Pengertian Trapesium, Jenis, Sifat, Ciri, Rumus Luas, Keliling

Trapesium Jenis Sifat Ciri Rumus Luas Keliling

Pengertian Trapesium, Jenis, Sifat, Ciri, Rumus Luas, Keliling. Pembahasan materi tentang definisi Trapesium lengkap dengan beberapa penjelasan seputar macam-macam trapesium, sudut simetri, ciri.ciri dan juga sifatnya. Kemudian perlu sobat pelajar Rumuspelajar.com ketahui yaitu mengenai rumus trapesium untuk mengerjakan soal maupun tugas sekolah yang diberikan oleh guru kalian. Makalah materi trapesium akan menjadi hal yang di buat oleh para siswa maupuan para mahasiswa.

Jenis-jenis trapesium ini terdiri dari beberapa macam yang akan kita bahas satu per satu lengkap dengan gambarnya. Sedangkan sifat trapesium itu sendiri mempunyai sisi yang saling berdekatan maupun ada sisi yang sejajar namun untuk jenis trapesium dibedakan menjadi beberapa macam. Lalu bagaimana mencari keliling dan luas trapesium ini? Menarik memang membahas mengenai bagun data ini. Sebab untuk menghitung luas maupun kelilingnya perlu mengetahui panjang sisi-sisinya.

Untuk menambah pengetahuan sobat RUMUSPELAJARAN.COM telah kami pilihkan beberapa soal dan jawabanya supaya lebih mudah dalam memahami sebuah soal yang berkaitan dengan bangun datan trapesium ini. Namun sebelumnya mari kita lihat tambah pengetahuan sobat dengan mempelajari seperti arti segitiga secara umum lengkap dengan sifat, unsur dan rumus segitiga dan juga rumus lingkaran untuk siswa SD, SMP dan SMA Baiklah untuk lebih jelasnya mari kita langsung ke penjelasan apa itu trapesium dilanjutkan dengan sifat, jenis, ciri-ciri dilanjutkan dengan rumus luas dan keliling trapesium.

Pengertian Trapesium

Penjelasan Trapesium secara umum adalah bangun datar dua dimensi yang dibentuk oleh empat buah rusuk yang dua di antaranya saling sejajar namun tidak sama panjang. Dan perlu diketahui jika bagun Trapesium termasuk jenis bangun datar segi empat yang mempunyai ciri khusus.

Untuk penjelasan mengenai Trapesium ini juga bisa kita disebut dengan bangun datar dua dimensi yang terbentuk oleh empat sisi, dimana dua sisi diantaranya saling sejajar tetapi tidak sama panjang. Selanjutnya mari kita bahas mengenai jenis-jenis trapesium.

Jenis Trapesium

Inilah beberapa bentuk atau jenis-jenis Trapesium yang kemungkinan pernah sobat pelajar jumpai baik itu saat mengejakan soal atau berada di beberapa tempat:

Trapesium Sembarang

Trapesium sembarang adalah trapesium yang keempat rusuknya tidak sama panjang.

Trapesium Sembarang

Gambar diatas adalah bangun Trapesium sembarang memiliki sepasang sisi yang sejajar. Selain itu, trapesium jens ini memlik empat sudut yang tidak sama besar serta dua diagonalnya tidak sama panjang.

Trapesium Siku-Siku

Trapesium siku-siku merupakan trapesium yang mana dua diantara empat sudutnya merupakan sudut siku-siku.

Trapesium Siku Siku

Dari gambar diatas bisa kita lihat bahwa Trapesium siku-siku juga memiliki sepasang sisi sejajar dan panjang diagonal pada trapesium tersebut tidak sama.

Trapesium Sama Kaki

Trapesium sama kaki ini mempunyai sepasang rusuk sama panjang dan sepasang rusuk sejajar. Trapesium sama kaki mempunyai satu simetri lipat.

Trapesium Sama Kaki

Gambar diatas menerangkan bahwa bangun trapesium sama kaki memiliki dua sisi yang sama panjang (kaki trapesium). Dan memiliki dua pasang sudut yang sama besar dan dua diagonal yang sama panjang.

Sifat Trapesium

Selanjutnya akan kami berikan beberapa sifat-sifat dari trapesium itu sendiri dimana terdiri dari beberapa sifat diantaranya.

  1. Trapesium Memiliki Empat Buah Sudut Dan Jumlah Dua Sudut Yang Berdekatan (Sudut Dalam Sepihak) Adalah 180°;
  2. Trapesium Memiliki Sepasang Sisi Yang Sejajar;
  3. Untuk Trapesium Sama Kaki Memiliki Panjang Diagonal Sama, Ukuran Sudut-Sudut Alasnya Sama, Dan
  4. Dapat Menempati Bingkainya Dengan Dua Cara;
  5. Untuk Trapesium Siku-Siku Mempunyai Dua Sudut Siku-Siku;
  6. Untuk Trapesium Sebarang Memiliki Panjang Kaki Yang Tidak Sama, Kaki-Kakinya Juga Tidak Ada Yang
  7. Tegak Lurus Ke Sisi Sejajarnya, Dan Besar Ke Empat Sudutnya Berbeda-Beda.

Ciri Trapesium

Diatas telah kita bahas mengenai jenis trapesium dan sifatnya, selanjutnya kita baca ciri-ciri trapesium.

  1. Memiliki dua buah (sepasang) sisi yang sejajar yaitu sisi “a” dan “c”. Kalau ada bangun datar yang memiliki dua pasang sisi yang sejajar itu bisa merupakan persegi atau persegi panjang.
  2. Jumlah semua sudutnya adalah 360 derajat.
  3. Memiliki satu simetri lipat.
  4. Memiliki satu simetri putar.
  5. Luasnya adalah = jumlah sisi sejajar dibagi 2 dan dikali tinggi.

Pelajari juga Ciri-ciri belah ketupat di laman rumuspealjaran.com ini.

Rumus Luas Trapesium dan Keliling

Bagi yang masih kesulitan mencari luas dan keliling trapesium, inilah cara untuk mengerjakan tugas bagaimana mencari luas trapesium dan kelilingnya.

Rumus Keliling Trapesium

Keliling = panjang AB + panjang BC + panjang CD + panjang DA

K = a + b + c + d

Keterangan:

K : Keliling trapesium
a, b, c, d : panjang masing-masing sisi trapesium

Rumus Luas Trapesium

Luas trapesium ABCD = Luas segitiga ABC + Luas segitiga ACD

Luas trapesium ABCD = ((1/2) x b x t) + ((1/2) x a x t)

L = (1/2) x t x (b + a)

bisa juga ditulis

L = ((a + b) x t)/2

Keterangan:

L : Luas trapesium
a, b : panjang sisi-sisi sejajar trapesium
t : tinggi trapesium

Demikianlah pembahasan materi kali ini yang membahas mengenai pengertian Trapesium secara umum, jenis, sifat, ciri, rumus luas, kelilingnya. Semoga bermanfaat dan membantu sobat yang ingin menambah ilmu pengertahuan Matematika. Tidak salahnya untuk mengetahui rumus segitiga secara umum lengkap dengan sifat dan unsur-unsurnya.