Pengertian Statistik dan Statistika, Kegunaan, Tujuan, Perbedaan


Pengertian Statistik dan Statistika Definisi Kegunaan Tujuan Perbedaan

Pengertian Statistik dan Statistika, Kegunaan, Tujuan, Perbedaan. Materi pelajaran fisika tentang perbedaan statistik dan statistika serta pengertian, definisi, keguaan/fungsi dan tujuannya. Lalu apa itu yang dimaksud dengan statistik dan statistika serta apa yang menjadi perbedaan dari statistik dan statistika?

Statistik dan statistika memiliki sitilah yang berbeda, meskipun keduanya terlihat sama. Bahkan keduanya mempunyai pengertian yang berbeda juga. Namun pada dasarnya statistik dan statistika sama- sama digunakan untuk menyelesaikan masalah dan keduanya merupakan bagian yang saling berkaitan satu sama lainnya.

Pembahasan mengenai pengertian dari statistik maupun statistika sudah sering kita dengan saat di bangku sekolahan. Kami yakin banyak diantara sobat semua yang masih mengingatnya. Namun kami juga merasa kalau ada yang sudah lupa dengan pelajaran ini.

PELAJARI JUGA MATERI BAHASA INGGRIS: PENGERTIAN PRESENT CONTINUOUS TENSE DAN JUGA CONTOH KALIMAT TENSES

Nah tidak perlu bingung untuk mencari buku pelajaran mengenai materi ini lagi, karena sekarang ini sudah serba mudah. Kita dapat mengases memalui internet untuk mencari penjelasan mengenai pengertian maupun perbedaan statistik dan statistika.

Salah satunya adalah melalui situs RumusPelajaran.com, dimana hari ini kami akan mencoba mengulas tentang pengertian statistik dan statistika yang meliputi, kegunaan, tujuan serta perbedaannya. Pada artikel sebelumnya juga telah kami bahas materi pelajaran ekonomi tentang pengertian pasar modal dan juga materi pelajaran sosiologi mengenai definisi integrasi sosial di halaman lainnya.

Pengertian Statistik dan Statistika

Langsung saja tidak perlu lama-lamai lagi, berikut ini adalah pengertian dari statistik dan statistika yang harus sobat pahami.

Pengertian Statistik

Statistik adalah hasil-hasil pengolahan dan analisis data. Statistik dapat berupa mean, modus, median, dan sebagainya. Statistik dapat digunakan untuk menyatakan kesimpulan data berbentuk bilangan yang disusun dalam bentuk tabel atau diagram yang menggambarkan karakteristik data.

Tujuan statistik adalah untuk mempermudah dalam interpretasikan sebuah data dan digunakan untuk tujuan tertentu. Proses pengkajian dalam statistik dilakukan setelah memperoleh kumpulan data dimana data tersebut diperoleh dari wawancara secara langsung maupun wawancara tidak langsung yang sudah dikelola pada proses statistika.

Yang dimaksud dengan wawancara langsung adalah data yang secara langsung diambil melalui objek penelitian secara individu maupun kelompok. Wawancara lagsung juga dapat disebut dengan data primer. Salah satu contoh wawancara langsung adalah ketika kita mewawancarai secara live penonton bioskop untuk penelitian presentasi konsumen bioskop.

Kemudian yang kedua adalah wawancara tidak langsung atau disebut juga dengan data sekunder. Yang dimaksud dengan wawancara tidak alngsung adalah data yang didapat secara tidak langsung dari objek penelitian. Dalam hal ini peneliti akan mendapat data yang sudah dikumpulkan oleh pihak lain melalui berbagai cara, baik itu komersil maupun tidak komersil.

Sebagai contoh wawancara tidak langsung adalah ketika kita meneliti menggunakan hasil riset dari sebuah surat kabar yang nantinya akan digunakan untuk penelitian statistikanya.

Statistik sendiri diklarifikasikan menjadi dua yaitu:

  • Statistik untuk menggambarkan data (angka atau bukan angka) dalam bentuk tabel, diagram, grafik, atau lain sebagainya. Seperti statistik produksi, statistik harga, statistik penduduk, dan statistik-statistik yang lainnya.
  • Statistik untuk menggambarkan data untuk mewakili objek tertentu atau sebagai sample maupun populasi dalam bentuk ukuran.

Pengertian Statistika

Statistika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari cara-cara pengumpulan dan penyusunan data, pengolahan data, dan penganalisisan data, serta penyajian data berdasarkan kumpulan dan analisis data yang dilakukan. Salah satu ilmu yang mendasari dalam mempelajari statistika adalah peluang atau probabilitas.
Statistika ada untuk mendapatkan gambaran dari sekumpulan data yang sudah dikaji sehingga dapat ditarik kesimpulan dari data tersebut.

Sedangan metode kajian dari statistika sendiri ada dua yaitu survai dan eksperimen. Dimana keduanya akan mempelajari mengenai pengaruh perubahan penjelas dan juga perilaku atau respon yang diakibatkan dari perubahan data tersebut secara menyeluruh.

Sama halnya dengan statisik, statistika juga diklarifikasikan menjadi dua yaitu.

1. Statistika Deskriptif

Statistika deskriptif (statistika deduktif) adalah statistika yang meliputi kegiatan-kegiatan pengumpulan, penyajian, penyederhanaan atau penganalisisan, dan penentuan ukuran-ukuran khusus dari suatu data tanpa penarikan kesimpulan.

Statistika deskriptif atau statistika deduktif juga sering disebut dengan deskripsi data yang menghitung variansi dari data yang masih mentah. Dan dikelola serta dideskripsikan dengan menggunakan tabel atau grafik atau diagram agar data tersebut lebih jelas dan mudah dipahami.

2. Statistika Inferensia

Kemudian yang kedua adalah statistika inferensia (statistika induktif) adalah ilmu yang digunakan untuk menggambarkan lalu menganalisis kelompok data hingga dapat ditarik sebuah kesimpulan untuk menentukan keputusan atas makna statistik yang sudah dihitung.

Statistika inferensia juga merupakan permodelan data dan pengambilan keputusan yang didasarkan analisis data. Yang dimaksudkan adalah memprediksi masa yang akan datang, menguji hipotesis, dan membuat permodelan hubungan (korelasi, deret waktu, regresi, dan ANOVA).

Skala Statistik dan Statistika

Adapun sekala statistik dan statistika yang terdiri dari empa (4) skala pengukuran, yaitu sebagai berikut.

1. Skala Nominal

Skala nominal adalah skala data yang hanya bisa digunakan untuk membedakan objek yang bersifat kualitatif atau kategoris saja. Misalnya jenis kelamin, agama, warna kulit, dll.

2. Skala Ordinal

Selanjutnya adalah Skala ordinal adalah skala pengukuran kualitatif dan nantinya akan dibagi dalam suatu kelompok tertentu dan diberi kode berhierarki. Seperti pendidikan, tingkat kepuasan pengguna, dan lain sebagainya.

3. Skala Interval

Skala interval adalah skala pengukuran kualitatif dengan nilai nol mutlak maupun tidak yang menyebabkan bergesernya pengukuran tersebut sesuai dengan keinginan orang yang mengukurnya. Sebagai contoh adalah suhu yang dinyatakan dalam celcius.

4. Skala Ratio

Skala ratio adalah skala pengukuran kualitatif dengan titik nol mutlak yang menyebabkan tidak bisa bergesernya suatu pengukuran sesuai kemauan kita. Misalnya adalah suhu yang dinyatakan dalam kelvin, umur, panjang, dan massa.

Kegunaan Statistik dan Statistika

Statistik dan statistika sendiri memiliki beberapa kegunaan bidang seperti:

  • Bidang pemerintah dan politik: dalam bidang ini statistik dan statistika digunakan untuk memprediksi calon yang akan terpilih dalam sebuah pemilihan umum.
  • Bidang sejarah, sastra, dan budaya: dalam bidang ini statistik dan statistika digunakan untuk mengetahui dampak apa yang ditimbulkan dari munculnya kebudayaan asing terhadap kebudayaan lokal.
  • Bidang pertanian: dalam bidang ini statistik dan statistika digunakan untuk mengetahui suatu bibit yang lebih unggul.
  • Bidang kedokteran dan farmasi: dalam bidang ini statistik dan statistika digunakan untuk mengetahui ketersediaan obat dan efek dari obat tersebut terhadap penyakit tertentu.
  • Bidang keuangan dan ekonomi makro: dalam bidang ini statistik dan statistika digunakan untuk mengetahui dampak dari kebijakan makro pemerintah pada peningkatan inflasi, kesejahteraan, dan yang lainnya.
  • Bidang marketing: dalam bidang ini statistik dan statistika digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi penjualan.

Perbedaan Statistik dan Statistika

Setelah mempelajari pengertian statistik dan statistika maka selanjutnya mari kita bahas mengenai perbedaan dari statistik dan statistika. Berikut ini adalah tabel perbedaan statistik dan statistika yang telah kami rangkum.

PembedaStatistikStatistika
PengertianStatistik adalah hasil pengolahan data yang disajikan dalam bentuk tabel, grafik, diagram, dan lain sebagainya.Statistika adalah metode ilmiah mengenai cara untuk mengumpulkan, mengelola, menganalisa penyajian data, menginterpretasi, dan mempresentasikan data.
TujuanStstistik ada dengan tujuan mempermudah dalam interpretasikan sebuah data dan digunakan untuk tujuan tertentu.Statistika ada untuk mendapatkan gambaran dari sekumpulan data yang sudah dikaji sehingga dapat ditarik kesimpulan dari data tersebut.
Klarifikasi1. Gambaran data (angka atau bukan angka) dalam bentuk tabel, diagram, grafik, atau lain sebagainya.1. Statistika deskriptif
2. Gambaran data untuk mewakili objek tertentu atau sebagai sample maupun populasi dalam bentuk ukuran.2. Ststistika inferensia
Metode KajianKumpulan data berupa bilangan ataupun non bilangan, yang sudah dikelola pada proses statistika.Sebuah survai dan eksperimen.

PELAJARI JUGA MATERI GEOGRAFI TENTANG PENGERTIAN LITOSFER DAN JUGA MATERI PELAJARAN TIK MENGENAI MACAM-MACAM PERANGKAT LUNAK

Demikianlah pembahasan materi pelajaran fiska mengenai statistik dan statistika yang meliputi pengertian, kegunaan, tujuan serta perbedaan statistik dan statistika.