Pengertian Efek Doppler, Definisi, Rumus, Macam, Aplikasi dan Contoh

Materi Efek Doppler Definisi Rumus Macam Aplikasi Contoh

Pengertian Efek Doppler, Definisi, Rumus, Macam, Aplikasi dan Contoh. Pada kepsempatan kali ini laman pendidikan rumuspelajaran.com akan membahas materi Efek Doppler lengkap dengan penjelasan rumus-rumus efek doppleer, macam-macam efek doppler dan aplikasinya. Pernahkan sobat pelajar mendengar sirine mobil ambulan, pernahkan sobat satelit yang mengorbit di langit? itu adalah contoh efek doppler.

Efek Doppler ini di temukan oleh seseorang yang lahir di Austria dan mungkin dalam soal pelajaran sekolah akan muncul pertanyaan tersebut. Ada juga pertanyaan yang membahas mengenai gaya angkat pesawat. Pelajaran fisika lain yang berkaitan dengan efek doppler yang sering muncul saat ujian seperti Hukum Bernauli, efek rumah kaca, efek compton, efek fotolistik, gelombang mekanik dan juga materi lainya.

Adapun contoh soal teori tentang efek doppler ini bisa sobat ketahui dengan membahas materinya di postingan kali ini. Mungkin sobat perlu contoh lebih banyak mengenai efek doppler ini seperti tanda bila sumber bergerak menjauhi pendengar maupun kecepatan perambatan suara di air dan lainya.

Untuk menambah pengetahuan sobat pelajar perlu menambah ilmu pengetahuan fisika yang membahas materi perbedaan Gaung dan Gema, materi tekanan udara, zat padat, gas dan cair.

Pelajari juga materi Statistik dan Statistika, Kegunaan, Tujuan, Perbedaan dan hukum archimedes di laman pendidikan RUMUSPELARAN.COM ini. Untuk lebih lengkapnya mari kita bahas satu per satu mengenai definisi efek doppler, contoh, dan juga rumus efek doppler ini.

Pengertian Efek Doppler

Ketika sobat mendengar sebuah bunyi sirine mobil pemadam kebakaran dari kejauhan itu adalah satu contoh efek doppler yang perbedaan frekuensi yang di dengar dan yang dihasilkan. Lalu apa arti Efek Dopper itu sendiri? mari kita bahas penjelasanya dibawah ini.

Definisi Efek Doppler adalah suatu kejadian di mana frekuensi gelombang dari suatu sumber yang diterima oleh detektor mengalami perubahan akibat perubahan posisi atau pergerakan relatif detektor terhadap sumber gelombang atau sebaliknya. Penemu Efek ini merupakan salah satu orang pintar dari Austria Christian Doppler pada tahun 1842.

Ketika Detektor mampu menangkap frekuensi yang lebih tinggi apabila detektor bergrak relatif mendekat terhadap sumber, dan akan menangkap frekuensi yang lebih rendah apabila detektor bergerak relatif menjauh terhadap sumber.

Kegunaan lain gelombang bunyi, Efek Doppler juga berlaku untuk gelombang elektromagnetik yang juga berkaitan dengan gelombang mikro, gelombang cahaya dan gelombang radio. Beberapa perbedaan efek yang terdapat pada gelombang bunyi yang merambat pada badan udara yang dianggap tidak relatif terhadap bumi, laju gelombang bunyi dari suatu sumber dan laju detektor dapat diukur relatif terhadap badan udara. Dan sumber bunyi ini dapat diasumsikan bahwa sumber bunyi dan detektor langsung mendekat atau menjauh satu dengan lainnya.

Pembahasan mengenai Efek Dopler sungguh menarik untuk dibahas sebab ada beberapa parti lain yang akan kita bahas juga seperti efek doppler relativistik, intensitas bunyi, pipa organa, gelombang cahaya muapun doppler effect. Penjelasanya mengenai materi diatas akan kita bahas pada pertemuan yang akan datang sepaya intenstas menjalaskan materinya berurutan.

Rumus Efek Doppler

Rumus dari Efek Doppler bisa sobat perhatikan dan catat berikut ini:

fp = (v ±vp) fs / (v ± vs)

Keterangan:

  • fp = Frekuensi yang didengar pendengar (Hz)
  • fs = Frekuensi sumber bunyi (Hz)
  • v = Cepat rambat udara (m/s)
  • vp = Cepat rambat pendengar (m/s)
  • vs = Cepat rambat sumber bunyi (m/s)

Perhatikan rumus diatas yang jika melihat tanda ± bisa diartikan + (positif) sedangkan – (negatif) tergantung kondisi si pendengar dan juga sumber suara.

Mari kita bahas juga beberapa perjanjian mengenai pemakaian tanda (+) dan (-) ini:

  • vp bernilai + (positif) kalo si pendengar mendekati sumber suara, dan bernilai – (negatif) kalo menjauhi sumber suara.
  • vs bernilai + (positif) kalo sumber suara menjauhi pendengar, dan bernilai – (negatif) kalo mendekati pendengar.

Macam Efek Doppler

Ada beberapa macam-macam efek doppler diantaranya Efek Doppler (Semakin Tinggi), Efek Doppler (Semakin Rendah) yang semuanya akan kita bahas di bawah ini:

1. Efek Doppler (Semakin Tinggi)

Ketika Efek doppler yang kita dekati dan frekuensi pendengar terasa semakin tinggi karena sumber bunyi, pendengar, atau keduanya saling mendekati.

  • Sumber bunyi dan pendengar saling mendekati dapat dirumuskan sebagai berikut:

fp = (v + vp) fs / (v – vs)

  • Sumber bunyi diam (vs = 0 m/s), pendengar mendekati dapat dirumuskan :

fp = (v + vp) fs / v

  • Sumber bunyi yang mendekati atau kita dekati dan pendengar diam (vp = 0 m/s):

fp = v fs / (v – vs)

2. Efek Doppler (Semakin Rendah)

Berikut ini ada beberapa penjelasan lengkap dengan rumus mengenai efek doppler semakin menjauh.

  • Sumber bunyi dan pendengar saling menjauhi

fp = (v – vp ) fs / (v + vs)

  • Sumber bunyi diam (vs = 0 m/s), pendengar menjauhi

fp = (v – vp) fs / v

  • Sumber bunyi menjauhi, pendengar diam (vp = 0 m/s)

fp = v fs / (v + vs )

Pelajari Juga:

Di atas telha kita bahas mengenai efek doppler (mendekat ) dan (menjauh) lengkap dengan rumus dan kejadian efek doppler supaya lebih mudah memahaminya. Dan beberapa hal yang berkaitan dengan efek doppler ini sering terjadi dalam kehidupan kita dan silahkan untuk di tes kemampuan dan pemahaman kalian mengenai efek doppler.

Contoh Efek Doppler

Perhatikan contoh pengaplikasian efek doppler yang mungkin sering sobat dengar dengan sengaja maupun tidak disengaja. Ada beberapa manfaat efek doppler ini mulai kegunaanya untuk dunia medis atau kesehatan.

1. Bunyi Sirine

Pernahkan sobat mendengar suara sirine? ketika suara yang dikeluarkan sirene pada mobil ambulans, polisi, ataupun pemadam kebakaran yang mempu mengeluarkan efek Doppler semaksimal mungkin bagi siapa yang mendengarnya akan waspada terhadap mobil-mobil tersebut saat bergerak mendekati pendengar.

2. Radar

Efek Doppler dipakai pada aplikasi beberapa jenis radar buat mengukur kecepatan objek yang diamati.

Dengan mengukur perubahan frekuensi yang diterima, maka kamu bisa mengukur kecepatan objek tersebut.

3. Komunikasi

Satelit komunikasi yang mengorbit bumi setiap saat bisa mengalami fenomena efek Doppler akibat perubahan ketinggian permukaan bumi yang dilewati.

Maka, diperlukan suatu kompensasi Doppler Dinamik supaya satelit bisa menerima sinyal dengan frekuensi yang konstant.

4. Astronomi

Fenomena Efek Doppler terjadi di luar angkasa. Perubahan frekuensi gelombang elektromagnetik dihasilkan dari bintang – bintang yang bergerak di galaksi kita dan di luar galaksi.

Efek Doppler dipakai buat mencari informasi mengenai karakteristik bintang – bintang tersebut dan juga galaksi – galaksi.

5. Kesehatan

Echocardiogram merupakan perangkat kesehatan yang memakai fenomena efek Doppler buat mengukur kecepatan aliran darah dan karakteristik jaringan tissue secara akurat.

Alat ini juga bisa menghasilkan gambar jantung dan aliran – aliran darah dengan memakai suara ultrasonik Doppler 2 dimensi dan 3 dimensi.

Itulah beberapa Contoh Efek Doppler yang bisa sobat temukan dan sering diuganakan dalam dunia medis, astronomi maupun astronomi. Untuk contoh efek doppler lainya bisa kita temukan juga di alat komunikasi maupun pada kendaraan.

Demikian materi Efek Doppler, Definisi, Rumus, Macam, Aplikasi dan Contohnya. Semoga dengan materi pelajaran fisika diatas bisa menambah ilmu penetahuan kita semua. Pelajari materi lainya yang membahas definisi listrik dinamis lengkap dengan penjelasan rangkaian, besaran, rumus dan contoh soal listrik dinamis serta penjelasan apa itu listrik statis meliputi proses, rumus, konsep dan beberapa contohnya.