Pengertian Persegi, Sifat, Macam, Definisi, Rumus, Luas, Keliling, Unsur dan Contoh Soal

Materi Persegi Sifat Macam Definisi Rumus Luas Keliling Unsur Contoh Soal

Pengertian Persegi, Sifat, Macam, Definisi, Rumus, Luas, Keliling, Unsur dan Contoh Soal. Materi tentang Persegi lengkap dengan penjelasan macam-macam persegi, sifat dan unsur-unsurnya. Kemudian akan kami perdalam dengan penjelasan rumus persegi diantaranya rumus luas dan kelilingnya. Persegi adalah salah satu bangun ruang yang wajib di pelajari bagi sobat pelajar yang saat ini mungkin duduk di bangku SD, SMP, SMA dan Mahasiswa. Disini laman pendidikan rumuspelajaran.com mencoba membantu sobat semua yang kesulitan mengerjakan soal yang berkaitan dengan persegi.

Apa arti persegi dan bagaimana sifatnya? dalam ilmu matematika persegi juga disebut bujur sangkar ya. Bangun ruang ini sering kita temui desekitar kita. Sebagai contoh TV, meja, kursi dan masih banyak lainya. Untuk mencari rumus keliling persegi ini tidaklah sulit, namun perlu mengetahui alur yang ditanyakan dengan cara mengetahui ukuran panjang sisinya. Untuk mempermudah dan menambah pengetahuan akan bangun ruang persegi ini akan kami berikan contoh soal persegi yang mana bisa di gunakan sebagai acuan.

Sebelumnya laman RUMUS PELAJARAN telah membuat artikel yang membahas mengenai pelajaran matematika yaitu arti trigonometri untuk kelas 11 dan apa itu kuadran dan lengkap dengan sejarah, fungsi dan rumus trigonometri serta rumus simpangan baku lengkap pengertian, perhitungan, fungsi dan contoh-contoh soalnya. Baiknya, mungkin sobat pelajar sudah tidak sabat lagi ingin tahu definisi persegi dan bagaimana ketika ada soal mencari luas dan keliling persegi, inilah penjelasanya di bawah ini.

Pengertian Persegi

Definisi dari Persegi adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat buah rusuk (α)yang sama panjang dan memiliki empat buah sudut yang kesemuanya adalah sudut siku-siku. Bangun ini disebut juga sebagai bujur sangkar. Dan bangun Persegi merupakan turunan dari segi empat yang mempunyai ciri khusus keempat sisinya sama panjang dan keempat sudutnya siku-siku (90°).

Sifat Persegi

Apakah sifat persegi itu? Sifat-sifat Persegi yaitu Semua sisi persegi sama panjang dan Setiap sudut persegi dibagi dua sama besar oleh diagonalnya serta kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus.

Untuk mengetahui sifat-sifat persegi, perhatikan gambar persegi ABCD berikut ini.

Sifat Persegi

Atau jika disimpulkan menjadi:

  • Memiliki 4 sisi sama panjang
  • Setiap sudut yang terbentuk oleh sisinya merupakan sudut siku-siku
  • Setiap diagonalnya membagi 2 sama besar sudut yang terbentuk oleh sisinya
  • Perpotongan antar diagonalnya membentuk sudut siku-siku

Rumus Persegi

Inilah rumus persegi yang terbagi menjadi dua yaitu mencari luas dan kelilingnya, siapkan buku catatan untuk mencatatnya. Sebab

Persegi merupakan persegi panjang yang semau sisinya sama panjang sehingga p = l. Karena p = l, maka keliling persegi adalah k = (2(p + l) = 2(2p) = 2(2l) misalkan p = l = s

1.Rumus Luas Persegi

Untuk mencari luas persegi sangat mudah sekali yaitu hanya dengan mengkalikan antar dua sisinya saja:

L = α2

L = s2 atau S x S

2.Rumus Keliling Persegi

Selanjutnya cara mencari keliling Persegi caranya juga mudah, coba perhatikan rumusnya di bawah:

K=4α

K=4s

Itulah rumus mencari luas dan keliling persegi saat menemuinya dalam matematika.

Contoh Soal Persegi dan Jawaban

Di bawah ini akan ada beberapa contoh soal persegi lengkap dengan jawabanya, silahkan di perhatikan ya.

Soal: Suatu Persegi ABCD dengan panjang sisi 8 cm.

Pertanyaan: Berapa keliling dan luas persegi ABCD.

Diketahui:

a. K = 4s
= 4 x 8
= 32
Jawaban: Jadi keliling persegi ABCD adalah 32 cm.

b. L = s2
L = 8 x 8
= 64
Jawaban: Jadi luas persegi ABCD adalah 64 cm2

Pelajari juga:

Demikianlah ulasan materi tentang Rumus Persegi lengkap dengan pengertian, macam, sifat, definisi, luas, keliling, unsur dan contoh soalnya, semmoga bisa menambah wawasan sobat pelajar semua di bidang mata pelajaran Matematika.