Pengertian Seni Secara Umum, Fungsi, Macam dan Contohnya


Pengertian Seni Menurut Para Ahli Umum Fungsi Macam Contoh

Pengertian Seni Secara Umum, Fungsi, Macam dan Contohnya. Apakah pengertian seni menurut para ahli dan apa saja cabang-cabangnya. Pada kali ini rumuspelajaran.com akan memberikan materi bagi sobat semua mengenai arti seni rupa dan budaya untuk bahan pembelajaran sekolah. Seni ada banyak macamnya apabila dijabarkan ada beberapa pengertian yang menurut para ahli berdasarkan klasifikasinya. Pada materi sebelumnya tim rekdasi rumuspembelajaran.com telah memposting materi mengenai pengertian teks ulasan dan cerpen.

Banyak pengalaman yang mungkin dialami seorang seni saat jaman sekolah dulu ketika mata pelajaran paling disukai adalah pelajaran seni menggambar. Sebab pelajaran ini mampu memberikan energi positif, melatih imajinasi dan juga paling santai mengerjakanya. Mengembangkan daya imajinasi memang harus luas melepaskan pikiran tentang apa yang telah kita buat dan dirasakan dan diaplikasikan dalam bentuk seni gambar, gerak maupun seni dalam wujud barang.

Tujuan dari seni itu adalah mengekspresikan diri untuk menciptakan suatu hal yang telah kita bayangkan. Sebagai contoh seni gambar/melukis, kita melihat gunung lalu membayangkanya dan dituangkan dalam kuas dan di gambar dalam buku gambar. Sobat membayangkan sebuah gerakan dan dituangkan dalam bentuk gerakan seni dan sebagainya. Hal seni dapat dulakukan di outdoor maupun indoor tergantung kondisi dan situasi yang diinginkan.

PELAJARI JUGA: PENGERTIAN SURAT FUNGSI, JENIS DAN CONTOHNYA

Ketika sobat mulai tertarik dengan seni maka diwajibkan untuk berkepresi lebih luas, lebih dalam dan lebih jauh mengenai sesuatu yang akan di capai. Beberapa kegiatan-kegiatan seni berupa penciptaan karya seni, kritik seni, kajian sejarah seni dan estetika seni. Di negara kita, apabila tertarik dengan seni dan ingin menyalurkanya bisa masuk ke perguruan tinggi di ISI (Institut Seni Indonesia).

Pengertian Seni

Sebelum membahas mengenai pengertian seni secara luas, jika seni ini mempunyai sifat dasar seni
Cabang-cabang yang banyak. Tentunya bisa disiapkan buku catatan/note/hp untuk menangkap hal-hal penting yang nantinya sebagai hasil pencarian sobat pada kali ini.

Seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu (dilihat dari segi kehalusannya, keindahannya, fungsinya, bentuknya, makna dari bentuknya, dan sebagainya), seperti tari, lukisan, ukiran. Seni meliputi banyak kegiatan manusia dalam menciptakan karya visual, audio, atau pertunjukan yang mengungkapkan imajinasi, gagasan, atau keperigelan teknik pembuatnya, untuk dihargai keindahannya atau kekuatan emosinya. Sebelumnya juga telah kami hadirkan materi pelajaran kimia pengertian unsur senyawa dan campuran serta materi pelajaran bahasa inggris pengertian simple past tense di halaman lainnya.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Di bawah ini sobat bisa belajar dari ahli seni yang sudah diakui, kemudian bisa dijadikan acuan mengenai pengertian seni itu sendiri. Setidaknya ada 60 ahli yang telah mengartikan pengertian seni yang semuanya memang mempunyai maksud dan inti yang sama.

1. Ensiklopedi Indonesia

Pengertian seni menurut Ensiklopedi Indonesia adalah ciptaan dari segala hal, karena keindahannya orang senang untuk melihat ataupun mendengarkannya.

2. Padmapusphita

Menurut Padmapusphita bahwa Seni berasal dari bahasa Belanda yakni “genie”, bahasa Latinnya yaitu “genius”, yang artinya kemampuan luar biasa yang dipunyai atau dibawa sejak lahir. Sedangkan menurut kajian ilmu di negara Eropa mengatakan “ART” atau seni bermakna artivisual yakni suatu media yang dapat melakukan suatu aktifitas tertentu.

3. Ki Hajar Dewantara

Menurut Ki Hajar Dewantara memaparkan jika Seni adalah hasil dari keindahan yang bisa menggerakkan perasaan seseorang tentang keindahan bagi yang melihatnya. Oleh sebab itu, perbuatan manusia dapat mempengaruhi dalam menumbuhkan perasaan yang indah itulah seni.

4. Prof. Drs. Suwaji Bastomi

Jika Prof. Drs. Suwaji Bastomi menjelaskan bahwa seni adalah segala kegiatan batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk yang agung dan mempunyai daya pembangkit rasa haru dan takjub.

5. Drs. Sudarmaji

Berbeda dengan Drs. Suwaji, jika Drs. Sudarmaji mengartikan seni adalah segala bentuk manifestasi batin & pengalaman estetis dengan menggunakan berbagai media seperti berbagai bidang, tekstur, garis, tekstur, warna volume dls. Seni juga bisa berarti ungkapan perasaan sang pencipta yang disampaikan kepada manusia supaya mereka bisa merasakan apa yang dirasakan oleh pelukis atau para pencipta seni.

6. Harry Sulastianto

Salah satu seni asal indonesia ini mengemukakan seni budaya adalah sebagai suatu keahlian dalam mengekspresikan berbagai macam ide & pemikiran estetika, termasuk dalam mewujudkan segala kemampuan & imajinasi pandangan akan suatu benda dan suasana, atau karya yang dapat menumbuhkan rasa indah sehingga mampu menciptakan peradaban yang lebih maju lagi.

7. Ahdian Karta Miharja

Beliau mengartikan seni sebagai segala bentuk aktifitas rohani yang merefleksikan kenyataan dalam sebuah karya, dimana bentuk & isinya memiliki daya untuk membangkitkan keindahan tertentu didalam jiwa penikmatnya.

8. Dra. Nuning Y. Damayanti, Dipl.Art

Pengertian seni menurut Dra. Nuning Y. Damayanti adalah pada awalnya ialah sebuah proses dari diri manusia, sehingga seni itu merupakan sinonim daripada ilmu. Seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia.

9. Drs. Popo Iskandar

Seni menurut Drs. Popo Iskandar merupakan hasil ungkapan emosi seseorang yang ingin disampaikan kepada orang lain, dilakukan dengan kesengajaan dan kesadaran hidup bermasyarakat.

10. Chatrin Muler

Salah satu pakar seni ini mengeartikan seni sebagai sesuatu yang berhubungan dengan karya cipta seseorang yang dihasilkan dari unsur rasa.

11. Irma Damayanti, M.Sn

Beluari mengartikan seni dapat dilihat melalui intisari ekspresi dari berbagai kreatifitas manusia. Seni memang sangat sulit untuk diungkapkan, dijelaskan juga sulit untuk dinilai, bahwa setiap individu artis memilih sendiri parameter yang menuntunnya dalam pekerjaannya.

12. Sartono Kartodirdjo

Menurutnya seni merupakan sebuah sistem yang koheren, karena bisa menjalankan komunikasi secara efektif, yaitu melalui bagiannya saja bisa menunjukkan secara universal.

13. Aristoteles

Tokoh terkenal dunia ini mengemukakan seni sebbagai tiruan terhadap alam, namun sifatnya harus ideal atau sempurna.

14. Alexander Baum Garton

Seni bisa diartikan sebagai segala bentuk keindahan yang memiliki tujuan positif untuk menjadikan penikmat seni merasa bahagia.

15. Ira Adriati, M.Sn

Pengertian Seni menurut Ira Adriati, M.Sn merupakan sebuah proses & produk dalam memilih medium, suatu mindset peraturan untuk menggunakan medium itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dikirimkan melalui ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik itu sensai, gagasan, kepercayaan,maupun perasaan dengan cara yang efektif seefektif mungkin.

16. Ahmad Zaenuri

Seni merupakan usaha seniman dalam mengalihkan energi psikis dan pencapaian kepuasan yang dapat diterima oleh dunia eksternal.

17. J.J. Hogman

Seni merupakan sesuatu yang mempunyai unsur ide, aktivitas, dan artefak.

18. Ira Ardianti

Seni menurtunya adalah sebuah proses dan produk dalam memilih media, suatu pemikiran peraturan untuk menggunakan media itu, dan satu set nilai-nilai itu yang menentukan apakah yang pantas dituangkan melalui ekspresi lewat media itu, baik berupa gagasan, sensasi, perasaan, maupun kepercayaan dengan cara yang seefektif mungkin.

19. Koentjaraningrat

Pengertian Seni yaitu suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, dan peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat dan biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

20. William A. Haviland

Seni adalah penggunaan imajinasi manusia secara kreatif di dalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

21. Nandawan L. Hasanah

Seni adalah suatu ekspresi yang ditunjukkan oleh manusia yang memiliki unsur keindahan kemudian diungkapkan dalam sebuah media yang nyata dan bisa dinikmati oleh seluruh panca indera manusia.

22. Thomas Munro

Seni adalah alat buatan manusia yang menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya berupa tanggapan-tanggapan.

23. Emanuel Kant

Seni adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengikhtiarkan kenyataan.

24. Immanuel Kant

Mengungkapkan bahwa seni merupakan bentuk yang penampilan dan pengungkapannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan & seni itu ialah meniru alam.

25. Leo Tolstoy

Seni merupakan impian karena rumus – rumus tidak mampu mengikhtiarkan kenyataan.

26. Plato dan Rousseau

Seni merupakan hasil dari peniruan alam dari berbagai seginya.

27. Erik Ariyanto

Seni merupakan aktivitas rohani yang di refleksikan kedalam bentuk karya, yang mampu membangkitkan perasaan senang dan bahagia orang lain yang melihat maupun mendengarnya.

28. Everyman Encyklopedia

Menjelaskan seni sebagai suatu hal yang dapat dilakukan seseorang, dan terjadi bukan karena dorongan kebutuhan pokoknya, akan tetapi karena kenikmatan maupun kebutuhan spiritualnya.

29. Schopenhauer

Menurutnya seni ialah segala bentuk usaha dalam menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan dan membahagiakan.

30. Prof. DR. George R. Terry

Seni adalah kekuatan pribadi seseorang yang kreatif, ditambah dengan keahlian yang bersangkutan dalam menampilkan tugas pekerjaannya.

31. Padmapuspitha

Berdasarkan etimologis, seni adalah kemampuan luar biasa yang dimiliki atau dibawa sejak lahir. Sedangkan berdasarkan kajian ilmu, seni adalah suatu media yang dapat melakukan suatu aktivitas tertentu.

32. Drs. H. Inu Kencana Syafiie, M.Si.

Seni adalah kemampuan dan kemahiran seseorang untuk mewujudkan cipta, rasa, dan karsa yang dimilikinya yang bersangkutan dengan tugas dan fungsinya sebagai seniman.

33. Nanang Rizali

Seni adalah manifestasi dari kebudayaan sebagai hasil karya cipta manusia yang meliputi seni tari, seni musik, seni drama, seni rupa, dan lain-lain.

34. Al-Farabi

Seni adalah ciptaan yang berbentuk keindahan.

35. Irma Damayanti

Seni adalah intisari ekspresi dari berbagai kreativitas manusia.

36. Al-Ghazali

Seni adalah hasil kerja yang dilahirkan jiwa dan rasa manusia sesuai dengan fitrahnya.

37. Yekti Herlina

Seni adalah media penyampaian pesan dari seniman kepada orang lain dengan tujuan mempengaruhi pikirannya.

38. Kottak

Seni adalah kualitas, hasil ekspresi, alam keindahan, atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis.

39. Kamus besar Bahasa Indonesia

Seni mempunyai pengertian: Halus, kecil dan halus, tipis dan halus, lembut dan enak didengar, mungil dan elok, keahlian membuat karya yang bermutu, kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa), orang yang berkesanggupan luar biasa.

40. Irving Stone

Seni adalah kebutuhan pokok. Seperti roti atau anggur atau mantel hangat dimusim dingin. Mereka yang mengira kesenian adalah barang mewah, pikirannya tidak utuh. Roh manusia menjadi lapar akan kesenian seperti halnya perutnya keroncongan minta makan.

41. Drs.Rizki Akhmad Zaelani

Kata “seni” adalah sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kabarnya kata seni berasal dari kata “SANI” yang kurang lebih artinya “Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa”. Mungkin saya memaknainya dengan keberangkatan orang/ seniaman saat akan membuat karya seni, namun menurut kajian ilimu di eropa mengatakan “ART” (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/ atau karya dari sebuah kegiatan. Namun kita tidaka usah mempersoalkan makna ini, karena kenyataannya kalu kita memperdebatkan makna yang seperti ini akan semakain memperkeruh suasana kesenian, biarlah orang memilih yang mana terserah mereka.

42. Alexander Baum Garton

Seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

43.Herbert

menyatakan bahwa istilah “art” pada umumnya dihubungkan dengan bagian seni yang biasa ditandai dengan istilah “plastic” atau “visual”, tetapi semestinya di dalamnya termasuk pula seni sastra dan seni musik.

44. Akhdiat Kartamiharja

seni merupakan kegiatan psikis (rohani) manusia yang merefleksi kenyataan (realitas). Karena bentuk dan isi karya tersebut memiliki daya untuk membangkitkan dan menggugah pengalaman tertentu dalam alam psikis si penikmat atau apresiator.

45. Sudjojono

Seorang pelukis zaman revolusi kemerdekaan Indonesia, yang dianggap sebagai pendobrak tradisi seni lukis pemandangan alam, juga menyatakan bahwa senia adalah produk ekspresi jiwa, seni tanpa jiwa ibarat masakan tanpa garam. Isi karya seni yang hidup tercermin dari kandungan psikis/jiwanya.

46. Sukaryono

Seni adalah ungkapan isi hati dan perasaan yang disebut sebagai bahasa seniman yang dikomunikasikan.

47. Seni menurut Thomas Alexander

Seni adalah alat buatan manusia untuk menimbulkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang melihatnya.

48. Soedarso SP

Seni adalah karya manusia yang mengkomunikasikan pengalaman-pengalaman batinnya; pengalaman batin tersebut disajikan secara indah sehingga merangsang timbulnya pengalaman batin pula pada manusia lain yang menghayatinya.

49. G.W.F Hegel (1770-1831)

Filsuf Idealisme Jerman, berpendapat karya seni adalah medium material sekaligus faktual. Keindahan karya seni bertujuan menyatakan kebenaran. Baginya kebenaran adalah “keseluruhan”.

50. Herbert Read (1962)

Mengatakan bahwa lahirnya sebuah karya seni melalui beberapa tahapan sebagai suatu proses.

51. Walter Benyamin (1892-1940)

Seni merupakan sarana politik hubungan-hubungan produktif untuk mencapai kerukunan dunia. Gagasannya tentang seni dan berkesenian terkait erat dengan apa yang disebutnya politik gambar-gambar bersifat kiasan (allegorical).

52. Abraham Munched

Seni adalah Ungkapan jiwa dan perasaan seseorang yang dituangkan ke dalam kreasi dalam bentuk gerak, radalupa, nada dan syair.

Fungsi Seni

Apakah fungsi seni? salah satu ahli menyebutkan jika seni mempunyai fungsi sebagai alat pemenuhan kebutuhan fisik. Manusia adalah salah mahluk ciptaan Tuhan yang mempunyai kecakapan dalam memberi apresiasi pada keindahan dan penggunaan berbagai benda. Untuk itulah, seniman memiliki peran guna menciptakan benda-benda bernilai seni yang artistik dan estetika.

Selanjutnya akan kami berikan beberapa fungsi seni sebagai catatan nantinya saat mata pelajaran seni yang mungkin akan keluar saat ujain.

Seni sebagai Ungkapan Ekspresi Seniman

Fungsi pertama seni adalah sebagai ungkapan ekspresi dari seniman secara emosional. Karya seni merupakan buah pikiran dan ekspresi dari penciptanya yang didasarkan pada keadaan emosional seniman, bisa saat senang, sedih, marah, benci, dan sebagainya.

Seni Berguna untuk Media Artistik dan Nilai Estetika

Media artistik yang memberi keindahan dan nilai estetika. Tiap ruangan atau lokasi yang dipajang karya seni tentu akan menambah nilai estetika. Fungsi artistik ini bisa jadi merupakan fungsi seni murni yang utama.

Media Pendidikan dan Pembelajaran Murid

Seni juga bisa berperan sebagai media pendidikan dan pembelajaran. Seni membuat proses pembelajaran menjadi lebih terhibur dan menyenangkan bagi setiap orang yang menjalaninya. Selain itu nilai-nilai yang terkandung dalam seni bisa diajarkan dan menjadi pelajaran penting dalam bidang pendidikan sekolah baik itu TK, SD, SMP maupun SMA bahkan tingkat perguruan tinggi.

Media Kepercayaan dan Keagamaan

Maksudnya adalah mampu mewujudkan oleh hal-hal yang berkaitan dengan religi dan kepercayaan, misalnya seperti ritual keagamaan, upacara pernikahan, busana dan pakaian, lagu-lagu religi, dan sebagainya.

Media Hiburan

Maksudnya mampu memberikan maksud sebagai media hiburan berupa tontontan audio atau visual. Berbagai karya seni seperti seni musik, seni tari atau seni teater tentu menghadirkan unsur hiburan yang memberi rasa kepuasan dan kesenangan bagi penontonnya.

Media Kesehatan dan Pengobatan

Tidak bisa di pungkiri jika seni bisa menjadi obat bagi mereka yang mengalami sakit. Salah satu cara pengobatan melalui media seni yakni dengan stimulasi karya seni, misalnya lewat seni musik atau dari karya visual. Tentu media pengobatan lewat karya seni masih terus dikaji sampai sekarang.

Informasi dan Berita

Mungkin dengan adanya pelahatan seni, sobat mampu menjelaskan sesuatu kepada orang lain dengan lebih mudah, melalui karya poster atau infografis, namun bisa juga lewat media lagu atau pertunjukan drama yang mengandung pesan-pesan tertentu.

Macam Seni

Di bawah ini adalah macam-macam seni, setidaknya ada lebih 4 macam seni yang ada di negara kita yang bisa kita pelajari diantaranya:

1. Seni Rupa

Seni rupa adalah salah satu bagian dari cabang kesenian. Salah satu jenis seni rupa bisa di apresiasikan dalam wujud pasti dan tetap yakni dengan menggunakan elemen rupa sebagai salah satu wujud dalam berbagai bentuk.
Contoh:

  • Multimedia
  • Gambar
  • Lukis
  • Patung
  • Kerajinan tangan
  • Kriya
  • Grafis.

2. Seni Musik

Salah satu jenis seni yang paling disukai salah satunya adalah seni musik sebab unsur suara merupakan elemen utama dari seni musik. Dengan menggunakan musik mampu memberikan harmoni, melodi dan notasi musik yang merupakan wujud sarana yang diajarkan di sekolah.

Media yang digunakan dalam seni musik adalah vokal dan instrumen. Karakter musik instrumen bisa berbentuk alat musik yang berasal dari Barat dan alat musik Nusantara/tradisional.

Beberapa jenis alat musik tradisional antara lain:

  • Seruling
  • Gambang kromong
  • Gamelan
  • Angklung
  • Rebana
  • Kecapi
  • Kolintang
  • Arumba

Contoh Jenis alat musik dari Barat yaitu:

  • Piano
  • Gitar
  • Flute
  • Drum
  • Musik elektronik
  • Sintetiserr
  • Seksopon
  • Terompet

3. Seni Teater

Jenis seni teater memang adalah salah satu jenis yang sudah lama digunakan dalam pertunjukan yang sudah lama sekali yang saat ini mulai tergerus karena adanya media televisi. Seni teater merupakan hasil dari ciptaan manusia, dan cara memainkannya yaitu dengan membuat skenario dahulu, dan kemudian aksi drama nya mulai berbentuk yang dapat menjadikan nya seperti sebuah film, seni teater juga diiringi dengan seni musik, agar kesan seni nya dapat dinikmati dengan sempurna oleh masyarakat.

4. Seni Tari

Tari merupakan gerakan halus yang memiliki unsur estetis. Gerak dalam tari memiliki makna tertentu dari koregorafer. Keindahan seni tari terletak pada kepuasaan dan kebahagiaan dari para penonton maupun para penari.

Yang terpenting dalah seni tari adalah kelemasan anggota badan meliputi tangan, kepala, pinggu maupun kaki. Terutama tarian tradisional yang membutuhkan banyak gerak tubuh yang anggun sedangkan untuk tari garapan/modern menonjolkan gerakan-gerakan yang lebih lincah dengan alunan musik yang lebih modern juga. Kemampuan untuk memahami serta menguasai tujuan dari tari itu sendiri yang diarahkan oleh koreografer.

5. Kerajinan Tangan

Salah satu jenis kerajinan tangan adalah seni yang mungkin saat ini wajib dilestarikan sebab banyak yang mulai kurang berminat menggelutinya. Sebab kerajinan tangan memiliki unsur-unsur bordir, renda, seni lipat,seni dekoratif, serta kegiatan seni yang menekankan pada keterampilan tangan. Seni dan pengetahuan yang lain dapat dipahami dan diketahui oleh pembaca dalam usaha pengembangan kepribadian dan keanekaragaman.

Macam-Macam Seni Rupa Terapan

Di atas telah sobat baca mengenai mengenai fungsi dan macam-macam seni, sekarang akan sobat baca materi mengenai macam-macam seni terapan yang dihasilkan dibawah ini:

1. Seni Rupa Arsitektur

Pengertian seni rupa arsitektur atau bangunan ini adalah salah satu contoh seni rupa terapan yang berbentuk bangunan.

PELAJARI JUGA MATERI FISIKA: PENGERTIAN ZAT PADAT CAIR GAS DAN JUGA PERBEDAAN RANGKAIAN SERI DAN PARALEL

Sebagai contohnya yang bisa sobat temui adalah asitek rumah, kantor, tempat ibadah dan lainnya.

2. Seni Rupa Ilustrasi

Pengertian seni rupa ilustrasi adalah salah satu jenis karya seni berbantuk gambar ataupun foto. Nah, manfaat dari seni rupa ini dapat menjelaskan suatu naskah. Dengan adanya gambar ataupun foto kita sebagai manusia dapat memahami isi dari cerita yang ingin disampaikan oleh pembuatnya.

3. Seni Rupa Kriya

Pengertian seni rupa kriya ini juga disebut dengna kerajinan tangan, seni ini juga memiliki fungsi mengolah bahan baku yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

Biasanya untuk membuat kerajinan tangan ini bahan baku nya adalah bahan bekas yang dapat diolah menjadi benda-benda yang memiliki nilai estetis dan bernilai pakai.

4. Seni Rupa Grafis

Pengertian seni rupa grafis juga salah satu contoh seni rupa yang dalam proses pembuatannya menggunakan teknik cetak, nah biasanya bahan cetaknya menggunakan kertas. Seni rupa ini juga memiliki fungsi sebagai alat komunikasi satu arah.

5. Seni Rupa Dekorasi

Pengertian seni rupa dekorasi adalah seni yang berfungsi untuk menghias sebuah ruangan menjadi indah. Biasanya seni ini di praktekkan pada saat ada hajatan pernikahan ataupun ulang tahun.

Contoh-contoh Hasil Seni

Selanjutnya sobat akan mengetahui banyak contoh-contoh dari hasil seni karya tangan manusia. Karya seni ini memiliki fungsi, kegunaan, dan memiliki seni yang berbeda-beda. Seni rupa terapan ini dibagi menjadi dua yaitu seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Namun, di bawah ini merupakan contoh hasil karya seni yang mungkin sering sobat temui.

  1. Anyaman merupakan salah satu kerajinan tangan dengan menggunakan media bahan seperti bambu, kayu maupun yang lainya. Contoh hasil anyaman yang masuk dalam karya seni rupa terapan ini adalah keranjang, kursi dan lain lain.
  2. Kerajinan Kulit merupakan salah satu bentuk kerajian tanga yang dihasilkan dari bahan kulit hewan. Sebagai contohnya yang dihasilkan adalah sabuk, jaket, sepatu, topi. dan lainnya.
  3. Ukiran Kayu merupakan salah satu seni tangan yang medianya adalah kayu dengan membentuknya ke berbagai macam bentuk. Salah satu jeni kayu ukir yang terkenal di Indonesia yaitu Jepara. Contoh hasil ukiran kayu yakni meja, kursi, almari dengan ornamen seni di setiap sudutnya.
  4. Batik merupapakan salah satu jenis seni dengan menggaambar di kain dengan menggunakan tinta.
  5. Keramik, contoh dari hasil keramik ini adalah gerabah, porselin, genteng, guci dan lainnya.
  6. Logam, ada bermacam-macam benda terbuat dari perak, mulai dari perhiasan untuk digunakan, perabot rumah tangga, ataupun untuk hiasa ruangan.
  7. Ukiran Batu Contohnya candi borobudur, ornamen rumah, hiasan dinding dan lain-lain.

Demikianlah pembelajaran materi arti seni menurut para ahli meliputi jenis, fungsi dan contoh-contohnya, semoga bermanfaat.