbul akibat adanya arus listrik dalam suatu medan magnet. Jadi, jika kita memiliki suatu benda konduktor yang berada di dalam medan magnet, kemudian kita aliri benda tersebut dengan arus listrik, maka akan timbul suatu gaya yang mampu menggerakkan benda tersebut.

Selamat datang di laman pendidikan rumuspelajaran.com karena akan membantu para siswa untuk mengerjakan soal fisik SD, SMP maupun SMA/SMK.

Lalu, bagaimana bunyi gaya Lorentz?

Rumus dari arah Gaya Lorentz adalah F = q(v × B). Keterangan dari rumus itu antara lain: F Merupakan gaya (dalam satuan/unit newton) B Merupakan medan magnet (dalam unit tesla)

Para siswa yang sedang mencari jawaban dari soal pertanyaan fisika diatas yang diberikan oleh guru maupun buku tugas, saat ini berada di laman yang tepat yaitu rumuspelajaran.com. Harapanya mampu menyelesaikan tugas siswa dalam mengerjakan soal fisika tersebut dengan benar dan tepat.

Soal :

Tentukan Gaya Lorentz, jika sebuah kawat tembaga panjang 5 m dialiri arus listrik 20 mA. Jika kawat tembaga tersebut berada dalam medan magnet sebesar 4 tesla.

Langkah-langkah mengerjakan:

Diketahui:

B = kuat medan magnet = 4 T
I = arus listrik = 20 mA = 0.02 A
L = panjang kawat berarus = 5 m
Ditanya:

F = gaya lorentz ?
Jawaban
F = B × I × L

F = 4 × 0.02 × 5

F = 0.08 × 5

F = 0.4 N

Jawaban : 0.4 N

Demikianlah soal dan kunci jawaban dari pertanyaan fisika . Semoga dapat membantu anda yang telah singgah di website pendidikan Rumuspelajaran.com.