Sejarah Kerajaan Kutai Martapura Letak Pendiri Raja Kejayaan

Sejarah Kerajaan Kutai, Letak, Pendiri, Raja dan Kejayaan

Sejarah Kerajaan Kutai, Letak, Pendiri, Raja dan Kejayaan. Pada kesempatan kali ini lama pendidikan rumuspelajaran.com akan berbagi materi tentang silsilah kerajaan Kutai Martapura lengkap dengan sejarah, masa kejayaan, nama-nama raja yang berjaya dijamanya. Sebagaimana diketahui dalam pelajaran sejarah kerajan Kutai adalah salah satu kerajaan besar yang pernah ada di Indonesia. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan yang berada di pulau Kalimantan dan sekarang menjadi salah satu Kabupaten besar di negara kita.

Mempelajari sejarah kerajaan Kutai bisa dimulai dari sejarah berdiri, silsilah, prasasti hingga nama-nama raja yang pernah duduk di singgasana kerajaan. Adanya kerajaan Kutai bisa diketahui dengan beberapa peninggalan penting seperti di temukan beberapa prasasti di Kutai. Adanya kerjaan Kutai merupakan salah satu rantai kebudayan yang wajib dijaga oleh anak cucu bangsa ini.

Pada kesempatan sebelumnya website pendidikan ini telah membuat postingan lainya mengenai sejarah Kerajaan Mataram Islam lengkap dengan pendiri, nama-nama rajanya, silsilah, kejayaan dan sistem pemerintahan serta sejarah singkat Kerajaan Bali meliputi sejarah raja-raja, kehidupan (politik ekonomi dan sosial budaya), masa kejayaan, penyebab keruntuhan hingga peninggalan kerajaan bali

Untuk mengenang itu semua, para ahli sejarah telah menuliskanya dalam sebuah buku sejarah dan menyimpan beberapa prasasti penting yang di temukan sebagai bukti bahwa memang pernah ada kerajaan Kutai Martapura di bumi pertiwi ini. Baiklah, langsung kita bahas satu per satu mengenai Kerajaan Kutai ini mulai dari sejarah, pendiri, prasasti hingga nama-nama raja Kutai Martapura.

Sejarah Kerajaan Kutai

Sejarah Kerajaan Kutai

Pada pembahasan pembahasan pertama ini kita akan sampaikan mengenai sejarah singkat tentang kerajaan kutai. Kerajan kutai atau Kutai Martapura merupakan kerajaan bercorak Hindu di Nusantara yang memiliki bukti sejarah tertua berupa prasasti Yupa dan berdiri sekitar abad ke-4.

Sedangkan letak pusat kerajaan berada di Muara Kaman, atau kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Nama Kutai diberikan oleh para ahli mengambil dari nama tempat ditemukannya prasasti yang menunjukkan eksistensi kerajaan tersebut.

Informasi nama Martapura diperoleh dari kitab Salasilah Raja dalam Negeri Kutai Kertanegara yang menceritakan pasukan Kerajaan Kutai Kertanegara dari Kutai Lama menyerang ibu kota kerajaan ini. Menurut penjelasan para ahli sejarah jika Kerajaan Kutai adalah kerajaan tertua di Indonesia.

Perkiraan Kerajaan ini berdiri semenjak abad ke-5 masehi atau kurang lebih 400 masehi. Mempunyai letak yang strategis memberikan dampak positif sebagai jalur perdagangan internasional salah satunya adalah negeri India. Akibat hubungan yang terjalin begitu erat ada pengaruh besar tersebarnya agama Hindu-Budha.

Bukti ditemukanya Yupa atau semacam batu yang bertuliskan bahasa Sanskerta adalah salah satu bentuk bukti pernah terjalinya hubungan kerajaan Kutai dengan India. Sanskerta adalah bahasa Hindu asli yang menggunakan aksara palawa. Aksara tersebut telah digunakan di tanah Hindu dari sekitar 400 masehi.

Letak Kerajaan Kutai

Letak Kerajaan Kutai

Diperkirakan letak kerajaan Kutai berada di daerah Muarakaman di tepi sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Lokasi pertemuan antar sungai Mahakam dengan anak sungainya diperkirakan adalah letak Muarakaman di masa lampau.

Sungai ini adalah sungai yang cukup besar dan memiliki beberapa anak sungai. Kelebihan sungai Mahakam mampu dilayari dari pantai hingga masuk ke Muarakaman, sehingga sangat strategis untuk menjadi jalur perdagangan.

Penyebab orang-orang dari tanah India mampu melakukan transkasi jual beli dan hingga sekarang di ketahui khalayan dunia saat itu. Tidak hanya itu, kerajaan kutai sangat cocok untuk tempat persinggahan karena adanya sungat Muarahakam.

Pendiri Kerajaan Kutai

Pendiri Kerajaan Kutai Martapura atau Mulawarman didirikan oleh kerajaan Campa yang berasal dari Kamboja bernama Kudungga. Sedangkan penerusnya adalah Raja Asmawarman dan terakhir Raja terakhir adalah Mulawarman.

Bisa dibilang ketiga raja ini mampu membahwa masa ke emasan kerajaan Kutai dan ketiganya merupakan raja yang paling tersohor (terutama Mulawarman). Menurut penelusuran sejarawan, bahwa raja Mulawarman merupakan pendiri kerajaan Kutai karena berhasil membawakan stabilitas sosial, politik, dan ekonomi.

Pelajari juga:

Ada salah satu prasasti (yupa) yang ditemukan tertera nama raja Kundungga diperkirakan merupakan nama asli Indonesia. Adapun generasi selanjutnya raja Aswawarman dan Mulawarman menunjukkan nama yang telah terpengaruh dan diambil dari nama India. Bukti adanya salah satu upaacara yang dilaksanakan merupakan kegiatan upacara agama Hindu.

Raja-raja Kutai

Prasasti Yupa Kerajaan Kutai

Berikut adalah nama-nama Raja Kutai yang menurut perkembanganya hingga saat ini menjadi wilayah Calon Ibukota RI.

Kutai merupakan salah satu kerajaan besar di Nusantara dan telah berjaya selama berabad-abad, mulai abad ke-4 hingga sekitara abad ke-16 M. Mungkin bisa disimpulkan walaupun ada pergantian nama kerajaan, tetapi tetap dalam dinasti yang sama. Dinasti kerajaan berawal dari Raja Kudungga.

Kudungga adalah semacam pemimpin komunitas masyarakat di wilayah Kalimantan Timur tersebut. Saat itu belum ada sistem kerajaan yang baku. Baru kemudian lahir kerajaan Kutai yang lebih maju di abad ke-5 M.

Selanjunya akan disampaikan beberapa nama-nama Raja Kutai mulai masa Kudungga:

  1. Maharaja Kudungga, gelar anumerta Dewawarman (pendiri)
  2. Maharaja Asmawarman (anak Kundungga)
  3. Maharaja Mulawarman (anak Aswawarman)
  4. Maharaja Marawijaya Warman
  5. Maharaja Gajayana Warman
  6. Maharaja Tungga Warman
  7. Maharaja Jayanaga Warman
  8. Maharaja Nalasinga Warman
  9. Maharaja Nala Parana Tungga Warman
  10. Maharaja Gadingga Warman Dewa
  11. Maharaja Indra Warman Dewa
  12. Maharaja Sangga Warman Dewa
  13. Maharaja Candrawarman
  14. Maharaja Sri Langka Dewa Warman
  15. Maharaja Guna Parana Dewa Warman
  16. Maharaja Wijaya Warman
  17. Maharaja Sri Aji Dewa Warman
  18. Maharaja Mulia Putera Warman
  19. Maharaja Nala Pandita Warman
  20. Maharaja Indra Paruta Dewa Warman
  21. Maharaja Dharma Setia Warman
  22. Kejayaan Kerajaan Kutai

Lihat materi lainya seperti:

Demikianlah materi sejarah kali ini yang membahas tentang awal mula adanya kerajaan Kutai, sejarah singkatnya, letak kerajaan Kutai, prasasti hingga nama-nama raja yang pernah duduk di singgasana kerajaan tersebut.